Rahasia Bikin Kentang Goreng ala McD yang Bikin Nagih


Rahasia Bikin Kentang Goreng ala McD yang Bikin Nagih

Bikin kentang goreng ala McD merupakan cara membuat kentang goreng yang renyah dan gurih seperti yang disajikan di restoran cepat saji McDonald’s.

Kentang goreng ala McD memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Rasanya yang gurih dan sedikit asin membuatnya menjadi camilan yang digemari banyak orang. Selain itu, kentang goreng ala McD juga dapat disajikan dengan berbagai saus celup, seperti saus tomat, saus sambal, atau saus keju.

Untuk membuat kentang goreng ala McD, diperlukan beberapa bahan, seperti kentang, minyak goreng, garam, dan merica. Kentang dipotong-potong memanjang, kemudian dicuci bersih dan dikeringkan. Setelah itu, kentang digoreng dalam minyak panas hingga berwarna keemasan. Kentang goreng yang sudah matang ditiriskan dan diberi sedikit garam dan merica.

bikin kentang goreng ala mcd

Membuat kentang goreng ala McD yang renyah dan gurih memerlukan beberapa aspek penting, di antaranya:

  • Kentang berkualitas
  • Pemotongan yang tepat
  • Perendaman dalam air
  • Pengeringan yang menyeluruh
  • Minyak goreng yang panas
  • Goreng hingga keemasan
  • Penirisan yang baik
  • Pemberian garam dan merica
  • Penyajian segera
  • Saus pelengkap

Pemilihan kentang yang berkualitas akan menghasilkan kentang goreng yang renyah dan tidak lembek. Pemotongan yang tepat dengan ukuran dan ketebalan yang seragam memastikan kematangan yang merata. Perendaman dalam air dapat menghilangkan kelebihan pati, sehingga kentang goreng tidak lengket saat digoreng. Pengeringan yang menyeluruh memastikan kentang goreng tidak menyerap minyak berlebihan. Minyak goreng yang panas akan membuat kentang goreng cepat matang dan renyah. Goreng hingga keemasan untuk mendapatkan warna dan tekstur yang sempurna. Penirisan yang baik menghilangkan minyak berlebih, sehingga kentang goreng tidak menjadi lembek. Pemberian garam dan merica menambah rasa gurih pada kentang goreng. Penyajian segera akan menjaga kerenyahan kentang goreng. Saus pelengkap, seperti saus tomat, saus sambal, atau saus keju, memberikan variasi rasa pada kentang goreng.

Kentang berkualitas


Kentang Berkualitas, Resep6-10k

Kentang berkualitas memegang peranan penting dalam membuat kentang goreng ala McD yang renyah dan gurih. Kentang yang baik memiliki kandungan pati yang tinggi, sehingga menghasilkan tekstur yang renyah saat digoreng. Selain itu, kentang berkualitas juga memiliki sedikit kadar gula, sehingga tidak mudah gosong dan pahit saat digoreng.

Untuk mendapatkan kentang goreng ala McD yang sempurna, pilihlah kentang yang berjenis kentang goreng, seperti kentang Russet atau kentang Idaho. Kentang jenis ini memiliki bentuk yang lonjong dan kulit yang tipis, serta memiliki kandungan pati yang tinggi. Hindari menggunakan kentang yang sudah bertunas atau memiliki bagian yang hijau, karena bagian tersebut mengandung solanin yang dapat menyebabkan keracunan.

Kentang goreng ala McD yang dibuat dengan kentang berkualitas akan memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta memiliki rasa yang gurih dan sedikit asin. Kentang goreng seperti ini akan menjadi camilan yang digemari banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Pemotongan yang tepat


Pemotongan Yang Tepat, Resep6-10k

Pemotongan yang tepat merupakan salah satu aspek penting dalam membuat kentang goreng ala McD yang renyah dan gurih. Kentang yang dipotong dengan benar akan menghasilkan kentang goreng yang matang merata dan memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

  • Ukuran dan ketebalan yang seragam

    Kentang goreng ala McD memiliki ukuran dan ketebalan yang seragam. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kentang goreng matang merata. Kentang goreng yang terlalu tebal akan sulit matang bagian dalamnya, sedangkan kentang goreng yang terlalu tipis akan mudah gosong.

  • Bentuk yang memanjang

    Kentang goreng ala McD memiliki bentuk yang memanjang. Hal ini bertujuan untuk memperluas permukaan kentang goreng yang terkena panas, sehingga kentang goreng dapat matang lebih cepat dan merata.

  • Sudut pemotongan

    Kentang goreng ala McD dipotong dengan sudut 90 derajat. Hal ini menghasilkan permukaan kentang goreng yang rata dan memudahkan kentang goreng untuk matang merata.

