Rahasia Membuat Jajanan SD dari Tepung Terigu: Tips dan Resep Terlengkap


Rahasia Membuat Jajanan SD dari Tepung Terigu: Tips dan Resep Terlengkap


Cara Membuat Jajanan SD dari Tepung Terigu adalah proses mengolah tepung terigu menjadi berbagai jenis makanan ringan atau jajanan yang biasa dijual di sekolah dasar (SD) di Indonesia. Jajanan ini biasanya dibuat dengan cara digoreng, dikukus, atau dipanggang, dan memiliki cita rasa yang gurih, manis, atau asin.

Ada banyak jenis jajanan SD yang bisa dibuat dari tepung terigu, antara lain:

Bakwan Cakwe Pastel Lumpia Risoles

Jajanan SD dari tepung terigu memiliki beberapa manfaat, antara lain:

Sebagai sumber energi karena mengandung karbohidrat dari tepung terigu. Sebagai sumber protein jika ditambahkan bahan seperti telur atau daging. Sebagai sumber serat jika ditambahkan bahan seperti sayuran.

Selain itu, jajanan SD dari tepung terigu juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena bahan-bahannya mudah didapat dan harganya terjangkau. Hal ini membuat jajanan ini menjadi pilihan yang tepat untuk bekal anak-anak sekolah atau sebagai camilan di waktu senggang.

Cara Membuat Jajanan SD dari Tepung Terigu

Membuat jajanan SD dari tepung terigu merupakan keterampilan penting bagi banyak orang Indonesia, khususnya ibu rumah tangga dan pedagang makanan. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu diperhatikan:

  • Bahan: Tepung terigu, air, garam, minyak goreng
  • Alat: Wajan, spatula, kompor
  • Teknik: Mengaduk, menggoreng, membentuk
  • Jenis jajanan: Bakwan, cireng, pastel, risoles
  • Cita rasa: Gurih, manis, asin
  • Tekstur: Renyah, kenyal, lembut
  • Nilai gizi: Sumber karbohidrat, protein, serat
  • Nilai ekonomi: Bahan mudah didapat, harga terjangkau
  • Nilai budaya: Bagian dari jajanan tradisional Indonesia
  • Nilai sosial: Sarana penghasilan bagi pedagang

Semua aspek ini saling terkait dan berkontribusi pada keberhasilan membuat jajanan SD dari tepung terigu. Misalnya, bahan yang berkualitas akan menghasilkan jajanan yang lezat dan bergizi. Teknik yang tepat akan menghasilkan jajanan yang matang sempurna dan memiliki tekstur yang diinginkan. Jenis jajanan yang beragam akan menarik minat pembeli dan meningkatkan nilai ekonomi. Demikian pula, nilai budaya dan sosial menjadikan jajanan SD dari tepung terigu lebih dari sekadar makanan, tetapi juga bagian dari tradisi dan kehidupan masyarakat Indonesia.

Bahan


Bahan, Resep8-10k

Bahan-bahan ini merupakan komponen dasar dalam pembuatan jajanan SD dari tepung terigu. Tepung terigu berfungsi sebagai bahan utama yang memberikan struktur dan tekstur pada jajanan. Air digunakan untuk mengaduk tepung terigu dan membentuk adonan. Garam memberikan rasa gurih dan meningkatkan cita rasa jajanan. Minyak goreng digunakan untuk menggoreng jajanan hingga matang dan renyah.

  • Tepung terigu: Tepung terigu yang digunakan sebaiknya berkualitas baik, memiliki kandungan protein yang cukup, dan tidak berbau apek. Jenis tepung terigu yang cocok untuk membuat jajanan SD adalah tepung terigu protein sedang.
  • Air: Air yang digunakan harus bersih dan tidak berbau. Jumlah air yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis jajanan yang dibuat. Misalnya, untuk membuat bakwan, dibutuhkan lebih banyak air dibandingkan untuk membuat cireng.
  • Garam: Garam yang digunakan sebaiknya garam halus. Jumlah garam yang ditambahkan harus disesuaikan dengan selera. Garam berfungsi untuk memberikan rasa gurih dan meningkatkan cita rasa jajanan.
  • Minyak goreng: Minyak goreng yang digunakan harus berkualitas baik dan tidak berbau tengik. Minyak goreng berfungsi untuk menggoreng jajanan hingga matang dan renyah. Jenis minyak goreng yang biasa digunakan adalah minyak goreng kelapa sawit.

