Rahasia Terungkap! Panduan Lengkap Memasak Ubi Kayu untuk Hidangan Lezat


Rahasia Terungkap! Panduan Lengkap Memasak Ubi Kayu untuk Hidangan Lezat


Cara Memasak Ubi Kayu adalah proses mengolah ubi kayu menjadi makanan yang dapat dikonsumsi. Ubi kayu, yang juga dikenal sebagai singkong, merupakan sumber karbohidrat yang baik dan banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia.


Ubi kayu dapat dimasak dengan berbagai cara, antara lain direbus, dikukus, digoreng, atau dipanggang. Masing-masing metode memasak memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Merebus ubi kayu akan menghasilkan tekstur yang lembut dan empuk, sedangkan mengukusnya akan mempertahankan lebih banyak nutrisi. Menggoreng ubi kayu akan menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, sementara memanggangnya akan memberikan rasa yang lebih gurih.

Selain rasanya yang lezat, ubi kayu juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Ubi kayu merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. Ubi kayu juga mengandung vitamin C, vitamin B6, dan potasium, yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara Memasak Ubi Kayu

Ubi kayu, atau singkong, adalah bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Ubi kayu dapat diolah menjadi berbagai makanan lezat dengan berbagai cara memasak. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu diperhatikan dalam memasak ubi kayu:

  • Pemilihan ubi kayu: Pilih ubi kayu yang segar, tidak busuk, dan berukuran sedang.
  • Pengupasan: Kupas ubi kayu dengan hati-hati menggunakan pisau tajam.
  • Pencucian: Cuci ubi kayu hingga bersih untuk menghilangkan kotoran dan pestisida.
  • Pemotongan: Potong ubi kayu sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan.
  • Perendaman: Rendam ubi kayu dalam air selama beberapa jam untuk menghilangkan racun sianida.
  • Perebusan: Rebus ubi kayu dalam air mendidih hingga empuk.
  • Pengukusan: Kukus ubi kayu hingga matang dan empuk.
  • Penggorengan: Goreng ubi kayu dalam minyak panas hingga kecoklatan.
  • Pemanggangan: Panggang ubi kayu dalam oven hingga matang dan empuk.
  • Penyajian: Sajikan ubi kayu dengan berbagai topping, seperti gula, susu, atau keju.

Dengan memperhatikan aspek-aspek penting tersebut, Anda dapat memasak ubi kayu dengan sempurna dan menikmati kelezatannya. Ubi kayu dapat diolah menjadi berbagai makanan, seperti kolak, bubur, sup, atau keripik. Ubi kayu juga dapat dijadikan bahan dasar pembuatan tepung tapioka, yang banyak digunakan dalam industri makanan.

Pemilihan ubi kayu


Pemilihan Ubi Kayu, Resep4-10k

Pemilihan ubi kayu merupakan langkah awal yang penting dalam cara memasak ubi kayu. Ubi kayu yang segar, tidak busuk, dan berukuran sedang akan menghasilkan masakan yang lebih berkualitas dan lezat.

  • Ubi kayu yang segar memiliki kulit yang mulus dan tidak keriput. Ubi kayu yang keriput biasanya sudah tua dan tidak segar, sehingga teksturnya akan keras dan rasanya kurang enak.
  • Ubi kayu yang tidak busuk tidak memiliki bercak-bercak hitam atau kecoklatan. Bercak-bercak tersebut biasanya merupakan tanda adanya jamur atau bakteri, yang dapat membuat ubi kayu menjadi beracun.
  • Ubi kayu berukuran sedang lebih mudah diolah dan dimasak. Ubi kayu yang terlalu besar akan sulit dikupas dan dipotong, serta membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak.

Dengan memilih ubi kayu yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa masakan ubi kayu Anda akan menghasilkan cita rasa dan tekstur yang optimal.

