Resep Kue Nastar Sederhana: Rahasia Kelezatan yang Tak Tertahankan!


Resep Kue Nastar Sederhana: Rahasia Kelezatan yang Tak Tertahankan!

Resep kue nastar sederhana adalah kumpulan petunjuk dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar, kue kering isi nanas yang populer di Indonesia. Resep ini biasanya mencakup bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, mentega, telur, dan tentu saja nanas untuk isiannya. Kue nastar sederhana menjadi pilihan tepat bagi pemula yang ingin membuat kue kering sendiri di rumah karena bahan-bahannya mudah didapat dan cara pembuatannya tidak terlalu rumit.

Manfaat dari membuat kue nastar sendiri antara lain dapat menghemat pengeluaran dibandingkan membeli kue nastar di toko, dapat menyesuaikan rasa dan bahan sesuai selera, serta dapat dijadikan kegiatan menyenangkan bersama keluarga atau teman. Selain itu, kue nastar juga memiliki nilai historis dan budaya di Indonesia, sehingga membuatnya sendiri dapat menjadi cara untuk melestarikan tradisi.

Berikut adalah beberapa topik utama yang akan dibahas dalam artikel ini:

  • Bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar sederhana
  • Langkah-langkah membuat kue nastar sederhana, termasuk cara membuat isian nanas
  • Tips dan trik untuk membuat kue nastar sederhana yang sukses
  • Variasi resep kue nastar sederhana, seperti kue nastar keju atau kue nastar cokelat

Resep Kue Nastar Sederhana

Resep kue nastar sederhana memiliki beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Bahan-bahan: Tepung terigu, gula, mentega, telur, nanas
  • Peralatan: Oven, loyang, mixer
  • Langkah-langkah: Mencampur bahan, membuat isian, membentuk kue
  • Tips: Gunakan mentega dingin, jangan overmix adonan
  • Variasi: Kue nastar keju, kue nastar cokelat
  • Sejarah: Kue nastar berasal dari Belanda
  • Budaya: Kue nastar identik dengan hari raya Lebaran
  • Ekonomi: Kue nastar menjadi peluang usaha rumahan
  • Tradisi: Membuat kue nastar bersama keluarga
  • Kreativitas: Kue nastar dapat dihias dengan berbagai bentuk

Semua aspek tersebut saling berkaitan dan membentuk satu kesatuan yang disebut resep kue nastar sederhana. Bahan-bahan yang digunakan menentukan rasa dan tekstur kue, peralatan yang digunakan mempermudah proses pembuatan, langkah-langkah yang diikuti menghasilkan kue yang sukses, tips dan variasi membuat kue lebih menarik, serta sejarah, budaya, dan tradisi membuat kue nastar lebih bermakna. Dengan memahami aspek-aspek tersebut, diharapkan dapat membuat kue nastar sederhana dengan baik dan menikmati kelezatannya bersama orang-orang tercinta.

Bahan-bahan


Bahan-bahan, Resep4-10k

Dalam resep kue nastar sederhana, bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, mentega, telur, dan nanas memegang peranan penting dalam menghasilkan kue yang lezat dan bertekstur sempurna. Tepung terigu menjadi struktur utama kue, gula memberikan rasa manis, mentega menghasilkan tekstur yang lembut dan renyah, telur berfungsi sebagai pengikat, dan nanas memberikan isian yang asam dan menyegarkan. Kelima bahan ini saling melengkapi dan membentuk harmoni rasa yang khas pada kue nastar.

Kualitas bahan-bahan yang digunakan juga memengaruhi hasil akhir kue nastar. Tepung terigu yang baik akan menghasilkan kue yang bertekstur halus, gula yang cukup akan membuat kue terasa manis dan tidak hambar, mentega yang berkualitas akan menghasilkan kue yang lembut dan tidak keras, telur yang segar akan membuat kue mengembang dengan baik, dan nanas yang matang akan memberikan isian yang beraroma dan tidak asam. Oleh karena itu, penting untuk memilih bahan-bahan yang berkualitas baik agar kue nastar yang dihasilkan juga berkualitas baik.