Dengan memahami peran dan fungsi masing-masing bahan ini, kita dapat membuat jajanan SD dari tepung terigu yang lezat dan bergizi. Bahan-bahan ini mudah didapat dan harganya terjangkau, sehingga jajanan SD dari tepung terigu dapat menjadi pilihan camilan yang sehat dan ekonomis.

Alat


Alat, Resep8-10k

Dalam membuat jajanan SD dari tepung terigu, alat-alat yang digunakan memiliki peran penting untuk menghasilkan jajanan yang lezat dan matang sempurna. Berikut adalah penjelasan mengenai hubungan antara alat-alat tersebut dengan cara membuat jajanan SD dari tepung terigu:

  • Wajan: Wajan adalah alat masak yang digunakan untuk menggoreng jajanan. Wajan yang digunakan sebaiknya berukuran sedang dan memiliki permukaan yang anti lengket. Hal ini bertujuan agar jajanan tidak gosong dan mudah dibalik.
  • Spatula: Spatula adalah alat masak yang digunakan untuk membalik dan mengangkat jajanan saat digoreng. Spatula yang digunakan sebaiknya terbuat dari bahan yang tahan panas dan tidak mudah patah. Hal ini bertujuan agar jajanan tidak hancur saat dibalik.
  • Kompor: Kompor adalah alat masak yang digunakan untuk memanaskan wajan dan menggoreng jajanan. Kompor yang digunakan sebaiknya memiliki api yang stabil dan mudah diatur. Hal ini bertujuan agar jajanan matang secara merata dan tidak gosong.

Ketiga alat tersebut saling berkaitan dan memiliki peran penting dalam proses pembuatan jajanan SD dari tepung terigu. Dengan menggunakan alat-alat yang tepat dan berkualitas baik, maka jajanan yang dihasilkan akan lebih lezat dan matang sempurna.

Teknik


Teknik, Resep8-10k

Teknik “mengaduk, menggoreng, membentuk” merupakan aspek penting dalam “cara membuat jajanan sd dari tepung terigu” karena menentukan tekstur, kematangan, dan cita rasa jajanan. Mengaduk adonan dengan benar akan menghasilkan adonan yang halus dan tercampur rata, sehingga jajanan yang dihasilkan akan memiliki tekstur yang lembut dan tidak bergerindil. Menggoreng dengan minyak panas dan teknik yang tepat akan membuat jajanan matang sempurna, renyah di luar, dan lembut di dalam. Membentuk jajanan dengan berbagai variasi, seperti bulat, lonjong, atau segitiga, tidak hanya menarik secara visual tetapi juga memberikan sensasi rasa yang berbeda.

Misalnya, dalam membuat bakwan, mengaduk adonan harus dilakukan hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Hal ini akan menghasilkan bakwan yang teksturnya lembut dan tidak keras. Menggoreng bakwan dengan minyak panas dan api sedang akan membuat bakwan matang sempurna dan renyah di luar. Membentuk bakwan dengan ukuran yang sama akan membuat bakwan matang secara merata.

Dengan demikian, teknik “mengaduk, menggoreng, membentuk” merupakan bagian penting dari “cara membuat jajanan sd dari tepung terigu” yang harus dikuasai untuk menghasilkan jajanan yang lezat dan berkualitas.

Jenis jajanan


Jenis Jajanan, Resep8-10k

Dalam “cara membuat jajanan sd dari tepung terigu”, jenis jajanan yang dihasilkan sangat beragam, meliputi bakwan, cireng, pastel, dan risoles. Keragaman jenis jajanan ini menawarkan cita rasa, tekstur, dan bentuk yang berbeda-beda, sehingga dapat memenuhi selera dan preferensi yang beragam.

