Rahasia Tak Terduga: Resep Martabak Sederhana yang Menggugah Selera


Rahasia Tak Terduga: Resep Martabak Sederhana yang Menggugah Selera

Resep martabak sederhana adalah kumpulan petunjuk dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat martabak, makanan ringan populer di Indonesia. Resep ini biasanya meliputi tepung terigu, ragi, gula, garam, air, dan isian seperti daging cincang atau keju.

Martabak memiliki sejarah panjang di Indonesia dan telah menjadi makanan pokok di banyak daerah. Resep martabak sederhana sangat penting karena memungkinkan orang untuk membuat sendiri camilan lezat ini di rumah, tanpa harus membeli dari penjual makanan jalanan atau restoran.

Selain mudah dibuat, resep martabak sederhana juga menawarkan beberapa manfaat, seperti:

  • Hemat biaya: Membuat martabak sendiri bisa lebih hemat biaya daripada membelinya dari penjual makanan jalanan atau restoran.
  • Lebih sehat: Anda dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan dalam martabak, sehingga dapat memastikan bahwa martabak tersebut sehat dan sesuai dengan preferensi diet Anda.
  • Menyenangkan: Membuat martabak sendiri bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan kreatif, terutama jika dilakukan bersama keluarga atau teman.

Resep Martabak Sederhana

Resep martabak sederhana merupakan kumpulan petunjuk dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat martabak, makanan ringan populer di Indonesia. Resep ini biasanya meliputi tepung terigu, ragi, gula, garam, air, dan isian seperti daging cincang atau keju. Berikut adalah 10 aspek penting dari resep martabak sederhana:

  • Bahan-bahan: Tepung terigu, ragi, gula, garam, air, isian
  • Petunjuk: Langkah-langkah membuat martabak
  • Mudah dibuat: Resep yang mudah diikuti
  • Hemat biaya: Lebih murah daripada membeli dari penjual
  • Sehat: Dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan
  • Menyenangkan: Kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga atau teman
  • Sejarah panjang: Makanan pokok di banyak daerah di Indonesia
  • Variasi isian: Dapat diisi dengan berbagai isian sesuai selera
  • Camilan populer: Disukai oleh banyak orang di Indonesia
  • Makanan jalanan: Sering dijual oleh pedagang kaki lima

Kesepuluh aspek ini saling terkait dan berkontribusi pada pentingnya resep martabak sederhana. Bahan-bahan yang mudah didapat dan petunjuk yang mudah diikuti membuat resep ini mudah dibuat, bahkan untuk pemula. Selain itu, resep ini juga hemat biaya dan sehat, sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang. Resep martabak sederhana juga memiliki sejarah panjang di Indonesia dan telah menjadi makanan pokok di banyak daerah. Variasi isian yang dapat digunakan membuat martabak menjadi camilan yang populer dan disukai oleh banyak orang.

Bahan-bahan


Bahan-bahan, Resep5k

Bahan-bahan yang digunakan dalam resep martabak sederhana, yaitu tepung terigu, ragi, gula, garam, air, dan isian, memainkan peran penting dalam menciptakan cita rasa dan tekstur martabak yang khas. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing bahan dan fungsinya:

  • Tepung terigu: Tepung terigu merupakan bahan utama dalam pembuatan martabak. Tepung terigu berfungsi sebagai struktur adonan martabak, sehingga martabak menjadi kenyal dan tidak mudah sobek.
  • Ragi: Ragi adalah mikroorganisme yang berperan dalam proses fermentasi adonan martabak. Ragi memakan gula dalam adonan dan menghasilkan gas karbon dioksida, sehingga adonan menjadi mengembang dan berpori.
  • Gula: Gula berfungsi sebagai makanan bagi ragi. Selain itu, gula juga memberikan rasa manis pada martabak.
  • Garam: Garam berfungsi untuk memberikan rasa gurih pada martabak. Garam juga membantu mengontrol aktivitas ragi.
  • Air: Air berfungsi untuk melarutkan bahan-bahan lainnya dan membentuk adonan. Jumlah air yang digunakan harus tepat, agar adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras.
  • Isian: Isian martabak dapat bervariasi, seperti daging cincang, keju, atau sayuran. Isian memberikan cita rasa dan tekstur tambahan pada martabak.

