Rahasia Kwetiau Kuda Menjangan: Cita Rasa Unik, Manfaat Luar Biasa


Rahasia Kwetiau Kuda Menjangan: Cita Rasa Unik, Manfaat Luar Biasa

Kwetiau kuda menjangan merupakan kuliner yang memadukan kwetiau dengan daging kuda menjangan. Hidangan ini banyak dijumpai di wilayah Sumatera bagian selatan, khususnya di daerah Lampung dan Bengkulu. Kwetiau yang digunakan umumnya berukuran lebar dan pipih, sementara daging kuda menjangan dipotong dadu dan ditumis dengan bumbu rempah yang khas.

Kwetiau kuda menjangan memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Daging kuda menjangan yang digunakan biasanya berasal dari kuda yang diternak secara khusus, sehingga memiliki tekstur yang empuk dan tidak alot. Selain rasanya yang lezat, kwetiau kuda menjangan juga dipercaya memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti protein, zat besi, dan vitamin B12.

Dalam tradisi masyarakat Lampung dan Bengkulu, kwetiau kuda menjangan sering disajikan pada acara-acara khusus, seperti pesta pernikahan atau perayaan adat. Hidangan ini juga menjadi salah satu daya tarik kuliner yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke kedua daerah tersebut.

kwetiau kuda menjangan

Kwetiau kuda menjangan, kuliner khas Sumatera bagian selatan ini memiliki berbagai aspek penting yang perlu diketahui. Berikut adalah 10 aspek kunci yang mengeksplorasi berbagai dimensi terkait kwetiau kuda menjangan:

  • Bahan utama: kwetiau dan daging kuda menjangan
  • Asal daerah: Lampung dan Bengkulu
  • Cita rasa: gurih dan sedikit pedas
  • Tekstur: daging kuda menjangan empuk dan tidak alot
  • Kandungan gizi: tinggi protein, zat besi, dan vitamin B12
  • Acara khusus: sering disajikan pada pesta pernikahan atau perayaan adat
  • Daya tarik kuliner: menarik wisatawan untuk berkunjung ke Lampung dan Bengkulu
  • Proses pembuatan: daging kuda menjangan ditumis dengan bumbu rempah
  • Jenis kwetiau: umumnya menggunakan kwetiau berukuran lebar dan pipih
  • Tradisi masyarakat: bagian dari tradisi kuliner masyarakat Lampung dan Bengkulu

Setiap aspek ini saling terkait dan berkontribusi pada keunikan kwetiau kuda menjangan sebagai kuliner khas Sumatera bagian selatan. Cita rasa yang gurih dan sedikit pedas, dipadukan dengan tekstur daging kuda menjangan yang empuk, menjadi daya tarik utama hidangan ini. Selain itu, kandungan gizinya yang tinggi menjadikannya pilihan makanan yang menyehatkan. Dalam tradisi masyarakat Lampung dan Bengkulu, kwetiau kuda menjangan juga memiliki makna budaya yang kuat, dimana sering disajikan pada acara-acara khusus untuk menambah kemeriahan dan kebersamaan.

Bahan utama


Bahan Utama, Resep4-10k

Bahan utama kwetiau kuda menjangan, yaitu kwetiau dan daging kuda menjangan, memegang peranan sangat penting dalam menentukan cita rasa dan keunikan hidangan ini. Kwetiau yang digunakan umumnya berukuran lebar dan pipih, memberikan tekstur yang kenyal dan lembut saat dikunyah. Sementara daging kuda menjangan yang ditumis dengan bumbu rempah menghasilkan cita rasa gurih dan sedikit pedas yang khas.

Kombinasi kwetiau dan daging kuda menjangan dalam kuliner ini tidak hanya memberikan cita rasa yang lezat, tetapi juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Daging kuda menjangan dikenal sebagai sumber protein, zat besi, dan vitamin B12 yang baik. Kandungan gizi yang kaya ini menjadikan kwetiau kuda menjangan sebagai pilihan makanan yang menyehatkan sekaligus mengenyangkan.

