Rahasia Cara Bikin Kripik Singkong Renyah yang Bikin Nagih!


Rahasia Cara Bikin Kripik Singkong Renyah yang Bikin Nagih!

Kripik singkong renyah adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis dan digoreng hingga kering dan renyah. Kripik singkong renyah biasanya dibumbui dengan garam atau bumbu lainnya untuk menambah rasa.

Kripik singkong renyah merupakan makanan ringan yang populer di Indonesia. Makanan ini mudah dibuat dan memiliki harga yang terjangkau. Kripik singkong renyah juga merupakan sumber karbohidrat yang baik dan dapat dijadikan sebagai camilan sehat.

Berikut ini adalah cara membuat kripik singkong renyah:

  1. Kupas singkong dan cuci bersih.
  2. Iris singkong tipis-tipis menggunakan pisau atau alat pengiris.
  3. Rendam singkong dalam air garam selama 30 menit.
  4. Tiriskan singkong dan keringkan dengan handuk bersih.
  5. Goreng singkong dalam minyak panas hingga kering dan renyah.
  6. Angkat singkong dan tiriskan minyaknya.
  7. Bumbui singkong dengan garam atau bumbu lainnya sesuai selera.

Cara Bikin Kripik Singkong Renyah

Kripik singkong renyah merupakan makanan ringan yang populer di Indonesia. Makanan ini mudah dibuat dan memiliki harga yang terjangkau. Berikut ini adalah 10 aspek penting dalam membuat kripik singkong renyah:

  • Singkong: Gunakan singkong yang masih segar dan berukuran sedang.
  • Mengupas: Kupas singkong hingga bersih dan tidak ada sisa kulitnya.
  • Mencuci: Cuci singkong hingga bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.
  • Mengiris: Iris singkong tipis-tipis menggunakan pisau atau alat pengiris.
  • Merendam: Rendam singkong dalam air garam selama 30 menit untuk menghilangkan getahnya.
  • Mengeringkan: Tiriskan singkong dan keringkan dengan handuk bersih untuk menghilangkan sisa air.
  • Menggoreng: Goreng singkong dalam minyak panas hingga kering dan renyah.
  • Mengangkat: Angkat singkong dan tiriskan minyaknya menggunakan kertas penyerap minyak.
  • Membumbui: Bumbui singkong dengan garam atau bumbu lainnya sesuai selera.
  • Menyajikan: Sajikan kripik singkong renyah selagi hangat.

Dengan memperhatikan 10 aspek penting di atas, Anda dapat membuat kripik singkong renyah yang lezat dan gurih. Kripik singkong renyah dapat dinikmati sebagai camilan atau sebagai pelengkap makanan utama. Makanan ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Indonesia.

Singkong


Singkong, Resep6-10k

Pemilihan singkong yang tepat merupakan faktor penting dalam membuat kripik singkong renyah. Singkong yang masih segar dan berukuran sedang memiliki kandungan air yang lebih sedikit, sehingga akan lebih mudah kering dan renyah saat digoreng. Selain itu, singkong berukuran sedang juga lebih mudah dikupas dan diiris tipis.

  • Kandungan pati

    Singkong yang masih segar memiliki kandungan pati yang lebih tinggi dibandingkan dengan singkong yang sudah lama. Pati inilah yang akan membuat kripik singkong menjadi renyah setelah digoreng.

  • Kadar air

    Singkong berukuran sedang memiliki kadar air yang lebih sedikit dibandingkan dengan singkong berukuran besar. Kadar air yang lebih sedikit akan membuat kripik singkong lebih cepat kering dan renyah saat digoreng.

  • Kemudahan mengupas dan mengiris

    Singkong berukuran sedang lebih mudah dikupas dan diiris tipis dibandingkan dengan singkong berukuran besar. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga saat membuat kripik singkong.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat memilih singkong yang tepat untuk membuat kripik singkong renyah yang lezat dan gurih.

