Resep Bingka Barandam Khas Banjar: Temukan Resep dan Wawasan Baru yang Menggiurkan


Resep Bingka Barandam Khas Banjar: Temukan Resep dan Wawasan Baru yang Menggiurkan

Bingka barandam khas Banjar merupakan jajanan tradisional masyarakat Banjar yang berbahan dasar tepung beras, santan, dan gula. Kue ini memiliki tekstur yang lembut, legit, dan manis. Bingka barandam biasanya disajikan sebagai teman minum teh atau kopi, namun bisa juga dijadikan sebagai hidangan penutup.

Bingka barandam memiliki sejarah yang panjang di masyarakat Banjar. Kue ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-19. Pada masa itu, bingka barandam hanya dibuat oleh keluarga kerajaan dan bangsawan. Namun seiring berjalannya waktu, kue ini mulai menyebar ke masyarakat umum dan menjadi salah satu jajanan tradisional yang digemari.

Bingka barandam khas Banjar memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  1. Kaya akan karbohidrat yang dapat memberikan energi.
  2. Mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.
  3. Dapat meningkatkan nafsu makan.

Bingka Barandam Khas Banjar

Bingka barandam khas Banjar merupakan jajanan tradisional masyarakat Banjar yang memiliki banyak aspek penting, di antaranya:

  • Bahan dasar: tepung beras, santan, gula
  • Tekstur: lembut, legit, manis
  • Rasa: gurih, manis, sedikit asin
  • Aroma: harum pandan, kayu manis
  • Penyajian: teman minum teh/kopi, hidangan penutup
  • Sejarah: sudah ada sejak abad ke-19
  • Manfaat: kaya karbohidrat, mengandung vitamin dan mineral, dapat meningkatkan nafsu makan
  • Nilai budaya: simbol kebersamaan, keharmonisan
  • Ekonomi: sumber pendapatan masyarakat

Berbagai aspek tersebut saling terkait dan menjadikan bingka barandam khas Banjar sebagai jajanan tradisional yang unik dan digemari masyarakat. Bingka barandam tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga memiliki nilai budaya dan ekonomi yang tinggi.

Bahan dasar


Bahan Dasar, Resep4-10k

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat bingka barandam khas Banjar, yaitu tepung beras, santan, dan gula, memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan cita rasa dan tekstur kue ini. Tepung beras memberikan tekstur yang lembut dan pulen, sementara santan memberikan rasa gurih dan aroma yang harum. Gula berfungsi sebagai pemanis alami yang membuat bingka barandam terasa manis legit.

Perpaduan ketiga bahan dasar ini menghasilkan kue yang memiliki tekstur yang unik, yaitu lembut, legit, dan sedikit kenyal. Tekstur ini menjadi ciri khas dari bingka barandam khas Banjar dan membedakannya dengan jenis kue lainnya.

Selain itu, bahan dasar tepung beras, santan, dan gula juga mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Hal ini membuat bingka barandam menjadi jajanan tradisional yang dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Memahami peran penting bahan dasar tepung beras, santan, dan gula dalam pembuatan bingka barandam khas Banjar dapat membantu kita untuk mengapresiasi cita rasa dan tekstur yang unik dari kue ini. Selain itu, pengetahuan ini juga dapat membantu kita untuk membuat bingka barandam sendiri di rumah dengan hasil yang memuaskan.

Tekstur


Tekstur, Resep4-10k

Tekstur lembut, legit, dan manis merupakan ciri khas dari bingka barandam khas Banjar yang membuatnya begitu digemari masyarakat. Tekstur ini dihasilkan dari perpaduan bahan dasar dan teknik pembuatan yang tepat.

  • Tepung beras: Tepung beras memiliki kandungan pati yang tinggi, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan pulen.
  • Santan: Santan memberikan kelembapan dan rasa gurih pada bingka barandam.
  • Gula: Gula berfungsi sebagai pemanis dan memberikan tekstur yang legit.
  • Teknik pembuatan: Bingka barandam dimasak dengan cara dikukus, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan tidak keras.

