Rahasia Resep Bumbu Kuning Bebek Goreng Terlezat, Dijamin Ketagihan!


Rahasia Resep Bumbu Kuning Bebek Goreng Terlezat, Dijamin Ketagihan!

Bumbu kuning bebek goreng adalah bumbu berwarna kuning yang digunakan untuk menggoreng bebek. Bumbu ini biasanya terbuat dari kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan ketumbar. Bumbu kuning bebek goreng dapat dihaluskan atau diuleg, tergantung selera.

Bumbu kuning bebek goreng memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas. Bumbu ini sangat cocok digunakan untuk menggoreng bebek karena dapat meresap ke dalam daging bebek dan memberikan cita rasa yang lezat. Selain itu, bumbu kuning bebek goreng juga dapat digunakan untuk menggoreng ayam atau ikan.

Bumbu kuning bebek goreng dipercaya berasal dari daerah Jawa Timur. Bumbu ini sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk menggoreng bebek. Bumbu kuning bebek goreng menjadi salah satu kuliner khas Jawa Timur yang digemari oleh banyak orang.

bumbu kuning bebek goreng

Bumbu kuning bebek goreng merupakan bumbu khas yang memberi cita rasa unik pada hidangan bebek goreng. Berikut beberapa aspek penting terkait bumbu kuning bebek goreng:

  • Komposisi: Kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, ketumbar
  • Tekstur: Halus atau kasar sesuai selera
  • Warna: Kuning cerah dari kunyit
  • Rasa: Gurih, sedikit pedas
  • Aroma: Rempah yang kuat dan khas
  • Fungsi: Membumbui bebek goreng
  • Asal: Jawa Timur
  • Penyajian: Digoreng bersama bebek
  • Keunikan: Menambah cita rasa dan aroma khas pada bebek goreng
  • Popularitas: Hidangan bebek goreng bumbu kuning banyak digemari masyarakat

Kesepuluh aspek tersebut saling berkaitan dan membentuk karakteristik unik bumbu kuning bebek goreng. Komposisi rempah yang tepat menghasilkan rasa gurih dan sedikit pedas, sementara warna kuning cerah berasal dari kunyit. Tekstur bumbu yang halus atau kasar dapat disesuaikan dengan selera, namun keduanya sama-sama dapat meresap dengan baik ke dalam daging bebek. Bumbu kuning bebek goreng tidak hanya menambah cita rasa, tetapi juga aroma khas yang menggugah selera. Kepopuleran hidangan bebek goreng bumbu kuning menunjukkan bahwa bumbu ini telah menjadi bagian penting dari kuliner Indonesia.

Komposisi


Komposisi, Resep6-10k

Komposisi bumbu kuning bebek goreng yang terdiri dari kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan ketumbar memegang peranan penting dalam menciptakan cita rasa khas hidangan ini. Kunyit memberikan warna kuning cerah dan aroma yang khas, sedangkan bawang merah dan bawang putih memberikan rasa gurih dan sedikit pedas. Jahe dan lengkuas menambah aroma dan rasa hangat, sementara ketumbar memberikan aroma yang kuat dan khas.

Penggunaan bahan-bahan ini secara bersamaan menciptakan harmoni rasa yang seimbang dan menggugah selera. Bumbu kuning bebek goreng tidak hanya berfungsi sebagai penyedap, tetapi juga sebagai pewarna alami yang memberikan tampilan menarik pada bebek goreng.

Dalam praktiknya, komposisi bumbu kuning bebek goreng dapat sedikit bervariasi tergantung pada daerah dan selera masing-masing. Namun, bahan-bahan dasar yang disebutkan di atas tetap menjadi komponen utama yang tidak dapat dipisahkan dari bumbu kuning bebek goreng yang otentik.

Tekstur


Tekstur, Resep6-10k

Tekstur bumbu kuning bebek goreng dapat disesuaikan dengan selera, baik halus maupun kasar. Tekstur halus diperoleh dengan menghaluskan semua bahan bumbu menggunakan blender atau ulekan halus, sementara tekstur kasar dihasilkan dengan mengulek bumbu hingga agak kasar.

