Rahasia Resep Bumbu Ceker Setan yang Bikin Ketagihan


Rahasia Resep Bumbu Ceker Setan yang Bikin Ketagihan

Resep bumbu ceker setan adalah resep bumbu yang digunakan untuk membuat ceker setan, yaitu hidangan olahan ceker ayam yang memiliki cita rasa pedas dan gurih. Resep ini biasanya terdiri dari berbagai macam bumbu dan rempah, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan serai. Bumbu-bumbu tersebut kemudian dihaluskan dan dimasak bersama ceker ayam hingga matang dan meresap.

Resep bumbu ceker setan memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah:

  • Menambah cita rasa pada ceker ayam
  • Membuat ceker ayam lebih empuk
  • Menghilangkan bau amis pada ceker ayam

Resep bumbu ceker setan juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Hidangan ceker setan pertama kali dikenal di daerah Jawa Timur, Indonesia. Resep bumbu ceker setan kemudian menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan menjadi salah satu hidangan favorit masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa topik utama yang akan dibahas dalam artikel ini:

  • Bahan-bahan yang digunakan dalam resep bumbu ceker setan
  • Langkah-langkah membuat resep bumbu ceker setan
  • Tips membuat resep bumbu ceker setan agar lebih nikmat

resep bumbu ceker setan

Resep bumbu ceker setan merupakan salah satu aspek penting dalam membuat hidangan ceker setan yang lezat dan menggugah selera. Resep ini terdiri dari berbagai macam bumbu dan rempah yang dipadukan secara harmonis untuk menciptakan cita rasa pedas, gurih, dan khas.

  • Bahan-bahan: Bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, serai
  • Langkah pembuatan: Haluskan bumbu, tumis hingga harum, masukkan ceker ayam, tambahkan air dan masak hingga ceker empuk
  • Tips: Gunakan cabai rawit untuk rasa pedas yang lebih nampol
  • Variasi: Resep bumbu ceker setan dapat dimodifikasi dengan menambahkan bahan-bahan lain, seperti daun jeruk atau kemiri
  • Sejarah: Resep bumbu ceker setan berasal dari daerah Jawa Timur
  • Penyajian: Ceker setan biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal
  • Nilai gizi: Ceker setan mengandung protein, kalsium, dan kolagen
  • Manfaat: Menghangatkan tubuh, meredakan nyeri sendi, meningkatkan nafsu makan
  • Budaya: Ceker setan merupakan salah satu hidangan favorit masyarakat Indonesia
  • Ekonomi: Resep bumbu ceker setan menjadi sumber penghasilan bagi banyak pedagang kaki lima

Dengan memperhatikan sepuluh aspek penting tersebut, Anda dapat membuat resep bumbu ceker setan yang lezat dan sesuai dengan selera Anda. Selain itu, memahami berbagai aspek tersebut juga dapat memperkaya pengetahuan Anda tentang kuliner Indonesia dan kekayaan rempah-rempahnya.

Bahan-bahan


Bahan-bahan, Resep6-10k

Bahan-bahan tersebut merupakan komponen penting dalam resep bumbu ceker setan. Bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, dan serai memberikan cita rasa yang khas pada ceker setan. Bawang merah dan bawang putih memberikan aroma dan rasa dasar yang gurih, sementara cabai memberikan rasa pedas yang menggugah selera. Jahe, lengkuas, dan serai memberikan aroma dan rasa yang khas dan menyegarkan.

Tanpa bahan-bahan tersebut, resep bumbu ceker setan akan terasa hambar dan tidak memiliki cita rasa yang khas. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik dan segar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan bahan-bahan tersebut dalam resep bumbu ceker setan:

  • Bawang merah dan bawang putih biasanya dihaluskan bersama untuk membuat bumbu dasar.
  • Cabai dapat digunakan dalam bentuk segar, kering, atau bubuk, tergantung pada tingkat kepedasan yang diinginkan.
  • Jahe, lengkuas, dan serai biasanya digeprek atau dipotong-potong untuk mengeluarkan aromanya.

Dengan memahami peran penting bahan-bahan tersebut dalam resep bumbu ceker setan, kita dapat membuat hidangan ceker setan yang lezat dan menggugah selera.

Langkah pembuatan


Langkah Pembuatan, Resep6-10k

Langkah-langkah pembuatan ini merupakan bagian penting dari resep bumbu ceker setan. Langkah-langkah ini dilakukan secara berurutan untuk menghasilkan ceker setan yang lezat dan menggugah selera.

