Resep Rahasia Inti Kacang Hijau Lumer yang Bikin Ketagihan


Resep Rahasia Inti Kacang Hijau Lumer yang Bikin Ketagihan

Inti kacang hijau merupakan isian berwarna hijau yang banyak digunakan dalam berbagai jenis makanan di Indonesia, seperti onde-onde, bakpia, dan kue pukis. Inti kacang hijau dibuat dari kacang hijau yang dikupas, direbus, dan dihaluskan hingga menjadi pasta. Kacang hijau sendiri merupakan sumber protein, serat, dan vitamin B yang baik untuk kesehatan.

Inti kacang hijau memiliki rasa yang manis dan legit, serta tekstur yang lembut dan lumer di mulut. Selain memberikan cita rasa yang khas pada makanan, inti kacang hijau juga menambah nilai gizi pada makanan tersebut. Inti kacang hijau juga dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan es kacang hijau, bubur kacang hijau, dan minuman kacang hijau.

Cara membuat inti kacang hijau cukup mudah. Kacang hijau yang telah dikupas direbus hingga empuk, kemudian dihaluskan menggunakan blender atau food processor hingga menjadi pasta yang halus. Pasta kacang hijau tersebut kemudian dimasak kembali dengan gula pasir, garam, dan daun pandan hingga menjadi kental dan berwarna hijau tua. Inti kacang hijau yang telah jadi dapat disimpan di lemari es selama beberapa hari.

Cara Buat Inti Kacang Hijau

Inti kacang hijau merupakan isian berwarna hijau yang banyak digunakan dalam berbagai jenis makanan di Indonesia. Inti kacang hijau dibuat dari kacang hijau yang dikupas, direbus, dan dihaluskan hingga menjadi pasta. Kacang hijau sendiri merupakan sumber protein, serat, dan vitamin B yang baik untuk kesehatan.

  • Bahan dasar: Kacang hijau
  • Proses pembuatan: Dikupas, direbus, dihaluskan
  • Tekstur: Lembut, lumer
  • Rasa: Manis, legit
  • Warna: Hijau tua
  • Kandungan gizi: Protein, serat, vitamin B
  • Penyimpanan: Lemari es
  • Kegunaan: Isian onde-onde, bakpia, kue pukis
  • Variasi: Es kacang hijau, bubur kacang hijau
  • Manfaat: Menambah nilai gizi makanan

Inti kacang hijau memiliki cita rasa yang khas dan dapat membuat makanan menjadi lebih nikmat. Selain itu, inti kacang hijau juga memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Inti kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, sehingga dapat dinikmati dalam berbagai kesempatan.

Bahan dasar


Bahan Dasar, Resep7-10k

Kacang hijau merupakan bahan dasar utama dalam pembuatan inti kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan protein, serat, dan vitamin B yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Kacang hijau yang digunakan untuk membuat inti kacang hijau harus berkualitas baik, tidak berlubang atau pecah, dan berwarna hijau segar.

  • Jenis kacang hijau
    Ada beberapa jenis kacang hijau yang dapat digunakan untuk membuat inti kacang hijau, seperti kacang hijau kupas, kacang hijau belah, dan kacang hijau utuh. Masing-masing jenis kacang hijau memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga dapat memengaruhi rasa dan tekstur inti kacang hijau yang dihasilkan.
  • Proses pengolahan
    Sebelum digunakan untuk membuat inti kacang hijau, kacang hijau harus diolah terlebih dahulu. Proses pengolahan kacang hijau meliputi penyortiran, pencucian, dan perebusan. Penyortiran dilakukan untuk menghilangkan kacang hijau yang rusak atau kotor. Pencucian dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada kacang hijau. Perebusan dilakukan untuk melunakkan kacang hijau sehingga mudah dihaluskan.
  • Rendam kacang hijau
    Sebelum direbus, kacang hijau dapat direndam terlebih dahulu dalam air selama beberapa jam atau semalaman. Perendaman dapat membantu mempercepat proses pemasakan dan membuat kacang hijau lebih empuk. Setelah direndam, kacang hijau harus ditiriskan dan dicuci kembali sebelum direbus.
  • Kualitas kacang hijau
    Kualitas kacang hijau sangat memengaruhi hasil akhir inti kacang hijau. Kacang hijau yang berkualitas baik akan menghasilkan inti kacang hijau yang lembut, tidak bergerindil, dan berwarna hijau cerah. Sebaliknya, kacang hijau yang berkualitas buruk akan menghasilkan inti kacang hijau yang keras, bergerindil, dan berwarna kusam.

