6 Cara Bikin Ayam saos Serundeng Kelapa yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Ayam saos Serundeng Kelapa. Pada tulisan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara bikin Ayam saos Serundeng Kelapa dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Sudah pernah mencoba lezatnya ayam serundeng kelapa? Untuk kalian para pecinta ayam, sajian yang satu ini sangat sayang untuk dilewati. Ayam serundeng merupakan hidangan yang berbahan dasar ayam dan kaya akan rasa rempah.

Ayam saos Serundeng Kelapa - cookandrecipe.com Ayam goreng serundeng, serundengnya tidak digoreng. Olahan ayam goreng yang disajikan dengan serundeng selalu bikin kita ngiler duluan. Berikut resep membuat ayam goreng serundeng, dijamin bikin makan jadi Serundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng sampai berwarna kecokelatan. Tenang saja untuk tutorial resep Ayam saos Serundeng Kelapa yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 18 bahan dan 6 langkah saja.

18 Bahan Bahan untuk Resep Ayam saos Serundeng Kelapa

Untuk bisa membikin Ayam saos Serundeng Kelapa pada postingan ini kamu memerlukan 18 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Ayam, bersihkan potong-potong menjadi 12 bagian - 1 kg.
  2. Siapkan kelapa, sangrai dan haluskan sampai berminyak - 1/2 butir.
  3. Siapkan Ketumbar bubuk - 2 sdm.
  4. Siapkan cabe rawit (20 buah cabe merah), bersihkan - 30 gram.
  5. Siapkan Andaliman - 30 gram.
  6. Siapkan kemiri, sangrai - 1/2 ons.
  7. Siapkan jahe, kupas - 2 cm.
  8. Siapkan Kunyit, kupas - 5 cm.
  9. Siapkan Bawang Merah, kupas - 6 butir.
  10. Siapkan Bawang Putih, kupas - 4 Siung.
  11. Siapkan lengkuas, kupas (potong-potong) - 7 cm.
  12. Siapkan serai, bersihkan(2 batang ambil bagian tengahnya) - 4 batang.
  13. Siapkan daun salam - 5 lembar.
  14. Siapkan daun jeruk - 3 lembar.
  15. Siapkan air - 200 ml.
  16. Siapkan Garam - secukupnya.
  17. Siapkan jeruk nipis, peras - 1-1/2 bagian.
  18. Siapkan minyak goreng - 5 sdm.

Biasanya disajikan bersama daging, ikan, hingga ayam. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering. Citarasa serundeng kelapa yang manis gurih memang memberikan sensasi yang luar biasa di setiap gigitan ayam.

6 Panduan Memasak Ayam saos Serundeng Kelapa

Apabila kalian sudah menyiapkan 18 bahan diatas. Sekarang kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Ayam saos Serundeng Kelapa dibawah ini.

  1. Untuk ayam goreng dengan 2 sdm minyak goreng sampai matang tidak sampai kering, buang minyaknya. Sisihkan.
  2. Cuci semua bahan bumbu, haluskan cabe, andaliman, kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan bagian tengah Serai..
  3. Tuang sisa minyak goreng ke penggorengan, tumis bumbu sampai matang dan harum, tambahkan sisa serai yang di geprek, lengkuas, daun jeruk dan daun salam..
  4. Tambahkan ayam tumis sebentar, masukkan kelapa sangrai dan air. Biarkan sampai bumbu meresap dan air berkurang (saya lebih suka agak kering).
  5. Setelah air menyusut tambahkan garam dan sebelum diangkat tambahkankan air perasan jeruk nipis..
  6. Ayam sudah siap untuk di hidangkan..

Ayam goreng serundeng kelapa bisa dibuat praktis. (Foto: Shutterstock). Ciri khas dari ayam goreng serundeng tentunya adalah remahan kelapa parut yang garing. Tambahan air kelapa serta parutannya juga yang memberikan ekstra gurih pada ayam. Sangrai kelapa parut sampai Aduk rata. Gurih dan nikmatnya ayam goreng serundeng ini jelas tidak boleh dilewatkan!

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Ayam saos Serundeng Kelapa ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep