Resep Pastel Isi Abon Spesial, Dijamin Anti Gagal!


Resep Pastel Isi Abon Spesial, Dijamin Anti Gagal!

Cara membuat pastel isi abon adalah suatu teknik memasak yang digunakan untuk membuat pastel dengan isian abon. Pastel merupakan makanan ringan yang populer di Indonesia, biasanya dibuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan berbagai macam isian, seperti abon, daging cincang, atau sayuran. Abon sendiri merupakan daging yang dikeringkan dan disuwir-suwir, biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam.

Cara membuat pastel isi abon cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti tepung terigu, garam, air, dan minyak goreng untuk membuat adonan pastel. Untuk isiannya, siapkan abon sapi atau ayam secukupnya. Selain itu, siapkan juga telur untuk bahan olesan.

Setelah semua bahan siap, mulailah dengan membuat adonan pastel. Campurkan tepung terigu dan garam dalam sebuah wadah, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu pipihkan masing-masing bagian menggunakan rolling pin. Isi adonan yang sudah dipipihkan dengan abon, lalu lipat dan bentuk sesuai selera. Olesi pastel dengan telur sebelum digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.

Pastel isi abon siap disajikan selagi hangat. Makanan ringan ini cocok dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Selain itu, pastel isi abon juga bisa dijadikan sebagai bekal untuk dibawa ke sekolah atau kantor.

Cara Buat Pastel Isi Abon

Pastel isi abon merupakan makanan ringan yang populer di Indonesia. Cara pembuatannya cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Berikut adalah 8 aspek penting dalam membuat pastel isi abon:

  • Bahan-bahan: Tepung terigu, garam, air, minyak goreng, abon sapi/ayam, telur
  • Adonan: Campur tepung terigu dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis
  • Isian: Siapkan abon sapi/ayam secukupnya
  • Membentuk: Pipihkan adonan, isi dengan abon, lalu lipat dan bentuk sesuai selera
  • Mengoles: Olesi pastel dengan telur sebelum digoreng
  • Menggoreng: Goreng pastel dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan
  • Penyajian: Sajikan pastel isi abon selagi hangat
  • Variasi: Pastel isi abon dapat dikreasikan dengan berbagai variasi isian, seperti daging cincang, sayuran, atau keju

Dalam membuat pastel isi abon, pemilihan bahan-bahan yang berkualitas sangat penting. Tepung terigu yang digunakan harus berkualitas baik agar adonan tidak mudah sobek. Abon yang digunakan juga harus berkualitas baik, tidak berbau tengik, dan tidak terlalu kering. Proses penggorengan juga harus diperhatikan agar pastel tidak gosong dan matang merata. Pastel isi abon dapat dinikmati sebagai camilan atau makanan pembuka. Makanan ini juga dapat dijadikan sebagai bekal untuk dibawa ke sekolah atau kantor.

Bahan-bahan


Bahan-bahan, Resep7-10k

Bahan-bahan tersebut merupakan komponen penting dalam membuat pastel isi abon. Tepung terigu digunakan untuk membuat adonan pastel, garam untuk menambah rasa, air untuk mengikat adonan, minyak goreng untuk menggoreng pastel, abon sapi/ayam untuk isian, dan telur untuk olesan sebelum digoreng.

  • Tepung terigu: Tepung terigu yang digunakan harus berkualitas baik agar adonan pastel tidak mudah sobek. Jenis tepung terigu yang cocok untuk membuat pastel isi abon adalah tepung terigu protein sedang.
  • Garam: Garam berfungsi untuk menambah rasa pada adonan pastel. Jumlah garam yang digunakan harus disesuaikan dengan selera masing-masing.
  • Air: Air digunakan untuk mengikat adonan pastel. Jumlah air yang digunakan harus sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis.
  • Minyak goreng: Minyak goreng digunakan untuk menggoreng pastel. Jenis minyak goreng yang digunakan bisa minyak goreng kelapa sawit, minyak goreng jagung, atau minyak goreng kanola.
  • Abon sapi/ayam: Abon sapi/ayam merupakan isian utama pastel isi abon. Abon yang digunakan harus berkualitas baik, tidak berbau tengik, dan tidak terlalu kering.
  • Telur: Telur digunakan untuk olesan pada pastel sebelum digoreng. Olesan telur berfungsi untuk membuat pastel berwarna kuning keemasan saat digoreng.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik dan mengikuti langkah-langkah pembuatan pastel isi abon dengan benar, maka akan dihasilkan pastel isi abon yang lezat dan nikmat.

