Resep Rahasia Empek-empek Palembang: Cita Rasa yang Menggugah Selera!


Resep Rahasia Empek-empek Palembang: Cita Rasa yang Menggugah Selera!


Pengertian Resep Empek-empek Palembang
Resep empek-empek Palembang adalah sekumpulan bahan dan petunjuk yang digunakan untuk membuat empek-empek, sebuah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling dan diberi bumbu. Resep ini biasanya diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi bagian dari warisan kuliner kota Palembang.


Pentingnya dan Manfaat Resep Empek-empek Palembang
Resep empek-empek Palembang memiliki beberapa manfaat dan nilai penting, antara lain:

  • Menjaga kelestarian kuliner Palembang
  • Menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Palembang
  • Mendukung pariwisata di Palembang
  • Menunjukkan kekayaan dan keragaman kuliner Indonesia


Sejarah Resep Empek-empek Palembang
Resep empek-empek Palembang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16. Makanan ini pada awalnya dibuat oleh nelayan sebagai cara untuk mengawetkan ikan yang berlimpah. Seiring berjalannya waktu, empek-empek menjadi makanan yang populer dan menyebar ke seluruh Indonesia.


Bahan-bahan dan Cara Membuat Empek-empek Palembang
Bahan-bahan yang digunakan dalam resep empek-empek Palembang antara lain:

  • Ikan tenggiri atau ikan belida
  • Tepung sagu
  • Bawang putih
  • Cabe rawit
  • Gula merah
  • Garam

Sedangkan cara membuat empek-empek Palembang adalah sebagai berikut:

  • Giling ikan tenggiri atau ikan belida hingga halus.
  • Tambahkan tepung sagu, bawang putih, cabe rawit, gula merah, dan garam.
  • Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulat atau lonjong.
  • Rebus empek-empek dalam air mendidih hingga mengapung.
  • Goreng empek-empek hingga berwarna kuning kecoklatan.
  • Sajikan empek-empek dengan kuah cuko.


Variasi dan Inovasi Resep Empek-empek Palembang
Seiring berjalannya waktu, resep empek-empek Palembang mengalami berbagai variasi dan inovasi. Ada yang menambahkan bahan-bahan baru, seperti udang atau cumi-cumi. Ada juga yang membuat empek-empek dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Namun, cita rasa khas empek-empek Palembang tetap dipertahankan.


Kesimpulan
Resep empek-empek Palembang adalah warisan kuliner yang sangat berharga bagi masyarakat Palembang dan Indonesia secara keseluruhan. Resep ini tidak hanya penting untuk menjaga kelestarian kuliner Palembang, tetapi juga memiliki manfaat ekonomi dan sosial. Dengan terus menjaga dan melestarikan resep ini, kita dapat memastikan bahwa empek-empek Palembang akan terus dinikmati oleh generasi mendatang.

Resep Empek-empek Palembang

Resep empek-empek Palembang adalah sekumpulan bahan dan petunjuk yang digunakan untuk membuat empek-empek, sebuah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling dan diberi bumbu. Resep ini sangat penting untuk menjaga kelestarian kuliner Palembang dan memiliki banyak aspek penting.

  • Bahan baku: Ikan tenggiri atau ikan belida, tepung sagu, bawang putih, cabe rawit, gula merah, garam.
  • Proses pembuatan: Giling ikan, campurkan semua bahan, bentuk adonan, rebus, goreng.
  • Jenis: Empek-empek kapal selam, empek-empek lenjer, empek-empek bulat, empek-empek keriting.
  • Kuah cuko: Gula merah, cuka, bawang putih, cabe rawit, udang ebi.
  • Pelengkap: Mentimun, bawang merah, mie kuning.
  • Nilai gizi: Kaya akan protein, lemak sehat, dan karbohidrat.
  • Nilai ekonomi: Menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Palembang.
  • Nilai sosial: Sajian wajib dalam acara-acara penting di Palembang.
  • Nilai budaya: Merepresentasikan kekayaan kuliner Palembang.
  • Nilai sejarah: Diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16.

Semua aspek tersebut saling terkait dan membentuk sebuah kesatuan yang disebut resep empek-empek Palembang. Resep ini tidak hanya sekadar kumpulan bahan dan petunjuk, tetapi juga merupakan warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Dengan menjaga kelestarian resep empek-empek Palembang, kita juga menjaga kelestarian kuliner Palembang dan kekayaan budaya Indonesia.

