Cara Bikin Pisang Goreng Frozen, Dijamin Renyah dan Nagih!


Cara Bikin Pisang Goreng Frozen, Dijamin Renyah dan Nagih!

Pisang goreng merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang digemari banyak orang. Pisang goreng frozen merupakan inovasi dari pisang goreng biasa, di mana pisang goreng dibuat dalam bentuk frozen sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama dan dapat digoreng sewaktu-waktu.

Cara membuat pisang goreng frozen sangat mudah. Pertama, siapkan pisang yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Kedua, celupkan pisang ke dalam adonan tepung terigu yang sudah diberi sedikit air dan garam. Ketiga, goreng pisang hingga berwarna kuning keemasan. Keempat, angkat pisang dan tiriskan. Kelima, susun pisang goreng dalam wadah tertutup dan simpan dalam freezer.

Pisang goreng frozen memiliki banyak manfaat. Pertama, pisang goreng frozen dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pisang goreng biasa. Kedua, pisang goreng frozen dapat digoreng sewaktu-waktu tanpa harus repot membuat adonan. Ketiga, pisang goreng frozen dapat menjadi alternatif cemilan sehat yang mengenyangkan.

Cara Membuat Pisang Goreng Frozen

Pisang goreng merupakan makanan khas Indonesia yang disukai banyak orang. Pisang goreng dapat dibuat dengan mudah dan bahan-bahan yang sederhana. Berikut adalah 10 cara membuat pisang goreng frozen:

  • Pilih pisang yang sudah matang
  • Kupas pisang dan potong-potong sesuai selera
  • Buat adonan dari tepung terigu, gula, dan garam
  • Celupkan pisang ke dalam adonan
  • Goreng pisang dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan
  • Angkat pisang dan tiriskan
  • Masukkan pisang goreng ke dalam wadah tertutup
  • Simpan pisang goreng dalam freezer
  • Keluarkan pisang goreng dari freezer saat ingin disajikan
  • Goreng kembali pisang goreng hingga matang

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat pisang goreng frozen yang enak dan tahan lama. Pisang goreng frozen dapat menjadi alternatif cemilan sehat yang mengenyangkan.

Pilih Pisang yang Sudah Matang


Pilih Pisang Yang Sudah Matang, Resep7-10k

Dalam membuat pisang goreng frozen, memilih pisang yang sudah matang sangat penting. Pisang yang sudah matang memiliki tekstur yang lebih lembut dan manis, sehingga akan menghasilkan pisang goreng frozen yang lebih enak. Selain itu, pisang yang sudah matang juga lebih mudah untuk dikupas dan dipotong.

Jika Anda menggunakan pisang yang belum matang, pisang goreng frozen yang dihasilkan akan keras dan kurang manis. Selain itu, pisang yang belum matang juga lebih sulit untuk dikupas dan dipotong, sehingga proses pembuatan pisang goreng frozen menjadi lebih lama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih pisang yang sudah matang saat membuat pisang goreng frozen. Dengan memilih pisang yang sudah matang, Anda dapat menghasilkan pisang goreng frozen yang enak dan mudah dibuat.

Kupas Pisang dan Potong-potong Sesuai Selera


Kupas Pisang Dan Potong-potong Sesuai Selera, Resep7-10k

Mengupas pisang dan memotong-motongnya sesuai selera merupakan langkah penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Langkah ini menentukan bentuk dan ukuran pisang goreng yang akan dihasilkan. Selain itu, mengupas pisang juga berfungsi untuk menghilangkan kulit pisang yang dapat membuat pisang goreng menjadi pahit.

Pisang dapat dipotong dengan berbagai bentuk dan ukuran, sesuai dengan selera masing-masing. Beberapa orang lebih suka memotong pisang menjadi potongan kecil-kecil, sementara yang lain lebih suka memotong pisang menjadi potongan yang lebih besar. Bentuk dan ukuran pisang goreng juga dapat disesuaikan dengan jenis pisang yang digunakan. Pisang kepok, misalnya, lebih cocok dipotong menjadi potongan yang lebih kecil, sementara pisang ambon lebih cocok dipotong menjadi potongan yang lebih besar.

Selain bentuk dan ukuran, mengupas pisang dan memotong-motongnya sesuai selera juga dapat mempengaruhi tekstur pisang goreng. Pisang goreng yang dipotong tipis akan menghasilkan tekstur yang lebih renyah, sementara pisang goreng yang dipotong tebal akan menghasilkan tekstur yang lebih lembut.

Dengan demikian, mengupas pisang dan memotong-motongnya sesuai selera merupakan langkah penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Langkah ini menentukan bentuk, ukuran, dan tekstur pisang goreng yang akan dihasilkan.

Buat Adonan dari Tepung Terigu, Gula, dan Garam


Buat Adonan Dari Tepung Terigu, Gula, Dan Garam, Resep7-10k

Pembuatan adonan dari tepung terigu, gula, dan garam merupakan salah satu langkah penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Adonan ini berfungsi sebagai lapisan yang akan melindungi pisang saat digoreng, sehingga pisang tidak menjadi gosong dan tetap lembut. Selain itu, adonan juga memberikan rasa yang gurih dan renyah pada pisang goreng.

Untuk membuat adonan pisang goreng frozen, tepung terigu, gula, dan garam dicampur dengan air hingga membentuk adonan yang kental. Adonan ini kemudian digunakan untuk melapisi pisang yang sudah dipotong-potong. Setelah dilapisi adonan, pisang goreng kemudian digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.

Pembuatan adonan yang tepat sangat penting untuk menghasilkan pisang goreng frozen yang enak dan berkualitas. Adonan yang terlalu encer akan membuat pisang goreng menjadi lembek, sementara adonan yang terlalu kental akan membuat pisang goreng menjadi keras. Oleh karena itu, perlu diperhatikan perbandingan tepung terigu, gula, garam, dan air saat membuat adonan.

Dengan demikian, pembuatan adonan dari tepung terigu, gula, dan garam merupakan langkah penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Adonan ini berfungsi sebagai lapisan pelindung dan penambah rasa pada pisang goreng. Pembuatan adonan yang tepat akan menghasilkan pisang goreng frozen yang enak dan berkualitas.

Celupkan pisang ke dalam adonan


Celupkan Pisang Ke Dalam Adonan, Resep7-10k

Mencelupkan pisang ke dalam adonan merupakan salah satu langkah penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Adonan berfungsi sebagai lapisan pelindung pisang saat digoreng, sehingga pisang tidak menjadi gosong dan tetap lembut. Selain itu, adonan juga memberikan rasa gurih dan renyah pada pisang goreng.

  • Pelindung pisang

    Adonan melindungi pisang dari panas minyak saat digoreng. Lapisan adonan ini mencegah pisang menjadi gosong dan tetap lembut di bagian dalamnya.

  • Penambah rasa

    Adonan memberikan rasa gurih dan renyah pada pisang goreng. Rasa gurih berasal dari garam yang ditambahkan ke dalam adonan, sedangkan rasa renyah berasal dari tepung terigu yang digoreng.

  • Pengikat tepung roti

    Jika diinginkan, pisang goreng yang sudah dicelupkan ke dalam adonan dapat dibalur dengan tepung roti. Tepung roti akan menempel pada adonan dan memberikan tekstur yang lebih renyah pada pisang goreng.

  • Penentu warna

    Warna pisang goreng ditentukan oleh warna adonan. Adonan yang berwarna putih akan menghasilkan pisang goreng yang berwarna kuning pucat, sedangkan adonan yang berwarna kuning akan menghasilkan pisang goreng yang berwarna kuning keemasan.

Dengan demikian, mencelupkan pisang ke dalam adonan sangat penting untuk menghasilkan pisang goreng frozen yang enak dan berkualitas. Adonan berfungsi sebagai pelindung, penambah rasa, pengikat tepung roti, dan penentu warna pisang goreng.

Goreng pisang dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan


Goreng Pisang Dalam Minyak Panas Hingga Berwarna Kuning Keemasan, Resep7-10k

Menggoreng pisang dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan merupakan salah satu langkah terpenting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Langkah ini menentukan tekstur, rasa, dan warna pisang goreng yang dihasilkan.