Adonan


Adonan, Resep7-10k

Langkah ini merupakan tahap awal dalam membuat pastel isi abon, yaitu membuat adonan pastel. Adonan yang baik akan menghasilkan pastel yang renyah dan tidak mudah sobek saat digoreng. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat adonan pastel:

  • Gunakan tepung terigu berkualitas baik. Tepung terigu yang baik akan menghasilkan adonan yang elastis dan tidak mudah putus.
  • Tambahkan garam secukupnya. Garam berfungsi untuk menambah rasa pada adonan pastel.
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Hal ini bertujuan agar adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras.
  • Aduk adonan hingga kalis. Adonan yang kalis tidak lengket di tangan dan mudah dibentuk.

Setelah adonan kalis, diamkan selama kurang lebih 30 menit agar gluten dalam tepung terigu mengendur. Hal ini akan membuat adonan lebih mudah dibentuk dan tidak mudah sobek saat digoreng.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat adonan pastel yang baik dan siap untuk diisi dengan abon dan dibentuk sesuai selera.

Isian


Isian, Resep7-10k

Isian merupakan komponen penting dalam pembuatan pastel isi abon. Abon sapi/ayam yang digunakan sebagai isian harus berkualitas baik agar menghasilkan pastel yang lezat. Abon yang berkualitas baik memiliki tekstur yang kering dan tidak berbau tengik.

Jumlah abon yang digunakan sebagai isian harus secukupnya. Jika terlalu sedikit, pastel akan terasa kosong dan kurang nikmat. Sebaliknya, jika terlalu banyak, pastel akan sulit dibentuk dan mudah sobek saat digoreng.

Selain abon sapi/ayam, isian pastel juga dapat dikreasikan dengan berbagai bahan lain, seperti daging cincang, sayuran, atau keju. Namun, abon sapi/ayam tetap menjadi isian yang paling umum digunakan dalam pembuatan pastel isi abon.

Dengan menggunakan abon sapi/ayam secukupnya sebagai isian, pastel yang dihasilkan akan memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Isian abon juga akan menambah tekstur pada pastel, sehingga lebih menarik untuk disantap.

Membentuk


Membentuk, Resep7-10k

Tahap membentuk pastel merupakan salah satu tahap penting dalam cara membuat pastel isi abon. Pada tahap ini, adonan pastel yang telah dibuat akan diisi dengan abon sapi/ayam, kemudian dibentuk sesuai selera.

  • Pipihkan adonan: Adonan pastel yang telah didiamkan selama 30 menit dipipihkan menggunakan rolling pin hingga tipis. Ketebalan adonan harus sama agar pastel matang merata saat digoreng.
  • Isi dengan abon: Setelah adonan dipipihkan, beri isian abon sapi/ayam secukupnya. Jumlah abon yang digunakan harus disesuaikan dengan ukuran pastel yang diinginkan.
  • Lipat dan bentuk: Adonan yang sudah diisi abon kemudian dilipat dan dibentuk sesuai selera. Bentuk pastel yang umum adalah bentuk setengah lingkaran, namun bisa juga dibentuk sesuai kreativitas masing-masing.

Dengan membentuk pastel dengan baik dan benar, pastel isi abon akan memiliki tampilan yang menarik dan matang merata saat digoreng. Selain itu, pastel yang dibentuk dengan baik juga tidak mudah sobek saat digoreng.