  • Bakwan: Bakwan merupakan jajanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan sayuran seperti wortel, kol, dan tauge. Bakwan memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, dengan cita rasa gurih dan sedikit manis.
  • Cireng: Cireng merupakan jajanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan tapioka. Cireng memiliki tekstur yang kenyal dan sedikit alot, dengan cita rasa gurih dan pedas.
  • Pastel: Pastel merupakan jajanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dibentuk menyerupai pastel dan diisi dengan berbagai isian, seperti daging ayam, sayuran, atau telur. Pastel memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, dengan cita rasa gurih dan sedikit manis.
  • Risoles: Risoles merupakan jajanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dibentuk menyerupai amplop dan diisi dengan berbagai isian, seperti daging ayam, sayuran, atau keju. Risoles memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, dengan cita rasa gurih dan sedikit manis.

Keberagaman jenis jajanan ini memperkaya “cara membuat jajanan sd dari tepung terigu” dan memberikan pilihan yang luas bagi penikmatnya. Setiap jenis jajanan memiliki keunikannya masing-masing, sehingga dapat disesuaikan dengan selera dan preferensi yang berbeda-beda.

Cita rasa


Cita Rasa, Resep8-10k

Dalam “cara membuat jajanan sd dari tepung terigu”, cita rasa memegang peranan penting dalam menentukan kualitas dan daya tarik jajanan yang dihasilkan. Cita rasa yang seimbang antara gurih, manis, dan asin akan memberikan pengalaman bersantap yang menyenangkan dan memuaskan.

Cita rasa gurih pada jajanan sd dari tepung terigu umumnya diperoleh dari penggunaan bumbu-bumbu seperti garam, bawang putih, dan penyedap rasa. Cita rasa manis dapat ditambahkan dengan gula pasir atau kecap manis. Sedangkan cita rasa asin berasal dari penggunaan kecap asin atau saus tiram.

Kombinasi cita rasa gurih, manis, dan asin pada jajanan sd dari tepung terigu menciptakan harmoni rasa yang unik dan menggugah selera. Misalnya, pada jajanan pastel, isian daging ayam yang gurih dipadukan dengan manisnya wortel dan sedikit asin dari kecap asin, menghasilkan cita rasa yang kompleks dan lezat.

Mencapai keseimbangan cita rasa gurih, manis, dan asin dalam “cara membuat jajanan sd dari tepung terigu” memerlukan keterampilan dan pengalaman. Penyesuaian bumbu dan bahan-bahan perlu dilakukan secara bertahap hingga diperoleh cita rasa yang pas dan sesuai dengan selera.

Dengan menguasai teknik penyajian cita rasa yang seimbang, jajanan sd dari tepung terigu akan menjadi sajian yang menggugah selera dan digemari oleh semua kalangan.

Tekstur


Tekstur, Resep8-10k

Dalam “cara membuat jajanan sd dari tepung terigu”, tekstur memegang peranan penting dalam menentukan kualitas dan daya tarik jajanan yang dihasilkan. Tiga jenis tekstur utama yang sering ditemukan pada jajanan sd dari tepung terigu adalah renyah, kenyal, dan lembut.

  • Renyah

    Tekstur renyah pada jajanan sd dari tepung terigu umumnya diperoleh dari proses penggorengan. Ketika adonan tepung terigu digoreng dalam minyak panas, permukaannya akan menjadi kering dan renyah. Contoh jajanan sd dari tepung terigu yang bertekstur renyah antara lain bakwan, cireng, dan pastel.

  • Kenyal

    Tekstur kenyal pada jajanan sd dari tepung terigu biasanya dihasilkan dari penggunaan tepung tapioka atau tepung mocaf. Kedua jenis tepung ini memiliki sifat yang kenyal dan alot. Contoh jajanan sd dari tepung terigu yang bertekstur kenyal antara lain cireng dan cimol.

