Resep Kue Pisang Bungkus Daun: Rahasia Kelezatan Nusantara yang Tak Terduga


Resep Kue Pisang Bungkus Daun: Rahasia Kelezatan Nusantara yang Tak Terduga

Kue pisang bungkus daun adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari pisang yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Pisang yang digunakan biasanya adalah pisang raja atau pisang kepok. Kue ini memiliki rasa yang manis dan legit, serta aroma yang harum dari daun pisang.

Kue pisang bungkus daun memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan.
  • Kaya akan kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.
  • Mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kue pisang bungkus daun juga memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Kue ini sudah dikenal sejak zaman dahulu dan sering disajikan sebagai makanan penutup atau camilan.

Adapun beberapa topik utama yang akan dibahas dalam artikel ini, antara lain:

  • Resep dan cara membuat kue pisang bungkus daun
  • Tips memilih pisang yang baik untuk membuat kue pisang bungkus daun
  • Variasi kue pisang bungkus daun
  • Manfaat kesehatan dari kue pisang bungkus daun

Kue Pisang Bungkus Daun

Kue pisang bungkus daun merupakan makanan tradisional Indonesia yang memiliki banyak aspek penting. Berikut adalah 10 aspek penting dari kue pisang bungkus daun:

  • Bahan utama: Pisang
  • Pembungkus: Daun pisang
  • Metode memasak: Dikukus
  • Rasa: Manis dan legit
  • Aroma: Harum daun pisang
  • Tekstur: Lembut dan kenyal
  • Kandungan gizi: Serat, kalium, vitamin C
  • Manfaat kesehatan: Menjaga kesehatan jantung, pencernaan, dan daya tahan tubuh
  • Variasi: Berbagai isian dan topping
  • Penyajian: Makanan penutup atau camilan

Kesepuluh aspek tersebut saling terkait dan berkontribusi pada keunikan dan kelezatan kue pisang bungkus daun. Misalnya, penggunaan daun pisang sebagai pembungkus tidak hanya memberikan aroma yang khas, tetapi juga membantu menjaga kelembapan kue. Demikian pula, kandungan gizi yang tinggi pada pisang membuat kue ini menjadi pilihan makanan penutup atau camilan yang sehat. Variasi isian dan topping juga memungkinkan setiap orang untuk menyesuaikan kue pisang bungkus daun sesuai dengan selera masing-masing.

Bahan Utama


Bahan Utama, Resep4-10k

Pisang merupakan bahan utama dalam pembuatan kue pisang bungkus daun. Tanpa pisang, kue ini tidak dapat dibuat. Pisang yang digunakan biasanya adalah pisang raja atau pisang kepok, karena kedua jenis pisang ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Pisang juga merupakan sumber serat, kalium, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Penggunaan pisang sebagai bahan utama dalam kue pisang bungkus daun memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Menghasilkan rasa yang manis dan legit pada kue.
  • Memberikan tekstur yang lembut dan kenyal pada kue.
  • Menjadikan kue lebih bergizi karena pisang mengandung banyak serat, kalium, dan vitamin C.

Selain itu, pisang juga memiliki sifat alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kue. Hal ini disebabkan oleh kandungan pektin dalam pisang yang berfungsi sebagai pengental dan pengemulsi. Pektin dapat mengikat air dan membentuk gel, sehingga kue pisang bungkus daun tetap lembap dan tidak kering.

Dengan demikian, bahan utama pisang memiliki peran yang sangat penting dalam kue pisang bungkus daun. Pisang memberikan rasa, tekstur, nutrisi, dan kelembapan yang menjadikan kue ini begitu digemari oleh masyarakat Indonesia.

Pembungkus


Pembungkus, Resep4-10k

Daun pisang merupakan pembungkus tradisional yang digunakan dalam pembuatan kue pisang bungkus daun. Pemilihan daun pisang sebagai pembungkus bukan tanpa alasan, melainkan memiliki beberapa peran penting dalam menghasilkan kue yang lezat dan berkualitas.

