Rahasia Menggoreng Singkong Renyah dan Gurih, Dijamin Ketagihan!


Rahasia Menggoreng Singkong Renyah dan Gurih, Dijamin Ketagihan!

Cara buat singkong goreng merekah adalah cara mengolah singkong goreng menjadi makanan yang renyah dan nikmat. Singkong goreng merekah memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan sering dijadikan camilan atau makanan pendamping.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat singkong goreng merekah. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan merendam singkong dalam air kapur selama beberapa jam. Cara ini akan membuat singkong menjadi lebih renyah dan tidak mudah hancur saat digoreng. Setelah direndam, singkong kemudian dipotong-potong dan digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.

Selain direndam dalam air kapur, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat singkong goreng merekah. Cara-cara tersebut antara lain dengan menggunakan tepung beras, tepung maizena, atau telur sebagai bahan pelapis sebelum digoreng. Menggunakan bahan-bahan tersebut akan membuat singkong goreng menjadi lebih renyah dan gurih.

Singkong goreng merekah dapat dinikmati dengan berbagai macam saus atau sambal. Beberapa saus dan sambal yang cocok untuk disandingkan dengan singkong goreng merekah antara lain saus kacang, sambal kecap, dan sambal terasi.

Cara Buat Singkong Goreng Mere

Membuat singkong goreng merekah merupakan keterampilan kuliner yang memiliki beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan. Aspek-aspek ini mencakup pemilihan bahan dasar, teknik mengolah, dan penggunaan bumbu yang tepat. Dengan memperhatikan aspek-aspek ini, Anda dapat menghasilkan singkong goreng merekah yang renyah, gurih, dan nikmat.

  • Bahan dasar: Gunakan singkong yang masih segar dan berukuran sedang.
  • Pengupasan: Kupas singkong hingga bersih dan potong-potong sesuai selera.
  • Perendaman: Rendam singkong dalam air kapur selama beberapa jam untuk membuatnya lebih renyah.
  • Penggorengan: Goreng singkong dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.
  • Pengbumbuan: Bumbui singkong goreng dengan garam dan merica secukupnya.
  • Penyajian: Sajikan singkong goreng merekah selagi hangat dengan saus atau sambal favorit Anda.

Selain aspek-aspek di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda membuat singkong goreng merekah yang sempurna. Pertama, pastikan minyak goreng yang Anda gunakan benar-benar panas sebelum memasukkan singkong. Hal ini akan membantu singkong cepat kering dan renyah. Kedua, jangan menggoreng singkong terlalu banyak sekaligus. Hal ini akan menyebabkan singkong tidak matang secara merata dan lembek. Ketiga, setelah digoreng, angkat singkong dan tiriskan di atas kertas penyerap minyak untuk menghilangkan minyak berlebih.

Bahan dasar


Bahan Dasar, Resep7-10k

Penggunaan singkong yang masih segar dan berukuran sedang merupakan aspek penting dalam membuat singkong goreng merekah. Singkong yang sudah tua atau terlalu muda akan menghasilkan gorengan yang alot dan tidak renyah. Sedangkan singkong yang berukuran terlalu besar akan sulit matang merata dan bagian dalamnya bisa masih mentah saat bagian luarnya sudah gosong.

  • Memilih singkong yang masih segar

    Ciri-ciri singkong yang masih segar antara lain kulitnya halus dan tidak keriput, dagingnya berwarna putih bersih, dan tidak terdapat bercak-bercak hitam atau busuk.

  • Memilih singkong yang berukuran sedang

    Ukuran singkong yang ideal untuk digoreng adalah berdiameter sekitar 5-7 cm. Singkong yang terlalu besar akan sulit matang merata, sedangkan singkong yang terlalu kecil akan mudah hancur saat digoreng.

Dengan menggunakan singkong yang masih segar dan berukuran sedang, Anda akan mendapatkan singkong goreng merekah yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Pengupasan


Pengupasan, Resep7-10k

Pengupasan singkong merupakan salah satu langkah awal dalam cara buat singkong goreng merekah yang tidak boleh dilewatkan. Pengupasan yang benar akan menghasilkan singkong goreng yang renyah dan tidak alot.

  • Singkong yang bersih

    Singkong yang bersih akan menghasilkan gorengan yang renyah. Hal ini karena kotoran atau kulit singkong yang masih menempel dapat membuat singkong goreng menjadi alot dan tidak enak dimakan.

  • Singkong yang dipotong sesuai selera

    Ukuran dan bentuk potongan singkong akan mempengaruhi tingkat kematangan dan kerenyahan singkong goreng. Untuk singkong goreng merekah, sebaiknya singkong dipotong-potong dengan ukuran yang sama dan tidak terlalu tebal.

Dengan melakukan pengupasan singkong dengan benar, Anda akan mendapatkan singkong goreng merekah yang renyah, gurih, dan nikmat.

Perendaman


Perendaman, Resep7-10k

Perendaman singkong dalam air kapur merupakan salah satu langkah penting dalam cara membuat singkong goreng merekah. Proses ini bertujuan untuk meningkatkan kerenyahan singkong goreng dan membuatnya tidak mudah alot. Air kapur yang bersifat basa akan membantu memecah dinding sel singkong, sehingga saat digoreng, singkong akan lebih mudah menyerap minyak dan menjadi renyah.

