Rahasia Membuat Bistik Ayam Bulat yang Super Empuk dan Renyah


Rahasia Membuat Bistik Ayam Bulat yang Super Empuk dan Renyah

Cara Membuat Bistik Ayam Bulat adalah teknik memasak ayam yang populer di Indonesia. Bistik ayam bulat dibuat dari daging ayam yang dihaluskan, dibentuk menjadi bola-bola, kemudian digoreng atau dipanggang. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus dan sayuran.

Bistik ayam bulat memiliki beberapa keunggulan. Pertama, hidangan ini mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama. Kedua, bistik ayam bulat dapat diolah dengan berbagai cara, sehingga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Ketiga, bistik ayam bulat merupakan sumber protein yang baik dan dapat menjadi pilihan makanan yang sehat.

Untuk membuat bistik ayam bulat, pertama-tama siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu daging ayam, bawang merah, bawang putih, telur, tepung terigu, dan garam. Kemudian, haluskan daging ayam dan bawang merah dan bawang putih. Campurkan daging ayam yang telah dihaluskan dengan telur, tepung terigu, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur rata.

Cara Membuat Bistik Ayam Bulat

Membuat bistik ayam bulat melibatkan beberapa aspek penting yang saling terkait untuk menghasilkan hidangan yang lezat dan memuaskan. Berikut adalah 10 aspek utama yang perlu diperhatikan:

  • Pemilihan daging ayam
  • Penggilingan daging
  • Pembentukan bola-bola
  • Pemilihan tepung pelapis
  • Teknik penggorengan
  • Pembuatan saus
  • Penyajian
  • Variasi resep
  • Tips dan trik
  • Manfaat mengonsumsi bistik ayam bulat

Setiap aspek memainkan peran penting dalam menentukan kualitas dan cita rasa bistik ayam bulat. Pemilihan daging ayam yang tepat, misalnya, akan menghasilkan tekstur yang lebih empuk dan juicy. Penggilingan daging yang halus akan menghasilkan bola-bola yang lebih lembut, sementara pembentukan bola-bola yang padat akan mencegahnya hancur saat digoreng. Pemilihan tepung pelapis yang tepat, seperti tepung terigu atau tepung roti, akan memberikan tekstur yang renyah pada bagian luar bistik. Teknik penggorengan yang benar, dengan suhu dan waktu yang tepat, akan menghasilkan bistik yang matang sempurna dan tidak gosong. Pembuatan saus yang lezat, seperti saus jamur atau saus lada hitam, akan semakin meningkatkan cita rasa bistik. Penyajian yang menarik, dengan pelengkap seperti kentang tumbuk atau sayuran panggang, akan membuat hidangan ini semakin menggugah selera. Variasi resep, seperti penggunaan daging ayam yang berbeda (misalnya ayam kampung atau ayam negeri) atau penambahan bahan-bahan lain (misalnya keju atau jamur), memungkinkan Anda mengeksplorasi berbagai rasa dan tekstur. Tips dan trik, seperti merendam bola-bola ayam dalam susu sebelum digoreng atau menambahkan telur ke dalam adonan untuk menghasilkan tekstur yang lebih lembut, dapat membantu Anda menyempurnakan teknik memasak Anda. Terakhir, manfaat mengonsumsi bistik ayam bulat, seperti kandungan protein dan zat besinya yang tinggi, menjadikannya pilihan makanan yang sehat dan bergizi.

Pemilihan Daging Ayam


Pemilihan Daging Ayam, Resep7-10k

Pemilihan daging ayam merupakan aspek krusial dalam membuat bistik ayam bulat yang lezat dan berkualitas. Daging ayam yang tepat akan menghasilkan tekstur dan cita rasa yang lebih baik pada bistik ayam bulat.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih daging ayam untuk bistik ayam bulat:

  • Jenis ayam: Ayam negeri umumnya memiliki daging yang lebih empuk dan lembut, sedangkan ayam kampung memiliki daging yang lebih alot namun lebih gurih.
  • Bagian ayam: Bagian dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit adalah pilihan terbaik untuk bistik ayam bulat karena dagingnya yang lebih padat dan tidak banyak lemak.
  • Kesegaran: Gunakan daging ayam segar yang tidak berbau atau berlendir.