  • Tekstur halus

    Bumbu kuning bebek goreng bertekstur halus memiliki tekstur yang lembut dan mudah meresap ke dalam daging bebek. Tekstur ini cocok untuk mereka yang menyukai bebek goreng dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam.

  • Tekstur kasar

    Bumbu kuning bebek goreng bertekstur kasar memiliki tekstur yang lebih berdimensi dan memberikan sensasi berbeda saat dimakan. Tekstur ini cocok untuk mereka yang menyukai bebek goreng dengan tekstur bumbu yang lebih terasa.

Baik tekstur halus maupun kasar, bumbu kuning bebek goreng tetap dapat memberikan cita rasa yang gurih dan khas. Pilihan tekstur bergantung pada preferensi masing-masing individu.

Warna


Warna, Resep6-10k

Warna kuning cerah pada bumbu kuning bebek goreng merupakan ciri khas yang tidak dapat dipisahkan dari hidangan ini. Kunyit, sebagai bahan utama bumbu, memberikan warna kuning cerah yang khas dan alami. Kunyit mengandung pigmen kurkumin yang bersifat larut dalam lemak, sehingga dapat bercampur dengan baik dengan minyak goreng dan menghasilkan warna kuning yang merata pada bebek goreng.

Selain memberikan warna yang menarik, kunyit juga berperan penting dalam cita rasa bumbu kuning bebek goreng. Kunyit memberikan aroma khas dan sedikit rasa pahit yang berpadu dengan gurihnya bumbu lainnya, menciptakan harmoni rasa yang kompleks dan menggugah selera.

Penggunaan kunyit sebagai pewarna alami dalam bumbu kuning bebek goreng tidak hanya memberikan tampilan yang menarik, tetapi juga menunjukkan bahwa hidangan ini dibuat dengan bahan-bahan alami dan sehat. Kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga dapat memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan.

Rasa


Rasa, Resep6-10k

Rasa gurih dan sedikit pedas merupakan ciri khas dari bumbu kuning bebek goreng. Perpaduan rasa ini dihasilkan dari penggunaan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan jahe yang memberikan rasa gurih, serta cabai yang memberikan sensasi pedas.

  • Gurih

    Rasa gurih pada bumbu kuning bebek goreng berasal dari penggunaan bawang merah, bawang putih, dan ketumbar. Ketiga bahan ini mengandung senyawa glutamat yang memberikan rasa gurih umami. Rasa gurih ini sangat cocok dipadukan dengan bebek goreng yang memiliki tekstur yang sedikit alot.

  • Sedikit pedas

    Sensasi pedas pada bumbu kuning bebek goreng berasal dari penggunaan cabai. Jumlah cabai yang digunakan dapat disesuaikan dengan selera, sehingga rasa pedasnya dapat bervariasi dari sedikit pedas hingga sangat pedas. Rasa pedas ini menambah sensasi rasa yang kompleks dan menggugah selera pada bebek goreng.

Perpaduan rasa gurih dan sedikit pedas pada bumbu kuning bebek goreng sangat cocok dipadukan dengan bebek goreng yang gurih dan sedikit berlemak. Rasa gurihnya dapat menyeimbangkan rasa berlemak pada bebek, sementara rasa pedasnya menambah sensasi rasa yang lebih kompleks dan menggugah selera.

Aroma


Aroma, Resep6-10k

Aroma rempah yang kuat dan khas merupakan ciri khas dari bumbu kuning bebek goreng. Aroma ini berasal dari penggunaan berbagai rempah-rempah, seperti kunyit, ketumbar, jahe, dan lengkuas. Rempah-rempah ini memiliki aroma yang khas dan kuat, yang berpadu dan menciptakan aroma yang kompleks dan menggugah selera.

  • Peran aroma dalam bumbu kuning bebek goreng

    Aroma rempah yang kuat dan khas pada bumbu kuning bebek goreng berperan penting dalam membangkitkan selera makan dan menambah cita rasa pada hidangan. Aroma ini juga dapat membantu menutupi bau amis pada bebek, sehingga menghasilkan bebek goreng yang lebih lezat.