Bahan baku


Bahan Baku, Resep5k

Bahan-bahan tersebut merupakan komponen penting dalam resep empek-empek Palembang. Ikan tenggiri atau ikan belida memberikan tekstur yang kenyal dan gurih pada empek-empek. Tepung sagu berfungsi sebagai pengikat adonan. Bawang putih, cabe rawit, gula merah, dan garam memberikan cita rasa yang khas pada empek-empek Palembang.

Tanpa bahan-bahan tersebut, empek-empek Palembang tidak akan memiliki cita rasa dan tekstur yang khas. Oleh karena itu, pemilihan bahan baku yang berkualitas sangat penting dalam membuat empek-empek Palembang yang enak dan lezat.

Selain itu, bahan-bahan tersebut juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Ikan tenggiri atau ikan belida kaya akan protein dan lemak sehat. Tepung sagu merupakan sumber karbohidrat yang baik. Bawang putih, cabe rawit, gula merah, dan garam juga mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Dengan demikian, mengonsumsi empek-empek Palembang tidak hanya dapat memanjakan lidah, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Proses pembuatan


Proses Pembuatan, Resep5k

Proses pembuatan tersebut merupakan langkah-langkah penting dalam resep empek-empek Palembang. Tanpa mengikuti proses tersebut dengan benar, empek-empek yang dihasilkan tidak akan memiliki cita rasa dan tekstur yang khas.

Proses penggilingan ikan bertujuan untuk menghaluskan daging ikan dan menghilangkan durinya. Hal ini penting agar empek-empek memiliki tekstur yang lembut dan tidak alot.

Setelah ikan digiling, kemudian dicampurkan dengan semua bahan lainnya, yaitu tepung sagu, bawang putih, cabe rawit, gula merah, dan garam. Pencampuran dilakukan hingga semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi kalis.

Selanjutnya, adonan dibentuk menjadi berbagai bentuk sesuai selera, seperti bulat, lonjong, atau kapal selam. Pembentukan adonan ini bertujuan agar empek-empek memiliki tampilan yang menarik dan memudahkan saat proses pemasakan.

Setelah dibentuk, empek-empek direbus dalam air mendidih hingga mengapung. Perebusan bertujuan untuk memasak empek-empek hingga matang dan mengeluarkan kelebihan minyak.

Terakhir, empek-empek digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Penggorengan bertujuan untuk memberikan tekstur yang garing pada bagian luar empek-empek.

Dengan mengikuti proses pembuatan tersebut, kita dapat menghasilkan empek-empek Palembang yang memiliki cita rasa dan tekstur yang khas. Empek-empek Palembang yang enak dan lezat dapat dinikmati sebagai makanan pembuka, makanan utama, atau makanan ringan.

Jenis


Jenis, Resep5k

Jenis-jenis empek-empek tersebut merupakan bagian penting dari resep empek-empek Palembang. Keberagaman jenis empek-empek memberikan variasi cita rasa dan tampilan, sehingga dapat memenuhi selera yang berbeda-beda.

Empek-empek kapal selam memiliki bentuk seperti kapal selam dengan isian telur rebus di dalamnya. Empek-empek lenjer memiliki bentuk seperti batang korek api. Empek-empek bulat memiliki bentuk seperti bola-bola kecil. Sedangkan empek-empek keriting memiliki bentuk seperti mie keriting.

Setiap jenis empek-empek memiliki cita rasa yang khas. Empek-empek kapal selam memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit manis karena adanya isian telur rebus. Empek-empek lenjer memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Empek-empek bulat memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit kenyal. Sedangkan empek-empek keriting memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit renyah.

Keberagaman jenis empek-empek juga memberikan nilai tambah secara ekonomis. Dengan adanya berbagai jenis empek-empek, pelaku usaha dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatan.

Selain itu, keberagaman jenis empek-empek juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Wisatawan dapat menikmati berbagai jenis empek-empek dengan cita rasa yang berbeda-beda, sehingga dapat memperkaya pengalaman kuliner mereka.

Dengan demikian, jenis-jenis empek-empek tersebut merupakan komponen penting dalam resep empek-empek Palembang yang memberikan variasi cita rasa, tampilan, dan nilai tambah secara ekonomis.

Kuah cuko


Kuah Cuko, Resep5k

Kuah cuko merupakan komponen penting dalam resep empek-empek Palembang. Kuah cuko berfungsi sebagai saus pendamping yang memberikan cita rasa asam, manis, dan pedas pada empek-empek. Tanpa kuah cuko, empek-empek Palembang akan terasa hambar dan kurang nikmat.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kuah cuko, yaitu gula merah, cuka, bawang putih, cabe rawit, dan udang ebi, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap cita rasa kuah cuko. Gula merah memberikan rasa manis, cuka memberikan rasa asam, bawang putih dan cabe rawit memberikan rasa pedas, sedangkan udang ebi memberikan rasa gurih. Perpaduan bahan-bahan tersebut menghasilkan kuah cuko yang memiliki cita rasa yang kompleks dan khas.