Dalam praktiknya, pemilihan bahan utama yang berkualitas sangat penting untuk menghasilkan kwetiau kuda menjangan yang lezat. Kwetiau yang digunakan harus memiliki tekstur yang kenyal dan tidak mudah hancur saat dimasak. Sementara daging kuda menjangan yang dipilih harus berasal dari kuda yang diternak secara khusus, sehingga memiliki tekstur yang empuk dan tidak alot. Dengan memperhatikan kualitas bahan utama, cita rasa dan kenikmatan kwetiau kuda menjangan dapat dioptimalkan.

Asal daerah


Asal Daerah, Resep4-10k

Kwetiau kuda menjangan memiliki hubungan yang erat dengan daerah asal, yaitu Lampung dan Bengkulu. Kuliner ini merupakan makanan khas yang berasal dan berkembang di kedua daerah tersebut.

Salah satu faktor yang menyebabkan kwetiau kuda menjangan menjadi kuliner khas Lampung dan Bengkulu adalah ketersediaan bahan bakunya. Lampung dan Bengkulu memiliki populasi kuda menjangan yang cukup banyak, sehingga daging kuda menjangan mudah diperoleh. Selain itu, masyarakat kedua daerah tersebut memiliki tradisi beternak kuda menjangan secara turun-temurun.

Faktor lainnya adalah pengaruh budaya. Kuliner kwetiau kuda menjangan merupakan hasil akulturasi budaya antara masyarakat Lampung dan Bengkulu dengan pendatang dari Tionghoa. Kwetiau, yang merupakan bahan utama hidangan ini, merupakan makanan khas Tionghoa yang kemudian dipadukan dengan daging kuda menjangan yang merupakan bahan makanan lokal. Perpaduan ini menghasilkan kuliner yang unik dan khas, yang tidak ditemukan di daerah lain di Indonesia.

Cita rasa


Cita Rasa, Resep4-10k

Cita rasa gurih dan sedikit pedas merupakan salah satu ciri khas dari kwetiau kuda menjangan yang menjadi daya tarik utama kuliner ini. Perpaduan rasa gurih dari daging kuda menjangan dan bumbu rempah dengan sedikit sensasi pedas menciptakan harmoni cita rasa yang menggugah selera.

  • Bumbu rempah yang khas
    Cita rasa gurih pada kwetiau kuda menjangan dihasilkan dari penggunaan bumbu rempah yang khas, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, dan jahe. Bumbu-bumbu ini ditumis bersama daging kuda menjangan hingga mengeluarkan aroma harum dan meresap ke dalam daging.
  • Daging kuda menjangan yang berkualitas
    Kualitas daging kuda menjangan juga berperan penting dalam menghasilkan cita rasa gurih. Daging kuda menjangan yang digunakan biasanya berasal dari kuda yang diternak secara khusus, sehingga memiliki tekstur yang empuk dan tidak alot. Selain itu, daging kuda menjangan yang segar akan menghasilkan cita rasa gurih yang lebih kuat.
  • Takaran cabai yang pas
    Sensasi pedas pada kwetiau kuda menjangan berasal dari penggunaan cabai. Takaran cabai yang digunakan harus pas, tidak terlalu sedikit dan tidak berlebihan. Penggunaan cabai yang terlalu sedikit akan membuat kwetiau kuda menjangan terasa hambar, sementara penggunaan cabai yang berlebihan akan menutupi cita rasa gurih dari daging kuda menjangan.
  • Penyajian yang tepat
    Penyajian kwetiau kuda menjangan yang tepat juga dapat memengaruhi cita rasanya. Kwetiau kuda menjangan biasanya disajikan hangat dengan taburan bawang goreng dan acar. Bawang goreng memberikan aroma harum dan tekstur yang renyah, sementara acar memberikan cita rasa asam yang menyegarkan dan membantu menyeimbangkan rasa gurih dan pedas.