  • Menghaluskan bumbu
    Bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep bumbu ceker setan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, dan serai, harus dihaluskan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan aroma dan cita rasa bumbu secara maksimal.
  • Menumis bumbu
    Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditumis hingga harum. Menumis bumbu bertujuan untuk mengeluarkan aroma dan cita rasa bumbu lebih lanjut, serta mengurangi kadar air dalam bumbu.
  • Memasukkan ceker ayam
    Setelah bumbu ditumis hingga harum, ceker ayam kemudian dimasukkan ke dalam wajan. Ceker ayam dimasak bersama bumbu hingga berubah warna dan mengeluarkan minyak.
  • Menambahkan air
    Setelah ceker ayam dimasak bersama bumbu, ditambahkan air secukupnya hingga ceker ayam terendam. Air ini berfungsi untuk melunakkan ceker ayam dan membantu bumbu meresap ke dalam ceker ayam.
  • Memasak hingga ceker empuk
    Ceker ayam dimasak hingga empuk dan bumbu meresap ke dalam ceker ayam. Waktu memasak bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis ceker ayam yang digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah pembuatan ini dengan benar, Anda dapat membuat ceker setan yang lezat dan menggugah selera. Resep bumbu ceker setan ini dapat dimodifikasi sesuai dengan selera Anda, misalnya dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti daun jeruk atau kemiri.

Tips


Tips, Resep6-10k

Dalam resep bumbu ceker setan, penggunaan cabai rawit memainkan peranan penting dalam menentukan tingkat kepedasan hidangan. Cabai rawit dikenal memiliki kandungan capsaicin yang tinggi, sehingga memberikan sensasi pedas yang lebih kuat dibandingkan jenis cabai lainnya.

  • Peran Cabai Rawit dalam Resep Bumbu Ceker Setan
    Cabai rawit berfungsi sebagai bahan utama pemberi rasa pedas pada resep bumbu ceker setan. Kandungan capsaicin dalam cabai rawit akan memberikan sensasi pedas yang khas dan menggugah selera.
  • Contoh Penggunaan Cabai Rawit
    Cabai rawit dapat digunakan dalam bentuk segar, kering, atau bubuk. Untuk resep bumbu ceker setan, cabai rawit segar biasanya digunakan karena dapat memberikan aroma dan rasa pedas yang lebih kuat.
  • Implikasi Penggunaan Cabai Rawit
    Penggunaan cabai rawit dalam resep bumbu ceker setan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing individu. Bagi penggemar makanan pedas, penggunaan cabai rawit dalam jumlah banyak dapat memberikan sensasi pedas yang lebih nampol.
  • Tips Tambahan
    Selain menggunakan cabai rawit, terdapat beberapa tips lain yang dapat dilakukan untuk membuat resep bumbu ceker setan lebih pedas, seperti menambahkan bubuk cabai atau menggunakan jenis cabai yang lebih pedas, seperti cabai habanero atau cabai carolina reaper.

Dengan memahami peran dan penggunaan cabai rawit dalam resep bumbu ceker setan, Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasan hidangan sesuai dengan selera Anda. Tips-tips yang telah disebutkan dapat membantu Anda menciptakan ceker setan yang lezat dan menggugah selera.

Variasi


Variasi, Resep6-10k

Variasi resep bumbu ceker setan merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan hidangan ceker setan yang memiliki cita rasa yang unik dan berbeda. Resep dasar bumbu ceker setan dapat dimodifikasi dengan menambahkan berbagai bahan tambahan sesuai dengan selera dan kreativitas masing-masing individu.

  • Penambahan Daun Jeruk
    Daun jeruk merupakan salah satu bahan yang dapat ditambahkan ke dalam resep bumbu ceker setan untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih segar. Daun jeruk memiliki aroma khas yang dapat menyeimbangkan rasa pedas dan gurih dari bumbu ceker setan.
  • Penambahan Kemiri
    Kemiri merupakan bahan yang dapat ditambahkan ke dalam resep bumbu ceker setan untuk memberikan tekstur yang lebih kental dan rasa yang lebih gurih. Kemiri harus disangrai terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke dalam bumbu agar aromanya keluar.
  • Penggunaan Bahan Lain
    Selain daun jeruk dan kemiri, terdapat berbagai bahan lain yang dapat ditambahkan ke dalam resep bumbu ceker setan, seperti lengkuas, serai, jahe, dan kunyit. Bahan-bahan tersebut dapat memberikan cita rasa yang lebih kompleks dan kaya.
  • Implikasi Modifikasi Resep
    Modifikasi resep bumbu ceker setan dengan menambahkan bahan-bahan tambahan dapat memberikan variasi cita rasa yang tidak terbatas. Hal ini memungkinkan setiap individu untuk menyesuaikan hidangan ceker setan sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing.

