Rahasia Dibalik Kelezatan Bumbu Kresengan Daging, Resep Terlengkap!


Rahasia Dibalik Kelezatan Bumbu Kresengan Daging, Resep Terlengkap!

Bumbu Kresengan Daging adalah bumbu khas Indonesia yang digunakan untuk membuat berbagai hidangan daging. Bumbu ini terbuat dari berbagai rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri, yang dihaluskan dan kemudian ditumis hingga harum.

Bumbu Kresengan Daging memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas, sehingga sangat cocok digunakan untuk membumbui daging sapi, kambing, atau ayam. Bumbu ini tidak hanya menambah cita rasa pada daging, tetapi juga membantu mengempukkan daging sehingga menjadi lebih mudah dikunyah.

Selain digunakan untuk membumbui daging, Bumbu Kresengan Daging juga dapat digunakan sebagai bumbu dasar untuk membuat berbagai masakan lainnya, seperti semur, gulai, dan soto. Bumbu ini juga dapat digunakan sebagai bumbu oles untuk sate atau bakar-bakaran.

bumbu kresengan daging

Bumbu Kresengan Daging merupakan bumbu khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah. Bumbu ini memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas, sehingga sangat cocok digunakan untuk membumbui berbagai jenis daging.

  • Bahan utama: bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, kemiri
  • Cita rasa: gurih, sedikit pedas
  • Fungsi: membumbui daging, membuat daging lebih empuk
  • Jenis masakan: semur, gulai, soto, sate, bakar-bakaran
  • Asal daerah: Indonesia
  • Tekstur: halus
  • Warna: kecokelatan
  • Aroma: harum rempah-rempah
  • Kandungan gizi: tinggi serat, vitamin, dan mineral
  • Cara pembuatan: dihaluskan dan ditumis hingga harum

Bumbu Kresengan Daging tidak hanya menambah cita rasa pada daging, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bumbu ini kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, bumbu ini juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Bumbu Kresengan Daging juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Bahan Utama


Bahan Utama, Resep

Bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri merupakan bahan utama dalam pembuatan Bumbu Kresengan Daging. Bahan-bahan ini memiliki peran penting dalam menentukan cita rasa dan aroma khas bumbu tersebut.

Bawang merah dan bawang putih memberikan rasa gurih dan sedikit pedas pada Bumbu Kresengan Daging. Ketumbar dan jinten memberikan aroma harum dan rasa yang khas. Sementara itu, kemiri memberikan tekstur yang halus dan sedikit berlemak pada bumbu.

Kombinasi kelima bahan utama ini menghasilkan Bumbu Kresengan Daging yang memiliki cita rasa gurih, sedikit pedas, dan harum. Bumbu ini sangat cocok digunakan untuk membumbui berbagai jenis daging, seperti daging sapi, kambing, atau ayam.

Selain memberikan cita rasa yang nikmat, Bumbu Kresengan Daging juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Bawang merah dan bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Ketumbar dan jinten dapat membantu melancarkan pencernaan. Sementara itu, kemiri mengandung lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Cita rasa


Cita Rasa, Resep

Cita rasa gurih dan sedikit pedas merupakan ciri khas dari Bumbu Kresengan Daging. Cita rasa ini dihasilkan dari perpaduan rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan bumbu tersebut, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri.

  • Bawang merah dan bawang putih memberikan rasa gurih dan sedikit pedas pada Bumbu Kresengan Daging. Kedua bahan ini memiliki kandungan senyawa sulfur yang memberikan cita rasa khas pada masakan.
  • Ketumbar dan jinten memberikan aroma harum dan rasa yang khas pada Bumbu Kresengan Daging. Kedua rempah-rempah ini memiliki kandungan minyak atsiri yang memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan.
  • Kemiri memberikan tekstur yang halus dan sedikit berlemak pada Bumbu Kresengan Daging. Kemiri mengandung lemak sehat yang memberikan tekstur yang lembut dan gurih pada masakan.

Kombinasi rempah-rempah ini menghasilkan Bumbu Kresengan Daging yang memiliki cita rasa gurih, sedikit pedas, dan harum. Bumbu ini sangat cocok digunakan untuk membumbui berbagai jenis daging, seperti daging sapi, kambing, atau ayam. Cita rasa gurih dan sedikit pedas dari Bumbu Kresengan Daging dapat menambah kelezatan dan membuat daging menjadi lebih nikmat.