  • Contoh rempah-rempah yang digunakan

    Beberapa contoh rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu kuning bebek goreng antara lain kunyit, ketumbar, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Setiap rempah-rempah memiliki aroma yang khas, sehingga perpaduannya menghasilkan aroma yang kompleks dan menggugah selera.

  • Proses menghasilkan aroma

    Aroma rempah pada bumbu kuning bebek goreng dihasilkan melalui proses pemasakan. Saat rempah-rempah dihaluskan atau diulek, minyak atsiri yang terkandung di dalamnya akan keluar dan bercampur dengan bumbu lainnya. Saat bumbu dimasak bersama bebek, minyak atsiri ini akan menguap dan menghasilkan aroma yang kuat dan khas.

  • Pengaruh aroma pada cita rasa

    Aroma rempah yang kuat dan khas pada bumbu kuning bebek goreng tidak hanya menambah cita rasa, tetapi juga mempengaruhi persepsi kita terhadap rasa. Aroma yang menggugah selera dapat membuat bebek goreng terasa lebih lezat dan menggugah selera.

Aroma rempah yang kuat dan khas pada bumbu kuning bebek goreng merupakan salah satu faktor penting yang membuat hidangan ini begitu digemari. Aroma ini tidak hanya menambah cita rasa, tetapi juga membangkitkan selera makan dan membuat bebek goreng menjadi hidangan yang lebih istimewa.

Fungsi


Fungsi, Resep6-10k

Bumbu kuning bebek goreng memiliki fungsi utama sebagai bumbu untuk bebek goreng. Bumbu ini dioleskan atau dibalurkan pada bebek sebelum digoreng, sehingga bumbu meresap ke dalam daging bebek dan memberikan cita rasa yang gurih dan khas.

Penggunaan bumbu kuning bebek goreng sangat penting karena dapat meningkatkan cita rasa bebek goreng secara signifikan. Bumbu ini memberikan rasa gurih, sedikit pedas, dan aroma rempah yang kuat, sehingga bebek goreng menjadi lebih lezat dan menggugah selera.

Selain itu, bumbu kuning bebek goreng juga berperan dalam menjaga kelembapan daging bebek selama proses penggorengan. Hal ini karena bumbu yang dioleskan pada bebek akan membentuk lapisan pelindung yang mencegah daging bebek menjadi kering dan alot.

Asal


Asal, Resep6-10k

Bumbu kuning bebek goreng memiliki kaitan erat dengan daerah Jawa Timur. Bumbu ini dipercaya berasal dari daerah tersebut dan telah menjadi kuliner khas yang digemari oleh masyarakat Jawa Timur.

  • Sejarah dan Tradisi

    Di Jawa Timur, bumbu kuning bebek goreng telah digunakan sejak zaman dahulu untuk menggoreng bebek. Bumbu ini menjadi bagian dari tradisi kuliner masyarakat Jawa Timur dan sering disajikan pada acara-acara khusus.

  • Bahan dan Cita Rasa Lokal

    Bahan-bahan yang digunakan dalam bumbu kuning bebek goreng banyak ditemukan di Jawa Timur. Kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan ketumbar merupakan bumbu dasar yang mudah didapatkan di daerah tersebut. Perpaduan bahan-bahan ini menghasilkan cita rasa gurih dan sedikit pedas yang khas, sesuai dengan selera masyarakat Jawa Timur.

  • Teknik Pengolahan

    Teknik pengolahan bumbu kuning bebek goreng di Jawa Timur memiliki ciri khas tersendiri. Bumbu dihaluskan atau diuleg hingga halus, kemudian dioleskan atau dibalurkan pada bebek sebelum digoreng. Teknik ini memungkinkan bumbu meresap ke dalam daging bebek dan menghasilkan cita rasa yang lebih gurih.