  • Lembut

    Tekstur lembut pada jajanan sd dari tepung terigu dapat diperoleh dari penggunaan tepung terigu dengan protein sedang dan proses pengukusan. Adonan tepung terigu yang dikukus akan menghasilkan tekstur yang lembut dan tidak alot. Contoh jajanan sd dari tepung terigu yang bertekstur lembut antara lain pastel dan risoles.

Ketiga jenis tekstur ini saling melengkapi dan memberikan variasi dalam “cara membuat jajanan sd dari tepung terigu”. Tekstur yang renyah, kenyal, dan lembut memberikan sensasi makan yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan selera dan preferensi masing-masing individu. Dengan menguasai teknik pembuatan tekstur yang tepat, jajanan sd dari tepung terigu akan menjadi sajian yang lezat dan menggugah selera.

Nilai Gizi


Nilai Gizi, Resep8-10k

Dalam “cara membuat jajanan SD dari tepung terigu”, nilai gizi merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan. Jajanan SD dari tepung terigu dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, dan serat yang baik bagi tubuh.

  • Karbohidrat

    Tepung terigu merupakan sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Jajanan SD dari tepung terigu dapat menjadi sumber karbohidrat yang mengenyangkan dan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas.

  • Protein

    Selain tepung terigu, jajanan SD juga dapat diperkaya dengan sumber protein, seperti telur, daging, atau ikan. Protein berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

  • Serat

    Jika ditambahkan bahan-bahan seperti sayuran atau buah-buahan, jajanan SD dari tepung terigu dapat menjadi sumber serat yang baik. Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Dengan memperhatikan nilai gizi dalam “cara membuat jajanan SD dari tepung terigu”, jajanan SD tidak hanya menjadi makanan ringan yang lezat, tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Nilai ekonomi


Nilai Ekonomi, Resep8-10k

Dalam konteks “cara membuat jajanan SD dari tepung terigu”, nilai ekonomi merupakan aspek penting yang perlu dipertimbangkan. Bahan-bahan yang mudah didapat dan harga yang terjangkau menjadi faktor penentu dalam menjadikan jajanan SD dari tepung terigu sebagai pilihan makanan ringan yang ekonomis.

  • Mudah didapat

    Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jajanan SD dari tepung terigu, seperti tepung terigu, air, garam, dan minyak goreng, umumnya mudah ditemukan di pasaran tradisional maupun modern. Ketersediaan bahan-bahan ini memudahkan masyarakat untuk membuat jajanan SD sendiri di rumah.

  • Harga terjangkau

    Harga bahan-bahan untuk membuat jajanan SD dari tepung terigu relatif terjangkau. Hal ini memungkinkan masyarakat dari berbagai kalangan ekonomi untuk menikmati jajanan SD sebagai makanan ringan yang tidak menguras kantong.

Nilai ekonomi yang tinggi dari jajanan SD dari tepung terigu memberikan manfaat bagi berbagai pihak. Bagi produsen, bahan-bahan yang mudah didapat dan harga yang terjangkau memungkinkan mereka untuk memproduksi jajanan SD dengan biaya yang efisien. Bagi konsumen, harga jajanan SD yang terjangkau membuat mereka dapat menikmati jajanan ini sebagai makanan ringan yang hemat dan mengenyangkan.

Nilai budaya


Nilai Budaya, Resep8-10k

Dalam konteks “cara membuat jajanan SD dari tepung terigu”, nilai budaya menjadi aspek penting yang tidak dapat dipisahkan. Jajanan SD dari tepung terigu merupakan bagian dari jajanan tradisional Indonesia yang telah diwariskan secara turun-temurun dan memiliki nilai budaya yang kuat.

Nilai budaya jajanan SD dari tepung terigu terletak pada beberapa hal. Pertama, jajanan ini menjadi bagian dari identitas kuliner Indonesia. Berbagai jenis jajanan SD dari tepung terigu, seperti bakwan, cireng, pastel, dan risoles, telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan menjadi bagian dari kekayaan kuliner nusantara.