Mengoles


Mengoles, Resep7-10k

Mengoles pastel dengan telur sebelum digoreng merupakan salah satu tahap penting dalam cara buat pastel isi abon. Hal ini bertujuan untuk memberikan warna kuning keemasan yang menarik pada pastel setelah digoreng. Selain itu, olesan telur juga dapat membuat pastel menjadi lebih renyah dan gurih.

  • Fungsi Olesan Telur: Olesan telur pada pastel berfungsi sebagai bahan pelapis yang akan mengering dan mengeras saat digoreng. Lapisan ini akan memberikan warna kuning keemasan pada pastel dan membuatnya menjadi lebih renyah.
  • Jenis Telur: Untuk mengoles pastel, sebaiknya gunakan telur ayam kampung. Telur ayam kampung memiliki warna kuning yang lebih pekat sehingga akan memberikan warna yang lebih menarik pada pastel.
  • Cara Mengoles: Oleskan telur pada seluruh permukaan pastel secara merata menggunakan kuas atau jari tangan. Pastikan seluruh permukaan pastel terlapisi oleh telur agar warnanya menjadi kuning keemasan setelah digoreng.
  • Pengaruh pada Tekstur: Olesan telur juga dapat mempengaruhi tekstur pastel. Pastel yang dioles dengan telur akan menjadi lebih renyah dan gurih. Hal ini karena telur akan membentuk lapisan yang akan mengering dan mengeras saat digoreng.

Dengan mengoles pastel dengan telur sebelum digoreng, pastel isi abon akan memiliki tampilan yang lebih menarik dan tekstur yang lebih renyah dan gurih. Olesan telur juga dapat mencegah pastel menjadi terlalu kering dan keras.

Menggoreng


Menggoreng, Resep7-10k

Menggoreng pastel dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan merupakan salah satu tahap penting dalam cara buat pastel isi abon. Proses penggorengan yang tepat akan menghasilkan pastel yang renyah, gurih, dan matang merata. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam menggoreng pastel:

  • Suhu minyak: Minyak goreng harus dipanaskan hingga suhu yang tepat, yaitu sekitar 180-190 derajat Celcius. Suhu minyak yang terlalu rendah akan membuat pastel menyerap terlalu banyak minyak dan menjadi lembek, sedangkan suhu minyak yang terlalu tinggi akan membuat pastel cepat gosong.
  • Jumlah minyak: Minyak goreng harus cukup banyak agar pastel terendam seluruhnya. Hal ini akan membuat pastel matang merata dan berwarna kuning keemasan.
  • Waktu penggorengan: Waktu penggorengan harus disesuaikan dengan ukuran pastel. Pastel berukuran kecil biasanya digoreng selama 5-7 menit, sedangkan pastel berukuran besar digoreng selama 7-10 menit. Goreng pastel hingga berwarna kuning keemasan dan matang merata.

Dengan menggoreng pastel dengan benar, pastel isi abon akan memiliki tekstur yang renyah, gurih, dan matang merata. Pastel yang digoreng hingga berwarna kuning keemasan juga akan terlihat lebih menarik dan menggugah selera.

Selain itu, proses penggorengan juga dapat menghilangkan kandungan air dalam pastel, sehingga pastel menjadi lebih tahan lama. Pastel isi abon yang digoreng dengan benar dapat bertahan hingga beberapa hari jika disimpan dalam wadah kedap udara.

Dengan memahami teknik menggoreng pastel yang benar, Anda dapat membuat pastel isi abon yang lezat dan nikmat. Pastel isi abon yang digoreng dengan baik akan menjadi camilan atau makanan pembuka yang disukai oleh semua orang.

Penyajian


Penyajian, Resep7-10k

Dalam cara buat pastel isi abon, penyajian merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan pastel yang sempurna. Sajian pastel isi abon yang tepat akan meningkatkan cita rasa dan kenikmatan saat menyantap makanan ini.

  • Menikmati Tekstur Pastel yang Renyah

    Menyajikan pastel isi abon selagi hangat memungkinkan Anda untuk menikmati tekstur pastel yang renyah dan garing. Saat pastel masih hangat, kulit pastel akan terasa lebih renyah dan tidak lembek, memberikan sensasi yang menyenangkan saat digigit.