Pengupasan


Pengupasan, Resep4-10k

Pengupasan merupakan salah satu langkah penting dalam cara memasak ubi kayu. Pengupasan yang dilakukan dengan hati-hati menggunakan pisau tajam akan menghasilkan tampilan ubi kayu yang lebih menarik dan tekstur yang lebih baik saat dimasak.

  • Mengupas ubi kayu dengan hati-hati dapat mencegah hilangnya nutrisi. Kulit ubi kayu mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral. Mengupas ubi kayu dengan hati-hati dapat mencegah hilangnya nutrisi tersebut.
  • Menggunakan pisau tajam dapat membuat proses pengupasan lebih mudah dan cepat. Pisau yang tajam akan menghasilkan potongan yang lebih rapi dan tidak akan merusak daging ubi kayu.
  • Ubi kayu yang dikupas dengan hati-hati akan menghasilkan tampilan yang lebih menarik. Ubi kayu yang dikupas dengan hati-hati akan memiliki permukaan yang halus dan tidak bergerigi, sehingga akan terlihat lebih menarik saat dimasak.
  • Ubi kayu yang dikupas dengan hati-hati akan memiliki tekstur yang lebih baik saat dimasak. Ubi kayu yang dikupas dengan hati-hati akan menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan empuk saat dimasak.

Dengan memperhatikan tips pengupasan ubi kayu di atas, Anda dapat menghasilkan masakan ubi kayu yang lebih berkualitas dan lezat.

Pencucian


Pencucian, Resep4-10k

Mencuci ubi kayu hingga bersih merupakan langkah penting dalam cara memasak ubi kayu. Ubi kayu yang kotor dapat mengandung bakteri, pestisida, dan kotoran lainnya yang dapat membahayakan kesehatan. Mencuci ubi kayu juga dapat membantu menghilangkan lapisan pati yang dapat membuat ubi kayu menjadi licin dan sulit dikupas.

  • Mencuci ubi kayu dapat menghilangkan bakteri berbahaya. Bakteri dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti keracunan makanan dan diare. Mencuci ubi kayu dengan bersih dapat membantu menghilangkan bakteri-bakteri tersebut dan mencegah penyakit.
  • Mencuci ubi kayu dapat menghilangkan pestisida. Pestisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membunuh hama dan serangga. Pestisida dapat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Mencuci ubi kayu dengan bersih dapat membantu menghilangkan pestisida-pestisida tersebut.
  • Mencuci ubi kayu dapat menghilangkan kotoran. Kotoran, seperti tanah dan pasir, dapat membuat ubi kayu menjadi tidak enak dimakan. Mencuci ubi kayu dengan bersih dapat membantu menghilangkan kotoran-kotoran tersebut.
  • Mencuci ubi kayu dapat membantu menghilangkan lapisan pati. Lapisan pati dapat membuat ubi kayu menjadi licin dan sulit dikupas. Mencuci ubi kayu dengan bersih dapat membantu menghilangkan lapisan pati tersebut, sehingga ubi kayu menjadi lebih mudah dikupas.

Dengan mencuci ubi kayu hingga bersih, Anda dapat memastikan bahwa ubi kayu yang Anda masak bersih, sehat, dan enak dimakan.

Pemotongan


Pemotongan, Resep4-10k

Pemotongan merupakan salah satu langkah penting dalam cara masak ubi kayu. Pemotongan yang dilakukan dengan benar akan menghasilkan ubi kayu yang matang merata dan memiliki tekstur yang sesuai dengan keinginan.