Kedua, jajanan SD dari tepung terigu memiliki peran penting dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Jajanan ini sering disajikan pada acara-acara tradisional, seperti hajatan, kenduri, atau perayaan hari besar. Kehadiran jajanan SD dari tepung terigu dalam acara-acara tersebut memperkuat ikatan sosial dan kekeluargaan.

Memahami nilai budaya jajanan SD dari tepung terigu sangat penting dalam melestarikan tradisi kuliner Indonesia. Dengan menjaga kelestarian jajanan ini, kita tidak hanya mempertahankan identitas kuliner bangsa, tetapi juga memperkuat nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya.

Nilai sosial


Nilai Sosial, Resep8-10k

Dalam konteks “cara membuat jajanan SD dari tepung terigu”, nilai sosial menjadi aspek penting yang tidak dapat dipisahkan. Jajanan SD dari tepung terigu menjadi sarana penghasilan yang cukup menjanjikan bagi banyak pedagang, terutama di lingkungan sekolah dasar.

  • Menambah penghasilan keluarga

    Banyak pedagang jajanan SD dari tepung terigu menjadikan kegiatan ini sebagai sumber penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Penghasilan yang diperoleh dari penjualan jajanan ini dapat digunakan untuk biaya pendidikan anak, kebutuhan sehari-hari, atau bahkan sebagai modal usaha lainnya.

  • Menciptakan lapangan kerja

    Bisnis jajanan SD dari tepung terigu juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Para pedagang dapat mempekerjakan karyawan untuk membantu mereka dalam proses produksi dan penjualan, sehingga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh penghasilan.

  • Memperkuat ekonomi lokal

    Keberadaan pedagang jajanan SD dari tepung terigu berkontribusi pada penguatan ekonomi lokal. Uang yang beredar di lingkungan sekolah dasar akan kembali lagi ke masyarakat sekitar dalam bentuk pembelian bahan-bahan baku dan biaya produksi lainnya, sehingga menciptakan siklus ekonomi yang positif.

Dengan demikian, “cara membuat jajanan SD dari tepung terigu” tidak hanya memiliki nilai kuliner dan budaya, tetapi juga memiliki nilai sosial yang penting. Jajanan SD dari tepung terigu menjadi sarana penghasilan bagi banyak pedagang, sekaligus berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan penguatan ekonomi lokal.

Pertanyaan Umum tentang “Cara Membuat Jajanan SD dari Tepung Terigu”

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait “cara membuat jajanan SD dari tepung terigu”, beserta jawabannya. Pertanyaan-pertanyaan ini mengulas aspek-aspek penting, mulai dari bahan yang digunakan hingga nilai sosial jajanan SD dari tepung terigu.

Pertanyaan 1: Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat jajanan SD dari tepung terigu?

Jawaban: Bahan-bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat jajanan SD dari tepung terigu adalah tepung terigu, air, garam, dan minyak goreng. Selain itu, dapat ditambahkan bahan-bahan tambahan seperti sayuran, daging, atau telur, tergantung jenis jajanan yang ingin dibuat.

Pertanyaan 2: Apa saja jenis jajanan SD dari tepung terigu yang populer?

Jawaban: Beberapa jenis jajanan SD dari tepung terigu yang populer di Indonesia antara lain bakwan, cireng, pastel, dan risoles. Setiap jenis jajanan memiliki cita rasa, tekstur, dan bentuk yang khas.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara membuat jajanan SD dari tepung terigu yang renyah?

Jawaban: Untuk membuat jajanan SD dari tepung terigu yang renyah, pastikan untuk menggorengnya dalam minyak panas yang cukup. Selain itu, gunakan tepung terigu dengan kadar protein yang sedang dan jangan terlalu banyak menambahkan air ke dalam adonan.

Pertanyaan 4: Mengapa jajanan SD dari tepung terigu memiliki nilai sosial yang tinggi?

