Resep Tempe Mendoan Basah: Rahasia Kelezatan dan Cara Membuatnya


Resep Tempe Mendoan Basah: Rahasia Kelezatan dan Cara Membuatnya

Resep tempe mendoan basah adalah resep membuat tempe mendoan dengan adonan basah. Tempe mendoan basah memiliki tekstur yang renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Resep ini sangat mudah dibuat dan hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana.

Tempe mendoan basah memiliki banyak manfaat. Tempe adalah sumber protein nabati yang baik, dan juga mengandung serat, zat besi, dan kalsium. Adonan basah membantu menjaga kelembapan tempe, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan lezat.

Resep tempe mendoan basah berasal dari Jawa Tengah, Indonesia. Resep ini sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu makanan tradisional yang populer. Tempe mendoan basah biasanya disajikan dengan sambal kecap atau saus kacang.

resep tempe mendoan basah

Resep tempe mendoan basah merupakan salah satu kuliner tradisional Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Resep ini memiliki beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan tempe mendoan yang lezat dan gurih.

  • Bahan-bahan: Tempe, tepung terigu, bawang putih, ketumbar, kunyit.
  • Bumbu: Garam, gula, penyedap rasa.
  • Adonan: Adonan basah yang terbuat dari tepung terigu, air, dan bumbu.
  • Teknik menggoreng: Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.
  • Penyajian: Disajikan dengan sambal kecap atau saus kacang.
  • Tekstur: Renyah di luar, lembut di dalam.
  • Rasa: Gurih, sedikit pedas, dan manis.
  • Aroma: Harum bawang putih dan ketumbar.
  • Nilai gizi: Tempe mendoan basah merupakan sumber protein nabati yang baik.
  • Sejarah: Resep tempe mendoan basah berasal dari Jawa Tengah, Indonesia.

Resep tempe mendoan basah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis tempe goreng lainnya. Adonan basah yang digunakan membuat tempe mendoan menjadi lebih gurih dan renyah. Tempe mendoan basah juga biasanya disajikan dengan sambal kecap atau saus kacang yang semakin menambah cita rasanya. Resep ini sangat mudah dibuat dan cocok sebagai makanan pembuka atau camilan.

Bahan-bahan


Bahan-bahan, Resep6-10k

Bahan-bahan tersebut merupakan komponen penting dalam resep tempe mendoan basah. Tempe menjadi bahan utama, sementara tepung terigu digunakan sebagai adonan basah. Bawang putih, ketumbar, dan kunyit memberikan aroma dan rasa yang khas pada tempe mendoan basah.

  • Tempe

    Tempe merupakan sumber protein nabati yang baik. Dalam resep tempe mendoan basah, tempe dipotong tipis-tipis dan dicelupkan ke dalam adonan basah sebelum digoreng.

  • Tepung terigu

    Tepung terigu digunakan sebagai bahan dasar adonan basah. Adonan basah berfungsi untuk melapisi tempe dan membuatnya menjadi renyah saat digoreng.

  • Bawang putih

    Bawang putih memberikan aroma dan rasa yang gurih pada tempe mendoan basah. Bawang putih dihaluskan dan dicampurkan ke dalam adonan basah.

  • Ketumbar

    Ketumbar memberikan aroma dan rasa yang khas pada tempe mendoan basah. Ketumbar dihaluskan dan dicampurkan ke dalam adonan basah.

  • Kunyit

    Kunyit memberikan warna kuning pada tempe mendoan basah. Kunyit dihaluskan dan dicampurkan ke dalam adonan basah.

Kelima bahan tersebut sangat penting untuk menghasilkan tempe mendoan basah yang lezat dan gurih. Tanpa salah satu bahan tersebut, tempe mendoan basah tidak akan memiliki cita rasa yang sama.

Bumbu


Bumbu, Resep6-10k

Bumbu merupakan salah satu komponen penting dalam resep tempe mendoan basah. Bumbu berfungsi untuk memberikan rasa gurih, manis, dan sedikit pedas pada tempe mendoan basah. Bumbu yang digunakan dalam resep tempe mendoan basah biasanya terdiri dari garam, gula, dan penyedap rasa.