Fungsi


Fungsi, Resep

Fungsi utama dari Bumbu Kresengan Daging adalah untuk membumbui daging dan membuatnya lebih empuk. Bumbu ini dapat digunakan untuk berbagai jenis daging, seperti daging sapi, kambing, atau ayam.

Bumbu Kresengan Daging berperan penting dalam menentukan cita rasa dan tekstur daging. Rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu ini, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri, memberikan cita rasa gurih, sedikit pedas, dan harum pada daging. Selain itu, bumbu ini juga mengandung enzim yang dapat membantu memecah protein dalam daging, sehingga daging menjadi lebih empuk dan mudah dikunyah.

Penggunaan Bumbu Kresengan Daging sangat penting untuk menghasilkan daging yang empuk dan bercita rasa nikmat. Bumbu ini dapat digunakan sebagai bumbu marinasi sebelum daging dimasak, atau ditambahkan langsung ke dalam masakan saat daging sedang dimasak.

Jenis masakan


Jenis Masakan, Resep

Bumbu Kresengan Daging tidak hanya dapat digunakan untuk membumbui daging, tetapi juga dapat digunakan sebagai bumbu dasar untuk membuat berbagai masakan lainnya, seperti semur, gulai, soto, sate, dan bakar-bakaran. Penggunaan Bumbu Kresengan Daging pada masakan-masakan tersebut akan memberikan cita rasa yang gurih, sedikit pedas, dan harum pada masakan.

  • Semur

    Semur adalah masakan berkuah yang biasanya menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Bumbu Kresengan Daging dapat digunakan sebagai bumbu dasar untuk membuat semur, sehingga menghasilkan semur yang memiliki cita rasa yang gurih, sedikit pedas, dan harum.

  • Gulai

    Gulai adalah masakan berkuah yang biasanya menggunakan daging kambing atau sapi sebagai bahan utamanya. Bumbu Kresengan Daging dapat digunakan sebagai bumbu dasar untuk membuat gulai, sehingga menghasilkan gulai yang memiliki cita rasa yang gurih, sedikit pedas, dan harum.

  • Soto

    Soto adalah masakan berkuah yang biasanya menggunakan daging sapi, ayam, atau udang sebagai bahan utamanya. Bumbu Kresengan Daging dapat digunakan sebagai bumbu dasar untuk membuat soto, sehingga menghasilkan soto yang memiliki cita rasa yang gurih, sedikit pedas, dan harum.

  • Sate

    Sate adalah masakan yang terbuat dari daging yang ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar. Bumbu Kresengan Daging dapat digunakan sebagai bumbu oles untuk sate, sehingga menghasilkan sate yang memiliki cita rasa yang gurih, sedikit pedas, dan harum.

  • Bakar-bakaran

    Bakar-bakaran adalah masakan yang terbuat dari daging yang dibakar. Bumbu Kresengan Daging dapat digunakan sebagai bumbu oles untuk bakar-bakaran, sehingga menghasilkan bakar-bakaran yang memiliki cita rasa yang gurih, sedikit pedas, dan harum.

Penggunaan Bumbu Kresengan Daging pada berbagai jenis masakan tersebut akan memberikan cita rasa yang khas dan menggugah selera. Bumbu ini dapat menjadi bumbu dasar yang serbaguna untuk berbagai masakan Indonesia.

Asal daerah


Asal Daerah, Resep

Bumbu Kresengan Daging merupakan bumbu khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Bumbu ini dibuat dari berbagai rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri, yang dihaluskan dan kemudian ditumis hingga harum. Bumbu Kresengan Daging banyak digunakan dalam masakan Indonesia, seperti semur, gulai, soto, sate, dan bakar-bakaran.

Indonesia memiliki kekayaan rempah-rempah yang melimpah, dan hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan kuliner Indonesia. Bumbu Kresengan Daging merupakan salah satu contoh bumbu khas Indonesia yang mencerminkan kekayaan rempah-rempah tersebut. Rempah-rempah yang digunakan dalam Bumbu Kresengan Daging, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri, merupakan rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia.

Bumbu Kresengan Daging memiliki peran penting dalam masakan Indonesia. Bumbu ini tidak hanya menambah cita rasa pada masakan, tetapi juga membantu mengempukkan daging. Bumbu Kresengan Daging juga dapat digunakan sebagai bumbu dasar untuk membuat berbagai masakan lainnya, seperti semur, gulai, soto, sate, dan bakar-bakaran.