Mengupas


Mengupas, Resep6-10k

Mengupas singkong hingga bersih dan tidak ada sisa kulitnya merupakan salah satu langkah penting dalam membuat kripik singkong renyah. Kulit singkong mengandung getah yang dapat membuat kripik singkong menjadi alot dan tidak renyah. Selain itu, sisa kulit singkong juga dapat membuat kripik singkong menjadi gosong saat digoreng.

Untuk mengupas singkong dengan bersih, gunakan pisau yang tajam dan kupas singkong searah dengan seratnya. Setelah singkong dikupas, cuci singkong hingga bersih untuk menghilangkan sisa getah dan kotoran.

Mengupas singkong hingga bersih dan tidak ada sisa kulitnya akan menghasilkan kripik singkong yang renyah dan gurih. Kripik singkong yang renyah akan lebih nikmat disantap dan tidak akan membuat tenggorokan gatal.

Mencuci


Mencuci, Resep6-10k

Mencuci singkong hingga bersih dan tidak ada kotoran yang menempel merupakan salah satu langkah penting dalam cara bikin kripik singkong renyah. Kotoran yang menempel pada singkong dapat membuat kripik singkong menjadi tidak bersih dan tidak menarik. Selain itu, kotoran juga dapat membuat kripik singkong menjadi alot dan tidak renyah.

Untuk mencuci singkong hingga bersih, gunakan air mengalir dan sikat halus. Sikat singkong searah dengan seratnya untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Setelah singkong bersih, tiriskan singkong dan keringkan dengan handuk bersih.

Mencuci singkong hingga bersih dan tidak ada kotoran yang menempel akan menghasilkan kripik singkong yang renyah dan gurih. Kripik singkong yang bersih dan renyah akan lebih nikmat disantap dan tidak akan membuat tenggorokan gatal.

Mengiris


Mengiris, Resep6-10k

Mengiris singkong tipis-tipis merupakan salah satu langkah penting dalam cara bikin kripik singkong renyah. Singkong yang diiris tipis akan lebih mudah kering dan renyah saat digoreng. Selain itu, singkong yang diiris tipis juga akan lebih cepat matang dan tidak mudah gosong.

  • Ketebalan irisan

    Ketebalan irisan singkong sangat mempengaruhi kerenyahan kripik singkong. Singkong yang diiris terlalu tebal akan sulit kering dan renyah, sedangkan singkong yang diiris terlalu tipis akan mudah gosong dan pahit.

  • Jenis pisau atau alat pengiris

    Jenis pisau atau alat pengiris yang digunakan juga mempengaruhi hasil irisan singkong. Pisau yang tajam akan menghasilkan irisan singkong yang tipis dan rapi, sedangkan pisau yang tumpul akan menghasilkan irisan singkong yang tebal dan tidak rata.

  • Teknik mengiris

    Teknik mengiris singkong juga mempengaruhi hasil irisan singkong. Singkong harus diiris searah dengan seratnya agar tidak mudah patah. Selain itu, singkong harus diiris dengan gerakan yang cepat dan tepat agar menghasilkan irisan singkong yang tipis dan rata.

  • Pengaruh terhadap kerenyahan kripik singkong

    Singkong yang diiris tipis akan lebih mudah kering dan renyah saat digoreng. Hal ini karena singkong yang tipis memiliki luas permukaan yang lebih besar, sehingga lebih banyak terkena panas saat digoreng.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat mengiris singkong dengan benar sehingga menghasilkan kripik singkong renyah yang lezat dan gurih.

Merendam


Merendam, Resep6-10k

Merendam singkong dalam air garam merupakan salah satu langkah penting dalam cara bikin kripik singkong renyah. Getah singkong mengandung senyawa amilosa dan amilopektin yang dapat membuat kripik singkong menjadi alot dan tidak renyah. Selain itu, getah singkong juga dapat membuat kripik singkong menjadi pahit dan tidak enak dimakan.