Keenam bahan ini saling berinteraksi untuk menciptakan martabak sederhana yang lezat dan bertekstur khas. Resep martabak sederhana yang tepat akan menghasilkan martabak yang mengembang, lembut, dan gurih, dengan isian yang sesuai dengan selera.

Petunjuk


Petunjuk, Resep5k

Petunjuk atau langkah-langkah membuat martabak merupakan komponen penting dari resep martabak sederhana. Petunjuk ini menjelaskan secara rinci proses pembuatan martabak, mulai dari persiapan bahan hingga penyajian. Tanpa petunjuk yang jelas, akan sulit untuk menghasilkan martabak yang lezat dan sempurna.

Langkah-langkah dalam resep martabak sederhana biasanya meliputi:

  • Mencampur bahan kering (tepung terigu, ragi, gula, garam).
  • Menambahkan air dan menguleni hingga terbentuk adonan yang kalis.
  • Membiarkan adonan mengembang hingga dua kali lipat.
  • Membagi adonan menjadi beberapa bagian dan membentuknya sesuai selera.
  • Mengisi adonan dengan isian sesuai selera.
  • Memasak martabak di atas wajan atau teflon hingga matang.

Setiap langkah dalam petunjuk pembuatan martabak memiliki tujuan dan pengaruh tertentu terhadap hasil akhir martabak. Misalnya, menguleni adonan hingga kalis akan menghasilkan martabak yang kenyal dan tidak mudah sobek. Membiarkan adonan mengembang akan menghasilkan martabak yang berpori dan lembut. Memasak martabak dengan benar akan menghasilkan martabak yang matang sempurna dan memiliki cita rasa yang lezat.

Oleh karena itu, memahami dan mengikuti petunjuk pembuatan martabak dengan baik sangat penting untuk keberhasilan membuat martabak sederhana yang lezat. Dengan mengikuti petunjuk secara cermat, siapa pun dapat membuat martabak sendiri di rumah tanpa harus membeli dari penjual makanan jalanan atau restoran.

Mudah dibuat


Mudah Dibuat, Resep5k

Resep martabak sederhana dicirikan oleh kemudahan pembuatannya, yang didukung oleh resep yang mudah diikuti. Resep ini biasanya ditulis dengan langkah-langkah yang jelas dan ringkas, sehingga memudahkan siapa pun untuk membuat martabak sendiri di rumah, meskipun tidak memiliki pengalaman memasak sebelumnya.

Ketersediaan resep martabak sederhana yang mudah diikuti memiliki beberapa manfaat penting:

  • Menghemat waktu dan tenaga: Resep yang mudah diikuti memungkinkan kita membuat martabak dengan cepat dan efisien, tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mempelajarinya.
  • Meningkatkan rasa percaya diri: Ketika kita berhasil membuat martabak menggunakan resep yang mudah diikuti, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri kita dalam memasak, mendorong kita untuk mencoba resep lain yang lebih menantang.
  • Memperluas wawasan kuliner: Resep martabak sederhana yang mudah diikuti dapat memperluas wawasan kuliner kita, memungkinkan kita untuk menjelajahi berbagai variasi martabak dan bereksperimen dengan isian yang berbeda.

Secara keseluruhan, resep martabak sederhana yang mudah diikuti merupakan komponen penting dalam membuat martabak sederhana yang sukses. Dengan mengikuti resep dengan cermat, siapa pun dapat menikmati kelezatan martabak buatan sendiri tanpa kesulitan yang berarti.