Tekstur


Tekstur, Resep

Tekstur halus merupakan salah satu karakteristik dari Bumbu Kresengan Daging. Tekstur ini dihasilkan dari proses menghaluskan bahan-bahan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri. Bumbu yang bertekstur halus akan lebih mudah meresap ke dalam daging, sehingga menghasilkan daging yang bercita rasa gurih dan empuk.

Selain itu, tekstur halus pada Bumbu Kresengan Daging juga memudahkan proses memasak. Bumbu yang bertekstur halus tidak perlu dimasak terlalu lama, sehingga dapat menghemat waktu dan energi.

Tekstur halus pada Bumbu Kresengan Daging juga memiliki nilai estetika. Bumbu yang bertekstur halus akan menghasilkan tampilan masakan yang lebih menarik dan menggugah selera.

Warna


Warna, Resep

Warna kecokelatan pada Bumbu Kresengan Daging merupakan hasil dari proses penumisan bahan-bahan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri. Warna kecokelatan ini menunjukkan bahwa bumbu telah matang dan siap digunakan.

  • Reaksi Maillard

    Warna kecokelatan pada Bumbu Kresengan Daging terjadi karena reaksi Maillard, yaitu reaksi antara asam amino dan gula yang terjadi pada suhu tinggi. Reaksi ini menghasilkan senyawa melanoidin yang berwarna cokelat dan memberikan aroma khas pada bumbu.

  • Karamelisasi

    Selain reaksi Maillard, warna kecokelatan pada Bumbu Kresengan Daging juga dapat terjadi karena proses karamelisasi. Karamelisasi adalah proses penguraian gula pada suhu tinggi, yang menghasilkan warna cokelat dan aroma karamel.

  • Pengaruh Rempah

    Warna kecokelatan pada Bumbu Kresengan Daging juga dipengaruhi oleh jenis rempah yang digunakan. Rempah-rempah seperti ketumbar dan jinten memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat memberikan warna cokelat pada bumbu.

Warna kecokelatan pada Bumbu Kresengan Dagingmemberikan tampilan yang menarik, tetapi juga menunjukkan bahwa bumbu telah matang dan siap digunakan. Bumbu yang berwarna kecokelatan akan menghasilkan masakan yang bercita rasa gurih dan harum.

Aroma


Aroma, Resep

Aroma harum rempah-rempah merupakan salah satu ciri khas dari Bumbu Kresengan Daging. Aroma ini dihasilkan dari perpaduan rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan bumbu tersebut, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri. Rempah-rempah ini memiliki kandungan minyak atsiri yang memberikan aroma khas pada bumbu dan masakan.

  • Peran Rempah-rempah

    Rempah-rempah dalam Bumbu Kresengan Daging berperan penting dalam memberikan aroma harum pada bumbu dan masakan. Minyak atsiri yang terkandung dalam rempah-rempah ini akan menguap saat dipanaskan, sehingga menghasilkan aroma yang khas dan menggugah selera.

  • Jenis Rempah-rempah

    Jenis rempah-rempah yang digunakan dalam Bumbu Kresengan Daging juga mempengaruhi aroma bumbu. Bawang merah dan bawang putih memberikan aroma gurih dan sedikit pedas, sementara ketumbar dan jinten memberikan aroma harum dan khas. Kemiri memberikan aroma yang sedikit berlemak dan gurih pada bumbu.

  • Proses Pembuatan

    Proses pembuatan Bumbu Kresengan Daging juga mempengaruhi aroma bumbu. Rempah-rempah harus dihaluskan dan ditumis hingga harum untuk mengeluarkan aroma khasnya. Penumisan juga dapat menghasilkan reaksi Maillard, yaitu reaksi antara asam amino dan gula yang menghasilkan aroma karamel.

  • Dampak pada Masakan

    Aroma harum rempah-rempah pada Bumbu Kresengan Daging akan memberikan cita rasa yang khas dan menggugah selera pada masakan. Aroma ini akan menambah kelezatan daging dan membuat masakan menjadi lebih nikmat.

Aroma harum rempah-rempah pada Bumbu Kresengan Daging merupakan salah satu faktor penting yang membuat bumbu ini begitu populer dan banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Aroma ini memberikan cita rasa yang khas dan menggugah selera pada masakan, sehingga membuat masakan menjadi lebih nikmat dan berkesan.