  • Aroma yang Khas
    Daun pisang memiliki aroma yang khas dan harum, yang dapat diserap oleh kue selama proses pengukusan. Aroma ini memberikan cita rasa yang unik dan menggugah selera pada kue pisang bungkus daun.
  • Menjaga Kelembapan
    Daun pisang memiliki kemampuan untuk menjaga kelembapan kue. Hal ini dikarenakan daun pisang memiliki lapisan lilin alami yang dapat menahan penguapan air. Dengan demikian, kue pisang bungkus daun akan tetap lembap dan tidak kering, meskipun disimpan dalam waktu yang lama.
  • Mempercepat Proses Pematangan
    Enzim yang terkandung dalam daun pisang dapat membantu mempercepat proses pematangan pisang. Hal ini membuat kue pisang bungkus daun memiliki rasa yang lebih manis dan legit.
  • Menambah Nilai Estetika
    Selain memiliki fungsi praktis, daun pisang juga menambah nilai estetika pada kue pisang bungkus daun. Warna hijau alami daun pisang memberikan tampilan yang segar dan menggugah selera.

Dengan demikian, penggunaan daun pisang sebagai pembungkus dalam kue pisang bungkus daun memiliki peran yang sangat penting. Daun pisang tidak hanya memberikan aroma yang khas, menjaga kelembapan, mempercepat proses pematangan, dan menambah nilai estetika, tetapi juga menjadi bagian dari identitas kuliner tradisional Indonesia.

Metode memasak


Metode Memasak, Resep4-10k

Pengukusan merupakan metode memasak yang sangat cocok untuk membuat kue pisang bungkus daun. Proses pengukusan membuat kue menjadi matang secara merata tanpa membuatnya gosong atau kering. Selain itu, pengukusan juga membantu menjaga kelembapan dan kelembutan kue.

Ada beberapa alasan mengapa pengukusan menjadi metode memasak yang ideal untuk kue pisang bungkus daun:

  • Proses memasak yang lembut
    Proses pengukusan yang lembut tidak akan merusak tekstur pisang dan daun pisang. Kedua bahan ini akan tetap lembut dan tidak akan berubah bentuk atau hancur.
  • Hasil akhir yang lembap dan lembut
    Uap panas yang dihasilkan selama pengukusan akan membuat kue menjadi lembap dan lembut. Daun pisang juga membantu menjaga kelembapan kue, sehingga kue akan tetap nikmat meskipun disimpan dalam waktu yang lama.
  • Cita rasa yang khas
    Proses pengukusan dapat membantu mengeluarkan cita rasa alami dari pisang dan daun pisang. Kue pisang bungkus daun akan memiliki rasa yang manis dan legit, serta aroma yang harum.

Secara keseluruhan, metode memasak dengan cara dikukus memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan kue pisang bungkus daun yang lezat dan berkualitas. Proses pengukusan yang tepat dapat membuat kue menjadi matang secara merata, mempertahankan kelembapan dan kelembutan, serta mengeluarkan cita rasa alami dari bahan-bahan.

Rasa


Rasa, Resep4-10k

Kue pisang bungkus daun memiliki rasa yang manis dan legit, yang merupakan salah satu ciri khas yang membuat kue ini begitu digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasa manis pada kue pisang bungkus daun berasal dari pisang itu sendiri, sedangkan rasa legit berasal dari karamelisasi gula alami yang terjadi selama proses pengukusan. Karamelisasi gula ini juga memberikan warna kecoklatan yang khas pada kue pisang bungkus daun.

Rasa manis dan legit pada kue pisang bungkus daun sangat penting karena memberikan cita rasa yang nikmat dan menggugah selera. Rasa manis yang pas dapat menyeimbangkan rasa legit dari karamelisasi gula, sehingga menghasilkan kue yang tidak terlalu manis atau terlalu hambar. Selain itu, rasa manis dan legit juga dapat memberikan sensasi kenikmatan tersendiri saat kue dimakan.

Untuk mendapatkan rasa manis dan legit yang optimal pada kue pisang bungkus daun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Gunakan pisang yang sudah matang, karena pisang matang memiliki kadar gula yang lebih tinggi sehingga rasa manisnya lebih terasa.
  • Tambahkan sedikit gula pasir atau gula merah ke dalam adonan kue untuk memperkuat rasa manis.
  • Kukus kue dengan waktu yang cukup, karena semakin lama dikukus, karamelisasi gula akan semakin terjadi sehingga rasa legitnya akan semakin kuat.

Dengan memperhatikan tips-tips tersebut, Anda dapat membuat kue pisang bungkus daun dengan rasa manis dan legit yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga atau teman.

Aroma


Aroma, Resep4-10k

Aroma harum daun pisang merupakan salah satu ciri khas kue pisang bungkus daun yang membuatnya begitu digemari oleh masyarakat Indonesia. Aroma ini berasal dari senyawa volatil yang terkandung dalam daun pisang, yang akan terlepas saat daun dipanaskan selama proses pengukusan. Senyawa volatil ini memiliki aroma yang khas dan menggugah selera, yang dapat menambah cita rasa kue pisang bungkus daun.