Hemat biaya


Hemat Biaya, Resep5k

Komponen penting dari resep martabak sederhana adalah sifatnya yang hemat biaya, yaitu lebih murah daripada membeli martabak dari penjual makanan jalanan atau restoran. Hal ini menjadikannya pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin menikmati kelezatan martabak tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Resep martabak sederhana memungkinkan kita mengontrol bahan-bahan dan porsinya, sehingga kita dapat menyesuaikannya dengan anggaran dan kebutuhan kita. Dengan membuat martabak sendiri, kita dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk membeli martabak di luar, yang seringkali memiliki harga yang lebih tinggi karena mencakup biaya bahan, tenaga kerja, dan keuntungan penjual.

Selain itu, membuat martabak sendiri juga dapat mengurangi pengeluaran bulanan untuk makanan, karena martabak dapat dijadikan sebagai camilan atau makanan pengganjal lapar yang mengenyangkan dan bergizi. Dengan demikian, resep martabak sederhana tidak hanya memberikan kenikmatan kuliner, tetapi juga membantu kita mengelola keuangan dengan lebih baik.

Sehat


Sehat, Resep5k

Sehat merupakan salah satu aspek penting dari resep martabak sederhana. Dengan membuat martabak sendiri, kita dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan, sehingga dapat memastikan bahwa martabak tersebut sehat dan sesuai dengan preferensi diet kita.

  • Menggunakan bahan-bahan berkualitas: Resep martabak sederhana memungkinkan kita memilih dan menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti tepung terigu organik, ragi alami, dan isian segar. Hal ini akan menghasilkan martabak yang lebih sehat dan bergizi.
  • Menghindari bahan-bahan tidak sehat: Dengan membuat martabak sendiri, kita dapat menghindari penggunaan bahan-bahan yang tidak sehat, seperti minyak goreng trans atau pengawet. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke.
  • Menyesuaikan dengan kebutuhan diet: Resep martabak sederhana dapat disesuaikan dengan kebutuhan diet khusus, seperti bebas gluten, rendah lemak, atau vegan. Hal ini memungkinkan kita untuk menikmati martabak lezat tanpa mengorbankan kesehatan kita.
  • Membuat martabak lebih bergizi: Kita dapat menambahkan bahan-bahan bergizi ke dalam martabak, seperti sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian. Hal ini akan menambah nilai gizi martabak dan menjadikannya lebih mengenyangkan.

Dengan mengontrol bahan-bahan yang digunakan, resep martabak sederhana memungkinkan kita untuk membuat martabak yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat dan sesuai dengan gaya hidup kita. Hal ini menjadikan martabak sederhana sebagai pilihan makanan yang lebih baik dibandingkan martabak yang dibeli dari penjual makanan jalanan atau restoran, yang mungkin menggunakan bahan-bahan yang kurang sehat atau tidak sesuai dengan preferensi diet kita.

Menyenangkan


Menyenangkan, Resep5k

Selain mudah dibuat dan hemat biaya, resep martabak sederhana juga menawarkan aspek menyenangkan yang menjadikannya kegiatan yang cocok dilakukan bersama keluarga atau teman. Memasak martabak secara bersama-sama dapat mempererat hubungan dan menciptakan kenangan yang berharga.

  • Mempererat hubungan melalui kerja sama: Memasak martabak membutuhkan kerja sama tim, dari menyiapkan bahan hingga memasak dan menyajikannya. Bekerja sama untuk membuat martabak dapat mempererat hubungan dan meningkatkan komunikasi antar anggota keluarga atau teman.
  • Menciptakan kenangan yang berharga: Proses membuat martabak bersama-sama sering kali diiringi dengan tawa, canda, dan cerita yang dibagikan. Kenangan-kenangan ini akan semakin memperkuat ikatan antara keluarga atau teman.
  • Menjadi kegiatan yang menghibur: Memasak martabak dapat menjadi kegiatan yang menghibur dan menghilangkan stres. Berfokus pada aktivitas memasak dan menikmati kebersamaan dapat membantu mengalihkan pikiran dari masalah sehari-hari dan menciptakan suasana yang menyenangkan.
  • Memperkaya pengalaman kuliner: Membuat martabak bersama-sama memungkinkan setiap orang untuk bereksperimen dan mengembangkan kreativitas kuliner mereka. Mencoba isian yang berbeda, menghias martabak dengan cara yang unik, dan menikmati hasil karya bersama dapat memperkaya pengalaman kuliner dan menciptakan kebanggaan tersendiri.