  • Variasi Regional

    Meskipun berasal dari Jawa Timur, bumbu kuning bebek goreng dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dengan variasi rasa yang sedikit berbeda. Namun, ciri khas bumbu kuning bebek goreng dari Jawa Timur tetap menjadi acuan utama dalam pembuatan hidangan ini.

Kaitan erat antara bumbu kuning bebek goreng dengan daerah Jawa Timur memperkaya khazanah kuliner Indonesia. Bumbu kuning bebek goreng tidak hanya menjadi kuliner khas yang digemari, tetapi juga merefleksikan sejarah, tradisi, dan cita rasa lokal masyarakat Jawa Timur.

Penyajian


Penyajian, Resep6-10k

Penyajian bumbu kuning bebek goreng yang digoreng bersama bebek merupakan tahap penting dalam menciptakan cita rasa yang khas dan gurih pada hidangan ini. Proses menggoreng bebek bersama bumbu memungkinkan bumbu meresap secara merata ke dalam daging bebek, sehingga menghasilkan tekstur yang empuk dan rasa yang kaya.

  • Memperkaya Cita Rasa

    Menggoreng bebek bersama bumbu kuning akan membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging bebek. Proses ini akan menghasilkan cita rasa yang gurih, sedikit pedas, dan aroma rempah yang kuat pada setiap bagian bebek.

  • Tekstur Empuk

    Bumbu kuning bebek goreng juga berperan dalam menjaga kelembapan daging bebek selama proses penggorengan. Bumbu yang dioleskan pada bebek akan membentuk lapisan pelindung yang mencegah daging bebek menjadi kering dan alot.

  • Penampilan Menarik

    Proses menggoreng bebek bersama bumbu kuning juga akan menghasilkan tampilan yang menarik pada hidangan. Bumbu kuning akan memberikan warna kuning keemasan yang merata pada bebek goreng, sehingga terlihat lebih menggugah selera.

  • Tradisi dan Keaslian

    Penyajian bebek yang digoreng bersama bumbu kuning merupakan tradisi kuliner yang telah dilakukan sejak lama. Cara penyajian ini menjadi ciri khas bebek goreng bumbu kuning dan membedakannya dari hidangan bebek goreng lainnya.

Dengan demikian, penyajian bumbu kuning bebek goreng yang digoreng bersama bebek memiliki peran penting dalam menciptakan cita rasa, tekstur, penampilan, dan keaslian dari hidangan ini. Proses menggoreng bebek bersama bumbu memungkinkan bumbu meresap sempurna ke dalam daging bebek, menghasilkan hidangan bebek goreng yang gurih, empuk, dan menggugah selera.

Keunikan


Keunikan, Resep6-10k

Bumbu kuning bebek goreng memiliki keunikan dalam menambah cita rasa dan aroma khas pada bebek goreng. Keunikan ini menjadi ciri pembeda yang membuat bebek goreng bumbu kuning begitu digemari dan menjadi kuliner khas di berbagai daerah.

  • Komposisi Bahan Bumbu

    Komposisi bahan bumbu kuning bebek goreng yang terdiri dari kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan ketumbar menciptakan perpaduan rasa yang gurih dan aroma rempah yang kuat. Kunyit memberikan warna kuning cerah dan aroma khas, sementara bawang merah dan bawang putih memberikan rasa gurih dan sedikit pedas. Jahe dan lengkuas menambah aroma dan rasa hangat, sedangkan ketumbar memberikan aroma yang kuat dan khas.

  • Proses Pembuatan

    Proses pembuatan bumbu kuning bebek goreng yang dihaluskan atau diuleg memungkinkan bumbu meresap sempurna ke dalam daging bebek. Proses ini juga menghasilkan tekstur bumbu yang lebih halus dan merata, sehingga cita rasa dan aroma bumbu dapat menyebar secara merata pada setiap bagian bebek goreng.

  • Teknik Menggoreng

    Teknik menggoreng bebek bersama bumbu kuning juga mempengaruhi keunikan cita rasa dan aroma bebek goreng. Menggoreng bebek bersama bumbu memungkinkan bumbu meresap lebih dalam dan merata ke dalam daging bebek. Proses ini juga menghasilkan bebek goreng yang lebih gurih dan beraroma rempah yang kuat.