Memahami fungsi dan pentingnya masing-masing bahan dalam resep kue nastar sederhana akan membantu kita dalam membuat kue yang sukses. Dengan mengikuti resep dengan benar dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik, kita dapat menikmati kelezatan kue nastar buatan sendiri yang tidak kalah dengan kue nastar yang dijual di toko.

Peralatan


Peralatan, Resep4-10k

Dalam resep kue nastar sederhana, peralatan seperti oven, loyang, dan mixer memainkan peran penting dalam keberhasilan pembuatan kue. Oven berfungsi untuk memanggang adonan kue hingga matang dan berwarna kecoklatan, loyang berfungsi sebagai wadah adonan saat dipanggang, dan mixer berfungsi untuk mencampur adonan hingga tercampur rata dan bertekstur lembut.

Ketiga peralatan ini saling berkaitan dan membentuk satu kesatuan dalam proses pembuatan kue nastar. Oven yang panas akan membuat adonan mengembang dan matang secara merata, loyang yang tepat akan membuat kue berbentuk sesuai keinginan, dan mixer yang baik akan membuat adonan tercampur sempurna dan menghasilkan kue yang lembut. Jika salah satu peralatan ini tidak berfungsi dengan baik, maka hasil kue nastar yang dihasilkan juga tidak akan optimal.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa ketiga peralatan ini berfungsi dengan baik sebelum digunakan untuk membuat kue nastar. Oven harus dipanaskan terlebih dahulu hingga mencapai suhu yang diinginkan, loyang harus diolesi mentega atau dilapisi kertas roti agar kue tidak lengket, dan mixer harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan agar adonan tercampur rata dan tidak overmix. Dengan memperhatikan peralatan yang digunakan dan fungsinya masing-masing, kita dapat membuat kue nastar sederhana yang sukses dan lezat.

Langkah-langkah


Langkah-langkah, Resep4-10k

Dalam resep kue nastar sederhana, langkah-langkah mencampur bahan, membuat isian, dan membentuk kue merupakan tahapan krusial yang menentukan keberhasilan pembuatan kue. Mencampur bahan dengan benar akan menghasilkan adonan yang homogen dan bertekstur baik, membuat isian yang lezat akan menghasilkan kue yang kaya rasa, dan membentuk kue dengan baik akan menghasilkan kue yang indah dan menarik. Ketiga langkah ini saling terkait dan membentuk satu kesatuan dalam proses pembuatan kue nastar sederhana.

Mencampur bahan harus dilakukan dengan hati-hati agar semua bahan tercampur rata dan tidak overmix. Jika adonan overmix, kue akan menjadi keras dan alot. Membuat isian juga harus diperhatikan takaran dan rasanya. Isian yang terlalu asam atau terlalu manis akan mempengaruhi rasa kue secara keseluruhan. Membentuk kue juga harus dilakukan dengan teliti agar kue memiliki bentuk yang rapi dan menarik. Jika kue tidak dibentuk dengan baik, kue akan mudah hancur dan tidak enak dipandang.

Dengan memahami pentingnya setiap langkah dalam resep kue nastar sederhana, kita dapat membuat kue yang lezat dan indah. Kue nastar yang dibuat dengan baik akan menjadi suguhan istimewa untuk keluarga dan teman, serta dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi pembuatnya. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti langkah-langkah resep dengan cermat dan teliti untuk mendapatkan hasil kue nastar sederhana yang sempurna.

Tips


Tips, Resep4-10k

Dalam resep kue nastar sederhana, tips menggunakan mentega dingin dan menghindari overmix adonan memiliki peran penting dalam menghasilkan kue yang sukses. Mentega dingin akan menghasilkan kue yang lebih renyah dan tidak mudah melebar saat dipanggang, sementara adonan yang tidak overmix akan menghasilkan kue yang lembut dan tidak alot. Kedua hal ini sangat penting untuk mendapatkan kue nastar yang sempurna.