Kandungan Gizi


Kandungan Gizi, Resep

Bumbu Kresengan Daging tidak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, tetapi juga kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Bumbu ini tinggi akan serat, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

  • Serat

    Serat merupakan komponen penting dalam Bumbu Kresengan Daging. Serat berperan dalam melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi, dan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  • Vitamin

    Bumbu Kresengan Daging juga mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Vitamin-vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan mata, kulit, dan tulang.

  • Mineral

    Selain vitamin, Bumbu Kresengan Daging juga kaya akan mineral, seperti zat besi, kalsium, dan kalium. Mineral-mineral ini berperan dalam pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan tulang, dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Kandungan gizi yang tinggi dalam Bumbu Kresengan Daging menjadikannya bumbu yang tidak hanya nikmat, tetapi juga menyehatkan. Mengonsumsi Bumbu Kresengan Daging secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Cara Pembuatan


Cara Pembuatan, Resep

Pembuatan Bumbu Kresengan Daging memiliki proses yang khas, yaitu dengan menghaluskan bahan-bahan bumbu dan kemudian menumisnya hingga harum. Proses ini merupakan langkah penting yang memberikan pengaruh besar pada cita rasa dan kualitas bumbu.

  • Penghalusan Bahan

    Bahan-bahan Bumbu Kresengan Daging, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri, perlu dihaluskan terlebih dahulu. Penghalusan ini dapat dilakukan menggunakan blender, ulekan, atau alat penghalus lainnya. Proses penghalusan bertujuan untuk memecah bahan-bahan bumbu menjadi partikel-partikel yang lebih kecil sehingga dapat mengeluarkan aroma dan rasa secara optimal.

  • Penumisan

    Setelah dihaluskan, bahan-bahan bumbu ditumis dengan minyak goreng hingga harum. Proses penumisan ini bertujuan untuk mengeluarkan aroma dan rasa bumbu secara maksimal. Selama proses penumisan, bumbu akan mengalami perubahan warna dan tekstur. Bumbu akan berubah warna menjadi lebih kecokelatan dan teksturnya akan menjadi lebih lembut.

  • Reaksi Maillard

    Proses penumisan juga memicu reaksi Maillard, yaitu reaksi kimia antara asam amino dan gula yang terjadi pada suhu tinggi. Reaksi ini menghasilkan senyawa melanoidin yang berwarna cokelat dan memberikan aroma khas pada bumbu. Reaksi Maillard juga berperan dalam meningkatkan cita rasa dan menambah nilai gizi pada bumbu.

  • Pengaruh pada Cita Rasa

    Proses menghaluskan dan menumis hingga harum sangat berpengaruh pada cita rasa Bumbu Kresengan Daging. Bumbu yang dihaluskan akan lebih mudah meresap ke dalam daging dan memberikan cita rasa yang lebih gurih. Penumisan hingga harum juga menghasilkan aroma khas yang menggugah selera dan menambah kelezatan bumbu.

Dengan demikian, proses pembuatan Bumbu Kresengan Daging dengan cara dihaluskan dan ditumis hingga harum merupakan langkah penting yang menentukan cita rasa dan kualitas bumbu. Proses ini menghasilkan bumbu yang gurih, harum, dan kaya rasa yang dapat menambah kelezatan berbagai hidangan daging.

Pertanyaan Umum “Bumbu Kresengan Daging”

Bagian ini akan membahas beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait dengan “Bumbu Kresengan Daging”. Pertanyaan dan jawaban ini disusun untuk memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi pembaca.

Pertanyaan 1: Apa itu Bumbu Kresengan Daging?

Jawaban: Bumbu Kresengan Daging adalah bumbu khas Indonesia yang terbuat dari berbagai rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri, yang dihaluskan dan kemudian ditumis hingga harum. Bumbu ini memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas, dan banyak digunakan untuk membumbui berbagai jenis daging, seperti daging sapi, kambing, atau ayam.

Pertanyaan 2: Apa manfaat menggunakan Bumbu Kresengan Daging?

Jawaban: Selain menambah cita rasa pada masakan, Bumbu Kresengan Daging juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Bumbu ini kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan, antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh, seperti zat besi, kalsium, dan kalium.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara membuat Bumbu Kresengan Daging?

Jawaban: Untuk membuat Bumbu Kresengan Daging, haluskan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan kemiri. Setelah halus, tumis bahan-bahan tersebut dengan minyak goreng hingga harum dan berwarna kecokelatan.

Pertanyaan 4: Apa saja jenis masakan yang bisa menggunakan Bumbu Kresengan Daging?