Garam berfungsi untuk memberikan rasa gurih pada tempe mendoan basah. Gula berfungsi untuk memberikan rasa manis yang sedikit berlawanan dengan rasa gurih dari garam. Penyedap rasa berfungsi untuk memberikan rasa umami pada tempe mendoan basah. Ketiga bumbu tersebut harus digunakan dalam jumlah yang seimbang agar menghasilkan rasa yang harmonis.

Bumbu dalam resep tempe mendoan basah memiliki peran yang sangat penting. Tanpa bumbu, tempe mendoan basah akan terasa hambar dan tidak gurih. Oleh karena itu, penggunaan bumbu yang tepat sangat penting untuk menghasilkan tempe mendoan basah yang lezat dan menggugah selera.

Adonan


Adonan, Resep6-10k

Adonan basah memegang peranan penting dalam resep tempe mendoan basah. Adonan ini berfungsi sebagai lapisan yang membalut tempe dan memberikan tekstur renyah saat digoreng. Adonan basah terbuat dari tepung terigu, air, dan bumbu-bumbu seperti garam, gula, dan penyedap rasa.

  • Bahan-bahan Adonan Basah

    Tepung terigu merupakan bahan utama dalam adonan basah. Tepung terigu berfungsi untuk mengikat bahan-bahan lain dan membentuk lapisan yang renyah. Air berfungsi untuk melarutkan tepung terigu dan membentuk adonan yang kental. Bumbu-bumbu seperti garam, gula, dan penyedap rasa berfungsi untuk memberikan rasa gurih dan sedap pada adonan.

  • Fungsi Adonan Basah

    Adonan basah berfungsi untuk melapisi tempe sehingga menghasilkan tekstur yang renyah saat digoreng. Selain itu, adonan basah juga berfungsi untuk menyerap bumbu-bumbu yang digunakan sehingga tempe mendoan basah memiliki rasa yang gurih dan sedap.

  • Tekstur Adonan Basah

    Tekstur adonan basah harus kental dan tidak terlalu encer. Adonan yang terlalu encer akan sulit menempel pada tempe dan menghasilkan tekstur yang tidak renyah. Sebaliknya, adonan yang terlalu kental akan sulit dioleskan pada tempe dan menghasilkan tekstur yang keras.

  • Tips Membuat Adonan Basah

    Untuk membuat adonan basah yang sempurna, ada beberapa tips yang dapat diikuti. Pertama, pastikan untuk menggunakan tepung terigu yang berkualitas baik. Kedua, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan mencapai kekentalan yang diinginkan. Ketiga, jangan menambahkan terlalu banyak bumbu agar rasa tempe mendoan basah tidak terlalu kuat.

Adonan basah merupakan komponen penting dalam resep tempe mendoan basah. Dengan memahami bahan-bahan, fungsi, tekstur, dan tips membuat adonan basah, Anda dapat menghasilkan tempe mendoan basah yang renyah, gurih, dan sedap.

Teknik menggoreng


Teknik Menggoreng, Resep6-10k

Teknik menggoreng merupakan salah satu tahapan penting dalam resep tempe mendoan basah. Teknik menggoreng yang tepat akan menghasilkan tempe mendoan basah yang renyah, gurih, dan berwarna kuning keemasan. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam teknik menggoreng tempe mendoan basah:

  • Minyak goreng

    Minyak goreng yang digunakan haruslah minyak goreng yang berkualitas baik dan tidak berbau tengik. Minyak goreng yang baik akan menghasilkan tempe mendoan basah yang renyah dan tidak menyerap minyak terlalu banyak.

  • Suhu minyak

    Suhu minyak haruslah panas saat tempe mendoan basah digoreng. Minyak yang terlalu panas akan membuat tempe mendoan basah cepat gosong, sedangkan minyak yang terlalu dingin akan membuat tempe mendoan basah menyerap minyak terlalu banyak dan menjadi lembek.