Dengan merendam singkong dalam air garam, getah singkong akan larut dan keluar dari singkong. Proses ini akan membuat kripik singkong menjadi renyah dan gurih. Selain itu, merendam singkong dalam air garam juga dapat menghilangkan rasa pahit pada singkong.

Berikut adalah beberapa manfaat merendam singkong dalam air garam sebelum digoreng:

  • Menghilangkan getah singkong sehingga kripik singkong menjadi renyah dan gurih.
  • Menghilangkan rasa pahit pada singkong.
  • Membuat kripik singkong lebih tahan lama.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat merendam singkong dengan benar sehingga menghasilkan kripik singkong renyah yang lezat dan gurih.

Mengeringkan


Mengeringkan, Resep6-10k

Mengeringkan singkong merupakan salah satu langkah penting dalam cara bikin kripik singkong renyah. Sisa air pada singkong dapat membuat kripik singkong menjadi alot dan tidak renyah. Selain itu, sisa air juga dapat menyebabkan kripik singkong menjadi cepat lembek dan tidak tahan lama.

Dengan mengeringkan singkong sebelum digoreng, sisa air pada singkong akan berkurang sehingga kripik singkong akan lebih mudah kering dan renyah. Selain itu, mengeringkan singkong juga dapat membuat kripik singkong lebih tahan lama dan tidak mudah lembek.

Berikut adalah beberapa manfaat mengeringkan singkong sebelum digoreng:

  1. Membuat kripik singkong lebih renyah dan gurih.
  2. Mencegah kripik singkong menjadi alot dan tidak renyah.
  3. Membuat kripik singkong lebih tahan lama dan tidak mudah lembek.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat mengeringkan singkong dengan benar sehingga menghasilkan kripik singkong renyah yang lezat dan gurih.

Menggoreng


Menggoreng, Resep6-10k

Menggoreng merupakan salah satu langkah terpenting dalam cara bikin kripik singkong renyah. Proses penggorengan akan membuat singkong menjadi kering dan renyah, serta mengeluarkan aroma dan rasa yang khas.

  • Pengaruh Suhu Minyak

    Suhu minyak yang digunakan untuk menggoreng singkong sangat mempengaruhi kerenyahan kripik singkong. Minyak yang terlalu panas akan membuat singkong cepat gosong dan tidak renyah, sedangkan minyak yang terlalu dingin akan membuat singkong menyerap banyak minyak dan menjadi alot.

  • Durasi Penggorengan

    Durasi penggorengan juga mempengaruhi kerenyahan kripik singkong. Singkong yang digoreng terlalu cepat akan kurang renyah, sedangkan singkong yang digoreng terlalu lama akan gosong dan pahit.

  • Teknik Menggoreng

    Teknik menggoreng juga mempengaruhi kerenyahan kripik singkong. Singkong harus digoreng dengan api sedang dan sambil diaduk-aduk agar matang merata dan tidak gosong.

  • Penggunaan Alat Penggorengan

    Alat penggorengan yang digunakan juga mempengaruhi kerenyahan kripik singkong. Wajan atau penggorengan yang digunakan harus cukup besar agar singkong tidak saling menempel dan matang merata.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat menggoreng singkong dengan benar sehingga menghasilkan kripik singkong renyah yang lezat dan gurih.

Mengangkat


Mengangkat, Resep6-10k

Mengangkat singkong dari penggorengan dan meniriskan minyaknya menggunakan kertas penyerap minyak merupakan salah satu langkah penting dalam cara bikin kripik singkong renyah. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih pada kripik singkong sehingga kripik singkong menjadi lebih renyah dan tidak lembek.