Selain itu, pemilihan daging ayam yang berkualitas juga penting untuk memastikan keamanan pangan. Pastikan daging ayam berasal dari sumber yang terpercaya dan telah diproses dengan baik untuk meminimalkan risiko kontaminasi bakteri.

Dengan memilih daging ayam yang tepat, Anda dapat menghasilkan bistik ayam bulat yang tidak hanya lezat tetapi juga aman untuk dikonsumsi.

Penggilingan Daging


Penggilingan Daging, Resep7-10k

Penggilingan daging merupakan proses mekanis yang digunakan untuk memecah daging mentah menjadi potongan-potongan kecil atau menggilingnya menjadi pasta yang halus. Dalam konteks pembuatan bistik ayam bulat, penggilingan daging memainkan peran penting dalam menghasilkan tekstur dan kualitas bistik yang diinginkan.

Daging ayam yang digiling halus akan menghasilkan bistik ayam bulat yang lebih lembut dan empuk. Penggilingan yang baik juga memastikan bahwa adonan bistik tercampur rata dan tidak terdapat gumpalan daging yang besar. Hal ini akan menghasilkan bistik yang matang merata dan memiliki tekstur yang konsisten.

Selain itu, penggilingan daging juga memudahkan proses pembentukan bola-bola bistik. Daging ayam yang sudah digiling dapat dengan mudah dibentuk menjadi bola-bola yang padat dan tidak mudah hancur saat digoreng.

Dengan demikian, penggilingan daging merupakan komponen penting dalam cara membuat bistik ayam bulat. Proses ini menghasilkan tekstur bistik yang lembut, empuk, dan matang merata, serta memudahkan proses pembentukan bola-bola bistik.

Pembentukan bola-bola


Pembentukan Bola-bola, Resep7-10k

Pembentukan bola-bola merupakan salah satu aspek penting dalam cara membuat bistik ayam bulat. Proses ini dapat memengaruhi tekstur, tampilan, dan kualitas bistik ayam bulat secara keseluruhan.

  • Ukuran bola-bola: Ukuran bola-bola bistik ayam bulat dapat bervariasi sesuai dengan preferensi. Bola-bola berukuran kecil akan menghasilkan bistik yang lebih matang merata, sedangkan bola-bola berukuran besar akan lebih juicy dan empuk.
  • Kepadatan bola-bola: Bola-bola bistik ayam bulat harus dibentuk dengan kepadatan yang cukup agar tidak mudah hancur saat digoreng. Adonan bistik yang terlalu lembek dapat menghasilkan bola-bola yang rapuh, sedangkan adonan yang terlalu padat dapat menghasilkan bistik yang keras dan alot.
  • Bentuk bola-bola: Bentuk bola-bola bistik ayam bulat umumnya bulat atau oval. Bentuk ini dapat membantu bistik matang merata dan memudahkan proses penggorengan.
  • Konsistensi adonan: Konsistensi adonan bistik ayam bulat harus cukup kental agar dapat dibentuk menjadi bola-bola yang padat. Adonan yang terlalu encer akan menghasilkan bola-bola yang mudah hancur, sedangkan adonan yang terlalu kental akan sulit dibentuk.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, pembentukan bola-bola dalam cara membuat bistik ayam bulat dapat menghasilkan bistik yang memiliki tekstur yang diinginkan, tampilan yang menarik, dan kualitas yang baik secara keseluruhan.

Pemilihan Tepung Pelapis


Pemilihan Tepung Pelapis, Resep7-10k

Pemilihan tepung pelapis merupakan aspek penting dalam cara membuat bistik ayam bulat. Tepung pelapis berfungsi untuk memberikan lapisan renyah pada bagian luar bistik, sekaligus membantu menjaga kelembapan daging ayam di dalamnya. Ada beberapa jenis tepung pelapis yang dapat digunakan untuk bistik ayam bulat, masing-masing dengan karakteristik dan pengaruh yang berbeda pada tekstur dan rasa bistik.