Saat mentega dingin dicampurkan ke dalam adonan, mentega akan melapisi tepung terigu dan mencegah gluten terbentuk secara berlebihan. Hal ini akan menghasilkan adonan yang lebih rapuh dan renyah. Sebaliknya, jika mentega terlalu lunak atau bahkan cair, mentega akan lebih mudah tercampur dengan tepung terigu dan membentuk gluten. Hal ini akan menghasilkan adonan yang lebih alot dan keras.

Selain menggunakan mentega dingin, menghindari overmix adonan juga sangat penting. Overmix adonan akan membuat gluten terbentuk secara berlebihan, sehingga menghasilkan kue yang keras dan alot. Sebaliknya, adonan yang tidak overmix akan menghasilkan kue yang lembut dan empuk. Untuk menghindari overmix adonan, cukup campur adonan hingga semua bahan tercampur rata. Jangan terlalu lama mengaduk adonan, terutama jika menggunakan mixer.

Jadi, dalam resep kue nastar sederhana, tips menggunakan mentega dingin dan menghindari overmix adonan sangat penting untuk diperhatikan. Dengan mengikuti tips ini, kita dapat menghasilkan kue nastar yang renyah, lembut, dan lezat.

Variasi


Variasi, Resep4-10k

Dalam resep kue nastar sederhana, variasi seperti kue nastar keju dan kue nastar cokelat menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin membuat kue nastar dengan rasa yang berbeda. Variasi ini menambahkan bahan tambahan seperti keju atau cokelat ke dalam resep dasar kue nastar, sehingga menghasilkan kue dengan cita rasa yang unik dan menggugah selera.

  • Kue Nastar Keju

    Kue nastar keju dibuat dengan menambahkan keju parut ke dalam adonan dasar kue nastar. Hal ini menghasilkan kue dengan rasa yang gurih dan sedikit asin, yang berpadu dengan baik dengan isian nanas yang manis. Keju yang digunakan dapat bervariasi, seperti keju cheddar, keju parmesan, atau keju mozzarella, tergantung pada selera masing-masing.

  • Kue Nastar Cokelat

    Kue nastar cokelat dibuat dengan menambahkan cokelat bubuk atau cokelat leleh ke dalam adonan dasar kue nastar. Hal ini menghasilkan kue dengan rasa cokelat yang kaya dan manis. Cokelat yang digunakan dapat bervariasi, seperti cokelat hitam, cokelat putih, atau cokelat susu, tergantung pada selera masing-masing.

Variasi kue nastar keju dan kue nastar cokelat menawarkan alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin menikmati kue nastar dengan rasa yang berbeda. Dengan menambahkan bahan tambahan seperti keju atau cokelat, kita dapat membuat kue nastar yang unik dan sesuai dengan preferensi masing-masing. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan variasi resep kue nastar sederhana untuk menemukan rasa yang paling sesuai dengan selera Anda.

Sejarah


Sejarah, Resep4-10k

Resep kue nastar sederhana tidak dapat dilepaskan dari sejarahnya yang berasal dari Belanda. Kue nastar merupakan adaptasi dari kue kering Belanda yang disebut ananasgebak atau ananastaart, yang dibawa ke Indonesia pada masa penjajahan. Seiring waktu, kue tersebut disesuaikan dengan selera lokal Indonesia, sehingga tercipta resep kue nastar sederhana yang kita kenal sekarang.

Pengaruh Belanda dalam resep kue nastar sederhana terlihat dari penggunaan beberapa bahan, seperti mentega dan keju. Bahan-bahan ini umum digunakan dalam kue-kue Belanda, dan memberikan cita rasa yang khas pada kue nastar. Selain itu, bentuk kue nastar yang bulat dengan isian nanas di dalamnya juga menyerupai ananasgebak.

Mempelajari sejarah kue nastar memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang resep kue nastar sederhana yang kita nikmati sekarang. Sejarah ini menunjukkan bagaimana pengaruh budaya lain dapat memperkaya kuliner suatu bangsa, dan bagaimana resep makanan dapat beradaptasi dan berubah seiring waktu. Dengan memahami sejarah kue nastar, kita dapat lebih mengapresiasi kekayaan kuliner Indonesia yang beragam.