Dengan memahami variasi resep bumbu ceker setan, Anda dapat bereksperimen dengan berbagai bahan dan menciptakan hidangan ceker setan yang sesuai dengan selera Anda. Variasi resep ini juga dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk berkreasi dan menciptakan resep bumbu ceker setan yang unik dan berbeda.

Sejarah


Sejarah, Resep6-10k

Resep bumbu ceker setan memiliki sejarah yang panjang dan erat kaitannya dengan budaya kuliner daerah Jawa Timur. Asal-usul resep ini diperkirakan berasal dari daerah tersebut, di mana masyarakat setempat memiliki tradisi mengolah ceker ayam dengan bumbu yang kaya rempah dan pedas.

Pengaruh budaya dan cita rasa khas Jawa Timur sangat terasa dalam resep bumbu ceker setan. Penggunaan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan serai menjadi ciri khas dari resep ini. Perpaduan bumbu tersebut menciptakan cita rasa pedas, gurih, dan sedikit manis yang menggugah selera.

Meskipun resep bumbu ceker setan telah mengalami modifikasi dan variasi seiring berjalannya waktu, namun esensi dari resep asli masih tetap dipertahankan. Resep ini telah menjadi bagian penting dari kekayaan kuliner Jawa Timur dan terus diwariskan turun-temurun.

Memahami sejarah resep bumbu ceker setan sangat penting karena dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang asal-usul dan perkembangan hidangan ini. Selain itu, sejarah resep tersebut juga dapat menjadi inspirasi bagi para pecinta kuliner untuk mengeksplorasi variasi dan kreativitas dalam mengolah ceker setan.

Penyajian


Penyajian, Resep6-10k

Dalam khazanah kuliner Indonesia, penyajian ceker setan memiliki kaitan erat dengan resep bumbu ceker setan itu sendiri. Resep bumbu ceker setan yang kaya akan rempah dan rasa menjadi penentu utama kelezatan hidangan ini.

  • Pelengkap Nasi Putih
    Nasi putih menjadi pelengkap yang tepat untuk ceker setan. Nasi putih yang pulen akan menyerap cita rasa pedas dan gurih dari bumbu ceker setan dengan sempurna. Perpaduan ini menciptakan sensasi kuliner yang nikmat dan mengenyangkan.
  • Penambah Rasa dengan Sambal
    Sambal menjadi pelengkap wajib ceker setan. Sambal dengan tingkat kepedasan yang sesuai akan menambah cita rasa ceker setan. Sambal juga berfungsi sebagai penambah selera makan dan memberikan sensasi segar di tengah rasa pedas ceker setan.
  • Kombinasi Tekstur
    Tekstur lembut dan kenyal pada ceker setan berpadu sempurna dengan nasi putih yang pulen. Kombinasi tekstur ini memberikan pengalaman makan yang menyenangkan dan memuaskan.
  • Penyajian yang Praktis
    Penyajian ceker setan dengan nasi putih dan sambal tergolong praktis. Hidangan ini dapat dinikmati kapan saja, baik sebagai makanan utama maupun camilan.

Kesimpulannya, penyajian ceker setan dengan nasi putih dan sambal merupakan bagian penting dari resep bumbu ceker setan. Perpaduan rasa, tekstur, dan kepraktisan dalam penyajian ini menjadikan ceker setan sebagai hidangan yang digemari banyak orang.

Nilai gizi


Nilai Gizi, Resep6-10k

Nilai gizi ceker setan memiliki kaitan yang erat dengan resep bumbu ceker setan. Kandungan protein, kalsium, dan kolagen dalam ceker setan memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

  • Protein
    Protein merupakan nutrisi penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Ceker setan yang kaya akan protein dapat membantu menjaga kesehatan otot, tulang, dan kulit.
  • Kalsium
    Kalsium berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium dalam ceker setan dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.
  • Kolagen
    Kolagen merupakan protein yang memberikan struktur dan kekuatan pada jaringan ikat tubuh. Kolagen dalam ceker setan dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Dengan demikian, resep bumbu ceker setan tidak hanya memberikan cita rasa yang nikmat, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang baik. Perpaduan bumbu yang kaya rempah dengan kandungan nutrisi dalam ceker setan menjadikan hidangan ini sebagai pilihan kuliner yang sehat dan lezat.