Dengan memperhatikan keempat aspek tersebut, cita rasa gurih dan sedikit pedas pada kwetiau kuda menjangan dapat dioptimalkan. Cita rasa inilah yang membuat kwetiau kuda menjangan menjadi kuliner khas yang digemari oleh masyarakat Lampung dan Bengkulu, serta wisatawan yang berkunjung ke kedua daerah tersebut.

Tekstur


Tekstur, Resep4-10k

Tekstur daging kuda menjangan yang empuk dan tidak alot merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kelezatan kwetiau kuda menjangan. Tekstur empuk ini dihasilkan dari beberapa faktor, antara lain:

  • Proses pemasakan yang tepat
    Daging kuda menjangan harus dimasak dengan teknik dan waktu yang tepat agar teksturnya empuk. Biasanya, daging kuda menjangan ditumis dengan bumbu rempah hingga matang dan empuk.
  • Kualitas daging kuda menjangan
    Kualitas daging kuda menjangan juga berpengaruh pada teksturnya. Daging kuda menjangan yang digunakan untuk membuat kwetiau kuda menjangan biasanya berasal dari kuda yang diternak secara khusus dan memiliki tekstur yang lebih empuk dibandingkan dengan daging kuda menjangan liar.
  • Pemilihan bagian daging
    Tidak semua bagian daging kuda menjangan memiliki tekstur yang empuk. Untuk membuat kwetiau kuda menjangan, biasanya digunakan bagian daging yang lebih empuk, seperti bagian paha atau punggung.

Tekstur daging kuda menjangan yang empuk dan tidak alot sangat penting bagi kelezatan kwetiau kuda menjangan. Tekstur yang empuk membuat kwetiau kuda menjangan mudah dikunyah dan tidak alot, sehingga memberikan kenikmatan tersendiri saat disantap. Selain itu, tekstur yang empuk juga membuat bumbu rempah lebih mudah meresap ke dalam daging kuda menjangan, sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih gurih dan nikmat.Dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi tekstur daging kuda menjangan, maka dapat dihasilkan kwetiau kuda menjangan dengan tekstur yang empuk dan tidak alot, sehingga memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan bagi penikmatnya.

Kandungan gizi


Kandungan Gizi, Resep4-10k

Kwetiau kuda menjangan tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tetapi juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Kandungan protein, zat besi, dan vitamin B12 dalam kwetiau kuda menjangan menjadikannya sebagai pilihan makanan yang menyehatkan.

Protein berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Kandungan protein yang tinggi dalam kwetiau kuda menjangan dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian tubuh. Selain itu, protein juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan.

Zat besi merupakan mineral penting yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan gejala seperti pucat, lemas, dan sesak napas. Kandungan zat besi yang tinggi dalam kwetiau kuda menjangan dapat membantu mencegah anemia dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Vitamin B12 merupakan vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan fungsi sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan kerusakan saraf. Kandungan vitamin B12 yang tinggi dalam kwetiau kuda menjangan dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian tubuh dan menjaga kesehatan sistem saraf.

Dengan mengonsumsi kwetiau kuda menjangan secara teratur, kita dapat memperoleh manfaat dari kandungan gizinya yang tinggi. Kwetiau kuda menjangan dapat menjadi pilihan makanan yang sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Acara khusus


Acara Khusus, Resep4-10k

Kwetiau kuda menjangan memiliki hubungan yang erat dengan acara-acara khusus, seperti pesta pernikahan atau perayaan adat di daerah Lampung dan Bengkulu. Kuliner ini sering disajikan sebagai hidangan utama atau hidangan pendamping dalam acara-acara tersebut.

Salah satu alasan mengapa kwetiau kuda menjangan sering disajikan pada acara khusus adalah karena hidangan ini dianggap sebagai simbol kemakmuran dan kebahagiaan. Masyarakat Lampung dan Bengkulu percaya bahwa menyajikan kwetiau kuda menjangan dalam acara-acara khusus akan membawa berkah dan keberuntungan bagi penyelenggara acara dan para tamu.