  • Peran Aroma Daun Pisang
    Aroma harum daun pisang berperan penting dalam meningkatkan cita rasa kue pisang bungkus daun. Aroma ini dapat merangsang indra penciuman dan membuat kue menjadi lebih menggugah selera. Selain itu, aroma daun pisang juga dapat memberikan sensasi relaksasi dan ketenangan saat kue dimakan.
  • Contoh Aroma Daun Pisang
    Aroma daun pisang yang digunakan dalam kue pisang bungkus daun memiliki karakteristik yang khas dan mudah dikenali. Aroma ini memiliki sedikit unsur manis, segar, dan earthy. Aroma ini juga dapat bervariasi tergantung pada jenis pisang yang digunakan dan tingkat kematangan daun.
  • Implikasi pada Kue Pisang Bungkus Daun
    Aroma harum daun pisang memberikan dampak yang signifikan pada kualitas dan kenikmatan kue pisang bungkus daun. Aroma ini dapat meningkatkan cita rasa kue, membuatnya lebih menggugah selera, dan memberikan sensasi yang unik dan khas saat dimakan. Tanpa aroma daun pisang, kue pisang bungkus daun akan terasa kurang lengkap dan kurang nikmat.

Dengan demikian, aroma harum daun pisang merupakan aspek yang sangat penting dalam kue pisang bungkus daun. Aroma ini tidak hanya menambah cita rasa kue, tetapi juga memberikan sensasi yang khas dan menggugah selera. Oleh karena itu, penggunaan daun pisang sebagai pembungkus dalam pembuatan kue pisang bungkus daun memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan kue yang berkualitas dan nikmat.

Tekstur


Tekstur, Resep4-10k

Tekstur lembut dan kenyal merupakan salah satu ciri khas kue pisang bungkus daun yang membuatnya begitu digemari oleh masyarakat Indonesia. Tekstur ini dihasilkan dari kombinasi beberapa faktor, antara lain:

  • Pisang yang Matang
    Pisang yang digunakan dalam pembuatan kue pisang bungkus daun haruslah pisang yang sudah matang. Pisang matang memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah dihaluskan, sehingga akan menghasilkan adonan kue yang lebih lembut.
  • Proses Pengukusan
    Proses pengukusan yang tepat sangat penting untuk menghasilkan kue pisang bungkus daun yang lembut dan kenyal. Pengukusan dengan waktu yang cukup akan membuat pisang menjadi matang sempurna dan teksturnya menjadi lebih lembut.
  • Daun Pisang
    Daun pisang yang digunakan sebagai pembungkus juga berperan dalam menghasilkan tekstur kue yang lembut dan kenyal. Daun pisang memiliki lapisan lilin alami yang dapat menjaga kelembapan kue, sehingga kue tidak akan menjadi kering dan keras.

Kombinasi dari ketiga faktor tersebut menghasilkan kue pisang bungkus daun dengan tekstur yang lembut dan kenyal, yang menjadikannya salah satu kuliner tradisional Indonesia yang begitu digemari.

Kandungan Gizi


Kandungan Gizi, Resep4-10k

Kue pisang bungkus daun memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, antara lain serat, kalium, dan vitamin C. Kandungan gizi ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Serat membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
  • Kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah tetap normal dan kesehatan jantung.
  • Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan gizi yang tinggi pada kue pisang bungkus daun menjadikannya pilihan makanan yang sehat dan bergizi. Kue ini dapat dikonsumsi sebagai camilan atau makanan penutup yang tidak hanya nikmat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Beberapa contoh manfaat praktis dari kandungan gizi kue pisang bungkus daun antara lain:

  • Konsumsi kue pisang bungkus daun secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.
  • Kalium dalam kue pisang bungkus daun dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.
  • Vitamin C dalam kue pisang bungkus daun dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan demikian, kandungan gizi serat, kalium, dan vitamin C pada kue pisang bungkus daun memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan tubuh. Kue ini dapat menjadi pilihan makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi sehari-hari.

Manfaat kesehatan


Manfaat Kesehatan, Resep4-10k

Kue pisang bungkus daun memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya menjaga kesehatan jantung, pencernaan, dan daya tahan tubuh. Manfaat-manfaat ini berasal dari kandungan gizi yang terdapat dalam kue pisang bungkus daun, seperti serat, kalium, dan vitamin C.