  • Aroma dan Rasa yang Optimal

    Aroma dan rasa pastel isi abon akan lebih optimal saat disajikan selagi hangat. Suhu hangat membantu mengeluarkan aroma khas dari abon dan bumbu-bumbu yang digunakan, sehingga cita rasa pastel menjadi lebih kaya dan menggugah selera.

  • Menjaga Kualitas Pastel

    Menyajikan pastel isi abon selagi hangat juga dapat membantu menjaga kualitas pastel. Pastel yang disajikan dalam kondisi hangat akan lebih cepat habis disantap, sehingga meminimalkan risiko pastel menjadi dingin, lembek, atau bahkan basi.

  • Faktor Estetika

    Pastel isi abon yang disajikan selagi hangat memiliki tampilan yang lebih menarik dan menggugah selera. Warna kuning keemasan pada kulit pastel akan terlihat lebih cerah dan mengkilat saat masih hangat, membuat pastel tampak lebih mengundang untuk disantap.

Dengan memahami pentingnya penyajian pastel isi abon selagi hangat, Anda dapat menyajikan pastel yang tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki kualitas dan tampilan yang optimal. Sajian pastel isi abon yang tepat akan semakin menyempurnakan pengalaman kuliner Anda dan membuat makanan ini menjadi hidangan yang istimewa.

Variasi


Variasi, Resep7-10k

Pada pembuatan pastel isi abon, variasi isian memegang peranan penting dalam menciptakan cita rasa dan tekstur yang berbeda. Meskipun abon sapi atau ayam merupakan isian yang umum digunakan, terdapat berbagai variasi isian yang dapat dieksplorasi untuk menghasilkan pastel dengan karakteristik unik.

  • Daging Cincang:
    Menggunakan daging cincang sebagai isian pastel dapat memberikan tekstur yang lebih padat dan gurih. Daging cincang yang digunakan dapat berupa daging sapi, ayam, atau babi, yang sebelumnya telah dibumbui dan ditumis hingga matang.
  • Sayuran:
    Bagi penyuka sayuran, pastel isi sayuran dapat menjadi pilihan yang menyegarkan. Sayuran yang dapat digunakan sebagai isian antara lain wortel, kentang, buncis, atau kol, yang dipotong dadu atau diiris tipis lalu ditumis hingga layu.
  • Keju:
    Keju merupakan salah satu bahan yang populer digunakan untuk menambah cita rasa pastel. Keju parut atau keju cheddar yang dipotong dadu dapat ditambahkan ke dalam isian abon, memberikan sensasi gurih dan creamy saat digigit.
  • Kombinasi Isian:
    Untuk menciptakan variasi rasa yang lebih kompleks, kombinasi isian yang berbeda dapat digunakan. Misalnya, kombinasi abon sapi dan daging cincang, atau abon ayam dengan sayuran dan keju, dapat menghasilkan pastel dengan cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Eksplorasi terhadap variasi isian pastel isi abon memberikan kesempatan untuk menciptakan hidangan yang tidak hanya lezat, tetapi juga sesuai dengan preferensi dan kreativitas masing-masing individu. Dengan memahami peran dan potensi variasi isian, para penikmat pastel dapat menikmati sajian pastel dengan karakteristik yang beragam dan selalu menggugah selera.

Pertanyaan Umum tentang Cara Buat Pastel Isi Abon

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang cara buat pastel isi abon, lengkap dengan jawaban informatifnya:

Pertanyaan 1: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pastel isi abon?

Jawaban: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pastel isi abon meliputi tepung terigu, garam, air, minyak goreng, abon sapi atau ayam, dan telur.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat adonan pastel yang baik?

Jawaban: Untuk membuat adonan pastel yang baik, campurkan tepung terigu dan garam, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.

Pertanyaan 3: Apa saja variasi isian yang bisa digunakan dalam pastel isi abon?