Pisang yang digoreng dengan benar akan memiliki tekstur yang renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Warna kuning keemasan menunjukkan bahwa pisang telah matang sempurna dan memiliki rasa yang manis. Selain itu, menggoreng pisang hingga berwarna kuning keemasan juga dapat menghilangkan kadar air pada pisang, sehingga pisang goreng frozen yang dihasilkan tidak mudah basi.

Jika pisang tidak digoreng hingga berwarna kuning keemasan, pisang goreng frozen yang dihasilkan akan memiliki tekstur yang lembek dan rasa yang kurang manis. Selain itu, pisang goreng frozen yang tidak digoreng dengan benar juga lebih mudah basi.

Oleh karena itu, menggoreng pisang dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan merupakan langkah yang sangat penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Langkah ini menentukan kualitas pisang goreng frozen yang dihasilkan.

Angkat pisang dan tiriskan


Angkat Pisang Dan Tiriskan, Resep7-10k

Langkah “angkat pisang dan tiriskan” merupakan komponen penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Setelah pisang digoreng hingga berwarna kuning keemasan, pisang harus segera diangkat dari minyak dan ditiriskan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih pada pisang, sehingga pisang goreng frozen yang dihasilkan tidak lembek dan berminyak.

Jika pisang tidak ditiriskan dengan benar, minyak berlebih akan meresap ke dalam pisang dan membuat pisang goreng frozen menjadi lembek. Selain itu, minyak berlebih juga dapat membuat pisang goreng frozen lebih cepat basi.

Oleh karena itu, langkah “angkat pisang dan tiriskan” sangat penting untuk menghasilkan pisang goreng frozen yang berkualitas dan tahan lama. Pisang goreng frozen yang ditiriskan dengan benar akan memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta tidak mudah basi.

Masukkan Pisang Goreng ke Dalam Wadah Tertutup


Masukkan Pisang Goreng Ke Dalam Wadah Tertutup, Resep7-10k

Langkah “masukkan pisang goreng ke dalam wadah tertutup” merupakan komponen penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Setelah ditiriskan, pisang goreng harus segera dimasukkan ke dalam wadah tertutup untuk menjaga kualitas dan kesegarannya. Wadah tertutup akan mencegah udara masuk dan membuat pisang goreng menjadi lembek. Selain itu, wadah tertutup juga dapat mencegah pisang goreng menyerap bau dari lingkungan sekitar.

Pisang goreng yang disimpan dalam wadah tertutup dapat bertahan hingga beberapa minggu di dalam freezer. Hal ini sangat praktis karena Anda dapat menggoreng pisang goreng dalam jumlah banyak dan menyimpannya untuk dikonsumsi nanti. Saat ingin disajikan, Anda tinggal mengeluarkan pisang goreng dari freezer dan menggorengnya kembali hingga panas.

Dengan demikian, langkah “masukkan pisang goreng ke dalam wadah tertutup” sangat penting untuk menghasilkan pisang goreng frozen yang berkualitas dan tahan lama. Pisang goreng frozen yang disimpan dalam wadah tertutup dapat menjadi cemilan praktis dan lezat yang dapat dinikmati kapan saja.

Simpan pisang goreng dalam freezer


Simpan Pisang Goreng Dalam Freezer, Resep7-10k

Langkah “simpan pisang goreng dalam freezer” merupakan komponen penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Pisang goreng yang telah ditiriskan harus segera dimasukkan ke dalam freezer untuk menjaga kualitas dan kesegarannya. Freezer akan membuat pisang goreng membeku dan dapat bertahan hingga beberapa minggu.

Membekukan pisang goreng memiliki beberapa manfaat. Pertama, pisang goreng frozen dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pisang goreng biasa. Kedua, pisang goreng frozen dapat digoreng sewaktu-waktu tanpa harus repot membuat adonan dan menggorengnya dari awal. Ketiga, pisang goreng frozen dapat menjadi alternatif cemilan sehat yang mengenyangkan.