  • Menjaga kesehatan jantung
    Kalium yang terkandung dalam kue pisang bungkus daun berperan penting dalam menjaga tekanan darah tetap normal dan kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengurangi efek natrium, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Menjaga kesehatan pencernaan
    Serat yang terkandung dalam kue pisang bungkus daun membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Serat membantu menambah volume tinja dan membuatnya lebih lunak, sehingga lebih mudah dikeluarkan.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
    Vitamin C yang terkandung dalam kue pisang bungkus daun berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis. Vitamin C membantu menetralkan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan demikian, kue pisang bungkus daun dapat menjadi pilihan makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi sehari-hari. Kue ini tidak hanya nikmat, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Variasi


Variasi, Resep4-10k

Kue pisang bungkus daun memiliki variasi yang banyak, baik dari segi isian maupun topping. Variasi ini memberikan keleluasaan bagi setiap orang untuk menyesuaikan kue pisang bungkus daun sesuai dengan selera masing-masing. Beberapa contoh variasi isian dan topping yang sering digunakan antara lain:

  • Isian: Cokelat, keju, kacang, durian, nangka.
  • Topping: Saus gula merah, parutan kelapa, keju parut, meses.

Variasi isian dan topping pada kue pisang bungkus daun memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Menambah cita rasa: Variasi isian dan topping dapat menambah cita rasa kue pisang bungkus daun menjadi lebih kaya dan kompleks.
  • Menambah nilai estetika: Kue pisang bungkus daun dengan variasi topping akan terlihat lebih menarik dan menggugah selera.
  • Menyesuaikan dengan selera: Setiap orang dapat menyesuaikan isian dan topping sesuai dengan selera masing-masing, sehingga kue pisang bungkus daun dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Dengan demikian, variasi isian dan topping merupakan komponen penting dari kue pisang bungkus daun. Variasi ini memberikan keleluasaan bagi setiap orang untuk menyesuaikan kue sesuai dengan selera, menambah cita rasa dan nilai estetika, serta memungkinkan kue pisang bungkus daun untuk dinikmati oleh berbagai kalangan.

Penyajian


Penyajian, Resep4-10k

Kue pisang bungkus daun merupakan makanan yang sangat fleksibel dalam hal penyajian. Kue ini dapat disajikan sebagai makanan penutup atau sebagai camilan. Penyajian sebagai makanan penutup biasanya dilakukan pada acara-acara khusus, seperti hajatan atau perayaan hari raya. Kue pisang bungkus daun akan disajikan bersama dengan makanan penutup lainnya, seperti kolak atau es buah.

Sementara itu, penyajian sebagai camilan biasanya dilakukan pada waktu senggang, seperti sore hari atau malam hari. Kue pisang bungkus daun akan disajikan sebagai teman minum teh atau kopi. Kue ini juga dapat dijadikan sebagai bekal perjalanan atau oleh-oleh.

Fleksibelitas penyajian ini menjadi salah satu daya tarik kue pisang bungkus daun. Kue ini dapat dinikmati dalam berbagai suasana dan kesempatan. Baik sebagai makanan penutup atau sebagai camilan, kue pisang bungkus daun selalu dapat memberikan kenikmatan tersendiri.

FAQ Kue Pisang Bungkus Daun

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang kue pisang bungkus daun, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja variasi isian dan topping kue pisang bungkus daun?

Jawaban: Kue pisang bungkus daun memiliki banyak variasi isian dan topping, di antaranya:

  • Isian: Cokelat, keju, kacang, durian, nangka.
  • Topping: Saus gula merah, parutan kelapa, keju parut, meses.

Pertanyaan 2: Apa saja manfaat kesehatan dari mengonsumsi kue pisang bungkus daun?

Jawaban: Kue pisang bungkus daun memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Pertanyaan 3: Apakah kue pisang bungkus daun cocok untuk penderita diabetes?

Jawaban: Kue pisang bungkus daun memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam jumlah yang wajar.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara memilih pisang yang baik untuk membuat kue pisang bungkus daun?

Jawaban: Pilihlah pisang yang sudah matang dan memiliki kulit berwarna kuning cerah. Hindari pisang yang masih hijau atau sudah terlalu matang dan berwarna kecoklatan.

Pertanyaan 5: Apa saja tips untuk membuat kue pisang bungkus daun yang lembut dan legit?