  • Tepung terigu: Tepung terigu adalah jenis tepung pelapis yang paling umum digunakan untuk bistik ayam bulat. Tepung ini menghasilkan lapisan yang renyah dan tidak terlalu tebal, dengan warna keemasan yang menarik.
  • Tepung roti: Tepung roti menghasilkan lapisan yang lebih tebal dan lebih renyah dibandingkan tepung terigu. Lapisan ini memberikan tekstur yang lebih kasar pada bistik ayam bulat, dengan warna cokelat keemasan yang lebih gelap.
  • Panko: Panko adalah tepung roti Jepang yang dibuat dari roti tawar tanpa kulit yang dikeringkan dan digiling. Panko menghasilkan lapisan yang sangat renyah dan ringan, dengan warna putih keemasan.
  • Tepung beras: Tepung beras menghasilkan lapisan yang renyah dan tipis, dengan warna putih bersih. Tepung ini sering digunakan untuk membuat bistik ayam bulat ala Jepang, yang dikenal dengan nama tori katsu.

Selain jenis tepung pelapis, teknik pelapisan juga berpengaruh pada hasil akhir bistik ayam bulat. Lapisan tepung yang terlalu tebal dapat membuat bistik menjadi keras dan alot, sedangkan lapisan yang terlalu tipis dapat membuat bistik tidak renyah. Oleh karena itu, penting untuk melapisi bistik ayam bulat dengan tepung secara merata dan secukupnya.

Teknik penggorengan


Teknik Penggorengan, Resep7-10k

Teknik penggorengan memegang peranan penting dalam cara membuat bistik ayam bulat yang lezat dan berkualitas. Penggorengan yang tepat akan menghasilkan bistik yang matang merata, renyah di bagian luar, dan tetap juicy di bagian dalam.

Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam teknik penggorengan bistik ayam bulat:

  • Suhu minyak: Minyak goreng harus dipanaskan hingga suhu yang tepat, sekitar 175-190 derajat Celcius. Suhu yang terlalu rendah akan membuat bistik menyerap terlalu banyak minyak dan menjadi lembek, sedangkan suhu yang terlalu tinggi akan membuat bistik gosong di bagian luar sebelum matang di bagian dalam.
  • Waktu penggorengan: Waktu penggorengan bervariasi tergantung pada ukuran bistik ayam bulat. Sebagai panduan, bistik berukuran sedang biasanya digoreng selama 5-7 menit, atau hingga berwarna cokelat keemasan dan matang merata.
  • Teknik menggoreng: Bistik ayam bulat dapat digoreng dengan dua teknik, yaitu deep frying dan shallow frying. Deep frying menghasilkan bistik yang lebih renyah karena terendam seluruhnya dalam minyak panas, sedangkan shallow frying menghasilkan bistik yang lebih sedikit menyerap minyak.

Selain aspek teknis, teknik penggorengan juga perlu disesuaikan dengan jenis tepung pelapis yang digunakan. Tepung pelapis yang berbeda memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga membutuhkan suhu dan waktu penggorengan yang berbeda pula.

Dengan memperhatikan teknik penggorengan yang tepat, Anda dapat menghasilkan bistik ayam bulat yang memiliki tekstur yang renyah, matang merata, dan cita rasa yang lezat.

Pembuatan Saus


Pembuatan Saus, Resep7-10k

Pembuatan saus merupakan aspek penting dalam cara membuat bistik ayam bulat yang lezat dan menggugah selera. Saus yang tepat dapat menyempurnakan cita rasa bistik, memberikan kelembapan dan kekayaan rasa yang seimbang.