  • Variasi Resep

    Variasi resep bumbu kuning bebek goreng di berbagai daerah menambah keunikan tersendiri. Meski tetap menggunakan bahan dasar yang sama, variasi penggunaan bumbu dan rempah lain menciptakan cita rasa yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan kekayaan kuliner Indonesia yang beragam dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing daerah.

Keunikan bumbu kuning bebek goreng dalam menambah cita rasa dan aroma khas pada bebek goreng menjadikannya hidangan yang spesial dan digemari oleh masyarakat. Perpaduan rasa gurih, sedikit pedas, dan aroma rempah yang kuat membuat bebek goreng bumbu kuning menjadi kuliner yang menggugah selera dan memikat lidah.

Popularitas


Popularitas, Resep6-10k

Popularitas hidangan bebek goreng bumbu kuning di masyarakat menunjukkan bahwa bumbu kuning bebek goreng memiliki peran penting dalam menciptakan cita rasa yang disukai oleh banyak orang. Beberapa faktor yang berkontribusi pada popularitas hidangan ini antara lain:

  • Cita rasa yang khas

    Perpaduan rasa gurih, sedikit pedas, dan aroma rempah yang kuat pada bumbu kuning bebek goreng memberikan cita rasa khas yang menggugah selera. Cita rasa ini berbeda dengan bebek goreng pada umumnya, sehingga memberikan pengalaman kuliner yang unik dan disukai oleh masyarakat.

  • Kemudahan penyajian

    Proses pembuatan bebek goreng bumbu kuning relatif mudah dan tidak memerlukan banyak waktu. Bumbu kuning bebek goreng dapat diolah terlebih dahulu dan disimpan, sehingga memudahkan dalam penyajian saat dibutuhkan. Hal ini membuat bebek goreng bumbu kuning menjadi pilihan kuliner yang praktis untuk berbagai acara dan kegiatan.

  • Harga yang terjangkau

    Bahan-bahan yang digunakan dalam bumbu kuning bebek goreng umumnya mudah ditemukan dan memiliki harga yang terjangkau. Hal ini membuat bebek goreng bumbu kuning dapat dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat, baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk dijual sebagai usaha kuliner.

  • Nilai budaya dan tradisi

    Di beberapa daerah, bebek goreng bumbu kuning menjadi bagian dari tradisi dan budaya masyarakat. Hidangan ini sering disajikan pada acara-acara khusus seperti hajatan, perayaan, atau upacara adat. Nilai budaya dan tradisi ini turut meningkatkan popularitas bebek goreng bumbu kuning di masyarakat.

Dengan demikian, popularitas hidangan bebek goreng bumbu kuning di masyarakat disebabkan oleh perpaduan cita rasa khas, kemudahan penyajian, harga yang terjangkau, serta nilai budaya dan tradisi yang melekat padanya. Bumbu kuning bebek goreng menjadi faktor utama dalam menciptakan cita rasa yang digemari oleh banyak orang, sehingga hidangan ini tetap populer dan disukai hingga saat ini.

FAQ Bumbu Kuning Bebek Goreng

Bagi Anda yang ingin memasak bebek goreng bumbu kuning, berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

Pertanyaan 1: Apa saja bahan dasar bumbu kuning bebek goreng?
Jawaban: Bahan dasar bumbu kuning bebek goreng terdiri dari kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan ketumbar.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menghaluskan bumbu kuning bebek goreng?
Jawaban: Bumbu kuning bebek goreng dapat dihaluskan dengan cara diuleg atau diblender hingga teksturnya halus dan merata.

Pertanyaan 3: Berapa lama bumbu kuning bebek goreng dapat disimpan?
Jawaban: Bumbu kuning bebek goreng dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari es selama kurang lebih 3 hari.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menggoreng bebek dengan bumbu kuning?
Jawaban: Setelah bebek dibersihkan dan dibumbui, goreng bebek dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kuning keemasan.