Dengan demikian, resep martabak sederhana tidak hanya menyajikan kelezatan kuliner tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat hubungan, menciptakan kenangan berharga, dan memberikan pengalaman memasak yang menyenangkan bersama keluarga atau teman.

Sejarah panjang


Sejarah Panjang, Resep5k

Sejarah panjang martabak sebagai makanan pokok di banyak daerah di Indonesia memiliki keterkaitan yang erat dengan resep martabak sederhana. Resep martabak sederhana merupakan warisan kuliner yang telah diwariskan turun-temurun, merefleksikan cita rasa dan tradisi masyarakat Indonesia.

Sebagai makanan pokok, martabak memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Martabak sering disajikan dalam berbagai acara, mulai dari acara keluarga hingga perayaan keagamaan. Resep martabak sederhana memungkinkan masyarakat untuk membuat martabak sendiri, sehingga dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, resep martabak sederhana juga menjadi sarana pelestarian budaya kuliner Indonesia. Dengan membuat martabak sendiri, masyarakat dapat menjaga tradisi dan cita rasa asli martabak, sekaligus memperkenalkannya kepada generasi muda. Hal ini berkontribusi pada keberlangsungan budaya kuliner Indonesia dan memperkaya khazanah kuliner nasional.

Variasi isian


Variasi Isian, Resep5k

Variasi isian merupakan salah satu komponen penting dalam resep martabak sederhana. Dengan adanya variasi isian, martabak dapat disajikan dengan berbagai rasa dan tampilan yang menarik, sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing individu.

Resep martabak sederhana memungkinkan kita untuk mengeksplorasi kreativitas kuliner dengan mencoba berbagai isian. Isian martabak dapat berupa daging cincang, keju, sayuran, atau kombinasi dari ketiganya. Selain itu, kita juga dapat membuat isian martabak yang unik dan berbeda, seperti isian cokelat, buah-buahan, atau bahkan es krim.

Variasi isian tidak hanya menambah kelezatan martabak, tetapi juga memberikan nilai gizi yang berbeda-beda. Isian daging cincang kaya akan protein, keju kaya akan kalsium, dan sayuran kaya akan serat dan vitamin. Dengan memilih isian yang sesuai, kita dapat membuat martabak yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat dan bergizi.

Secara keseluruhan, variasi isian merupakan komponen penting dalam resep martabak sederhana yang memungkinkan kita untuk membuat martabak sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Resep martabak sederhana yang mudah diikuti dan hemat biaya memberikan kita kebebasan untuk bereksperimen dengan berbagai isian, sehingga dapat menikmati martabak lezat dengan cita rasa yang beragam.

Camilan populer


Camilan Populer, Resep5k

Koneksi antara “Camilan populer: Disukai oleh banyak orang di Indonesia” dan “resep martabak sederhana” sangatlah erat. Martabak merupakan salah satu camilan paling populer di Indonesia, digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan usia. Popularitas martabak ini menjadi salah satu faktor penting yang mendorong banyak orang untuk mencari resep martabak sederhana.

Resep martabak sederhana menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk membuat sendiri martabak di rumah. Dengan mengikuti resep yang mudah dipahami dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, masyarakat dapat menikmati kelezatan martabak tanpa harus membelinya dari penjual makanan jalanan atau restoran. Hal ini menjadikan resep martabak sederhana sebagai komponen penting dalam menjaga popularitas martabak sebagai camilan favorit masyarakat Indonesia.

Selain itu, popularitas martabak juga memberikan dampak positif terhadap perkembangan resep martabak sederhana. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan martabak, semakin banyak pula orang yang tertarik untuk membuat dan membagikan resep martabak sederhana mereka sendiri. Hal ini memperkaya khazanah resep martabak sederhana yang tersedia, memberikan lebih banyak pilihan bagi masyarakat untuk membuat martabak sesuai dengan selera dan preferensi mereka.