  • Jenis Saus: Ada berbagai jenis saus yang dapat digunakan untuk disajikan bersama bistik ayam bulat, seperti saus jamur, saus lada hitam, saus barbekyu, atau saus teriyaki. Pemilihan jenis saus tergantung pada preferensi pribadi dan profil rasa yang ingin dicapai.
  • Bahan-Bahan Saus: Bahan-bahan saus bervariasi tergantung pada jenis saus yang dibuat. Umumnya, saus dibuat dari bahan dasar seperti kaldu, krim, mentega, bawang bombay, bawang putih, dan rempah-rempah.
  • Teknik Pembuatan: Teknik pembuatan saus juga bervariasi, tetapi secara umum melibatkan menumis bahan-bahan dasar, menambahkan cairan, dan merebusnya hingga mengental. Beberapa saus mungkin memerlukan teknik khusus, seperti emulsifikasi untuk saus hollandaise.
  • Penyajian Saus: Saus dapat disajikan dengan berbagai cara bersama bistik ayam bulat. Saus dapat disiram di atas bistik, disajikan sebagai cocolan, atau digunakan sebagai isian untuk membuat bistik ayam bulat isi.

Dengan memperhatikan aspek pembuatan saus, Anda dapat menyempurnakan cita rasa bistik ayam bulat dan menciptakan hidangan yang menggugah selera dan berkesan.

Penyajian


Penyajian, Resep7-10k

Penyajian merupakan aspek penting dalam cara membuat bistik ayam bulat yang menggugah selera dan berkesan. Penyajian yang baik tidak hanya akan meningkatkan tampilan hidangan, tetapi juga dapat memengaruhi pengalaman bersantap secara keseluruhan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyajian bistik ayam bulat, di antaranya:

  • Tata Letak: Bistik ayam bulat dapat disajikan dengan berbagai macam tata letak, seperti ditata di atas piring dengan sayuran panggang atau kentang tumbuk, disajikan dalam mangkuk dengan saus sebagai cocolan, atau ditusuk dengan tusuk sate dan disajikan dengan salad.
  • Garnis: Garnis dapat digunakan untuk mempercantik tampilan bistik ayam bulat. Beberapa jenis garnis yang cocok untuk bistik ayam bulat antara lain peterseli cincang, daun bawang, atau irisan lemon.
  • Saus: Saus merupakan komponen penting dalam penyajian bistik ayam bulat. Saus dapat disiram di atas bistik, disajikan sebagai cocolan, atau digunakan sebagai isian untuk membuat bistik ayam bulat isi. Pemilihan saus tergantung pada preferensi pribadi dan jenis bistik ayam bulat yang dibuat.

Dengan memperhatikan aspek penyajian, Anda dapat menyajikan bistik ayam bulat yang tidak hanya lezat, tetapi juga menggugah selera dan meninggalkan kesan yang baik bagi penikmatnya.

Variasi Resep


Variasi Resep, Resep7-10k

Variasi resep merupakan salah satu aspek penting dalam cara membuat bistik ayam bulat yang menarik dan tidak membosankan. Dengan mengeksplorasi berbagai variasi resep, Anda dapat menciptakan hidangan bistik ayam bulat yang sesuai dengan selera dan preferensi Anda.

  • Penggunaan Bahan yang Berbeda: Anda dapat membuat variasi resep bistik ayam bulat dengan menggunakan bahan yang berbeda, seperti daging ayam kampung, daging ayam negeri, atau bahkan daging kalkun. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan lain ke dalam adonan bistik, seperti keju, jamur, atau sayuran.
  • Variasi Jenis Tepung: Selain tepung terigu, Anda dapat menggunakan jenis tepung lain untuk membuat bistik ayam bulat, seperti tepung beras, tepung maizena, atau tepung roti. Masing-masing jenis tepung akan menghasilkan tekstur yang berbeda pada bistik ayam bulat Anda.
  • Kreasi Saus: Variasi resep bistik ayam bulat juga dapat dilakukan dengan membuat saus yang berbeda. Anda dapat membuat saus jamur, saus lada hitam, saus barbekyu, atau bahkan saus teriyaki untuk disajikan bersama bistik ayam bulat Anda.
  • Teknik Pengolahan: Terakhir, Anda dapat memvariasikan resep bistik ayam bulat dengan menggunakan teknik pengolahan yang berbeda. Anda dapat menggoreng, memanggang, atau bahkan mengukus bistik ayam bulat Anda. Masing-masing teknik pengolahan akan menghasilkan cita rasa dan tekstur yang berbeda.