Dengan demikian, langkah “simpan pisang goreng dalam freezer” sangat penting untuk membuat pisang goreng frozen yang berkualitas dan tahan lama. Pisang goreng frozen dapat menjadi solusi praktis bagi Anda yang ingin menikmati pisang goreng kapan saja tanpa harus repot membuatnya dari awal.

Keluarkan Pisang Goreng dari Freezer Saat Ingin Disajikan


Keluarkan Pisang Goreng Dari Freezer Saat Ingin Disajikan, Resep7-10k

Langkah “keluarkan pisang goreng dari freezer saat ingin disajikan” merupakan komponen penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Pisang goreng frozen yang disimpan dalam freezer harus dikeluarkan dan dipanaskan kembali sebelum disajikan. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan tekstur dan rasa pisang goreng yang renyah dan lezat.

Jika pisang goreng frozen tidak dikeluarkan dari freezer sebelum disajikan, pisang goreng akan tetap dalam keadaan beku dan keras. Selain itu, pisang goreng juga akan kehilangan tekstur renyahnya dan menjadi lembek. Oleh karena itu, penting untuk mengeluarkan pisang goreng dari freezer beberapa saat sebelum disajikan agar pisang goreng dapat melunak dan kembali renyah saat dipanaskan.

Proses memanaskan pisang goreng frozen dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggorengnya kembali, memasukkannya ke dalam oven, atau memanaskannya di dalam microwave. Namun, cara terbaik untuk memanaskan pisang goreng frozen adalah dengan menggorengnya kembali. Dengan menggorengnya kembali, pisang goreng akan menjadi lebih renyah dan memiliki rasa yang lebih nikmat.

Dengan demikian, langkah “keluarkan pisang goreng dari freezer saat ingin disajikan” sangat penting untuk menghasilkan pisang goreng frozen yang berkualitas dan lezat. Pisang goreng frozen yang dikeluarkan dari freezer sebelum disajikan akan memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang nikmat, sehingga dapat menjadi cemilan atau makanan penutup yang menggugah selera.

Goreng kembali pisang goreng hingga matang


Goreng Kembali Pisang Goreng Hingga Matang, Resep7-10k

Langkah “goreng kembali pisang goreng hingga matang” merupakan komponen penting dalam cara membuat pisang goreng frozen. Pisang goreng yang telah dikeluarkan dari freezer harus digoreng kembali hingga matang untuk mengembalikan tekstur dan rasanya yang renyah dan lezat.

Proses menggoreng kembali pisang goreng frozen sangat mudah. Pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Kedua, masukkan pisang goreng frozen ke dalam minyak panas. Ketiga, goreng pisang goreng hingga berwarna kuning keemasan dan matang. Keempat, angkat pisang goreng dan tiriskan.

Menggoreng kembali pisang goreng frozen hingga matang memiliki beberapa manfaat. Pertama, pisang goreng akan menjadi lebih renyah dan memiliki rasa yang lebih nikmat. Kedua, menggoreng kembali pisang goreng dapat menghilangkan bakteri atau kuman yang mungkin menempel selama proses penyimpanan di dalam freezer. Ketiga, pisang goreng yang digoreng kembali akan lebih mudah dicerna dan tidak menyebabkan masalah pencernaan.

Oleh karena itu, langkah “goreng kembali pisang goreng hingga matang” sangat penting untuk menghasilkan pisang goreng frozen yang berkualitas dan lezat. Pisang goreng frozen yang digoreng kembali hingga matang akan memiliki tekstur yang renyah, rasa yang nikmat, dan aman untuk dikonsumsi.

Pertanyaan Umum tentang Cara Membuat Pisang Goreng Frozen

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai cara membuat pisang goreng frozen beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pisang goreng frozen?

Jawaban: Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pisang goreng frozen antara lain pisang, tepung terigu, gula, garam, dan minyak goreng.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara memilih pisang yang tepat untuk membuat pisang goreng frozen?