Perpaduan bahan dasar dan teknik pembuatan yang tepat menghasilkan bingka barandam khas Banjar dengan tekstur yang lembut, legit, dan manis. Tekstur ini menjadi salah satu faktor yang membuat bingka barandam begitu digemari masyarakat dan menjadi jajanan tradisional yang khas dan unik dari Banjarmasin.

Rasa


Rasa, Resep4-10k

Rasa gurih, manis, sedikit asin merupakan perpaduan rasa yang khas dari bingka barandam khas Banjar. Perpaduan rasa ini dihasilkan dari penggunaan bahan-bahan tertentu dan teknik pembuatan yang tepat.

  • Gurih: Rasa gurih pada bingka barandam berasal dari penggunaan santan. Santan memberikan rasa gurih yang khas dan membuat bingka barandam terasa lebih nikmat.
  • Manis: Rasa manis pada bingka barandam berasal dari penggunaan gula. Gula berfungsi sebagai pemanis alami yang membuat bingka barandam terasa manis legit.
  • Sedikit asin: Rasa sedikit asin pada bingka barandam berasal dari penggunaan garam. Garam berfungsi sebagai penambah rasa dan membuat bingka barandam terasa lebih gurih dan tidak terlalu manis.

Perpaduan rasa gurih, manis, sedikit asin pada bingka barandam khas Banjar menciptakan rasa yang unik dan khas. Perpaduan rasa ini menjadi salah satu faktor yang membuat bingka barandam begitu digemari masyarakat dan menjadi jajanan tradisional yang khas dan unik dari Banjarmasin.

Aroma


Aroma, Resep4-10k

Aroma harum pandan dan kayu manis merupakan ciri khas dari bingka barandam khas Banjar. Kedua aroma ini memberikan sensasi tersendiri yang membuat bingka barandam semakin nikmat dan menggoda selera.

  • Pandan

    Daun pandan memiliki aroma yang khas dan menyegarkan. Aroma pandan pada bingka barandam memberikan sensasi kesegaran dan membuat kue ini terasa lebih nikmat.

  • Kayu manis

    Kayu manis memiliki aroma yang hangat dan sedikit manis. Aroma kayu manis pada bingka barandam memberikan sensasi kehangatan dan membuat kue ini terasa lebih gurih.

Perpaduan aroma pandan dan kayu manis pada bingka barandam khas Banjar menciptakan aroma yang unik dan khas. Perpaduan aroma ini menjadi salah satu faktor yang membuat bingka barandam begitu digemari masyarakat dan menjadi jajanan tradisional yang khas dan unik dari Banjarmasin.

Penyajian


Penyajian, Resep4-10k

Penyajian bingka barandam khas Banjar sebagai teman minum teh/kopi atau hidangan penutup memiliki beberapa alasan, yaitu:

  1. Rasa dan aroma yang cocok

    Rasa dan aroma bingka barandam yang manis legit dan harum pandan sangat cocok untuk dinikmati bersama teh atau kopi. Perpaduan rasa dan aroma ini memberikan sensasi yang nikmat dan membuat waktu bersantai menjadi lebih menyenangkan.

  2. Tekstur yang lembut

    Tekstur bingka barandam yang lembut dan sedikit kenyal sangat cocok untuk dijadikan hidangan penutup. Tekstur ini membuat bingka barandam mudah dicerna dan tidak membuat perut terasa penuh.

  3. Tradisi masyarakat Banjar

    Di masyarakat Banjar, bingka barandam sering disajikan sebagai teman minum teh atau kopi saat bersantai atau menerima tamu. Tradisi ini sudah berlangsung turun-temurun dan menjadi bagian dari budaya masyarakat Banjar.

Penyajian bingka barandam sebagai teman minum teh/kopi atau hidangan penutup memberikan pengalaman kuliner yang unik dan khas Banjar. Perpaduan rasa, aroma, dan tekstur yang khas membuat bingka barandam menjadi jajanan tradisional yang digemari oleh masyarakat Banjar dan wisatawan.