Dengan mengeksplorasi berbagai variasi resep, Anda dapat membuat bistik ayam bulat yang tidak hanya lezat, tetapi juga sesuai dengan selera dan preferensi Anda. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan bahan, teknik, dan saus yang berbeda untuk menciptakan hidangan bistik ayam bulat yang unik dan menggugah selera.

Tips dan Trik


Tips Dan Trik, Resep7-10k

Dalam membuat bistik ayam bulat, terdapat beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan untuk menghasilkan bistik ayam bulat yang lebih lezat dan berkualitas.

  • Memilih Daging Ayam yang Tepat

    Untuk membuat bistik ayam bulat yang empuk dan juicy, pilihlah daging ayam bagian dada tanpa tulang dan tanpa kulit. Bagian dada ayam memiliki tekstur yang lebih padat dan sedikit lemak, sehingga menghasilkan bistik ayam bulat yang tidak mudah hancur saat digoreng.

  • Menggiling Daging Ayam dengan Halus

    Giling daging ayam hingga halus untuk mendapatkan tekstur bistik ayam bulat yang lembut dan tidak alot. Anda dapat menggunakan food processor atau penggiling daging untuk menggiling daging ayam.

  • Membentuk Bola-Bola Bistik dengan Padat

    Bentuk bola-bola bistik dengan padat agar tidak mudah hancur saat digoreng. Pastikan untuk tidak membentuk bola-bola bistik terlalu besar, karena akan membuat bistik ayam bulat sulit matang merata.

  • Melapisi Bistik Ayam Bulat dengan Tepung Pelapis Secara Merata

    Lapisi bistik ayam bulat dengan tepung pelapis secara merata agar menghasilkan tekstur yang renyah dan tidak mudah menyerap minyak. Anda dapat menggunakan tepung terigu, tepung roti, atau panko sebagai tepung pelapis.

  • Menggoreng Bistik Ayam Bulat dengan Minyak Panas

    Goreng bistik ayam bulat dalam minyak panas agar matang merata dan tidak menyerap terlalu banyak minyak. Pastikan untuk menggoreng bistik ayam bulat hingga berwarna cokelat keemasan.

Dengan menerapkan tips dan trik tersebut, Anda dapat membuat bistik ayam bulat yang lezat, berkualitas, dan menggugah selera.

Manfaat Mengonsumsi Bistik Ayam Bulat


Manfaat Mengonsumsi Bistik Ayam Bulat, Resep7-10k

Bistik ayam bulat, selain memiliki cita rasa yang lezat, juga menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi bistik ayam bulat yang perlu diketahui:

  • Sumber Protein yang Baik

    Bistik ayam bulat merupakan sumber protein yang baik. Protein sangat penting untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta menjaga kesehatan tulang dan otot.

  • Kaya Zat Besi

    Bistik ayam bulat juga kaya akan zat besi. Zat besi sangat penting untuk membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh, serta mencegah anemia.

  • Rendah Lemak

    Bistik ayam bulat yang terbuat dari daging ayam bagian dada tanpa kulit dan tanpa tulang memiliki kandungan lemak yang rendah. Hal ini menjadikannya pilihan makanan yang baik bagi mereka yang sedang menjalani diet rendah lemak.

  • Mudah Dicerna

    Bistik ayam bulat memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna. Hal ini menjadikannya pilihan makanan yang baik bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan.

Dengan mengetahui manfaat-manfaat tersebut, Anda dapat semakin termotivasi untuk membuat dan mengonsumsi bistik ayam bulat sebagai bagian dari pola makan sehat Anda.