Pemilihan bahan dasar kacang hijau yang tepat dan proses pengolahan yang benar sangat penting untuk menghasilkan inti kacang hijau yang berkualitas baik. Inti kacang hijau yang berkualitas baik akan membuat makanan yang menggunakannya menjadi lebih lezat dan bergizi.

Proses Pembuatan


Proses Pembuatan, Resep7-10k

Proses pembuatan ini merupakan langkah-langkah penting dalam pembuatan inti kacang hijau. Proses ini dimulai dengan pengupasan kacang hijau untuk menghilangkan kulit arinya. Pengupasan dapat dilakukan dengan menggunakan tangan atau mesin. Setelah dikupas, kacang hijau direbus hingga empuk. Proses perebusan ini bertujuan untuk melunakkan kacang hijau sehingga mudah dihaluskan.

Setelah direbus, kacang hijau dihaluskan menggunakan blender atau food processor hingga menjadi pasta yang lembut dan halus. Pasta kacang hijau ini kemudian dimasak kembali dengan gula pasir, garam, dan daun pandan hingga menjadi kental dan berwarna hijau tua. Inti kacang hijau yang telah jadi dapat disimpan di lemari es selama beberapa hari.

Proses pembuatan inti kacang hijau yang tepat akan menghasilkan inti kacang hijau yang berkualitas baik. Inti kacang hijau yang berkualitas baik memiliki tekstur yang lembut, tidak bergerindil, dan berwarna hijau cerah. Inti kacang hijau yang berkualitas baik akan membuat makanan yang menggunakannya menjadi lebih lezat dan bergizi.

Tekstur


Tekstur, Resep7-10k

Tekstur yang lembut dan lumer merupakan salah satu ciri khas dari inti kacang hijau yang berkualitas baik. Tekstur ini memberikan sensasi yang nikmat saat dinikmati dan membuat makanan yang menggunakan inti kacang hijau menjadi lebih lezat.

  • Proses pemasakan yang tepat
    Tekstur inti kacang hijau yang lembut dan lumer sangat dipengaruhi oleh proses pemasakan yang tepat. Kacang hijau harus direbus hingga benar-benar empuk dan dihaluskan hingga menjadi pasta yang halus. Proses pemasakan yang terlalu singkat akan menghasilkan inti kacang hijau yang keras dan bergerindil, sedangkan proses pemasakan yang terlalu lama akan membuat inti kacang hijau menjadi lembek dan encer.
  • Jenis kacang hijau
    Jenis kacang hijau yang digunakan juga dapat memengaruhi tekstur inti kacang hijau. Kacang hijau yang berukuran kecil dan bulat cenderung menghasilkan inti kacang hijau yang lebih lembut dan lumer dibandingkan dengan kacang hijau yang berukuran besar dan pipih.
  • Penambahan bahan lain
    Penambahan bahan lain seperti gula pasir, garam, dan daun pandan pada saat pemasakan juga dapat memengaruhi tekstur inti kacang hijau. Gula pasir dapat membuat inti kacang hijau menjadi lebih kental dan legit, sedangkan garam dapat membuat inti kacang hijau menjadi lebih gurih. Daun pandan dapat memberikan aroma yang harum dan membuat inti kacang hijau menjadi lebih berwarna hijau.
  • Penyimpanan
    Penyimpanan inti kacang hijau yang tepat juga dapat memengaruhi teksturnya. Inti kacang hijau yang disimpan dalam lemari es akan lebih awet dan teksturnya akan tetap lembut dan lumer. Sebaliknya, inti kacang hijau yang disimpan pada suhu ruang akan lebih cepat basi dan teksturnya akan menjadi keras dan kering.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, kita dapat membuat inti kacang hijau dengan tekstur yang lembut dan lumer, sehingga makanan yang menggunakannya menjadi lebih nikmat dan menggugah selera.

Rasa


Rasa, Resep7-10k

Rasa manis dan legit merupakan ciri khas dari inti kacang hijau yang berkualitas baik. Rasa ini memberikan sensasi yang nikmat saat dinikmati dan membuat makanan yang menggunakan inti kacang hijau menjadi lebih lezat.

Rasa manis pada inti kacang hijau berasal dari kandungan gula alami pada kacang hijau. Gula alami ini akan keluar dan bercampur dengan bahan-bahan lain seperti gula pasir dan garam pada saat pemasakan. Proses pemasakan yang tepat akan menghasilkan inti kacang hijau yang manis dan legit, tidak terlalu manis dan tidak juga terlalu hambar.