Sejarah


Sejarah, Resep4-10k

Bingka barandam khas Banjar merupakan jajanan tradisional yang memiliki sejarah panjang. Kue ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-19. Pada masa itu, bingka barandam hanya dibuat oleh keluarga kerajaan dan bangsawan. Namun seiring berjalannya waktu, kue ini mulai menyebar ke masyarakat umum dan menjadi salah satu jajanan tradisional yang digemari.

Sejarah bingka barandam yang sudah ada sejak abad ke-19 menunjukkan bahwa kue ini memiliki nilai budaya yang tinggi. Bingka barandam tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga merupakan bagian dari tradisi dan warisan kuliner masyarakat Banjar. Kue ini sering disajikan pada acara-acara adat dan keagamaan, serta menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Banjarmasin.

Memahami sejarah bingka barandam sangat penting untuk mengapresiasi nilai budaya dan keunikan kue ini. Dengan mengetahui sejarahnya, kita dapat lebih menghargai kekayaan kuliner Indonesia dan menjaga kelestarian tradisi kuliner masyarakat Banjar.

Manfaat


Manfaat, Resep4-10k

Bingka barandam khas Banjar kaya akan karbohidrat, mengandung vitamin dan mineral, serta dapat meningkatkan nafsu makan. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, sedangkan vitamin dan mineral berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan karbohidrat yang tinggi pada bingka barandam membuat kue ini cocok dikonsumsi sebagai makanan pengganjal perut atau sebagai teman minum teh atau kopi. Kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup juga membuat bingka barandam baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Selain itu, bingka barandam juga dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena kandungan gula dan rasanya yang manis dapat merangsang produksi hormon ghrelin, yaitu hormon yang merangsang rasa lapar.

Memahami manfaat bingka barandam yang kaya karbohidrat, mengandung vitamin dan mineral, serta dapat meningkatkan nafsu makan sangat penting untuk mengapresiasi nilai gizi kue ini. Dengan mengetahui manfaatnya, kita dapat mengonsumsi bingka barandam dengan lebih bijak dan menjadikannya sebagai bagian dari pola makan sehat.

Nilai budaya


Nilai Budaya, Resep4-10k

Bingka barandam khas Banjar memiliki nilai budaya yang tinggi sebagai simbol kebersamaan dan keharmonisan dalam masyarakat Banjar. Kue ini sering disajikan pada acara-acara adat dan keagamaan, serta menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Banjarmasin.

  • Kebersamaan

    Bingka barandam sering disajikan dalam acara-acara kumpul keluarga dan pertemuan masyarakat. Kue ini menjadi simbol kebersamaan dan kekeluargaan, karena dinikmati bersama-sama.

  • Keharmonisan

    Proses pembuatan bingka barandam yang melibatkan banyak orang, mulai dari persiapan bahan hingga penyajian, mencerminkan nilai keharmonisan dalam masyarakat Banjar. Kue ini menjadi simbol kerja sama dan gotong royong.

Nilai budaya bingka barandam sebagai simbol kebersamaan dan keharmonisan menjadikannya lebih dari sekadar makanan. Kue ini menjadi bagian dari identitas budaya masyarakat Banjar dan memperkuat ikatan sosial dalam masyarakat.

Ekonomi


Ekonomi, Resep4-10k

Bingka barandam khas Banjar memiliki peran penting sebagai sumber pendapatan masyarakat, khususnya bagi para pelaku usaha kuliner di Banjarmasin. Kue tradisional ini banyak dijual di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional hingga toko oleh-oleh.

Produksi dan penjualan bingka barandam dapat memberikan penghasilan yang cukup bagi para pelaku usaha. Hal ini karena kue ini memiliki permintaan yang tinggi, terutama pada saat acara-acara adat dan keagamaan. Selain itu, bingka barandam juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin yang banyak dicari wisatawan.

Peran bingka barandam sebagai sumber pendapatan masyarakat memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Menciptakan lapangan kerja
  2. Meningkatkan pendapatan masyarakat
  3. Membantu perekonomian daerah

Memahami peran ekonomi bingka barandam sebagai sumber pendapatan masyarakat sangat penting untuk mendukung keberlangsungan usaha kuliner tradisional di Banjarmasin. Dengan mendukung usaha-usaha tersebut, masyarakat dapat ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian budaya kuliner Banjar dan meningkatkan perekonomian daerah.