Secara keseluruhan, koneksi antara “Camilan populer: Disukai oleh banyak orang di Indonesia” dan “resep martabak sederhana” bersifat saling menguatkan. Popularitas martabak mendorong munculnya resep martabak sederhana, sementara resep martabak sederhana mempermudah masyarakat untuk menikmati martabak sehingga semakin meningkatkan popularitasnya. Pemahaman akan koneksi ini penting untuk mengapresiasi peran resep martabak sederhana dalam menjaga tradisi kuliner Indonesia dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan camilan yang lezat dan mudah dibuat.

Makanan jalanan


Makanan Jalanan, Resep5k

Resep martabak sederhana memiliki kaitan yang erat dengan keberadaan martabak sebagai makanan jalanan yang sering dijual oleh pedagang kaki lima. Keterkaitan ini menjadikannya komponen penting dalam memahami resep martabak sederhana dan popularitasnya di Indonesia.

Martabak yang dijual oleh pedagang kaki lima biasanya memiliki cita rasa yang khas dan harga yang terjangkau. Hal ini menjadikan martabak sebagai camilan yang mudah diakses oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Resep martabak sederhana memungkinkan masyarakat untuk membuat sendiri martabak dengan cita rasa yang serupa dengan martabak pedagang kaki lima, sehingga dapat menikmati kelezatan martabak tanpa harus membelinya.

Selain itu, keberadaan martabak sebagai makanan jalanan juga mendorong inovasi dan variasi resep martabak sederhana. Pedagang kaki lima sering kali bereksperimen dengan isian dan teknik memasak untuk menciptakan variasi martabak yang unik dan menarik. Hal ini menginspirasi masyarakat untuk membuat kreasi martabak sendiri, sehingga memperkaya khazanah resep martabak sederhana yang tersedia.

Dengan demikian, koneksi antara “Makanan jalanan: Sering dijual oleh pedagang kaki lima” dan “resep martabak sederhana” memiliki implikasi penting. Resep martabak sederhana memungkinkan masyarakat untuk menikmati kelezatan martabak khas pedagang kaki lima di rumah, mendorong inovasi kuliner, dan memperkaya khazanah resep martabak Indonesia. Pemahaman akan koneksi ini membantu kita mengapresiasi peran penting makanan jalanan dalam membentuk budaya kuliner Indonesia dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan camilan yang lezat dan terjangkau.

Pertanyaan Umum tentang Resep Martabak Sederhana

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang resep martabak sederhana beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa bahan utama dalam resep martabak sederhana?

Bahan utama dalam resep martabak sederhana adalah tepung terigu, ragi, gula, garam, air, dan isian.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat martabak sederhana?

Untuk membuat martabak sederhana, campurkan bahan kering, tambahkan air dan uleni hingga kalis, biarkan adonan mengembang, bagi adonan dan bentuk sesuai selera, isi dengan isian, dan masak di atas wajan atau teflon hingga matang.

Pertanyaan 3: Apakah resep martabak sederhana mudah dibuat?

Ya, resep martabak sederhana umumnya mudah diikuti, bahkan untuk pemula dalam memasak.

Pertanyaan 4: Apakah resep martabak sederhana hemat biaya?

Ya, membuat martabak sendiri menggunakan resep sederhana dapat lebih hemat biaya dibandingkan membelinya dari penjual makanan jalanan atau restoran.

Pertanyaan 5: Apakah resep martabak sederhana sehat?

Resep martabak sederhana dapat disesuaikan untuk menjadi lebih sehat dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas, menghindari bahan-bahan tidak sehat, dan menambahkan bahan-bahan bergizi.

Pertanyaan 6: Apakah resep martabak sederhana bisa dimodifikasi?

Ya, resep martabak sederhana dapat dimodifikasi dengan bereksperimen dengan berbagai isian, topping, dan teknik memasak.