Selain itu, kwetiau kuda menjangan juga memiliki makna sosial dan budaya yang kuat. Dalam acara-acara khusus, seperti pesta pernikahan, kwetiau kuda menjangan menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat hubungan antar anggota keluarga dan masyarakat. Hidangan ini disajikan dalam porsi yang besar dan dinikmati bersama-sama, sehingga menciptakan suasana kebersamaan dan kehangatan.

Secara praktis, menyajikan kwetiau kuda menjangan pada acara khusus juga memiliki manfaat ekonomi. Hidangan ini relatif mudah dan murah untuk dibuat, sehingga dapat membantu penyelenggara acara dalam menghemat biaya. Selain itu, ketersediaan bahan baku yang melimpah di daerah Lampung dan Bengkulu membuat kwetiau kuda menjangan menjadi pilihan yang tepat untuk disajikan dalam jumlah besar.

Dengan demikian, hubungan antara kwetiau kuda menjangan dengan acara khusus, seperti pesta pernikahan atau perayaan adat, memiliki makna simbolis, sosial, budaya, dan ekonomi. Hidangan ini tidak hanya menjadi sajian kuliner yang lezat, tetapi juga menjadi bagian penting dari tradisi dan budaya masyarakat Lampung dan Bengkulu.

Daya tarik kuliner


Daya Tarik Kuliner, Resep4-10k

Kwetiau kuda menjangan merupakan salah satu daya tarik kuliner yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Lampung dan Bengkulu. Kuliner ini merupakan salah satu makanan khas daerah yang memiliki cita rasa unik dan berbeda dari daerah lain. Keunikan cita rasa kwetiau kuda menjangan membuat wisatawan penasaran dan ingin mencicipi kelezatannya secara langsung.

Selain itu, penyajian kwetiau kuda menjangan yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kwetiau kuda menjangan biasanya disajikan dengan potongan daging kuda menjangan yang empuk dan bumbu rempah yang gurih. Penyajian yang menarik dan menggugah selera ini membuat wisatawan ingin mencoba dan menikmati kwetiau kuda menjangan.

Keberadaan kwetiau kuda menjangan sebagai daya tarik kuliner juga berdampak positif bagi perkembangan pariwisata di Lampung dan Bengkulu. Wisatawan yang datang untuk menikmati kuliner kwetiau kuda menjangan juga dapat sekaligus menikmati keindahan alam dan budaya di kedua daerah tersebut. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan daerah dan membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Proses pembuatan


Proses Pembuatan, Resep4-10k

Proses pembuatan kwetiau kuda menjangan tidak lepas dari teknik menumis daging kuda menjangan dengan bumbu rempah. Teknik ini sangat penting karena berpengaruh langsung pada cita rasa dan kelezatan hidangan. Bumbu rempah yang digunakan biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, dan jahe. Bumbu-bumbu tersebut ditumis hingga harum dan kemudian dicampurkan dengan daging kuda menjangan yang sudah dipotong-potong.

Proses penumisan daging kuda menjangan dengan bumbu rempah ini memiliki beberapa tujuan. Pertama, untuk mengeluarkan aroma dan cita rasa dari bumbu rempah agar meresap ke dalam daging kuda menjangan. Kedua, untuk membuat daging kuda menjangan lebih empuk dan tidak alot. Ketiga, untuk mengurangi bau amis dari daging kuda menjangan. Proses penumisan yang dilakukan dengan benar akan menghasilkan daging kuda menjangan yang gurih, empuk, dan tidak amis.