Budaya


Budaya, Resep4-10k

Dalam budaya masyarakat Indonesia, kue nastar memiliki hubungan yang erat dengan hari raya Lebaran. Kue nastar menjadi salah satu hidangan wajib yang disajikan saat Lebaran, bersama dengan ketupat, opor ayam, dan rendang. Kue nastar melambangkan kebahagiaan, kemakmuran, dan kebersamaan, sehingga kehadirannya di meja makan saat Lebaran sangat dinantikan.

Kue nastar yang identik dengan Lebaran ini tidak terlepas dari resep kue nastar sederhana yang mudah dibuat dan bahan-bahannya yang mudah didapat. Resep kue nastar sederhana memungkinkan masyarakat untuk membuat sendiri kue nastar di rumah, sehingga dapat disajikan sebagai hidangan istimewa saat Lebaran. Selain itu, kue nastar juga sering dijadikan sebagai hadiah atau bingkisan untuk keluarga, teman, dan kerabat saat Lebaran.

Memahami hubungan antara budaya kue nastar dengan Lebaran dan resep kue nastar sederhana memberikan beberapa manfaat praktis. Pertama, kita dapat menghargai nilai budaya yang terkandung dalam kue nastar, sehingga dapat melestarikan tradisi membuat dan menyajikan kue nastar saat Lebaran. Kedua, kita dapat memanfaatkan resep kue nastar sederhana untuk membuat sendiri kue nastar di rumah, sehingga dapat menghemat pengeluaran dan menyajikan kue nastar yang lebih sehat dan higienis. Ketiga, kita dapat menggunakan kue nastar sebagai sarana untuk berbagi kebahagiaan dan kebersamaan dengan orang-orang terdekat saat Lebaran.

Ekonomi


Ekonomi, Resep4-10k

Resep kue nastar sederhana memiliki kaitan erat dengan peluang usaha rumahan. Kemudahan dalam membuat kue nastar dengan bahan-bahan yang mudah didapat menjadi faktor pendukung berkembangnya usaha rumahan kue nastar. Resep sederhana ini memungkinkan pelaku usaha untuk memproduksi kue nastar dalam jumlah banyak dengan biaya yang relatif rendah.

Usaha rumahan kue nastar banyak diminati karena target pasarnya yang luas. Kue nastar digemari masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan, sehingga permintaan akan kue nastar cenderung stabil sepanjang tahun. Selain itu, kue nastar juga sering dijadikan sebagai hadiah atau bingkisan, sehingga dapat meningkatkan permintaan pada momen-momen tertentu, seperti Lebaran dan hari raya lainnya.

Memahami hubungan antara resep kue nastar sederhana dan peluang usaha rumahan memberikan beberapa manfaat praktis. Pertama, masyarakat dapat memanfaatkan resep sederhana ini untuk memulai usaha rumahan kue nastar dengan modal yang relatif kecil. Kedua, usaha rumahan kue nastar dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga. Ketiga, usaha rumahan kue nastar dapat membantu memperkuat perekonomian lokal dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Tradisi


Tradisi, Resep4-10k

Resep kue nastar sederhana tidak terlepas dari tradisi membuat kue nastar bersama keluarga. Tradisi ini telah berlangsung turun-temurun dan menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat Indonesia. Membuat kue nastar bersama keluarga memiliki banyak manfaat, baik dari segi sosial maupun psikologis.

  • Mempererat hubungan keluarga

    Membuat kue nastar bersama keluarga merupakan kegiatan yang dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga. Saat membuat kue, keluarga dapat berinteraksi, bercanda, dan berbagi cerita. Kegiatan ini menciptakan suasana kekeluargaan yang hangat dan menyenangkan.