Jawaban: Bumbu Kresengan Daging sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk membumbui berbagai jenis masakan, seperti semur, gulai, soto, sate, dan bakar-bakaran. Bumbu ini akan memberikan cita rasa gurih dan sedikit pedas pada masakan.

Pertanyaan 5: Di mana bisa membeli Bumbu Kresengan Daging?

Jawaban: Bumbu Kresengan Daging dapat dibeli di pasar tradisional, toko bahan makanan, atau secara online. Pastikan untuk memilih bumbu yang masih segar dan berkualitas baik.

Pertanyaan 6: Apakah Bumbu Kresengan Daging mengandung bahan pengawet?

Jawaban: Bumbu Kresengan Daging tradisional biasanya tidak mengandung bahan pengawet. Namun, beberapa produk bumbu siap pakai yang dijual di pasaran mungkin mengandung bahan pengawet untuk memperpanjang masa simpan.

Dengan memahami pertanyaan-pertanyaan umum ini, diharapkan pembaca dapat memperoleh informasi yang komprehensif tentang “Bumbu Kresengan Daging”. Bumbu ini merupakan bumbu khas Indonesia yang kaya cita rasa dan manfaat, sehingga sangat cocok digunakan untuk menambah kelezatan berbagai hidangan daging.

Artikel Terkait: Eksplorasi Cita Rasa Bumbu Kresengan Daging: Dari Bahan hingga Manfaat

Tips Memanfaatkan “Bumbu Kresengan Daging”

Bumbu Kresengan Daging merupakan bumbu khas Indonesia yang serbaguna dan dapat meningkatkan cita rasa berbagai hidangan daging. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan bumbu ini:

Tip 1: Gunakan Bumbu yang Segar

Untuk mendapatkan cita rasa terbaik, gunakan bumbu Kresengan Daging yang masih segar. Bumbu yang segar memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat dibandingkan bumbu yang sudah lama disimpan.

Tip 2: Haluskan Bumbu dengan Baik

Haluskan bumbu Kresengan Daging hingga benar-benar halus. Bumbu yang halus akan lebih mudah meresap ke dalam daging dan memberikan cita rasa yang lebih merata.

Tip 3: Tumis Bumbu hingga Harum

Tumis bumbu Kresengan Daging dengan minyak goreng hingga harum. Proses penumisan akan mengeluarkan aroma dan rasa bumbu secara maksimal.

Tip 4: Marinasi Daging

Marinasi daging dengan bumbu Kresengan Daging selama beberapa jam atau bahkan semalaman. Proses marinasi akan membuat daging lebih empuk dan bercita rasa.

Tip 5: Sesuaikan Takaran Bumbu

Sesuaikan takaran bumbu Kresengan Daging sesuai dengan selera dan jenis daging yang digunakan. Untuk daging yang berlemak, gunakan bumbu dalam jumlah yang lebih banyak.

Tip 6: Gunakan untuk Berbagai Masakan

Bumbu Kresengan Daging tidak hanya cocok untuk membumbui daging, tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai masakan lain, seperti semur, gulai, dan soto.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memanfaatkan Bumbu Kresengan Daging secara maksimal untuk menghasilkan hidangan daging yang lezat dan bercita rasa.

Kesimpulan

Bumbu Kresengan Daging merupakan bumbu serbaguna yang dapat meningkatkan cita rasa berbagai hidangan daging. Dengan menggunakan bumbu yang segar, menghaluskannya dengan baik, menumisnya hingga harum, dan menyesuaikan takaran sesuai selera, Anda dapat menciptakan hidangan daging yang lezat dan menggugah selera.

Kesimpulan

Bumbu Kresengan Daging merupakan bumbu khas Indonesia yang banyak digunakan untuk membumbui berbagai jenis daging. Bumbu ini memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas, serta kaya akan rempah-rempah yang memberikan aroma harum. Bumbu Kresengan Daging tidak hanya menambah kelezatan masakan, tetapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti membantu melancarkan pencernaan, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan meningkatkan kadar mineral dalam tubuh.

Dengan memahami berbagai aspek tentang Bumbu Kresengan Daging, mulai dari bahan, pembuatan, hingga manfaat dan kegunaannya, kita dapat mengapresiasi kekayaan kuliner Indonesia. Bumbu ini merupakan salah satu warisan kuliner yang patut dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Mari terus gunakan Bumbu Kresengan Daging untuk menambah cita rasa dan kelezatan masakan Indonesia.

Youtube Video:



About admin