  • Waktu menggoreng

    Waktu menggoreng tempe mendoan basah haruslah tepat. Tempe mendoan basah yang digoreng terlalu lama akan menjadi gosong, sedangkan tempe mendoan basah yang digoreng terlalu sebentar akan menjadi lembek dan tidak renyah.

  • Warna kuning keemasan

    Tempe mendoan basah yang digoreng dengan benar akan berwarna kuning keemasan. Warna kuning keemasan ini menandakan bahwa tempe mendoan basah sudah matang dan renyah.

Dengan memperhatikan teknik menggoreng yang tepat, Anda dapat menghasilkan tempe mendoan basah yang renyah, gurih, dan berwarna kuning keemasan. Tempe mendoan basah yang digoreng dengan sempurna akan menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Penyajian


Penyajian, Resep6-10k

Penyajian tempe mendoan basah dengan sambal kecap atau saus kacang merupakan tradisi kuliner yang telah mengakar di masyarakat Indonesia. Sambal kecap dan saus kacang berfungsi sebagai pelengkap rasa yang membuat tempe mendoan basah semakin nikmat dan gurih.

Sambal kecap memiliki cita rasa pedas, manis, dan sedikit asam. Rasa pedas berasal dari cabai yang digunakan, sedangkan rasa manis berasal dari gula jawa atau kecap manis. Sementara itu, saus kacang memiliki cita rasa gurih dan sedikit manis. Rasa gurih berasal dari kacang tanah yang digunakan, sedangkan rasa manis berasal dari gula merah.

Perpaduan rasa sambal kecap atau saus kacang dengan tempe mendoan basah yang gurih dan renyah menciptakan sensasi rasa yang unik dan menggugah selera. Sambal kecap dan saus kacang menambah cita rasa dan tekstur pada tempe mendoan basah, sehingga membuatnya menjadi hidangan yang lebih lengkap dan nikmat.

Selain menambah cita rasa, penyajian tempe mendoan basah dengan sambal kecap atau saus kacang juga memiliki makna budaya. Sambal kecap dan saus kacang merupakan bumbu khas Indonesia yang sering digunakan dalam berbagai hidangan tradisional. Penyajian tempe mendoan basah dengan sambal kecap atau saus kacang menunjukkan kekayaan dan keberagaman kuliner Indonesia.

Secara keseluruhan, penyajian tempe mendoan basah dengan sambal kecap atau saus kacang memiliki peran penting dalam melengkapi cita rasa dan makna budaya dari hidangan ini. Perpaduan rasa yang unik antara tempe mendoan basah yang gurih dan renyah dengan sambal kecap atau saus kacang yang pedas, manis, dan gurih menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Tekstur


Tekstur, Resep6-10k

Tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam merupakan ciri khas dari resep tempe mendoan basah yang menjadikannya begitu digemari. Tekstur ini dihasilkan dari perpaduan adonan basah yang melapisi tempe dan teknik menggoreng yang tepat.

  • Adonan Basah

    Adonan basah yang digunakan dalam resep tempe mendoan basah berfungsi sebagai lapisan yang membungkus tempe. Adonan ini terbuat dari tepung terigu, air, dan bumbu-bumbu. Adonan yang kental dan tidak terlalu encer akan menghasilkan tekstur yang renyah setelah digoreng.

  • Teknik Menggoreng

    Teknik menggoreng yang tepat sangat penting untuk menghasilkan tempe mendoan basah yang renyah di luar dan lembut di dalam. Minyak goreng harus panas saat tempe mendoan basah digoreng agar adonan cepat matang dan renyah. Waktu menggoreng juga harus diperhatikan agar tempe tidak terlalu matang dan menjadi keras.

  • Kandungan Tempe

    Tempe yang digunakan dalam resep tempe mendoan basah juga mempengaruhi teksturnya. Tempe yang berkualitas baik dan segar akan menghasilkan tekstur yang lembut dan tidak mudah hancur saat digoreng.