Pertanyaan Umum tentang “Cara Membuat Bistik Ayam Bulat”

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan mengenai cara membuat bistik ayam bulat, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bistik ayam bulat?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bistik ayam bulat antara lain daging ayam giling, tepung terigu, telur, bawang putih, bawang merah, garam, dan merica.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat bistik ayam bulat yang empuk?

Untuk membuat bistik ayam bulat yang empuk, pastikan daging ayam yang digunakan masih segar dan tidak berlemak. Selain itu, giling daging ayam hingga halus dan jangan terlalu banyak menambahkan tepung terigu.

Pertanyaan 3: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng bistik ayam bulat?

Waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng bistik ayam bulat bervariasi tergantung dari ukuran bistik dan suhu minyak. Sebagai panduan, goreng bistik dengan api sedang selama sekitar 5-7 menit atau hingga berwarna cokelat keemasan.

Pertanyaan 4: Apa saja saus yang cocok disajikan dengan bistik ayam bulat?

Ada banyak jenis saus yang cocok disajikan dengan bistik ayam bulat, seperti saus tomat, saus barbekyu, saus, dan saus lada hitam.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menyimpan bistik ayam bulat yang sudah dimasak?

Bistik ayam bulat yang sudah dimasak dapat disimpan dalam wadah kedap udara di lemari es selama 2-3 hari. Untuk memanaskannya kembali, Anda dapat menggorengnya kembali atau memasukkannya ke dalam oven.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum mengenai cara membuat bistik ayam bulat. Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda dapat membuat bistik ayam bulat yang lezat dan berkualitas.

Baca Juga:

Tips Membuat Bistik Ayam Bulat

Untuk menghasilkan bistik ayam bulat yang lezat dan berkualitas, berikut beberapa tips penting yang dapat diterapkan:

Tip 1: Pilih Daging Ayam yang Tepat
Gunakan daging ayam bagian dada tanpa tulang dan tanpa kulit untuk menghasilkan bistik ayam bulat yang empuk dan tidak mudah hancur.

Tip 2: Giling Daging Ayam dengan Halus
Giling daging ayam hingga halus untuk menghasilkan tekstur bistik ayam bulat yang lembut.

Tip 3: Bentuk Bola-Bola Bistik dengan Padat
Bentuk bola-bola bistik dengan padat dan jangan terlalu besar agar tidak mudah hancur saat digoreng.

Tip 4: Lapisi Bistik Ayam Bulat dengan Tepung Pelapis Secara Merata
Lapisi bistik ayam bulat dengan tepung pelapis secara merata untuk menghasilkan tekstur yang renyah dan tidak mudah menyerap minyak.

Tip 5: Goreng Bistik Ayam Bulat dengan Minyak Panas
Goreng bistik ayam bulat dalam minyak panas agar matang merata dan tidak menyerap terlalu banyak minyak.

Tip 6: Tiriskan Bistik Ayam Bulat dengan Benar
Setelah digoreng, tiriskan bistik ayam bulat dengan benar menggunakan kertas penyerap minyak untuk menghilangkan minyak berlebih.

Tip 7: Sajikan Bistik Ayam Bulat dengan Saus Favorit
Sajikan bistik ayam bulat dengan saus favorit Anda, seperti saus tomat, saus barbekyu, atau saus lada hitam.

Tip 8: Nikmati Bistik Ayam Bulat Selagi Hangat
Untuk mendapatkan cita rasa terbaik, nikmati bistik ayam bulat selagi hangat.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat bistik ayam bulat yang lezat, berkualitas, dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Pembuatan bistik ayam bulat merupakan proses yang membutuhkan keterampilan dan pemahaman yang baik tentang teknik memasak. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Anda dapat menghasilkan bistik ayam bulat yang lezat, empuk, dan renyah.

Selain cita rasanya yang menggugah selera, bistik ayam bulat juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Kandungan protein dan zat besinya yang tinggi menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjadikan bistik ayam bulat sebagai salah satu menu andalan Anda.

Youtube Video:



About administrator