Dengan memahami jawaban atas pertanyaan umum ini, Anda dapat lebih percaya diri dalam membuat martabak sederhana yang lezat dan sesuai dengan preferensi Anda.

Baca juga:

  • Sejarah Martabak di Indonesia
  • Tips Membuat Martabak Sederhana yang Sempurna
  • Variasi Resep Martabak Sederhana yang Wajib Dicoba

Tips Membuat Martabak Sederhana yang Sempurna

Resep martabak sederhana merupakan panduan untuk membuat martabak yang lezat dan mudah dibuat. Namun, untuk menghasilkan martabak yang sempurna, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan:

Tip 1: Gunakan bahan-bahan berkualitas. Tepung terigu berkualitas baik akan menghasilkan martabak yang lebih lembut dan mengembang. Ragi yang masih aktif akan membantu adonan mengembang dengan baik. Air yang digunakan sebaiknya bersuhu suam-suam kuku untuk mengaktifkan ragi.

Tip 2: Uleni adonan hingga kalis. Menguleni adonan hingga kalis akan menghasilkan martabak yang kenyal dan tidak mudah sobek. Proses pengulenan juga akan membantu mengembangkan gluten dalam tepung, sehingga martabak menjadi lebih elastis.

Tip 3: Biarkan adonan mengembang dengan baik. Setelah diuleni, adonan harus dibiarkan mengembang hingga dua kali lipat. Proses ini akan memberikan waktu bagi ragi untuk bekerja dan menghasilkan gas karbon dioksida, sehingga martabak menjadi lebih mengembang dan berpori.

Tip 4: Beri isian sesuai selera. Martabak sederhana dapat diisi dengan berbagai isian, seperti daging cincang, keju, atau sayuran. Untuk isian daging, pastikan daging sudah dimasak terlebih dahulu. Untuk isian keju, gunakan keju yang mudah meleleh, seperti keju mozzarella atau cheddar.

Tip 5: Masak martabak dengan api sedang. Memasak martabak dengan api sedang akan membantu martabak matang merata dan tidak gosong. Gunakan wajan atau teflon anti lengket untuk mencegah martabak menempel.

Tip 6: Sajikan martabak selagi hangat. Martabak sederhana paling nikmat disajikan selagi hangat. Anda dapat menambahkan topping sesuai selera, seperti acar bawang, saus tomat, atau mayones.

Tip 7: Simpan martabak dengan benar. Jika martabak tidak langsung habis, simpan dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam lemari es. Martabak dapat dipanaskan kembali menggunakan microwave atau oven sebelum disajikan.

Tip 8: Berkreasi dengan topping dan isian. Resep martabak sederhana dapat dimodifikasi dengan berbagai topping dan isian sesuai selera. Anda dapat menambahkan topping seperti keju parut, telur ceplok, atau sayuran tumis. Untuk isian, Anda dapat bereksperimen dengan bahan-bahan seperti tuna, udang, atau jamur.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membuat martabak sederhana yang lezat dan sempurna. Martabak dapat menjadi camilan atau makanan pengganjal lapar yang mengenyangkan dan bergizi. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Resep martabak sederhana merupakan panduan penting dalam membuat martabak yang lezat dan mudah disiapkan, serta memiliki sejarah panjang dan merupakan makanan pokok di banyak daerah di Indonesia. Resep ini memungkinkan masyarakat untuk menikmati martabak rumahan yang hemat biaya, menyehatkan, dan menyenangkan untuk dibuat bersama keluarga atau teman.

Dengan mengikuti resep martabak sederhana dan bereksperimen dengan berbagai isian serta topping, setiap orang dapat menciptakan martabak yang sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing. Resep martabak sederhana juga berkontribusi pada pelestarian budaya kuliner Indonesia dan memperkaya khazanah kuliner nasional. Mari terus melestarikan dan menikmati kelezatan martabak sederhana sebagai bagian dari kekayaan kuliner Indonesia.

Youtube Video:



About admin