  • Peningkatan kerenyahan

    Perendaman dalam air kapur akan meningkatkan kerenyahan singkong goreng. Hal ini karena air kapur membantu memecah dinding sel singkong, sehingga saat digoreng, singkong akan lebih mudah menyerap minyak dan menjadi renyah.

  • Pengurangan kadar air

    Perendaman dalam air kapur juga dapat membantu mengurangi kadar air dalam singkong. Hal ini akan membuat singkong goreng menjadi lebih renyah dan tidak lembek.

  • Pencegahan perubahan warna

    Perendaman dalam air kapur dapat membantu mencegah singkong goreng berubah warna menjadi kecoklatan. Hal ini karena air kapur akan menetralkan asam dalam singkong yang dapat menyebabkan perubahan warna.

  • Peningkatan rasa

    Perendaman dalam air kapur juga dapat meningkatkan rasa singkong goreng. Air kapur akan membantu mengeluarkan rasa manis alami dari singkong.

Dengan melakukan perendaman singkong dalam air kapur dengan benar, Anda akan mendapatkan singkong goreng merekah yang renyah, gurih, dan nikmat.

Penggorengan


Penggorengan, Resep7-10k

Proses penggorengan merupakan salah satu langkah terpenting dalam cara buat singkong goreng merekah. Proses ini bertujuan untuk mengeluarkan kadar air dalam singkong dan membuatnya menjadi renyah. Minyak panas akan membantu mengeringkan singkong dan membuatnya garing di bagian luar, sementara bagian dalamnya tetap lembut dan empuk.

Suhu minyak yang tepat sangat penting untuk mendapatkan singkong goreng merekah. Minyak harus dipanaskan hingga mencapai suhu sekitar 170-180 derajat Celcius. Jika minyak terlalu panas, singkong goreng akan cepat gosong dan tidak matang merata. Sebaliknya, jika minyak terlalu dingin, singkong goreng akan menyerap terlalu banyak minyak dan menjadi lembek.

Waktu penggorengan juga perlu diperhatikan. Singkong goreng merekah biasanya digoreng selama sekitar 5-7 menit, atau hingga berwarna kuning keemasan. Jika singkong digoreng terlalu lama, singkong akan menjadi keras dan tidak enak dimakan. Sebaliknya, jika singkong digoreng terlalu sebentar, singkong tidak akan matang merata dan bagian dalamnya bisa masih mentah.

Setelah digoreng, singkong goreng merekah harus segera diangkat dan ditiriskan untuk menghilangkan minyak berlebih. Singkong goreng merekah dapat disajikan dengan berbagai macam saus atau sambal sesuai selera.

Pengbumbuan


Pengbumbuan, Resep7-10k

Pengbumbuan merupakan salah satu langkah penting dalam cara buat singkong goreng merekah. Proses ini bertujuan untuk memberikan rasa gurih dan sedap pada singkong goreng. Garam dan merica merupakan bumbu dasar yang umum digunakan untuk membumbui singkong goreng.

  • Peningkatan Rasa

    Garam dan merica dapat meningkatkan rasa singkong goreng. Garam akan memberikan rasa gurih, sedangkan merica akan memberikan rasa pedas dan sedikit hangat.

  • Penyesuaian Rasa

    Takaran garam dan merica dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Bagi yang menyukai rasa gurih yang kuat, dapat menambahkan lebih banyak garam. Sedangkan bagi yang menyukai rasa pedas, dapat menambahkan lebih banyak merica.

  • Kemudahan Pembuatan

    Garam dan merica merupakan bumbu yang mudah ditemukan dan digunakan. Proses pembumbuan singkong goreng juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

  • Kombinasi dengan Bumbu Lain

    Garam dan merica dapat dikombinasikan dengan bumbu lain untuk menciptakan rasa yang lebih kompleks. Misalnya, dapat ditambahkan bawang putih bubuk, ketumbar bubuk, atau jinten bubuk.

Dengan melakukan pengbumbuan singkong goreng dengan garam dan merica secukupnya, Anda akan mendapatkan singkong goreng merekah yang gurih, sedap, dan nikmat.

Penyajian


Penyajian, Resep7-10k

Penyajian merupakan salah satu aspek penting dalam cara buat singkong goreng merekah. Proses ini bertujuan untuk membuat singkong goreng merekah lebih menarik dan nikmat untuk disantap.

Singkong goreng merekah yang disajikan selagi hangat akan memiliki tekstur yang lebih renyah dan gurih. Hal ini karena saat masih hangat, singkong goreng masih dalam kondisi kering dan belum menyerap banyak udara. Selain itu, singkong goreng yang disajikan selagi hangat akan lebih mudah dicerna dan tidak membuat perut kembung.