Jika kripik singkong tidak diangkat dari penggorengan dan dibiarkan terendam dalam minyak, kripik singkong akan menyerap minyak berlebih sehingga menjadi lembek dan tidak renyah. Selain itu, minyak berlebih pada kripik singkong juga dapat membuat kripik singkong cepat tengik dan tidak tahan lama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengangkat kripik singkong dari penggorengan dan meniriskan minyaknya menggunakan kertas penyerap minyak segera setelah kripik singkong matang. Hal ini akan menghasilkan kripik singkong yang renyah, gurih, dan tahan lama.

Membumbui


Membumbui, Resep6-10k

Membumbui kripik singkong merupakan langkah penting dalam proses pembuatannya. Bumbu yang digunakan akan memberikan cita rasa yang khas dan menambah kenikmatan saat disantap. Selain itu, membumbui kripik singkong juga dapat meningkatkan kerenyahannya.

  • Pengaruh Garam

    Garam merupakan bumbu dasar yang digunakan untuk membumbui kripik singkong. Garam berfungsi untuk memberikan rasa gurih dan memperkuat cita rasa alami singkong. Selain itu, garam juga dapat membantu mengeluarkan kelembapan dari kripik singkong sehingga menjadi lebih renyah.

  • Penggunaan Bumbu Lainnya

    Selain garam, terdapat berbagai macam bumbu lainnya yang dapat digunakan untuk membumbui kripik singkong, seperti bawang putih bubuk, cabai bubuk, atau lada hitam. Penggunaan bumbu-bumbu ini akan memberikan cita rasa yang lebih kompleks dan sesuai dengan selera masing-masing.

  • Waktu Pemberian Bumbu

    Waktu pemberian bumbu pada kripik singkong juga mempengaruhi cita rasanya. Bumbu dapat diberikan sebelum atau sesudah proses penggorengan. Pemberian bumbu sebelum digoreng akan membuat bumbu meresap hingga ke dalam kripik singkong, sedangkan pemberian bumbu setelah digoreng akan menghasilkan cita rasa yang lebih ringan.

  • Jenis Bumbu

    Jenis bumbu yang digunakan juga menentukan cita rasa kripik singkong. Bumbu bubuk biasanya lebih mudah menempel pada kripik singkong dibandingkan dengan bumbu cair. Selain itu, bumbu bubuk juga lebih tahan lama dan tidak mudah menggumpal.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat membumbui kripik singkong dengan tepat sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat dan renyah.

Menyajikan


Menyajikan, Resep6-10k

Menyajikan kripik singkong renyah selagi hangat merupakan bagian penting dari cara bikin kripik singkong renyah. Kripik singkong yang disajikan selagi hangat akan memiliki tekstur yang lebih renyah dan rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan kripik singkong yang sudah dingin.

  • Pengaruh Suhu

    Suhu kripik singkong sangat mempengaruhi kerenyahannya. Kripik singkong yang disajikan selagi hangat akan lebih renyah karena suhu yang tinggi akan membuat kandungan air dalam kripik singkong menguap lebih cepat, sehingga kripik singkong menjadi lebih kering dan renyah.

  • Pengaruh Rasa

    Selain mempengaruhi kerenyahan, suhu kripik singkong juga mempengaruhi rasanya. Kripik singkong yang disajikan selagi hangat akan memiliki rasa yang lebih gurih karena suhu yang tinggi akan membuat bumbu yang digunakan untuk membumbui kripik singkong lebih mudah meresap dan menyatu dengan kripik singkong.

  • Pengaruh Kenikmatan

    Menyajikan kripik singkong selagi hangat juga akan meningkatkan kenikmatannya. Kripik singkong yang disajikan selagi hangat akan lebih nikmat disantap karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih akan lebih terasa.

  • Cara Penyajian

    Kripik singkong dapat disajikan dengan berbagai cara, seperti disajikan langsung di atas piring atau dibungkus dengan kertas atau plastik. Namun, untuk menjaga kerenyahannya, kripik singkong sebaiknya disajikan langsung setelah digoreng dan selagi masih hangat.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat menyajikan kripik singkong renyah selagi hangat sehingga menghasilkan kripik singkong yang lezat, gurih, dan renyah.