  • Ukuran potongan mempengaruhi waktu memasak. Potongan ubi kayu yang lebih kecil akan lebih cepat matang dibandingkan dengan potongan yang lebih besar. Hal ini perlu diperhatikan agar ubi kayu dapat matang secara merata.
  • Bentuk potongan mempengaruhi tekstur ubi kayu. Potongan ubi kayu yang berbentuk dadu akan menghasilkan tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan potongan yang berbentuk batang atau irisan. Pemilihan bentuk potongan tergantung pada selera dan jenis masakan yang akan dibuat.
  • Konsistensi ukuran potongan akan menghasilkan kematangan yang merata. Jika potongan ubi kayu memiliki ukuran yang tidak konsisten, maka ubi kayu akan matang tidak merata. Potongan yang lebih besar akan masih keras sementara potongan yang lebih kecil sudah terlalu matang.
  • Pemotongan yang rapi akan menghasilkan tampilan yang menarik. Ubi kayu yang dipotong dengan rapi akan terlihat lebih menarik saat disajikan. Pemotongan yang rapi juga dapat memudahkan proses memasak dan penyajian.

Dengan memahami teknik pemotongan ubi kayu yang benar, Anda dapat menghasilkan masakan ubi kayu yang lezat dan menarik.

Perendaman


Perendaman, Resep4-10k

Ubi kayu, atau singkong, merupakan bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi di berbagai negara tropis. Namun, ubi kayu mengandung racun sianida yang dapat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, proses perendaman ubi kayu sangat penting dilakukan sebelum dimasak untuk menghilangkan racun tersebut.

  • Detoksifikasi racun sianida

    Perendaman ubi kayu dalam air selama beberapa jam akan membantu melepaskan racun sianida yang terkandung di dalamnya. Racun sianida akan larut dalam air dan dibuang bersama air rendaman. Proses ini sangat penting dilakukan untuk mencegah keracunan sianida yang dapat menyebabkan berbagai gejala seperti mual, muntah, sakit kepala, hingga kematian.

  • Melunakkan tekstur ubi kayu

    Selain menghilangkan racun sianida, perendaman ubi kayu juga dapat membantu melunakkan teksturnya. Ubi kayu yang direndam akan menyerap air sehingga menjadi lebih empuk dan mudah diolah. Proses perendaman ini sangat penting terutama untuk ubi kayu yang masih muda atau memiliki tekstur yang keras.

  • Menjaga kandungan nutrisi

    Perendaman ubi kayu dalam air selama beberapa jam tidak akan menghilangkan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Justru, proses ini dapat membantu mempertahankan kandungan vitamin dan mineral yang larut dalam air, seperti vitamin C dan potasium. Oleh karena itu, perendaman ubi kayu tidak hanya aman tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kualitas nutrisinya.

Kesimpulannya, perendaman ubi kayu dalam air selama beberapa jam merupakan langkah penting dalam “cara masak ubi kayu”. Proses ini sangat penting untuk menghilangkan racun sianida, melunakkan tekstur ubi kayu, dan menjaga kandungan nutrisinya. Dengan melakukan perendaman dengan benar, Anda dapat menikmati kelezatan ubi kayu tanpa khawatir akan risiko kesehatan.

Perebusan


Perebusan, Resep4-10k

Perebusan merupakan salah satu metode memasak ubi kayu yang paling umum digunakan. Metode ini sangat efektif untuk menghasilkan ubi kayu yang empuk dan mudah diolah lebih lanjut. Proses perebusan melibatkan beberapa langkah penting:

  • Penggunaan air mendidih: Ubi kayu harus direbus dalam air mendidih untuk memastikan kematangan yang merata. Air mendidih akan membantu ubi kayu matang lebih cepat dan mencegah bagian dalamnya tetap keras.
  • Durasi perebusan: Durasi perebusan tergantung pada ukuran dan jenis ubi kayu. Ubi kayu yang lebih kecil dan muda akan matang lebih cepat dibandingkan dengan ubi kayu yang lebih besar dan tua. Waktu perebusan yang tepat sangat penting untuk mendapatkan tekstur ubi kayu yang diinginkan.