  • Menjaga tradisi

    Tradisi membuat kue nastar bersama keluarga juga menjadi cara untuk menjaga tradisi dan budaya Indonesia. Kue nastar merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sudah ada sejak lama. Dengan membuat kue nastar bersama keluarga, tradisi ini dapat terus diwariskan kepada generasi selanjutnya.

  • Menanamkan nilai-nilai positif

    Membuat kue nastar bersama keluarga dapat menanamkan nilai-nilai positif kepada anak-anak. Mereka belajar tentang kerja sama, kesabaran, dan ketekunan. Mereka juga belajar menghargai makanan dan proses pembuatannya.

  • Membangkitkan rasa bangga

    Saat berhasil membuat kue nastar bersama keluarga, akan timbul rasa bangga dan puas. Rasa bangga ini muncul karena telah berhasil membuat sesuatu yang enak dan bermanfaat bersama orang-orang tercinta.

Tradisi membuat kue nastar bersama keluarga tidak hanya sekedar membuat kue, tetapi juga tentang kebersamaan, nilai-nilai positif, dan pelestarian budaya. Resep kue nastar sederhana menjadi jembatan bagi keluarga untuk berkumpul dan menciptakan momen-momen berharga bersama.

Kreativitas


Kreativitas, Resep4-10k

Dalam dunia pembuatan kue, kreativitas memainkan peran yang sangat penting. Hal ini juga berlaku dalam resep kue nastar sederhana, di mana kue nastar dapat dihias dengan berbagai bentuk sesuai keinginan dan imajinasi pembuatnya.

  • Bentuk Tradisional

    Bentuk tradisional kue nastar adalah bulat dengan bagian atas yang sedikit menonjol. Bentuk ini sudah sangat dikenal dan menjadi ciri khas kue nastar. Namun, seiring berjalannya waktu, muncul berbagai bentuk kue nastar yang lebih kreatif dan unik.

  • Bentuk Kreatif

    Para pembuat kue nastar berkreasi dengan membentuk kue nastar dalam berbagai bentuk, seperti bentuk bunga, bintang, hati, dan bahkan karakter-karakter kartun. Kue nastar berbentuk kreatif ini tidak hanya enak, tetapi juga indah dipandang sehingga dapat menambah daya tarik saat disajikan.

  • Penggunaan Cetakan

    Untuk memudahkan dalam membuat kue nastar dengan bentuk yang seragam, banyak pembuat kue menggunakan cetakan kue. Cetakan ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga pembuat kue dapat memilih sesuai dengan keinginan mereka.

  • Teknik Dekorasi

    Selain membentuk kue nastar, kreativitas juga dapat dituangkan melalui teknik dekorasi. Pembuat kue dapat menggunakan icing, taburan gula warna-warni, atau bahkan cokelat leleh untuk menghias kue nastar sesuai keinginan mereka.

Kebebasan dalam menghias kue nastar dengan berbagai bentuk tidak hanya memberikan nilai estetika, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan kreativitas. Resep kue nastar sederhana menjadi kanvas yang luas bagi para pembuat kue untuk berkreasi dan menciptakan kue nastar yang unik dan berkesan.

Tanya Jawab Resep Kue Nastar Sederhana

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai resep kue nastar sederhana, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja bahan-bahan utama dalam resep kue nastar sederhana?

Jawaban: Bahan-bahan utama dalam resep kue nastar sederhana meliputi tepung terigu, gula, mentega, telur, dan nanas.

Pertanyaan 2: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar sederhana?

Jawaban: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar sederhana bervariasi tergantung pada tingkat keterampilan dan jumlah kue yang dibuat. Namun, secara umum, dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk membuat kue nastar sederhana.

Pertanyaan 3: Apakah resep kue nastar sederhana dapat dimodifikasi sesuai selera?

Jawaban: Ya, resep kue nastar sederhana dapat dimodifikasi sesuai selera. Misalnya, Anda dapat menambahkan keju parut atau cokelat bubuk untuk menambah cita rasa pada kue nastar.

Pertanyaan 4: Apa yang harus dilakukan jika kue nastar terlalu keras?