Jawaban: Jajanan SD dari tepung terigu memiliki nilai sosial yang tinggi karena menjadi sarana penghasilan bagi banyak pedagang. Selain itu, jajanan ini juga sering disajikan pada acara-acara sosial, sehingga memperkuat ikatan antar masyarakat.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menyimpan jajanan SD dari tepung terigu agar tetap renyah?

Jawaban: Untuk menyimpan jajanan SD dari tepung terigu agar tetap renyah, simpanlah dalam wadah kedap udara dan letakkan di tempat yang sejuk dan kering. Hindari menyimpan jajanan di lemari es karena dapat membuatnya menjadi lembek.

Pertanyaan 6: Berapa harga jajanan SD dari tepung terigu di pasaran?

Jawaban: Harga jajanan SD dari tepung terigu di pasaran bervariasi tergantung jenis jajanan dan daerah. Namun, umumnya jajanan ini dijual dengan harga yang terjangkau dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum tentang “cara membuat jajanan SD dari tepung terigu”. Dengan memahami aspek-aspek yang dibahas dalam FAQ ini, Anda dapat membuat jajanan SD dari tepung terigu yang lezat dan memiliki nilai sosial yang tinggi.

Silakan lanjutkan membaca untuk artikel selanjutnya tentang “cara membuat jajanan SD dari tepung terigu”.

Tips Membuat Jajanan SD dari Tepung Terigu

Untuk menghasilkan jajanan SD dari tepung terigu yang lezat dan berkualitas, terdapat beberapa tips penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah lima tips yang dapat membantu Anda membuat jajanan SD yang sempurna:

Tip 1: Gunakan bahan-bahan berkualitas baik
Kualitas bahan-bahan yang digunakan sangat berpengaruh pada cita rasa dan tekstur jajanan SD. Pastikan untuk menggunakan tepung terigu dengan protein sedang, air bersih, garam beryodium, dan minyak goreng yang masih fresh.

Tip 2: Perhatikan komposisi adonan
Komposisi adonan harus seimbang agar menghasilkan jajanan SD yang renyah di luar dan lembut di dalam. Gunakan perbandingan tepung terigu dan air sesuai dengan jenis jajanan yang dibuat. Untuk jajanan yang renyah, gunakan lebih sedikit air. Sebaliknya, untuk jajanan yang lebih lembut, tambahkan air secukupnya.

Tip 3: Goreng dengan minyak panas
Menggoreng jajanan SD harus menggunakan minyak panas yang cukup. Hal ini akan membuat jajanan cepat matang dan renyah. Jangan gunakan api terlalu besar karena dapat membuat jajanan gosong sebelum matang sempurna.

Tip 4: Tiriskan minyak dengan baik
Setelah digoreng, tiriskan jajanan SD dengan baik menggunakan kertas penyerap minyak. Hal ini akan menghilangkan minyak berlebih sehingga jajanan tidak menjadi lembek dan berminyak.

Tip 5: Sajikan segera
Jajanan SD dari tepung terigu paling nikmat disajikan selagi hangat. Sajikan dengan saus atau sambal sesuai selera untuk menambah cita rasa.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat membuat jajanan SD dari tepung terigu yang lezat, renyah, dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Membuat jajanan SD dari tepung terigu merupakan keterampilan yang penting untuk dimiliki, karena jajanan ini tidak hanya lezat dan bergizi, tetapi juga memiliki nilai ekonomi dan sosial yang tinggi. Dengan menerapkan teknik dan tips yang tepat, kita dapat menghasilkan jajanan SD yang berkualitas dan disukai oleh banyak orang.

Jajanan SD dari tepung terigu merupakan bagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang patut dilestarikan. Dengan terus melestarikan jajanan ini, kita tidak hanya mempertahankan identitas kuliner bangsa, tetapi juga memperkuat nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Selain itu, jajanan SD dari tepung terigu juga dapat menjadi sarana pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat, sekaligus berkontribusi pada penguatan ekonomi lokal.

Youtube Video:



About administrator