Jawaban: Selain abon sapi atau ayam, variasi isian yang bisa digunakan dalam pastel isi abon antara lain daging cincang, sayuran seperti wortel dan kentang, dan keju.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menggoreng pastel isi abon agar hasilnya renyah dan tidak berminyak?

Jawaban: Untuk menggoreng pastel isi abon agar renyah dan tidak berminyak, gunakan minyak goreng yang cukup banyak dan panaskan hingga suhu yang tepat, yaitu sekitar 180-190 derajat Celcius.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menyimpan pastel isi abon agar tetap renyah?

Jawaban: Untuk menyimpan pastel isi abon agar tetap renyah, simpan dalam wadah kedap udara dan jauhkan dari tempat yang lembab.

Kesimpulan: Dengan memahami cara buat pastel isi abon yang tepat, Anda dapat membuat pastel dengan cita rasa yang lezat dan tekstur yang renyah. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan variasi isian untuk menciptakan pastel yang sesuai dengan selera Anda.

Artikel Selanjutnya: Tips Memilih Bahan-bahan Berkualitas untuk Pastel Isi Abon

Tips Membuat Pastel Isi Abon

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat pastel isi abon yang lezat dan sempurna:

Tip 1: Gunakan Bahan Berkualitas
Kualitas bahan yang digunakan sangat penting dalam membuat pastel isi abon yang lezat. Gunakan tepung terigu protein sedang untuk membuat adonan yang kenyal dan tidak mudah sobek. Pilih abon sapi atau ayam yang berkualitas baik, tidak berbau tengik, dan tidak terlalu kering.

Tip 2: Buat Adonan yang Kalis
Adonan yang kalis akan menghasilkan pastel yang renyah dan tidak mudah pecah saat digoreng. Campurkan tepung terigu dan garam, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan menyatu dan tidak lengket di tangan.

Tip 3: Beri Isian Secukupnya
Jumlah isian yang digunakan harus secukupnya. Jika terlalu sedikit, pastel akan terasa kosong. Jika terlalu banyak, pastel akan sulit dibentuk dan mudah sobek saat digoreng.

Tip 4: Bentuk Pastel dengan Rapi
Bentuk pastel yang rapi akan membuat pastel terlihat lebih menarik dan matang merata saat digoreng. Pipihkan adonan, beri isian, lalu lipat dan bentuk pastel sesuai selera. Pastikan seluruh permukaan pastel tertutup rapat agar isian tidak keluar saat digoreng.

Tip 5: Goreng dalam Minyak Panas
Gunakan minyak goreng yang cukup banyak dan panaskan hingga suhu yang tepat, yaitu sekitar 180-190 derajat Celcius. Goreng pastel hingga berwarna kuning keemasan dan matang merata. Jangan menggoreng pastel dengan api terlalu besar karena dapat membuat pastel gosong.

Tip 6: Sajikan Selagi Hangat
Pastel isi abon paling nikmat disajikan selagi hangat. Saat masih hangat, kulit pastel akan terasa renyah dan isiannya akan terasa gurih dan lezat.

Kesimpulan:
Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat pastel isi abon yang lezat dan sempurna. Pastel isi abon merupakan makanan ringan tradisional Indonesia yang digemari oleh semua orang. Sajikan pastel isi abon selagi hangat dengan teh atau kopi untuk teman bersantai atau sebagai hidangan pembuka.

Kesimpulan

Dalam pembuatan pastel isi abon, terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, mulai dari pemilihan bahan, pembuatan adonan, pemberian isian, pembentukan pastel, proses penggorengan, hingga penyajian. Dengan memahami dan menerapkan setiap aspek tersebut dengan baik, Anda dapat menghasilkan pastel isi abon yang lezat dan menggugah selera.

Pastel isi abon merupakan salah satu makanan ringan tradisional Indonesia yang banyak digemari. Sajikan pastel isi abon selagi hangat dengan secangkir teh atau kopi untuk menemani waktu bersantai Anda. Selain itu, pastel isi abon juga dapat menjadi pilihan hidangan pembuka yang menggugah selera.

Youtube Video:



About admin