Selain itu, proses penumisan daging kuda menjangan dengan bumbu rempah juga merupakan bagian dari tradisi kuliner masyarakat Lampung dan Bengkulu. Teknik memasak ini telah diwariskan secara turun-temurun dan menjadi ciri khas dari kwetiau kuda menjangan. Dengan memahami proses pembuatan ini, kita dapat lebih menghargai cita rasa dan keunikan kwetiau kuda menjangan sebagai kuliner khas daerah.

Jenis kwetiau


Jenis Kwetiau, Resep4-10k

Penggunaan kwetiau berukuran lebar dan pipih pada kwetiau kuda menjangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap cita rasa dan tekstur hidangan. Kwetiau jenis ini memiliki permukaan yang lebih lebar dan tekstur yang lebih kenyal dibandingkan dengan jenis kwetiau lainnya.

Kwetiau lebar dan pipih mampu menyerap bumbu rempah dan cita rasa daging kuda menjangan dengan lebih baik. Hal ini menghasilkan kwetiau yang gurih dan beraroma, serta memiliki tekstur yang lembut dan sedikit kenyal. Selain itu, ukuran kwetiau yang lebar memudahkan penikmat untuk menyantapnya bersama dengan daging kuda menjangan dan bumbu pelengkap lainnya.

Dalam praktiknya, penggunaan kwetiau berukuran lebar dan pipih pada kwetiau kuda menjangan telah menjadi tradisi kuliner yang turun-temurun di Lampung dan Bengkulu. Masyarakat kedua daerah tersebut telah terbiasa dengan cita rasa dan tekstur khas yang dihasilkan dari perpaduan kwetiau lebar dan pipih dengan daging kuda menjangan.

Tradisi masyarakat


Tradisi Masyarakat, Resep4-10k

Kwetiau kuda menjangan memiliki hubungan yang erat dengan tradisi masyarakat Lampung dan Bengkulu. Hidangan ini merupakan bagian dari tradisi kuliner masyarakat kedua daerah tersebut dan telah diwariskan secara turun-temurun.

Keterkaitan kwetiau kuda menjangan dengan tradisi masyarakat Lampung dan Bengkulu terlihat dari beberapa aspek. Pertama, hidangan ini sering disajikan pada acara-acara khusus, seperti pesta pernikahan atau perayaan adat. Kedua, proses pembuatan kwetiau kuda menjangan melibatkan teknik-teknik tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Tradisi masyarakat Lampung dan Bengkulu dalam mengonsumsi kwetiau kuda menjangan tidak hanya sekadar kebiasaan makan, tetapi juga memiliki makna budaya yang mendalam. Hidangan ini menjadi simbol kebersamaan, kemakmuran, dan identitas budaya masyarakat setempat.

Memahami tradisi masyarakat Lampung dan Bengkulu dalam mengonsumsi kwetiau kuda menjangan dapat membantu kita menghargai nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Selain itu, pemahaman ini juga dapat menjadi dasar bagi upaya pelestarian tradisi kuliner masyarakat Lampung dan Bengkulu.

Tanya Jawab Seputar Kwetiau Kuda Menjangan

Berikut adalah tanya jawab seputar kwetiau kuda menjangan yang sering ditanyakan:

Pertanyaan 1: Apa itu kwetiau kuda menjangan?

Jawaban: Kwetiau kuda menjangan adalah kuliner khas daerah Lampung dan Bengkulu yang memadukan kwetiau dengan daging kuda menjangan.

Pertanyaan 2: Bagaimana cita rasa kwetiau kuda menjangan?

Jawaban: Kwetiau kuda menjangan memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas. Daging kuda menjangan yang digunakan biasanya berasal dari kuda yang diternak secara khusus, sehingga memiliki tekstur yang empuk dan tidak alot.

Pertanyaan 3: Apa saja manfaat mengonsumsi kwetiau kuda menjangan?

Jawaban: Kwetiau kuda menjangan mengandung protein, zat besi, dan vitamin B12 yang tinggi. Kandungan gizi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, mencegah anemia, dan menjaga kesehatan sistem saraf.

Pertanyaan 4: Pada acara apa saja kwetiau kuda menjangan biasanya disajikan?