Kacang hijau yang digunakan juga memengaruhi rasa manis pada inti kacang hijau. Kacang hijau yang manis akan menghasilkan inti kacang hijau yang manis pula. Kacang hijau yang berukuran kecil dan bulat cenderung lebih manis dibandingkan dengan kacang hijau yang berukuran besar dan pipih.

Selain rasa manis, inti kacang hijau juga memiliki rasa legit. Rasa legit ini berasal dari kandungan pati pada kacang hijau. Pati akan mengental pada saat pemasakan dan memberikan tekstur yang lembut dan legit pada inti kacang hijau.

Rasa manis dan legit pada inti kacang hijau sangat penting karena dapat meningkatkan cita rasa makanan yang menggunakannya. Inti kacang hijau yang manis dan legit akan membuat makanan menjadi lebih nikmat dan menggugah selera.

Warna


Warna, Resep7-10k

Warna hijau tua merupakan ciri khas dari inti kacang hijau yang berkualitas baik. Warna ini berasal dari kandungan klorofil pada kacang hijau. Klorofil merupakan zat hijau yang terdapat pada tumbuhan dan berfungsi untuk menyerap cahaya matahari yang digunakan untuk fotosintesis.

Pada saat pembuatan inti kacang hijau, klorofil dari kacang hijau akan keluar dan bercampur dengan bahan-bahan lain seperti gula pasir dan garam. Proses pemasakan yang tepat akan menghasilkan inti kacang hijau yang berwarna hijau tua dan cerah. Inti kacang hijau yang berwarna hijau tua menunjukkan bahwa kacang hijau yang digunakan berkualitas baik dan proses pemasakannya tepat.

Sebaliknya, inti kacang hijau yang berwarna pucat atau kecoklatan menunjukkan bahwa kacang hijau yang digunakan berkualitas buruk atau proses pemasakannya tidak tepat. Inti kacang hijau yang berwarna pucat biasanya berasal dari kacang hijau yang sudah tua dan kering, sedangkan inti kacang hijau yang berwarna kecoklatan biasanya disebabkan oleh proses pemasakan yang terlalu lama.

Warna hijau tua pada inti kacang hijau sangat penting karena dapat meningkatkan cita rasa dan penampilan makanan yang menggunakannya. Inti kacang hijau yang berwarna hijau tua akan membuat makanan menjadi lebih menarik dan menggugah selera.

Kandungan Gizi


Kandungan Gizi, Resep7-10k

Inti kacang hijau tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tetapi juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Inti kacang hijau merupakan sumber protein, serat, dan vitamin B yang baik untuk kesehatan.

  • Protein
    Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan. Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang baik. Protein dalam inti kacang hijau dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian tubuh.
  • Serat
    Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan mengontrol gula darah. Inti kacang hijau merupakan sumber serat yang baik. Serat dalam inti kacang hijau dapat membantu melancarkan pencernaan dan membuat merasa kenyang lebih lama.
  • Vitamin B
    Vitamin B adalah kelompok vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh. Vitamin B berperan dalam berbagai proses metabolisme, seperti produksi energi, pembentukan sel darah merah, dan fungsi sistem saraf. Inti kacang hijau merupakan sumber vitamin B yang baik, seperti vitamin B1, B2, dan B6.

Kandungan gizi yang tinggi pada inti kacang hijau menjadikannya bahan makanan yang sehat dan bergizi. Inti kacang hijau dapat dikonsumsi sebagai isian makanan seperti onde-onde, bakpia, dan kue pukis, atau diolah menjadi berbagai jenis makanan lainnya seperti es kacang hijau, bubur kacang hijau, dan minuman kacang hijau. Dengan mengonsumsi inti kacang hijau, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan sekaligus menikmati cita rasanya yang lezat.

Penyimpanan


Penyimpanan, Resep7-10k

Penyimpanan inti kacang hijau dalam lemari es merupakan langkah penting untuk menjaga kualitas dan rasanya. Inti kacang hijau yang disimpan dalam lemari es dapat bertahan hingga beberapa hari tanpa mengalami perubahan rasa atau tekstur yang signifikan.

Penyimpanan dalam lemari es membantu memperlambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang dapat merusak inti kacang hijau. Bakteri dan mikroorganisme ini dapat menyebabkan inti kacang hijau menjadi basi, berlendir, dan berubah warna. Suhu dingin dalam lemari es menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme tersebut, sehingga inti kacang hijau tetap awet dan aman dikonsumsi.

Selain itu, penyimpanan dalam lemari es juga membantu menjaga tekstur inti kacang hijau tetap lembut dan lumer. Inti kacang hijau yang disimpan pada suhu ruang cenderung lebih cepat mengeras dan kering, sehingga teksturnya menjadi kurang nikmat. Suhu dingin dalam lemari es membantu menjaga kelembapan inti kacang hijau, sehingga teksturnya tetap lembut dan lumer.