Jawaban: Beberapa tips untuk membuat kue pisang bungkus daun yang lembut dan legit antara lain:

  • Gunakan pisang yang sudah matang.
  • Kukus kue dengan waktu yang cukup.
  • Tambahkan sedikit gula pasir atau gula merah ke dalam adonan.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menyimpan kue pisang bungkus daun agar tetap awet?

Jawaban: Kue pisang bungkus daun dapat disimpan di lemari es selama 2-3 hari. Sebelum dikonsumsi, kukus kembali kue selama beberapa menit untuk menghangatkannya.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang kue pisang bungkus daun. Kue ini tidak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan dan cocok untuk berbagai kesempatan.

Selain informasi di atas, masih banyak lagi yang dapat dibahas tentang kue pisang bungkus daun. Pada artikel berikutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang sejarah, asal-usul, dan perkembangan kue pisang bungkus daun di Indonesia.

Tips Membuat Kue Pisang Bungkus Daun

Kue pisang bungkus daun merupakan salah satu kuliner tradisional Indonesia yang digemari oleh banyak orang. Kue ini memiliki cita rasa yang manis dan legit, serta aroma yang harum. Berikut adalah beberapa tips membuat kue pisang bungkus daun yang lembut, legit, dan beraroma harum:

Tip 1: Pilih Pisang yang Matang

Gunakan pisang yang sudah matang dan berwarna kuning cerah. Pisang yang matang memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih manis, sehingga akan menghasilkan kue pisang bungkus daun yang lebih legit dan nikmat.

Tip 2: Kukus dengan Waktu yang Cukup

Kukus kue pisang bungkus daun dengan waktu yang cukup hingga matang. Waktu pengukusan yang tepat akan membuat kue menjadi lembut dan tidak keras. Waktu pengukusan yang ideal biasanya sekitar 20-25 menit.

Tip 3: Tambahkan Gula Secukupnya

Tambahkan sedikit gula pasir atau gula merah ke dalam adonan kue pisang bungkus daun. Gula akan memberikan rasa manis pada kue dan membuatnya lebih legit. Namun, jangan menambahkan gula terlalu banyak, karena dapat membuat kue menjadi terlalu manis.

Tip 4: Bungkus dengan Daun Pisang yang Layu

Gunakan daun pisang yang sudah agak layu untuk membungkus kue pisang. Daun pisang yang layu lebih mudah dibentuk dan tidak mudah sobek. Selain itu, daun pisang yang layu akan mengeluarkan aroma yang lebih harum saat dikukus.

Tip 5: Olesi Daun Pisang dengan Minyak

Sebelum membungkus kue pisang, olesi daun pisang dengan sedikit minyak goreng. Minyak akan mencegah kue lengket pada daun pisang saat dikukus. Selain itu, minyak juga akan membuat kue menjadi lebih mengkilap dan menarik.

Tip 6: Kukus dengan Api Sedang

Kukus kue pisang bungkus daun dengan api sedang. Api yang terlalu besar dapat membuat kue menjadi gosong, sedangkan api yang terlalu kecil dapat membuat kue menjadi kurang matang. Api sedang akan menghasilkan kue yang matang sempurna dan tidak gosong.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat kue pisang bungkus daun yang lembut, legit, dan beraroma harum. Kue ini dapat disajikan sebagai camilan atau makanan penutup yang nikmat.

Selamat mencoba!

Kesimpulan

Kue pisang bungkus daun merupakan kuliner tradisional Indonesia yang memiliki banyak keunikan dan manfaat. Kue ini terbuat dari pisang yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Kue pisang bungkus daun memiliki rasa yang manis dan legit, serta aroma yang harum. Selain itu, kue ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, pencernaan, dan daya tahan tubuh.

Keberadaan kue pisang bungkus daun tidak hanya sebatas makanan, tetapi juga memiliki nilai budaya dan sosial. Kue ini sering disajikan pada acara-acara khusus, seperti hajatan atau perayaan hari raya. Kue pisang bungkus daun juga menjadi salah satu oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai bagian dari kekayaan kuliner Indonesia, kue pisang bungkus daun patut untuk dilestarikan dan dikembangkan. Kita dapat terus berinovasi dengan menciptakan variasi baru dari kue pisang bungkus daun, baik dari segi isian, topping, maupun penyajiannya. Dengan demikian, kue pisang bungkus daun akan terus menjadi kuliner yang digemari oleh masyarakat Indonesia dan dunia.

Youtube Video:



About administrator