  • Kombinasi Tekstur

    Perpaduan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam menciptakan sensasi rasa yang unik dan menggugah selera. Tekstur yang renyah memberikan kesan gurih dan krispi, sedangkan tekstur yang lembut memberikan kesan empuk dan juicy.

Tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam merupakan salah satu faktor utama yang membuat resep tempe mendoan basah begitu digemari. Perpaduan tekstur ini memberikan pengalaman kuliner yang unik dan memuaskan, sehingga sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau makanan pendamping.

Rasa


Rasa, Resep6-10k

Rasa gurih, sedikit pedas, dan manis merupakan ciri khas dari resep tempe mendoan basah yang membuatnya begitu digemari. Perpaduan rasa ini dihasilkan dari penggunaan bumbu-bumbu dan teknik memasak yang tepat.

Rasa gurih berasal dari penggunaan garam dan penyedap rasa dalam adonan basah. Rasa pedas berasal dari cabai yang ditambahkan ke dalam sambal kecap atau saus kacang. Sedangkan rasa manis berasal dari gula jawa atau kecap manis yang digunakan dalam sambal kecap.

Ketiga rasa tersebut berpadu secara harmonis dan menciptakan sensasi rasa yang unik dan menggugah selera. Rasa gurih memberikan kesan asin dan gurih, rasa pedas memberikan sensasi hangat dan sedikit menggigit, sedangkan rasa manis memberikan kesan sedikit manis dan menyeimbangkan rasa pedas dan gurih.

Perpaduan rasa gurih, sedikit pedas, dan manis sangat penting dalam resep tempe mendoan basah. Rasa-rasa tersebut saling melengkapi dan menghasilkan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan. Tanpa perpaduan rasa yang tepat, tempe mendoan basah akan terasa hambar dan kurang menarik.

Selain itu, rasa gurih, sedikit pedas, dan manis pada tempe mendoan basah juga memiliki makna budaya. Perpaduan rasa ini merupakan ciri khas masakan Indonesia yang terkenal dengan cita rasanya yang kaya dan kompleks. Tempe mendoan basah dengan rasa gurih, sedikit pedas, dan manis merupakan salah satu contoh kekayaan kuliner Indonesia yang patut dibanggakan.

Aroma


Aroma, Resep6-10k

Aroma harum bawang putih dan ketumbar merupakan salah satu ciri khas dari resep tempe mendoan basah yang membuatnya begitu digemari. Aroma ini dihasilkan dari penggunaan bumbu-bumbu tersebut dalam adonan basah yang melapisi tempe.

  • Peran Bawang Putih dan Ketumbar

    Bawang putih dan ketumbar merupakan bumbu yang memiliki aroma khas dan kuat. Dalam resep tempe mendoan basah, kedua bumbu ini digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma pada tempe. Bawang putih memberikan aroma gurih dan sedikit pedas, sedangkan ketumbar memberikan aroma segar dan sedikit manis.

  • Proses Pembentukan Aroma

    Aroma harum bawang putih dan ketumbar pada tempe mendoan basah terbentuk selama proses menggoreng. Saat adonan basah yang mengandung bawang putih dan ketumbar terkena minyak panas, bumbu-bumbu tersebut akan mengeluarkan aromanya. Aroma ini kemudian akan meresap ke dalam tempe dan menghasilkan aroma yang khas.

  • Pengaruh pada Selera Makan

    Aroma harum bawang putih dan ketumbar pada tempe mendoan basah dapat meningkatkan selera makan. Aroma yang menggugah selera ini akan membuat orang merasa lapar dan ingin segera mencicipi tempe mendoan basah.

  • Makna Budaya

    Penggunaan bawang putih dan ketumbar dalam resep tempe mendoan basah juga memiliki makna budaya. Bawang putih dan ketumbar merupakan bumbu yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia, sehingga aromanya sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Aroma harum bawang putih dan ketumbar pada tempe mendoan basah dapat membangkitkan rasa nostalgia dan kedekatan dengan budaya Indonesia.