Proses pembuatan kuah cuko cukup sederhana. Semua bahan dicampur dan dimasak hingga mendidih. Setelah mendidih, kuah cuko disaring untuk menghilangkan ampas. Kuah cuko yang sudah jadi dapat disimpan dalam wadah tertutup dan dapat bertahan hingga beberapa hari.

Kuah cuko tidak hanya berfungsi sebagai saus pendamping empek-empek Palembang, tetapi juga dapat digunakan sebagai saus untuk makanan lainnya, seperti pempek dos, tekwan, dan model. Kuah cuko juga dapat digunakan sebagai bumbu marinasi untuk berbagai jenis makanan laut.

Dengan demikian, kuah cuko merupakan komponen penting dalam resep empek-empek Palembang yang memberikan cita rasa khas dan dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan.

Pelengkap


Pelengkap, Resep5k

Pelengkap merupakan komponen penting dalam penyajian empek-empek Palembang. Pelengkap yang umum digunakan antara lain mentimun, bawang merah, dan mie kuning.

  • Mentimun

    Mentimun memberikan kesegaran dan tekstur renyah pada empek-empek. Mentimun juga membantu mengurangi rasa pedas dari kuah cuko.

  • Bawang merah

    Bawang merah memberikan aroma dan rasa gurih pada empek-empek. Bawang merah juga membantu menyeimbangkan rasa asam dan manis dari kuah cuko.

  • Mie kuning

    Mie kuning memberikan tambahan tekstur dan rasa kenyal pada empek-empek. Mie kuning juga membantu menyerap kuah cuko sehingga empek-empek menjadi lebih berasa.

Ketiga pelengkap tersebut saling melengkapi dan memberikan cita rasa yang khas pada empek-empek Palembang. Mentimun memberikan kesegaran, bawang merah memberikan aroma dan rasa gurih, sedangkan mie kuning memberikan tekstur kenyal dan menyerap kuah cuko dengan baik.

Selain ketiga pelengkap tersebut, ada juga pelengkap lain yang sering digunakan, seperti mentimun, wortel, dan seledri. Pelengkap-pelengkap tersebut berfungsi untuk menambah variasi rasa dan tampilan pada empek-empek Palembang.

Dengan demikian, pelengkap merupakan komponen penting dalam resep empek-empek Palembang yang memberikan cita rasa khas dan melengkapi kelezatan empek-empek Palembang.

Nilai Gizi


Nilai Gizi, Resep5k

Nilai gizi merupakan salah satu aspek penting dalam resep empek-empek Palembang. Empek-empek Palembang kaya akan protein, lemak sehat, dan karbohidrat, yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Protein

    Protein merupakan komponen penting dalam pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh. Empek-empek Palembang kaya akan protein karena terbuat dari ikan tenggiri atau ikan belida yang merupakan sumber protein hewani yang baik.

  • Lemak Sehat

    Empek-empek Palembang juga mengandung lemak sehat, terutama lemak tak jenuh. Lemak sehat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  • Karbohidrat

    Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Empek-empek Palembang mengandung karbohidrat dari tepung sagu yang memberikan rasa kenyang dan energi.

Dengan demikian, nilai gizi yang terkandung dalam empek-empek Palembang menjadikannya makanan yang tidak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan. Kandungan protein, lemak sehat, dan karbohidrat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, dan pembentukan jaringan tubuh.

Nilai ekonomi


Nilai Ekonomi, Resep5k

Resep empek-empek Palembang memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Palembang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Tingginya permintaan empek-empek Palembang: Empek-empek Palembang merupakan makanan khas yang sangat populer, tidak hanya di Palembang tetapi juga di seluruh Indonesia. Permintaan yang tinggi ini membuat banyak masyarakat Palembang membuka usaha kuliner empek-empek.
  • Mudah didirikan dan dikelola: Usaha kuliner empek-empek relatif mudah didirikan dan dikelola. Bahan baku yang mudah didapat dan proses pembuatan yang tidak rumit membuat banyak orang tertarik untuk memulai usaha empek-empek.
  • Margin keuntungan yang tinggi: Empek-empek Palembang memiliki margin keuntungan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh harga jual yang relatif tinggi dan biaya produksi yang relatif rendah.