Jawaban: Kwetiau kuda menjangan sering disajikan pada acara-acara khusus, seperti pesta pernikahan atau perayaan adat. Hidangan ini dianggap sebagai simbol kemakmuran dan kebahagiaan.

Pertanyaan 5: Apakah kwetiau kuda menjangan mudah ditemukan?

Jawaban: Kwetiau kuda menjangan mudah ditemukan di daerah Lampung dan Bengkulu. Hidangan ini banyak dijual di rumah makan atau warung makan setempat.

Pertanyaan 6: Apa yang membuat kwetiau kuda menjangan unik?

Jawaban: Kwetiau kuda menjangan unik karena memadukan bahan-bahan lokal, yaitu kwetiau dan daging kuda menjangan. Cita rasanya yang gurih dan sedikit pedas serta teksturnya yang kenyal menjadi daya tarik utama hidangan ini.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kwetiau kuda menjangan saat berkunjung ke Lampung atau Bengkulu. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki nilai budaya dan gizi yang tinggi.

Baca juga: Eksplorasi Kuliner Kwetiau Kuda Menjangan, Cita Rasa Khas Lampung dan Bengkulu

Tips Menikmati Kwetiau Kuda Menjangan

Untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang optimal saat menyantap kwetiau kuda menjangan, ada beberapa tips yang dapat diikuti:

Tip 1: Pilih tempat makan yang memiliki reputasi baik

Reputasi baik umumnya menjadi indikator kualitas dan kelezatan makanan yang disajikan. Cari tahu rekomendasi dari masyarakat setempat atau baca ulasan online untuk menemukan tempat makan kwetiau kuda menjangan yang terkenal.

Tip 2: Perhatikan kesegaran bahan-bahan

Kwetiau kuda menjangan yang lezat menggunakan bahan-bahan yang segar, terutama daging kuda menjangan dan kwetiau. Pastikan daging kuda menjangan berwarna merah segar dan tidak berbau amis, sedangkan kwetiau memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lengket.

Tip 3: Sesuaikan tingkat kepedasan

Kwetiau kuda menjangan biasanya memiliki cita rasa sedikit pedas. Namun, tingkat kepedasan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Jangan ragu untuk meminta kepada penjual untuk menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai keinginan.

Tip 4: Nikmati dengan pelengkap yang tepat

Kwetiau kuda menjangan biasanya disajikan dengan beberapa pelengkap, seperti acar, bawang goreng, dan kerupuk. Pelengkap-pelengkap ini dapat menambah cita rasa dan tekstur yang lebih kaya pada hidangan.

Tip 5: Cicipi dengan perlahan

Jangan terburu-buru saat menyantap kwetiau kuda menjangan. Cicipi setiap suapan dengan perlahan untuk menikmati perpaduan rasa gurih, sedikit pedas, dan tekstur yang kenyal. Ini akan memberikan pengalaman kuliner yang lebih berkesan.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menikmati kwetiau kuda menjangan yang lezat dan menggugah selera. Hidangan ini tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Baca juga: Eksplorasi Kuliner Kwetiau Kuda Menjangan, Cita Rasa Khas Lampung dan Bengkulu

Kesimpulan

Kwetiau kuda menjangan merupakan kuliner khas Lampung dan Bengkulu yang memiliki cita rasa unik dan nilai budaya yang tinggi. Perpaduan kwetiau dengan daging kuda menjangan menghasilkan hidangan yang gurih, sedikit pedas, dan bertekstur kenyal. Kwetiau kuda menjangan juga kaya akan protein, zat besi, dan vitamin B12, sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Keberadaan kwetiau kuda menjangan sebagai kuliner khas daerah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Lampung dan Bengkulu. Hidangan ini tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Pelestarian dan pengembangan kwetiau kuda menjangan sebagai warisan budaya kuliner menjadi tanggung jawab bersama masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

About admin