Saus atau sambal merupakan pelengkap yang sangat cocok untuk disajikan bersama singkong goreng merekah. Saus atau sambal akan memberikan rasa tambahan pada singkong goreng dan membuatnya lebih nikmat. Ada berbagai macam saus atau sambal yang dapat digunakan, seperti saus kacang, sambal kecap, atau sambal terasi. Pemilihan saus atau sambal dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Dengan melakukan penyajian singkong goreng merekah dengan benar, Anda akan mendapatkan singkong goreng merekah yang renyah, gurih, nikmat, dan menarik untuk disantap.

FAQ Cara Buat Singkong Goreng Mere

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai cara membuat singkong goreng merekah:

Pertanyaan 1: Apa saja tips untuk membuat singkong goreng merekah?

Jawaban: Ada beberapa tips untuk membuat singkong goreng merekah, yaitu:

  • Pilih singkong yang masih segar dan berukuran sedang.
  • Kupas singkong hingga bersih dan potong-potong sesuai selera.
  • Rendam singkong dalam air kapur selama beberapa jam.
  • Goreng singkong dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.
  • Bumbui singkong goreng dengan garam dan merica secukupnya.
  • Sajikan singkong goreng merekah selagi hangat dengan saus atau sambal favorit Anda.

Pertanyaan 2: Mengapa singkong goreng saya tidak renyah?

Jawaban: Ada beberapa kemungkinan penyebab singkong goreng tidak renyah, yaitu:

  • Singkong yang digunakan tidak segar.
  • Singkong tidak direndam dalam air kapur.
  • Minyak goreng tidak cukup panas.
  • Singkong digoreng terlalu lama.
  • Setelah digoreng, singkong tidak langsung ditiriskan.

Pertanyaan 3: Saus atau sambal apa yang cocok untuk disajikan dengan singkong goreng merekah?

Jawaban: Ada banyak jenis saus atau sambal yang cocok untuk disajikan dengan singkong goreng merekah, seperti:

  • Saus kacang
  • Sambal kecap
  • Sambal terasi
  • Sambal hijau
  • Sambal bawang

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menyimpan singkong goreng merekah agar tetap renyah?

Jawaban: Ada beberapa cara untuk menyimpan singkong goreng merekah agar tetap renyah, yaitu:

  • Simpan singkong goreng dalam wadah kedap udara.
  • Simpan singkong goreng di tempat yang sejuk dan kering.
  • Jika ingin menghangatkan kembali singkong goreng, goreng kembali dalam minyak panas selama beberapa saat.

Pertanyaan 5: Apa manfaat mengonsumsi singkong goreng merekah?

Jawaban: Singkong goreng merekah tidak memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Namun, singkong goreng merekah dapat menjadi camilan yang mengenyangkan dan dapat membantu meningkatkan asupan karbohidrat.

Pertanyaan 6: Apakah singkong goreng merekah cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Jawaban: Singkong goreng merekah memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai cara membuat singkong goreng merekah. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel selanjutnya: Aneka Resep Singkong Goreng yang Enak dan Mudah Dibuat

Tips Membuat Singkong Goreng Mere

Untuk mendapatkan hasil singkong goreng yang renyah dan gurih, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan. Tips-tips ini akan membantu Anda dalam mengolah singkong goreng yang lezat dan nikmat.

Tip 1: Pemilihan Singkong
Pilih singkong yang masih segar dan berukuran sedang. Singkong yang masih segar akan menghasilkan gorengan yang renyah, sedangkan singkong yang berukuran sedang akan matang merata saat digoreng.

Tip 2: Pengupasan dan Pemotongan
Kupas singkong hingga bersih, kemudian potong-potong sesuai selera. Pastikan potongan singkong memiliki ukuran yang sama agar matang merata saat digoreng.

Tip 3: Perendaman
Rendam singkong dalam air kapur selama beberapa jam. Proses perendaman ini akan membantu singkong menjadi lebih renyah dan tidak mudah alot saat digoreng.

Tip 4: Penggorengan
Goreng singkong dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan. Gunakan minyak goreng yang bersih dan pastikan minyak sudah panas sebelum memasukkan singkong. Goreng singkong hingga matang merata.

Tip 5: Pengbumbuan
Setelah digoreng, bumbui singkong dengan garam dan merica secukupnya. Bumbui singkong selagi masih panas agar bumbu meresap dengan baik.

Tip 6: Penyajian
Sajikan singkong goreng selagi hangat dengan saus atau sambal favorit Anda. Singkong goreng yang disajikan dalam keadaan hangat akan memiliki tekstur yang lebih renyah dan gurih.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat singkong goreng merekah yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba!

Baca juga artikel selanjutnya: Aneka Resep Singkong Goreng yang Enak dan Mudah Dibuat

Kesimpulan

Singkong goreng merekah merupakan salah satu makanan ringan yang populer di Indonesia. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan renyah, sehingga sangat digemari oleh masyarakat. Untuk membuat singkong goreng merekah yang lezat, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, yaitu pemilihan singkong yang tepat, pengupasan dan pemotongan yang benar, perendaman dalam air kapur, penggorengan dengan minyak panas, pengbumbuan yang pas, dan penyajian yang menarik.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, maka Anda dapat membuat singkong goreng merekah yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba!

Youtube Video:



About administrator