Manfaat


Manfaat, Resep6-10k

Resep bumbu ceker setan memiliki kaitan yang erat dengan manfaat yang diberikannya bagi kesehatan tubuh. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep ini, seperti cabai, jahe, dan lengkuas, memiliki sifat yang dapat memberikan manfaat kesehatan tertentu.

Salah satu manfaat dari ceker setan adalah kemampuannya untuk menghangatkan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan capsaicin dalam cabai, yang dapat meningkatkan aliran darah dan suhu tubuh. Selain itu, kandungan jahe dalam bumbu ceker setan juga dapat membantu meredakan rasa mual dan masuk angin.

Selain menghangatkan tubuh, ceker setan juga bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi. Kandungan kolagen dalam ceker dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan sendi. Selain itu, kandungan jahe dalam bumbu ceker setan juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi.

Manfaat lain dari ceker setan adalah kemampuannya untuk meningkatkan nafsu makan. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis yang digunakan dalam bumbu ceker setan. Asam sitrat dapat membantu merangsang produksi air liur dan asam lambung, sehingga meningkatkan nafsu makan.

Dengan demikian, resep bumbu ceker setan tidak hanya memberikan cita rasa yang nikmat, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang baik. Perpaduan bumbu yang kaya rempah dengan kandungan nutrisi dalam ceker setan menjadikan hidangan ini sebagai pilihan kuliner yang sehat dan lezat.

Budaya


Budaya, Resep6-10k

Resep bumbu ceker setan memiliki kaitan erat dengan budaya kuliner masyarakat Indonesia. Ceker setan telah menjadi salah satu hidangan favorit yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Rasa yang nikmat dan menggugah selera
    Resep bumbu ceker setan yang kaya akan rempah-rempah menciptakan cita rasa yang khas, pedas, gurih, dan sedikit manis. Perpaduan rasa ini sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia yang gemar akan makanan bercita rasa kuat.
  • Mudah ditemukan dan harganya terjangkau
    Ceker setan mudah ditemukan di berbagai warung makan, kaki lima, hingga restoran. Harganya yang relatif terjangkau membuat hidangan ini dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.
  • Cocok untuk berbagai acara
    Ceker setan dapat disajikan dalam berbagai acara, baik acara santai maupun formal. Hidangan ini cocok sebagai makanan pembuka, lauk pauk, atau bahkan sebagai hidangan utama.

Dengan demikian, resep bumbu ceker setan menjadi bagian penting dari budaya kuliner masyarakat Indonesia. Hidangan ini tidak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, tetapi juga memiliki nilai budaya yang kuat dan dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia.

Ekonomi


Ekonomi, Resep6-10k

Dalam konteks ekonomi, resep bumbu ceker setan memiliki peran penting sebagai sumber penghasilan bagi banyak pedagang kaki lima. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Tingginya permintaan pasar: Resep bumbu ceker setan yang nikmat dan menggugah selera menciptakan permintaan tinggi di pasar. Banyak masyarakat yang menyukai hidangan ini, sehingga peluang bisnis kuliner ceker setan sangat terbuka lebar.
  • Modal usaha yang relatif kecil: Memulai usaha kuliner ceker setan tidak memerlukan modal yang besar. Pedagang kaki lima dapat memulai usaha ini dengan modal yang relatif kecil, sehingga terjangkau bagi banyak orang.
  • Proses pembuatan yang mudah: Resep bumbu ceker setan memiliki proses pembuatan yang tidak rumit. Pedagang kaki lima dapat dengan mudah mempelajari dan mempraktikkan resep ini untuk memulai usaha mereka.
  • Keuntungan yang menjanjikan: Hidangan ceker setan memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran. Dengan pengelolaan usaha yang baik, pedagang kaki lima dapat memperoleh keuntungan yang menjanjikan dari usaha ini.

Selain itu, usaha kuliner ceker setan juga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. Pedagang kaki lima umumnya membeli bahan-bahan baku dari pasar atau petani setempat, sehingga dapat membantu menghidupkan perekonomian lokal.

Dengan demikian, resep bumbu ceker setan memiliki nilai ekonomi yang tinggi sebagai sumber penghasilan bagi banyak pedagang kaki lima. Hal ini menunjukkan bahwa kuliner tradisional Indonesia tidak hanya memiliki nilai budaya, tetapi juga memiliki potensi ekonomi yang dapat mensejahterakan masyarakat.