Ketiga faktor tersebut membuat resep empek-empek Palembang menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan bagi masyarakat Palembang. Banyak masyarakat Palembang yang menggantungkan hidupnya dari usaha kuliner empek-empek, mulai dari penjual empek-empek keliling hingga pemilik restoran empek-empek.

Nilai ekonomi dari resep empek-empek Palembang tidak hanya dirasakan oleh pelaku usaha kuliner, tetapi juga oleh masyarakat secara luas. Usaha kuliner empek-empek menyerap banyak tenaga kerja, baik di sektor produksi maupun di sektor perdagangan. Selain itu, usaha kuliner empek-empek juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Palembang.

Dengan demikian, nilai ekonomi dari resep empek-empek Palembang merupakan komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan resep tersebut. Resep empek-empek Palembang tidak hanya menjadi warisan kuliner, tetapi juga menjadi sumber pendapatan dan penggerak ekonomi bagi masyarakat Palembang.

Nilai sosial


Nilai Sosial, Resep5k

Resep empek-empek Palembang memiliki nilai sosial yang tinggi karena menjadi sajian wajib dalam acara-acara penting di Palembang. Hal ini menunjukkan bahwa empek-empek Palembang tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga memiliki makna dan fungsi sosial yang penting.

Dalam masyarakat Palembang, empek-empek Palembang sering disajikan dalam acara-acara seperti pernikahan, pertunangan, syukuran, dan acara adat lainnya. Kehadiran empek-empek Palembang dalam acara-acara tersebut menunjukkan bahwa empek-empek Palembang merupakan simbol kebahagiaan, kemakmuran, dan kebersamaan.

Selain itu, empek-empek Palembang juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh atau hantaran saat berkunjung ke Palembang. Hal ini menunjukkan bahwa empek-empek Palembang telah menjadi bagian dari identitas dan budaya masyarakat Palembang.

Nilai sosial dari resep empek-empek Palembang sangat penting karena memperkuat ikatan sosial dan kebersamaan di masyarakat Palembang. Empek-empek Palembang menjadi media untuk menjalin silaturahmi, berbagi kebahagiaan, dan melestarikan budaya Palembang.

Dengan demikian, nilai sosial dari resep empek-empek Palembang merupakan komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan resep tersebut. Resep empek-empek Palembang tidak hanya menjadi warisan kuliner, tetapi juga menjadi simbol budaya dan nilai-nilai sosial masyarakat Palembang.

Nilai budaya


Nilai Budaya, Resep5k

Resep empek-empek Palembang memiliki nilai budaya yang tinggi karena merepresentasikan kekayaan kuliner Palembang. Empek-empek Palembang merupakan makanan khas yang menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Palembang. Keberadaan empek-empek Palembang sebagai bagian dari budaya kuliner Palembang menunjukkan bahwa resep empek-empek Palembang memiliki peran penting dalam pelestarian dan pengembangan budaya Palembang.

Nilai budaya dari resep empek-empek Palembang sangat penting karena memperkuat identitas dan jati diri masyarakat Palembang. Empek-empek Palembang menjadi simbol kebudayaan Palembang yang dikenal luas di seluruh Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Hal ini menunjukkan bahwa resep empek-empek Palembang adalah bagian integral dari warisan budaya Palembang.

Selain itu, nilai budaya dari resep empek-empek Palembang juga berdampak positif pada perekonomian dan pariwisata. Kepopuleran empek-empek Palembang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Palembang dan menikmati kuliner khas tersebut. Hal ini mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Palembang.

Dengan demikian, nilai budaya dari resep empek-empek Palembang merupakan komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan resep tersebut. Resep empek-empek Palembang tidak hanya menjadi warisan kuliner, tetapi juga menjadi simbol budaya, identitas, dan kebanggaan masyarakat Palembang.

Nilai sejarah


Nilai Sejarah, Resep5k

Nilai sejarah merupakan salah satu komponen penting dalam resep empek-empek Palembang. Hal ini dikarenakan resep empek-empek Palembang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16, yang menunjukkan bahwa empek-empek Palembang merupakan makanan yang telah mengakar dalam budaya masyarakat Palembang selama berabad-abad.

Nilai sejarah dari resep empek-empek Palembang sangat penting karena beberapa alasan. Pertama, nilai sejarah memberikan bukti otentik tentang eksistensi dan perkembangan empek-empek Palembang sebagai bagian dari warisan kuliner Indonesia. Kedua, nilai sejarah memperkuat identitas dan kebanggaan masyarakat Palembang terhadap kuliner khas mereka. Ketiga, nilai sejarah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Palembang, sehingga dapat berdampak positif pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Salah satu contoh nyata dari nilai sejarah resep empek-empek Palembang adalah adanya catatan sejarah yang menyebutkan bahwa pada abad ke-16, empek-empek sudah menjadi makanan yang populer di kalangan masyarakat Palembang. Hal ini menunjukkan bahwa empek-empek Palembang telah menjadi bagian dari budaya kuliner Palembang selama berabad-abad dan terus berkembang hingga saat ini.