Jawaban: Jika kue nastar terlalu keras, kemungkinan adonan terlalu banyak diuleni atau terlalu banyak tepung yang digunakan. Cobalah untuk membuat adonan lagi dengan mengikuti resep dengan tepat.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menyimpan kue nastar agar tetap renyah?

Jawaban: Untuk menyimpan kue nastar agar tetap renyah, simpanlah dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan. Kue nastar dapat bertahan hingga 2-3 minggu jika disimpan dengan benar.

Pertanyaan 6: Apa saja tips untuk membuat kue nastar yang sempurna?

Jawaban: Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat kue nastar yang sempurna: gunakan mentega dingin, jangan terlalu banyak menguleni adonan, bentuk kue dengan rapi, dan panggang kue hingga berwarna keemasan.

Demikian beberapa tanya jawab mengenai resep kue nastar sederhana. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Variasi Resep Kue Nastar Sederhana

Tips Resep Kue Nastar Sederhana

Membuat kue nastar yang lezat dan sempurna membutuhkan beberapa teknik dan tips penting. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat kue nastar sederhana yang sukses:

Tip 1: Gunakan mentega dingin

Saat membuat adonan kue nastar, penting untuk menggunakan mentega dingin. Mentega dingin akan membantu menghasilkan kue yang lebih renyah dan tidak mudah melebar saat dipanggang. Sebaliknya, jika mentega terlalu lunak atau bahkan cair, mentega akan lebih mudah tercampur dengan tepung terigu dan membentuk gluten. Hal ini akan menghasilkan kue yang lebih alot dan keras.

Tip 2: Jangan terlalu banyak menguleni adonan

Menguleni adonan terlalu banyak dapat membuat kue menjadi alot dan keras. Saat menguleni adonan, cukup campur adonan hingga semua bahan tercampur rata. Hindari menguleni adonan terlalu lama, terutama jika menggunakan mixer.

Tip 3: Bentuk kue dengan rapi

Bentuk kue nastar yang rapi akan menghasilkan kue yang lebih menarik dan menggugah selera. Saat membentuk kue, pastikan bentuknya seragam dan tidak ada bagian yang terlalu tebal atau tipis. Anda dapat menggunakan cetakan kue untuk memudahkan dalam membentuk kue.

Tip 4: Panggang kue hingga berwarna keemasan

Panggang kue nastar hingga berwarna keemasan untuk memastikan kue matang secara merata. Kue yang matang sempurna akan memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Hindari memanggang kue terlalu lama karena dapat membuat kue menjadi kering dan gosong.

Tip 5: Diamkan kue sebelum disimpan

Setelah kue nastar matang, diamkan kue hingga dingin sebelum disimpan. Hal ini akan membantu kue mengeras dan mempertahankan kerenyahannya. Simpan kue nastar dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan untuk menjaga kualitasnya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat kue nastar sederhana yang lezat dan sempurna. Kue nastar buatan sendiri yang renyah dan lembut dapat menjadi suguhan spesial untuk keluarga dan teman, serta dapat dinikmati dalam berbagai kesempatan.

Kesimpulan

Resep kue nastar sederhana merupakan resep yang mudah diikuti dan dapat menghasilkan kue nastar yang lezat dan sempurna. Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai aspek penting dalam membuat kue nastar sederhana, mulai dari bahan-bahan, peralatan, langkah-langkah pembuatan, tips, hingga variasi dan sejarahnya. Dengan memahami aspek-aspek tersebut, diharapkan pembaca dapat membuat kue nastar sederhana dengan sukses dan menikmati kelezatannya bersama orang-orang tercinta.

Membuat kue nastar sederhana tidak hanya sekedar membuat kue, tetapi juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. Kue nastar menjadi bagian dari budaya Indonesia dan sering disajikan pada momen-momen istimewa, seperti Lebaran dan hari raya lainnya. Dengan melestarikan resep kue nastar sederhana, kita juga ikut melestarikan tradisi dan budaya kuliner Indonesia.

Youtube Video:



About administrator