Pertanyaan Umum tentang Cara Bikin Kripik Singkong Renyah

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait cara membuat kripik singkong renyah:

Pertanyaan 1: Mengapa kripik singkong saya tidak renyah?

Jawaban: Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kripik singkong tidak renyah, seperti singkong yang tidak diiris tipis, tidak direndam dalam air garam, atau tidak digoreng dengan benar.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat kripik singkong yang gurih?

Jawaban: Untuk membuat kripik singkong yang gurih, Anda dapat menambahkan bumbu seperti garam, bawang putih bubuk, atau cabai bubuk saat menggoreng atau setelah digoreng.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara menyimpan kripik singkong agar tetap renyah?

Jawaban: Untuk menjaga kerenyahan kripik singkong, simpanlah dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering.

Pertanyaan 4: Berapa lama kripik singkong dapat bertahan?

Jawaban: Kripik singkong yang disimpan dengan benar dapat bertahan hingga 2-3 minggu.

Pertanyaan 5: Apa saja manfaat mengonsumsi kripik singkong?

Jawaban: Kripik singkong merupakan sumber karbohidrat yang baik dan mengandung beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin C, kalium, dan magnesium.

Pertanyaan 6: Apakah kripik singkong aman dikonsumsi bagi penderita diabetes?

Jawaban: Kripik singkong memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan bagi penderita diabetes.

Dengan memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum ini, Anda dapat membuat kripik singkong renyah yang lezat dan menikmatinya dengan lebih baik.

Baca juga:

  • Cara Membuat Keripik Singkong yang Renyah
  • Tips Menikmati Kripik Singkong dengan Sehat
  • Sejarah dan Asal-usul Kripik Singkong

Tips Membuat Kripik Singkong Renyah

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat kripik singkong yang renyah dan lezat:

Tip 1: Pilih singkong yang tepat

Gunakan singkong yang masih segar dan berukuran sedang. Singkong yang masih segar memiliki kandungan pati yang lebih tinggi, sehingga akan lebih mudah kering dan renyah saat digoreng.

Tip 2: Kupas dan potong singkong dengan benar

Kupas singkong hingga bersih dan tidak ada sisa kulitnya. Setelah itu, potong singkong setipis mungkin menggunakan pisau atau alat pengiris. Singkong yang diiris tipis akan lebih mudah kering dan renyah.

Tip 3: Rendam singkong dalam air garam

Rendam singkong dalam air garam selama kurang lebih 30 menit. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan getah singkong yang dapat membuat kripik singkong menjadi alot.

Tip 4: Goreng singkong dengan minyak panas

Gunakan minyak goreng yang banyak dan panaskan hingga benar-benar panas. Goreng singkong hingga kering dan berwarna keemasan. Singkong yang digoreng dengan minyak panas akan lebih renyah.

Tip 5: Angkat singkong dan tiriskan minyaknya

Setelah singkong matang, segera angkat dan tiriskan minyaknya menggunakan kertas penyerap minyak. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih pada kripik singkong sehingga menjadi lebih renyah.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat kripik singkong yang renyah dan lezat. Kripik singkong yang renyah dapat dinikmati sebagai camilan atau sebagai teman makan nasi.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kesimpulan

Membuat kripik singkong renyah merupakan proses yang cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menghasilkan kripik singkong yang renyah, gurih, dan lezat. Kripik singkong renyah dapat dinikmati sebagai camilan atau sebagai teman makan nasi.

Selain rasanya yang nikmat, kripik singkong juga memiliki nilai gizi yang cukup baik. Kripik singkong mengandung karbohidrat, vitamin C, kalium, dan magnesium. Namun, perlu diperhatikan bahwa kripik singkong memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan bagi penderita diabetes.

Youtube Video:



About administrator