Dengan demikian, nilai sejarah dari resep empek-empek Palembang merupakan komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan resep tersebut. Nilai sejarah memberikan bukti otentik, memperkuat identitas budaya, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga berkontribusi pada pelestarian dan pengembangan kuliner khas Palembang.

Pertanyaan Umum tentang Resep Empek-empek Palembang

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai resep empek-empek Palembang:

Pertanyaan 1: Apa bahan utama dalam resep empek-empek Palembang?

Jawaban: Bahan utama dalam resep empek-empek Palembang adalah ikan tenggiri giling dan tepung sagu.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat kuah cuko untuk empek-empek Palembang?

Jawaban: Kuah cuko dibuat dengan mencampurkan gula merah, cuka, bawang putih, cabe rawit, dan udang ebi, kemudian dimasak hingga mendidih.

Pertanyaan 3: Apa saja jenis-jenis empek-empek Palembang?

Jawaban: Jenis-jenis empek-empek Palembang antara lain empek-empek kapal selam, empek-empek lenjer, empek-empek bulat, dan empek-empek keriting.

Pertanyaan 4: Apa nilai gizi yang terkandung dalam empek-empek Palembang?

Jawaban: Empek-empek Palembang kaya akan protein, lemak sehat, dan karbohidrat.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menyimpan empek-empek Palembang agar tetap awet?

Jawaban: Empek-empek Palembang dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari es selama 2-3 hari, atau di dalam freezer selama 1-2 bulan.

Dengan memahami pertanyaan-pertanyaan umum ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang resep empek-empek Palembang.

Baca Juga:

Sejarah dan Perkembangan Resep Empek-empek Palembang

Tips Membuat Empek-empek Palembang yang Enak dan Lezat

Untuk menghasilkan empek-empek Palembang yang enak dan lezat, berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

Pilih ikan yang segar dan berkualitas baik.
Kualitas ikan sangat mempengaruhi rasa dan tekstur empek-empek. Pilih ikan tenggiri atau ikan belida yang masih segar dan tidak berbau amis.

Giling ikan hingga halus.
Penggilingan ikan yang halus akan menghasilkan empek-empek yang lembut dan tidak alot. Gunakan penggiling daging atau food processor untuk menggiling ikan dengan baik.

Tambahkan tepung sagu secara bertahap.
Penambahan tepung sagu yang berlebihan dapat membuat empek-empek menjadi keras. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket.

Bumbui adonan dengan bumbu yang cukup.
Bumbu yang digunakan dalam resep empek-empek Palembang cukup sederhana, namun sangat berpengaruh pada rasa. Pastikan untuk menambahkan bawang putih, cabe rawit, gula merah, dan garam secukupnya.

Rebus empek-empek dalam air mendidih hingga mengapung.
Perebusan dengan air mendidih akan membantu mengeluarkan kelebihan minyak pada empek-empek. Rebus empek-empek hingga mengapung, yang menandakan bahwa empek-empek sudah matang.

Goreng empek-empek hingga berwarna kuning kecoklatan.
Penggorengan akan memberikan tekstur yang garing pada empek-empek. Goreng empek-empek hingga berwarna kuning kecoklatan dan sajikan selagi hangat.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharapkan dapat menghasilkan empek-empek Palembang yang enak dan lezat, sesuai dengan cita rasa asli Palembang.

Baca Juga:

Sejarah dan Perkembangan Resep Empek-empek Palembang

Kesimpulan Resep Empek-empek Palembang

Resep empek-empek Palembang merupakan warisan kuliner yang sangat berharga bagi masyarakat Palembang dan Indonesia secara keseluruhan. Resep ini tidak hanya penting untuk menjaga kelestarian kuliner Palembang, tetapi juga memiliki manfaat ekonomi, sosial, dan budaya yang signifikan.

Nilai-nilai yang terkandung dalam resep empek-empek Palembang, seperti nilai gizi, nilai ekonomi, nilai sosial, nilai budaya, dan nilai sejarah, semakin memperkuat eksistensi dan keunikan kuliner khas Palembang ini. Pelestarian dan pengembangan resep empek-empek Palembang sangat penting untuk terus menjaga warisan kuliner Indonesia dan memperkenalkan kekayaan budaya Palembang kepada dunia.

Youtube Video:



About administrator