Perebusan memiliki beberapa kelebihan sebagai metode memasak ubi kayu. Pertama, perebusan dapat membantu mempertahankan kandungan nutrisi ubi kayu. Kedua, perebusan dapat menghilangkan racun sianida yang terdapat pada ubi kayu mentah. Ketiga, perebusan dapat membuat ubi kayu lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Dalam konteks “cara masak ubi kayu”, perebusan merupakan langkah penting yang tidak dapat diabaikan. Tanpa perebusan, ubi kayu akan sulit diolah dan dikonsumsi. Perebusan juga merupakan metode yang efisien dan efektif untuk menghasilkan ubi kayu yang empuk, lezat, dan bergizi.

Pengukusan


Pengukusan, Resep4-10k

Pengukusan merupakan salah satu metode memasak ubi kayu yang populer karena dapat mempertahankan rasa dan tekstur alami ubi kayu. Proses pengukusan melibatkan penggunaan uap panas untuk memasak ubi kayu hingga matang dan empuk.

Pengukusan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan metode memasak lainnya. Pertama, pengukusan dapat membantu mempertahankan kandungan nutrisi ubi kayu. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam ubi kayu tidak mudah larut dalam air, sehingga metode pengukusan dapat mencegah hilangnya nutrisi tersebut. Kedua, pengukusan dapat menghasilkan tekstur ubi kayu yang lebih lembut dan empuk dibandingkan dengan metode memasak lainnya. Ketiga, pengukusan tidak memerlukan banyak minyak atau lemak, sehingga ubi kayu kukus merupakan pilihan yang lebih sehat.

Dalam konteks “cara masak ubi kayu”, pengukusan merupakan salah satu metode yang direkomendasikan. Pengukusan dapat menghasilkan ubi kayu yang matang merata, empuk, dan tetap bernutrisi. Metode ini sangat cocok untuk membuat berbagai hidangan berbahan dasar ubi kayu, seperti kolak, bubur, atau sup.

Penggorengan


Penggorengan, Resep4-10k

Penggorengan merupakan salah satu metode memasak ubi kayu yang digemari karena menghasilkan tekstur yang renyah dan gurih. Proses penggorengan melibatkan penggunaan minyak panas untuk memasak ubi kayu hingga berwarna kecoklatan dan matang hingga ke bagian dalam.

  • Tekstur renyah dan gurih: Penggorengan dalam minyak panas menghasilkan tekstur ubi kayu yang renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam. Tekstur renyah ini memberikan sensasi yang unik dan menggugah selera.
  • Aroma khas: Proses penggorengan menghasilkan aroma khas yang menggugah selera. Aroma ini berasal dari reaksi Maillard, yaitu reaksi antara gula dan asam amino yang terjadi pada suhu tinggi.
  • Metode serbaguna: Penggorengan merupakan metode yang serbaguna dan dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis ubi kayu. Ubi kayu yang dipotong dadu, stik, atau irisan tipis dapat digoreng hingga kecoklatan dan dinikmati sebagai camilan atau lauk.

Dalam konteks “cara masak ubi kayu”, penggorengan merupakan salah satu metode yang populer dan disukai. Penggorengan dapat menghasilkan ubi kayu yang renyah, gurih, dan beraroma khas yang dapat dinikmati dalam berbagai kesempatan.

Pemanggangan


Pemanggangan, Resep4-10k

Pemanggangan merupakan salah satu metode memasak ubi kayu yang menghasilkan cita rasa dan tekstur yang unik. Proses pemanggangan melibatkan penggunaan oven untuk memasak ubi kayu dengan panas tidak langsung hingga matang dan empuk.