Oleh karena itu, penyimpanan inti kacang hijau dalam lemari es sangat penting untuk menjaga kualitas, rasa, dan teksturnya. Inti kacang hijau yang disimpan dengan baik dapat digunakan sebagai isian makanan atau diolah menjadi berbagai jenis makanan lainnya tanpa khawatir akan mengalami kerusakan atau perubahan rasa.

Kegunaan


Kegunaan, Resep7-10k

Inti kacang hijau merupakan isian yang sangat populer untuk berbagai jenis makanan Indonesia, seperti onde-onde, bakpia, dan kue pukis. Kegunaan inti kacang hijau sebagai isian makanan ini sangat erat kaitannya dengan cara pembuatannya. Inti kacang hijau yang dibuat dengan baik akan memiliki tekstur yang lembut, lumer, dan rasa yang manis dan legit. Tekstur dan rasa ini sangat cocok untuk digunakan sebagai isian makanan, karena dapat memberikan sensasi yang nikmat saat dimakan.

Selain itu, inti kacang hijau juga memiliki warna hijau tua yang menarik, sehingga dapat menambah nilai estetika pada makanan yang menggunakannya. Warna hijau tua ini berasal dari kandungan klorofil pada kacang hijau, yang merupakan zat hijau yang terdapat pada tumbuhan. Kandungan klorofil ini juga memiliki manfaat kesehatan, seperti antioksidan dan anti-inflamasi.

Secara keseluruhan, kegunaan inti kacang hijau sebagai isian onde-onde, bakpia, dan kue pukis sangat penting karena dapat memberikan rasa, tekstur, dan warna yang khas pada makanan tersebut. Inti kacang hijau yang dibuat dengan baik akan membuat makanan menjadi lebih lezat dan menarik, sehingga dapat dinikmati oleh semua orang.

Variasi


Variasi, Resep7-10k

Inti kacang hijau tidak hanya dapat digunakan sebagai isian makanan, tetapi juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan lainnya, seperti es kacang hijau dan bubur kacang hijau. Variasi olahan ini memperluas penggunaan inti kacang hijau dan menunjukkan fleksibilitasnya sebagai bahan makanan.

  • Es kacang hijau

    Es kacang hijau merupakan minuman dingin yang terbuat dari kacang hijau yang direbus dan dihaluskan, kemudian dicampur dengan santan, gula, dan es serut. Inti kacang hijau digunakan sebagai isian es kacang hijau, memberikan rasa manis dan legit yang menyegarkan pada minuman ini.

  • Bubur kacang hijau

    Bubur kacang hijau merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kacang hijau yang direbus hingga pecah dan menjadi bubur. Bubur kacang hijau dapat disajikan dengan berbagai topping, seperti santan, gula merah, dan ketan hitam. Inti kacang hijau dapat digunakan sebagai bahan dasar bubur kacang hijau, memberikan tekstur yang lembut dan rasa yang gurih.

Keberadaan variasi olahan inti kacang hijau, seperti es kacang hijau dan bubur kacang hijau, menunjukkan bahwa inti kacang hijau merupakan bahan makanan yang serbaguna dan memiliki potensi untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan menyegarkan. Variasi olahan ini juga memperluas jangkauan kuliner inti kacang hijau dan membuatnya dapat dinikmati dalam berbagai kesempatan dan suasana.

Manfaat


Manfaat, Resep7-10k

Inti kacang hijau tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tetapi juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Inti kacang hijau merupakan sumber protein, serat, dan vitamin B yang baik untuk kesehatan. Dengan menambahkan inti kacang hijau ke dalam makanan, nilai gizi makanan tersebut akan meningkat secara signifikan.

Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan. Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, tetapi memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan mengontrol gula darah. Vitamin B adalah kelompok vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh, seperti produksi energi, pembentukan sel darah merah, dan fungsi sistem saraf.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung inti kacang hijau, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan tersebut. Misalnya, mengonsumsi onde-onde yang berisi inti kacang hijau dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian tubuh, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Mengonsumsi bubur kacang hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengontrol gula darah, dan meningkatkan produksi energi.

Oleh karena itu, memasukkan inti kacang hijau ke dalam makanan merupakan cara yang baik untuk meningkatkan nilai gizi makanan tersebut dan memperoleh berbagai manfaat kesehatan. Inti kacang hijau dapat digunakan sebagai isian makanan, topping, atau bahan dasar makanan lainnya. Dengan kreasi dan inovasi, inti kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan bergizi.