Aroma harum bawang putih dan ketumbar merupakan salah satu faktor penting dalam resep tempe mendoan basah yang membuatnya begitu digemari. Aroma ini tidak hanya menambah cita rasa dan aroma pada tempe, tetapi juga meningkatkan selera makan dan memiliki makna budaya yang mendalam.

Nilai gizi


Nilai Gizi, Resep6-10k

Tempe mendoan basah merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang kaya akan nilai gizi. Kandungan protein nabati yang tinggi pada tempe menjadikannya sebagai sumber protein yang baik bagi tubuh. Protein berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta sebagai sumber energi.

“Resep tempe mendoan basah” yang menggunakan tempe sebagai bahan utamanya, secara tidak langsung juga menyajikan nilai gizi yang terkandung dalam tempe. Konsumsi tempe mendoan basah dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian, terutama bagi individu yang menjalani pola makan vegetarian atau vegan.

Selain mengandung protein nabati, tempe juga merupakan sumber serat, zat besi, dan kalsium. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, sedangkan zat besi dan kalsium penting untuk menjaga kesehatan darah dan tulang. Dengan demikian, “resep tempe mendoan basah” tidak hanya menyajikan kelezatan kuliner, tetapi juga menyuguhkan nilai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sejarah


Sejarah, Resep6-10k

Resep tempe mendoan basah merupakan bagian penting dari kekayaan kuliner Indonesia, khususnya di daerah Jawa Tengah. Resep ini telah diwariskan secara turun-temurun dan menjadi salah satu makanan tradisional yang populer.

  • Asal-usul dan Perkembangan

    Tempe mendoan basah diperkirakan berasal dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. Resep ini berkembang di masyarakat sebagai makanan ringan atau camilan. Seiring waktu, tempe mendoan basah menjadi salah satu kuliner khas Jawa Tengah yang banyak digemari.

  • Keunikan Kuliner

    Tempe mendoan basah memiliki keunikan dalam cita rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam. Perpaduan adonan basah dan bumbu-bumbu yang digunakan menciptakan cita rasa yang khas dan berbeda dari jenis tempe goreng lainnya.

  • Pengaruh Budaya

    Resep tempe mendoan basah juga merefleksikan kekayaan budaya Jawa Tengah. Penggunaan tempe sebagai bahan utama menunjukkan pengaruh budaya agraris masyarakat Jawa yang menjadikan kedelai sebagai bahan pangan pokok. Selain itu, proses pembuatan tempe mendoan basah sering kali dilakukan secara bersama-sama, mempererat hubungan sosial dalam masyarakat.

  • Pelestarian Kuliner

    Sebagai resep tradisional, tempe mendoan basah terus dilestarikan oleh masyarakat Jawa Tengah. Resep ini diajarkan dari generasi ke generasi dan menjadi bagian dari identitas kuliner daerah. Upaya pelestarian ini penting untuk menjaga keberlangsungan kuliner tradisional Indonesia.

Resep tempe mendoan basah dari Jawa Tengah merupakan warisan kuliner yang berharga. Resep ini tidak hanya menyajikan kelezatan cita rasa, tetapi juga merefleksikan sejarah, budaya, dan kebersamaan masyarakat Jawa Tengah. Melalui pelestarian kuliner tradisional, kita dapat menjaga kekayaan dan keberagaman kuliner Indonesia untuk generasi mendatang.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang “resep tempe mendoan basah”

Bagian ini akan menjawab beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait dengan “resep tempe mendoan basah” untuk memberikan informasi yang komprehensif dan mendalam.

Pertanyaan 1: Apa saja bahan-bahan utama dalam resep tempe mendoan basah?

Bahan utama dalam resep tempe mendoan basah terdiri dari tempe, tepung terigu, bawang putih, ketumbar, dan kunyit.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat adonan basah untuk tempe mendoan?

Adonan basah dibuat dengan mencampurkan tepung terigu, air, bawang putih halus, ketumbar halus, dan kunyit halus hingga membentuk adonan kental dan tidak terlalu encer.