Pertanyaan Umum tentang Resep Bumbu Ceker Setan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang resep bumbu ceker setan, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Bahan-bahan apa saja yang wajib digunakan dalam resep bumbu ceker setan?

Jawaban: Bahan-bahan wajib yang harus digunakan dalam resep bumbu ceker setan antara lain bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, dan serai.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat bumbu ceker setan yang enak?

Jawaban: Untuk membuat bumbu ceker setan yang enak, haluskan semua bahan bumbu, kemudian tumis hingga harum. Masukkan ceker ayam, tambahkan air, dan masak hingga ceker empuk dan bumbu meresap.

Pertanyaan 3: Apa saja variasi resep bumbu ceker setan?

Jawaban: Resep bumbu ceker setan dapat divariasikan dengan menambahkan bahan-bahan lain, seperti daun jeruk, kemiri, atau santan. Tingkat kepedasan juga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Pertanyaan 4: Apa saja manfaat mengonsumsi ceker setan?

Jawaban: Ceker setan mengandung protein, kalsium, dan kolagen yang baik untuk kesehatan tubuh. Hidangan ini juga dapat menghangatkan tubuh, meredakan nyeri sendi, dan meningkatkan nafsu makan.

Pertanyaan 5: Di mana saja resep bumbu ceker setan dapat ditemukan?

Jawaban: Resep bumbu ceker setan dapat ditemukan di berbagai sumber, seperti buku masak, internet, atau diturunkan secara turun-temurun.

Kesimpulan: Resep bumbu ceker setan merupakan resep yang mudah dibuat dan memiliki banyak manfaat. Hidangan ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia dan dapat ditemukan di berbagai warung makan dan restoran.

Transisi: Bagi Anda yang ingin mencoba membuat ceker setan sendiri, Anda dapat menemukan resep lengkapnya di artikel selanjutnya.

Tips Memasak Ceker Setan

Untuk membuat ceker setan yang lezat, terdapat beberapa tips yang dapat diikuti:

Tip 1: Gunakan Ceker Ayam yang Segar

Ceker ayam yang segar akan menghasilkan tekstur ceker setan yang lebih empuk dan tidak alot. Pilih ceker ayam yang berwarna putih bersih dan tidak berbau amis.

Tip 2: Bersihkan Ceker Ayam dengan Benar

Sebelum dimasak, ceker ayam harus dibersihkan dengan benar untuk menghilangkan kotoran dan sisa-sisa darah. Cuci ceker ayam dengan air mengalir dan potong bagian kuku yang tajam.

Tip 3: Haluskan Bumbu dengan Sempurna

Bumbu ceker setan yang halus akan membuat rasa ceker setan lebih meresap. Haluskan bumbu menggunakan blender atau ulekan hingga benar-benar halus.

Tip 4: Tumis Bumbu hingga Harum

Tumis bumbu ceker setan hingga harum dan mengeluarkan minyak. Proses ini akan membuat aroma bumbu lebih keluar dan rasa ceker setan lebih gurih.

Tip 5: Masak Ceker Ayam dengan Api Kecil

Masak ceker ayam dengan api kecil agar bumbu meresap sempurna dan ceker ayam menjadi empuk. Proses memasak dengan api kecil juga akan membuat kuah ceker setan lebih kental dan berkaldu.

Tip 6: Tambahkan Daun Jeruk untuk Aroma

Penambahan daun jeruk pada bumbu ceker setan akan memberikan aroma yang lebih segar dan khas. Gunakan daun jeruk segar atau kering sesuai selera.

Tip 7: Sajikan Ceker Setan dengan Nasi Putih

Ceker setan paling nikmat disajikan dengan nasi putih hangat. Kuah ceker setan yang gurih dan pedas akan sangat cocok dipadukan dengan nasi putih.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat ceker setan yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Kesimpulan:

Membuat ceker setan yang lezat tidaklah sulit. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghasilkan ceker setan yang empuk, gurih, dan pedas sesuai selera Anda.

Kesimpulan

Resep bumbu ceker setan merupakan salah satu resep kuliner Indonesia yang wajib untuk dicoba. Resep ini mudah dibuat dan memiliki cita rasa yang khas, pedas, gurih, dan menggugah selera. Selain itu, ceker setan juga memiliki kandungan gizi yang baik, seperti protein, kalsium, dan kolagen.

Dengan mengikuti tips dan langkah-langkah pembuatan yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat membuat ceker setan yang lezat dan istimewa. Resep ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman, baik sebagai makanan pembuka, lauk pauk, maupun sebagai hidangan utama. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan ceker setan!

Youtube Video:



About administrator