Pertanyaan Umum tentang Cara Membuat Inti Kacang Hijau

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara membuat inti kacang hijau beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat inti kacang hijau?

Jawaban: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat inti kacang hijau adalah kacang hijau, gula pasir, garam, daun pandan, dan air.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara memilih kacang hijau yang baik untuk membuat inti kacang hijau?

Jawaban: Pilih kacang hijau yang berwarna hijau segar, tidak berlubang atau pecah, dan berukuran sedang.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara memasak kacang hijau untuk membuat inti kacang hijau?

Jawaban: Kacang hijau direbus hingga empuk dan airnya menyusut. Setelah itu, kacang hijau dihaluskan menggunakan blender atau food processor.

Pertanyaan 4: Apa saja tips untuk membuat inti kacang hijau yang lembut dan lumer?

Jawaban: Untuk membuat inti kacang hijau yang lembut dan lumer, gunakan kacang hijau yang berkualitas baik, rebus kacang hijau hingga benar-benar empuk, dan haluskan kacang hijau hingga menjadi pasta yang halus.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menyimpan inti kacang hijau agar tahan lama?

Jawaban: Inti kacang hijau dapat disimpan dalam lemari es hingga beberapa hari. Simpan inti kacang hijau dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelembapannya.

Pertanyaan 6: Apa saja makanan yang dapat dibuat menggunakan inti kacang hijau?

Jawaban: Inti kacang hijau dapat digunakan sebagai isian onde-onde, bakpia, dan kue pukis. Selain itu, inti kacang hijau juga dapat diolah menjadi es kacang hijau dan bubur kacang hijau.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum tentang cara membuat inti kacang hijau. Dengan mengikuti tips-tips yang diberikan, Anda dapat membuat inti kacang hijau yang berkualitas baik dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan yang lezat.

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Tips Cara Membuat Inti Kacang Hijau

Inti kacang hijau merupakan isian yang populer untuk berbagai jenis makanan, seperti onde-onde, bakpia, dan kue pukis. Untuk membuat inti kacang hijau yang berkualitas baik, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Tip 1: Pilih kacang hijau berkualitas baik

Kacang hijau yang berkualitas baik akan menghasilkan inti kacang hijau yang lembut dan lumer. Pilih kacang hijau yang berwarna hijau segar, tidak berlubang atau pecah, dan berukuran sedang.

Tip 2: Rebus kacang hijau hingga benar-benar empuk

Kacang hijau yang direbus hingga benar-benar empuk akan lebih mudah dihaluskan dan menghasilkan inti kacang hijau yang lembut. Rebus kacang hijau hingga airnya menyusut dan kacang hijau menjadi lunak.

Tip 3: Haluskan kacang hijau hingga menjadi pasta yang halus

Untuk mendapatkan inti kacang hijau yang lembut dan lumer, haluskan kacang hijau hingga menjadi pasta yang halus. Gunakan blender atau food processor untuk menghaluskan kacang hijau.

Tip 4: Masak inti kacang hijau dengan gula, garam, dan daun pandan

Setelah kacang hijau halus, masak kembali dengan gula pasir, garam, dan daun pandan. Masak hingga inti kacang hijau menjadi kental dan berwarna hijau tua.

Tip 5: Simpan inti kacang hijau dalam lemari es

Inti kacang hijau dapat disimpan dalam lemari es hingga beberapa hari. Simpan inti kacang hijau dalam wadah kedap udara untuk menjaga kelembapannya.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat inti kacang hijau yang berkualitas baik dan dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan yang lezat.

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Kesimpulan

Pembuatan inti kacang hijau merupakan proses yang penting untuk menghasilkan berbagai jenis makanan yang lezat. Dengan memahami cara membuat inti kacang hijau yang baik dan benar, kita dapat menciptakan makanan yang tidak hanya lezat, tetapi juga sehat dan bergizi. Inti kacang hijau yang berkualitas baik memiliki tekstur yang lembut dan lumer, rasa yang manis dan legit, warna hijau tua, dan kandungan gizi yang tinggi.

Dengan menguasai teknik pembuatan inti kacang hijau, kita dapat memperkaya khazanah kuliner kita dan membuat makanan yang lebih bervariasi. Inti kacang hijau dapat digunakan sebagai isian onde-onde, bakpia, kue pukis, dan berbagai makanan lainnya. Selain itu, inti kacang hijau juga dapat diolah menjadi makanan yang menyegarkan, seperti es kacang hijau dan bubur kacang hijau.

Youtube Video:



About administrator