  • Tekstur lembut dan manis: Pemanggangan menghasilkan tekstur ubi kayu yang lembut dan empuk, dengan bagian luar yang sedikit kecoklatan dan bagian dalam yang lembut seperti mentega. Panas oven yang merata membantu ubi kayu matang secara menyeluruh, menghasilkan cita rasa manis alami yang kaya.
  • Kandungan gizi terjaga: Pemanggangan merupakan metode memasak yang dapat mempertahankan kandungan nutrisi ubi kayu dengan baik. Berbeda dengan penggorengan, pemanggangan tidak memerlukan banyak minyak atau lemak, sehingga ubi kayu panggang merupakan pilihan yang lebih sehat.
  • Metode serbaguna: Pemanggangan dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis ubi kayu, seperti ubi kayu utuh, ubi kayu potong dadu, atau ubi kayu iris tipis. Ubi kayu panggang dapat disajikan sebagai lauk, camilan, atau bahan dasar untuk berbagai hidangan.

Dalam konteks “cara masak ubi kayu”, pemanggangan merupakan salah satu metode yang patut dipertimbangkan. Pemanggangan menghasilkan ubi kayu yang memiliki tekstur lembut, cita rasa manis alami, dan kandungan nutrisi yang terjaga. Metode ini cocok untuk berbagai jenis ubi kayu dan dapat disajikan dalam berbagai kesempatan.

Penyajian


Penyajian, Resep4-10k

Penyajian merupakan salah satu aspek penting dalam “cara masak ubi kayu” yang dapat memengaruhi cita rasa dan kenikmatan hidangan. Ubi kayu yang telah dimasak dengan sempurna dapat disajikan dengan berbagai topping untuk menambah kelezatan dan variasi.

  • Gula: Gula merupakan topping klasik yang memberikan rasa manis dan karamel pada ubi kayu. Gula dapat ditaburkan di atas ubi kayu yang masih panas atau disajikan sebagai saus terpisah.
  • Susu: Susu dapat memberikan rasa gurih dan lembut pada ubi kayu. Susu dapat dituangkan di atas ubi kayu yang sudah dihaluskan atau disajikan sebagai saus pendamping.
  • Keju: Keju parut dapat memberikan rasa gurih dan tekstur yang renyah pada ubi kayu. Keju dapat ditaburkan di atas ubi kayu yang sudah dipanggang atau digoreng.

Selain topping yang disebutkan di atas, ubi kayu juga dapat disajikan dengan berbagai topping lainnya, seperti mentega, kayu manis, atau kelapa parut. Pemilihan topping tergantung pada selera dan preferensi masing-masing individu.

Pertanyaan Umum tentang Cara Memasak Ubi Kayu

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara memasak ubi kayu:

Pertanyaan 1: Bagaimana cara memilih ubi kayu yang baik untuk dimasak?

Jawaban: Pilih ubi kayu yang segar, tidak busuk, dan berukuran sedang. Ubi kayu yang segar memiliki kulit yang mulus dan tidak keriput, sedangkan ubi kayu yang tidak busuk tidak memiliki bercak-bercak hitam atau kecoklatan. Ubi kayu berukuran sedang lebih mudah diolah dan dimasak.

Pertanyaan 2: Mengapa ubi kayu perlu direndam sebelum dimasak?

Jawaban: Ubi kayu perlu direndam sebelum dimasak untuk menghilangkan racun sianida yang terkandung di dalamnya. Racun sianida dapat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Perendaman ubi kayu dalam air selama beberapa jam akan membantu melepaskan racun sianida dan membuangnya bersama air rendaman.

Pertanyaan 3: Metode memasak apa yang paling baik untuk ubi kayu?

Jawaban: Ubi kayu dapat dimasak dengan berbagai metode, seperti direbus, dikukus, digoreng, atau dipanggang. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Merebus ubi kayu akan menghasilkan tekstur yang lembut dan empuk, sedangkan mengukusnya akan mempertahankan lebih banyak nutrisi. Menggoreng ubi kayu akan menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, sementara memanggangnya akan memberikan rasa yang lebih gurih.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengetahui ubi kayu sudah matang?

Jawaban: Ubi kayu matang ketika sudah empuk saat ditusuk dengan garpu atau tusuk gigi. Anda juga dapat memeriksa kematangannya dengan cara mengupas kulitnya. Jika kulitnya mudah dikupas, berarti ubi kayu sudah matang.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menyimpan ubi kayu yang sudah dimasak?