FAQ Bingka Barandam Khas Banjar

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai bingka barandam khas Banjar beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa itu bingka barandam khas Banjar?

Bingka barandam khas Banjar adalah jajanan tradisional masyarakat Banjar yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula. Kue ini memiliki tekstur yang lembut, legit, dan manis.

Pertanyaan 2: Apa saja bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bingka barandam khas Banjar?

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bingka barandam khas Banjar adalah tepung beras, santan, gula, telur, garam, dan daun pandan.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara membuat bingka barandam khas Banjar?

Cara membuat bingka barandam khas Banjar cukup mudah. Pertama, campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak dan kukus selama kurang lebih 30 menit.

Pertanyaan 4: Apa saja manfaat mengonsumsi bingka barandam khas Banjar?

Bingka barandam khas Banjar kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral. Kue ini baik untuk dikonsumsi sebagai sumber energi, menjaga kesehatan tubuh, dan meningkatkan nafsu makan.

Pertanyaan 5: Di mana bisa membeli bingka barandam khas Banjar?

Bingka barandam khas Banjar dapat dibeli di pasar tradisional, toko oleh-oleh, dan beberapa restoran di Banjarmasin.

Pertanyaan 6: Apa saja nilai budaya dari bingka barandam khas Banjar?

Bingka barandam khas Banjar memiliki nilai budaya sebagai simbol kebersamaan dan keharmonisan dalam masyarakat Banjar. Kue ini sering disajikan pada acara-acara adat dan keagamaan.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai bingka barandam khas Banjar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga artikel selanjutnya tentang…

Tips Membuat Bingka Barandam Khas Banjar

Bingka barandam khas Banjar merupakan jajanan tradisional yang memiliki citarasa yang unik dan digemari oleh banyak orang. Berikut adalah beberapa tips membuat bingka barandam yang lembut, legit, dan manis:

Tip 1: Gunakan bahan-bahan berkualitas

Kualitas bahan-bahan yang digunakan akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari bingka barandam. Gunakan tepung beras yang berkualitas baik, santan yang kental, dan gula pasir yang halus.

Tip 2: Takaran bahan harus tepat

Takaran bahan-bahan yang digunakan harus tepat sesuai dengan resep. Jika takaran bahan tidak tepat, maka tekstur dan rasa bingka barandam tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.

Tip 3: Aduk adonan hingga tercampur rata

Aduk adonan hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Adonan yang tercampur rata akan menghasilkan bingka barandam yang lembut dan tidak bergerindil.

Tip 4: Kukus dengan api sedang

Kukus bingka barandam dengan api sedang selama kurang lebih 30 menit. Jangan mengukus dengan api terlalu besar karena dapat membuat bingka barandam menjadi bantat.

Tip 5: Angkat bingka barandam saat sudah matang

Angkat bingka barandam dari kukusan saat sudah matang. Untuk mengetahui apakah bingka barandam sudah matang, tusuk dengan lidi. Jika lidi yang ditusukkan ke dalam bingka barandam sudah bersih, maka bingka barandam sudah matang.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat bingka barandam khas Banjar yang lembut, legit, dan manis. Selamat mencoba!

Baca juga artikel selanjutnya tentang…

Kesimpulan

Bingka barandam khas Banjar merupakan salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang patut dijaga kelestariannya. Kue tradisional ini memiliki cita rasa yang unik dan nilai budaya yang tinggi. Bingka barandam dapat dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi, hidangan penutup, bahkan sebagai oleh-oleh khas dari Banjarmasin.

Pembuatan bingka barandam yang melibatkan banyak orang mencerminkan nilai keharmonisan dalam masyarakat Banjar. Selain itu, bingka barandam juga menjadi sumber pendapatan bagi para pelaku usaha kuliner di Banjarmasin. Dengan menjaga kelestarian bingka barandam, kita turut menjaga kekayaan kuliner dan perekonomian daerah.

Youtube Video:



About administrator