Jawaban: Untuk membuat pisang goreng frozen, pilihlah pisang yang sudah matang dan memiliki kulit berwarna kuning cerah. Hindari memilih pisang yang masih mentah atau sudah terlalu matang.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara membuat adonan tepung untuk pisang goreng frozen?

Jawaban: Untuk membuat adonan tepung, campur tepung terigu, gula, dan garam dalam sebuah wadah. Tambahkan air secukupnya hingga adonan menjadi kental dan tidak terlalu cair.

Pertanyaan 4: Berapa lama pisang goreng frozen dapat disimpan di dalam freezer?

Jawaban: Pisang goreng frozen dapat disimpan di dalam freezer hingga 2 bulan. Pastikan pisang goreng disimpan dalam wadah tertutup yang kedap udara untuk menjaga kualitasnya.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menggoreng kembali pisang goreng frozen?

Jawaban: Sebelum digoreng kembali, keluarkan pisang goreng frozen dari freezer dan diamkan selama beberapa menit hingga tidak terlalu beku. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu masukkan pisang goreng frozen dan goreng hingga berwarna kuning keemasan.

Pertanyaan 6: Apa saja tips untuk membuat pisang goreng frozen yang renyah dan lezat?

Jawaban: Untuk membuat pisang goreng frozen yang renyah dan lezat, gunakan pisang yang sudah matang, buat adonan tepung yang tidak terlalu kental, dan goreng pisang goreng hingga berwarna kuning keemasan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat pisang goreng frozen yang enak dan tahan lama. Selamat mencoba!

Tips Membuat Pisang Goreng Frozen

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat pisang goreng frozen yang renyah dan lezat:

Tip 1: Pilih Pisang yang Matang

Gunakan pisang yang sudah matang dan memiliki kulit berwarna kuning cerah. Pisang yang matang akan menghasilkan pisang goreng frozen yang lebih manis dan bertekstur lembut.

Tip 2: Buat Adonan Tepung yang Tidak Terlalu Kental

Adonan tepung yang terlalu kental akan membuat pisang goreng frozen menjadi keras. Buatlah adonan tepung yang sedang, tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair.

Tip 3: Goreng Pisang Goreng hingga Berwarna Kuning Keemasan

Goreng pisang goreng frozen hingga berwarna kuning keemasan. Pisang goreng yang berwarna kuning keemasan menandakan bahwa pisang sudah matang sempurna dan memiliki tekstur yang renyah.

Tip 4: Tiriskan Pisang Goreng dengan Benar

Setelah digoreng, tiriskan pisang goreng dengan benar untuk menghilangkan minyak berlebih. Pisang goreng yang tidak ditiriskan dengan benar akan menjadi lembek dan berminyak.

Tip 5: Simpan Pisang Goreng Frozen dalam Wadah Tertutup

Simpan pisang goreng frozen dalam wadah tertutup yang kedap udara. Hal ini akan mencegah pisang goreng frozen menyerap bau dari lingkungan sekitar dan membuatnya tetap renyah.

Tip 6: Keluarkan Pisang Goreng Frozen dari Freezer Sebelum Digoreng

Sebelum digoreng kembali, keluarkan pisang goreng frozen dari freezer dan diamkan selama beberapa menit hingga tidak terlalu beku. Hal ini akan membantu pisang goreng menjadi lebih renyah saat digoreng kembali.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat pisang goreng frozen yang renyah, lezat, dan tahan lama. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Pisang goreng frozen merupakan salah satu inovasi dalam kuliner Indonesia yang menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam menikmati camilan tradisional. Dengan memahami cara membuat pisang goreng frozen yang tepat, masyarakat dapat menikmati kelezatan pisang goreng kapan saja tanpa harus repot membuatnya dari awal.

Proses pembuatan pisang goreng frozen meliputi beberapa langkah penting, mulai dari pemilihan pisang yang matang, pembuatan adonan tepung, penggorengan, penirisan, penyimpanan dalam freezer, hingga penggorengan kembali saat hendak disajikan. Pada setiap langkah, terdapat tips dan trik yang dapat diikuti untuk menghasilkan pisang goreng frozen yang berkualitas, renyah, dan lezat.

Youtube Video:



About administrator