Pertanyaan 3: Apa tips menggoreng tempe mendoan agar renyah dan tidak menyerap banyak minyak?

Gunakan minyak goreng yang banyak dan panas, celupkan tempe mendoan ke dalam adonan basah, dan goreng hingga kuning keemasan. Pastikan untuk tidak terlalu lama menggoreng agar tempe tidak menjadi keras.

Pertanyaan 4: Apa saja varian atau inovasi resep tempe mendoan basah?

Beberapa varian resep tempe mendoan basah antara lain: tempe mendoan isi (dengan isian sayuran atau daging), tempe mendoan krispi (dengan tambahan tepung roti), dan tempe mendoan saus pedas (dengan tambahan saus sambal atau kecap pedas).

Pertanyaan 5: Apa nilai gizi yang terkandung dalam tempe mendoan basah?

Tempe mendoan basah merupakan sumber protein nabati, serat, zat besi, dan kalsium yang baik.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menyimpan tempe mendoan agar tetap renyah?

Simpan tempe mendoan dalam wadah kedap udara di suhu ruang, atau di dalam lemari es (maksimal 2 hari) untuk menjaga kerenyahannya.

Dengan memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam tentang “resep tempe mendoan basah”.

Lanjut membaca: Sejarah dan Asal-usul Resep Tempe Mendoan Basah

Tips Membuat Tempe Mendoan Basah yang Renyah dan Gurih

Berikut beberapa tips membuat tempe mendoan basah yang renyah dan gurih untuk hasil akhir yang memuaskan:

Tips 1: Gunakan Tempe Berkualitas Baik
Pilih tempe yang segar dan berkualitas baik. Tempe yang baik ditandai dengan permukaan yang bersih, tidak berlendir, dan berwarna putih kekuningan.

Tips 2: Buat Adonan Basah dengan Konsistensi Tepat
Adonan basah harus memiliki konsistensi yang tidak terlalu kental atau encer. Adonan yang terlalu kental akan membuat tempe mendoan keras, sedangkan adonan yang terlalu encer akan membuat tempe mendoan tidak renyah.

Tips 3: Goreng dengan Minyak yang Cukup Panas
Gunakan minyak goreng yang banyak dan cukup panas ketika menggoreng tempe mendoan. Minyak panas akan membuat tempe mendoan cepat matang dan renyah.

Tips 4: Balik Tempe Mendoan Sesekali
Saat menggoreng tempe mendoan, balik tempe sesekali agar matangnya merata dan kedua sisinya berwarna kuning keemasan.

Tips 5: Tiriskan dengan Benar
Setelah matang, angkat tempe mendoan dan tiriskan dengan benar di atas kertas tisu untuk menghilangkan minyak berlebih.

Tips 6: Sajikan Segera
Tempe mendoan basah paling nikmat disajikan segera setelah digoreng. Teksturnya akan menjadi renyah dan gurih ketika masih hangat.

Tips 7: Tambahkan Bumbu dan Saus
Untuk menambah cita rasa, tempe mendoan basah dapat disajikan dengan berbagai bumbu dan saus, seperti sambal kecap, kecap manis, atau saus kacang.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat tempe mendoan basah yang renyah, gurih, dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Kesimpulan Resep Tempe Mendoan Basah

Resep tempe mendoan basah merupakan kekayaan kuliner Indonesia yang kaya akan cita rasa dan nilai gizi. Keunikannya terletak pada adonan basah yang digunakan, sehingga menghasilkan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Resep ini tidak hanya populer di Jawa Tengah, tetapi juga telah menyebar ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

Melalui eksplorasi resep tempe mendoan basah, kita dapat mengenal bahan-bahan, teknik pembuatan, sejarah, hingga nilai gizinya. Resep ini menjadi pengingat akan kekayaan kuliner Nusantara yang patut dijaga dan dilestarikan. Dalam perkembangannya, resep tempe mendoan basah juga mengalami inovasi dan variasi, menyesuaikan dengan selera dan kreativitas masing-masing daerah.

Youtube Video:



About administrator