Jawaban: Ubi kayu yang sudah dimasak dapat disimpan di lemari es selama 3-4 hari. Sebelum disimpan, pastikan ubi kayu sudah dingin dan dalam wadah kedap udara. Anda juga dapat membekukan ubi kayu yang sudah dimasak selama 2-3 bulan.

Pertanyaan 6: Apa saja manfaat kesehatan dari mengonsumsi ubi kayu?

Jawaban: Ubi kayu merupakan sumber karbohidrat yang baik dan juga mengandung vitamin C, vitamin B6, dan potasium. Ubi kayu juga merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.

Demikian beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait cara memasak ubi kayu. Dengan mengikuti tips dan informasi yang telah dibagikan, Anda dapat memasak ubi kayu dengan sempurna dan menikmati kelezatannya.

Baca juga: Resep Masakan Ubi Kayu yang Lezat dan Mudah

Tips Memasak Ubi Kayu

Ubi kayu merupakan bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, ubi kayu juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, ubi kayu harus diolah dengan benar.

Berikut adalah beberapa tips memasak ubi kayu yang dapat Anda ikuti:

Tip 1: Pilih ubi kayu yang berkualitas baik

Untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat, pilihlah ubi kayu yang berkualitas baik. Ciri-ciri ubi kayu yang berkualitas baik adalah kulitnya mulus, tidak berbintik-bintik, dan tidak berlubang. Hindari memilih ubi kayu yang sudah layu atau berjamur.

Tip 2: Bersihkan ubi kayu dengan benar

Sebelum diolah, ubi kayu harus dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa mencucinya dengan air mengalir sambil disikat menggunakan sikat halus. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin menempel pada ubi kayu.

Tip 3: Potong ubi kayu sesuai selera

Setelah dibersihkan, ubi kayu bisa dipotong sesuai selera. Anda bisa memotongnya menjadi bentuk dadu, batang, atau irisan tipis. Ukuran dan bentuk potongan ubi kayu akan mempengaruhi waktu memasak.

Tip 4: Rendam ubi kayu dalam air

Sebelum dimasak, ubi kayu sebaiknya direndam dalam air selama beberapa jam. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan racun sianida yang terdapat pada ubi kayu. Racun sianida dapat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Tip 5: Masak ubi kayu hingga matang

Ubi kayu dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti direbus, dikukus, digoreng, atau dipanggang. Pastikan untuk memasak ubi kayu hingga matang agar teksturnya empuk dan mudah dicerna.

Tip 6: Sajikan ubi kayu dengan topping

Ubi kayu yang sudah matang dapat disajikan dengan berbagai topping, seperti gula, susu, atau keju. Anda juga bisa menambahkan bumbu-bumbu lainnya sesuai selera.

Demikian beberapa tips memasak ubi kayu yang dapat Anda ikuti. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghasilkan masakan ubi kayu yang lezat dan sehat.

Baca juga: Resep Masakan Ubi Kayu yang Lezat dan Mudah

Kesimpulan

Ubi kayu merupakan bahan makanan yang kaya karbohidrat dan nutrisi, menjadikannya sumber energi yang baik. Memasaknya dengan benar sangat penting untuk menghilangkan racun sianida dan mendapatkan manfaat kesehatannya. Artikel ini telah membahas secara mendalam cara memasak ubi kayu, mulai dari pemilihan hingga penyajian.

Dengan memahami teknik memasak yang tepat, Anda dapat menikmati ubi kayu dalam berbagai hidangan yang lezat dan menyehatkan. Ubi kayu dapat direbus, dikukus, digoreng, atau dipanggang, masing-masing dengan tekstur dan cita rasa yang berbeda. Selain itu, ubi kayu dapat disajikan dengan berbagai topping untuk menambah kenikmatan.

Youtube Video:



About administrator