Pertanyaan 5: Apa saja tips untuk membuat bebek goreng bumbu kuning yang enak?
Jawaban: Gunakan bebek yang segar dan berkualitas baik, bumbui bebek secara merata, dan goreng bebek hingga matang sempurna.

Pertanyaan 6: Apa saja variasi bumbu kuning bebek goreng?
Jawaban: Bumbu kuning bebek goreng dapat divariasikan dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti kemiri, sereh, atau daun jeruk.

Selain pertanyaan di atas, masih banyak pertanyaan lain yang bisa diajukan. Namun, yang terpenting dalam membuat bebek goreng bumbu kuning adalah menggunakan bahan-bahan berkualitas baik dan mengikuti langkah-langkah pembuatan dengan benar.

Dengan sedikit latihan dan kesabaran, Anda pasti bisa memasak bebek goreng bumbu kuning yang lezat dan menggugah selera.

Tips Membuat Bumbu Kuning Bebek Goreng yang Enak

Dalam membuat bebek goreng bumbu kuning, terdapat beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menghasilkan hidangan yang lebih lezat dan menggugah selera.

Tip 1: Gunakan Bahan-Bahan Berkualitas Baik

Kualitas bahan-bahan yang digunakan sangat mempengaruhi hasil akhir bebek goreng bumbu kuning. Pastikan untuk menggunakan bebek yang segar dan berkualitas baik, serta bumbu-bumbu yang masih segar dan tidak layu.

Tip 2: Bersihkan Bebek dengan Benar

Sebelum diolah, bebek harus dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa-sisa darah dan kotoran. Bersihkan bebek dengan air mengalir dan buang bagian-bagian yang tidak diperlukan, seperti bulu, jeroan, dan kepala.

Tip 3: Lumuri Bebek dengan Bumbu Secara Merata

Setelah bebek dibersihkan, lumuri bebek dengan bumbu kuning secara merata. Pastikan seluruh permukaan bebek terlapisi bumbu agar rasanya meresap sempurna.

Tip 4: Diamkan Bebek Sebelum Digoreng

Setelah dilumuri bumbu, diamkan bebek selama beberapa jam atau bahkan semalaman di dalam lemari es. Hal ini bertujuan agar bumbu meresap lebih dalam sehingga menghasilkan rasa yang lebih gurih dan lezat.

Tip 5: Goreng Bebek dengan Minyak Panas

Saat menggoreng bebek, pastikan minyak sudah benar-benar panas. Hal ini untuk mencegah bebek menyerap terlalu banyak minyak dan menghasilkan tekstur yang renyah.

Tip 6: Goreng Bebek hingga Matang Sempurna

Goreng bebek hingga matang sempurna dengan warna kuning keemasan. Pastikan bagian dalam bebek sudah tidak berwarna merah muda untuk menghindari bau amis dan tekstur yang alot.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghasilkan bebek goreng bumbu kuning yang lezat dan menggugah selera. Sajikan bebek goreng dengan nasi putih hangat dan sambal sesuai selera untuk pengalaman kuliner yang lebih nikmat.

Kesimpulan Bumbu Kuning Bebek Goreng

Bumbu kuning bebek goreng merupakan bumbu khas yang memiliki cita rasa gurih, sedikit pedas, dan aroma rempah yang kuat. Bumbu ini sangat cocok digunakan untuk menggoreng bebek karena dapat meresap ke dalam daging bebek dan memberikan cita rasa yang lezat. Bumbu kuning bebek goreng berasal dari daerah Jawa Timur dan telah menjadi kuliner khas yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Keunikan bumbu kuning bebek goreng terletak pada perpaduan bahan-bahan yang digunakan, proses pembuatan, teknik menggoreng, dan variasi resepnya. Bumbu kuning bebek goreng tidak hanya menambah cita rasa dan aroma pada bebek goreng, tetapi juga berperan dalam menjaga kelembapan daging bebek selama proses penggorengan. Popularitas hidangan bebek goreng bumbu kuning menunjukkan bahwa bumbu ini telah menjadi bagian penting dari kuliner Indonesia.

Youtube Video:



About admin