  • Peralatan yang digunakan

    Untuk mendapatkan hasil pemotongan yang tepat, disarankan untuk menggunakan pisau yang tajam dan talenan yang rata. Pisau yang tajam akan menghasilkan potongan yang bersih dan rata, sedangkan talenan yang rata akan memastikan bahwa kentang goreng memiliki ketebalan yang seragam.

Dengan melakukan pemotongan yang tepat, kamu dapat membuat kentang goreng ala McD yang renyah, gurih, dan matang merata. Kentang goreng seperti ini akan menjadi camilan yang digemari banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Perendaman dalam air


Perendaman Dalam Air, Resep6-10k

Perendaman dalam air merupakan salah satu langkah penting dalam membuat kentang goreng ala McD yang renyah dan gurih. Perendaman dalam air berfungsi untuk menghilangkan kelebihan pati pada kentang, sehingga kentang goreng tidak lengket saat digoreng. Selain itu, perendaman dalam air juga dapat membantu mengeluarkan gula alami pada kentang, sehingga kentang goreng tidak mudah gosong dan pahit saat digoreng.

Untuk merendam kentang goreng, siapkan air dingin dalam wadah yang cukup besar. Masukkan kentang goreng yang telah dipotong-potong ke dalam wadah dan pastikan kentang terendam seluruhnya. Rendam kentang goreng selama minimal 30 menit, atau hingga maksimal 24 jam. Setelah direndam, tiriskan kentang goreng dan keringkan dengan kain bersih atau tisu dapur.

Kentang goreng yang telah direndam dalam air akan menghasilkan tekstur yang lebih renyah dan gurih dibandingkan dengan kentang goreng yang tidak direndam. Hal ini karena perendaman dalam air dapat membantu menghilangkan kelebihan pati pada kentang, sehingga kentang goreng tidak lengket saat digoreng. Selain itu, perendaman dalam air juga dapat membantu mengeluarkan gula alami pada kentang, sehingga kentang goreng tidak mudah gosong dan pahit saat digoreng.

Pengeringan yang menyeluruh


Pengeringan Yang Menyeluruh, Resep6-10k

Pengeringan yang menyeluruh merupakan salah satu langkah penting dalam membuat kentang goreng ala McD yang renyah dan gurih. Kentang goreng yang tidak dikeringkan dengan baik akan mengandung kadar air yang tinggi, sehingga saat digoreng akan menjadi lembek dan tidak renyah. Selain itu, kadar air yang tinggi juga dapat membuat kentang goreng mudah gosong dan pahit.

Untuk mengeringkan kentang goreng dengan baik, setelah dicuci dan dipotong-potong, kentang goreng dapat dikeringkan dengan menggunakan kain bersih atau tisu dapur. Kentang goreng juga dapat dikeringkan dengan cara diangin-anginkan selama beberapa menit.

Kentang goreng yang telah dikeringkan dengan baik akan menghasilkan tekstur yang lebih renyah dan gurih dibandingkan dengan kentang goreng yang tidak dikeringkan. Hal ini karena kadar air yang rendah pada kentang goreng akan membuat kentang goreng lebih mudah matang dan renyah saat digoreng. Selain itu, kadar air yang rendah juga dapat mencegah kentang goreng menjadi lembek dan gosong.

Minyak goreng yang panas


Minyak Goreng Yang Panas, Resep6-10k

Minyak goreng yang panas merupakan salah satu faktor penting dalam membuat kentang goreng ala McD yang renyah dan gurih. Minyak goreng yang panas akan membuat kentang goreng cepat matang dan renyah di bagian luar, sekaligus lembut di bagian dalam. Selain itu, minyak goreng yang panas juga dapat membantu mengeluarkan kadar air pada kentang goreng, sehingga kentang goreng tidak menjadi lembek dan berminyak.

Suhu ideal untuk menggoreng kentang goreng ala McD adalah sekitar 175-190 derajat Celcius. Pada suhu ini, kentang goreng akan matang dengan cepat dan merata, tanpa menjadi gosong atau lembek. Untuk memastikan suhu minyak goreng sudah tepat, dapat digunakan termometer dapur. Jika tidak memiliki termometer dapur, dapat dilakukan tes dengan memasukkan sedikit adonan ke dalam minyak goreng. Jika adonan langsung mengapung dan berwarna keemasan, berarti minyak goreng sudah siap digunakan.

Penggunaan minyak goreng yang panas dalam membuat kentang goreng ala McD sangat penting untuk mendapatkan tekstur yang renyah dan gurih. Dengan memahami pentingnya minyak goreng yang panas dan cara mengaturnya dengan baik, dapat dihasilkan kentang goreng ala McD yang sempurna.

Goreng hingga keemasan


Goreng Hingga Keemasan, Resep6-10k

Menggoreng kentang hingga berwarna keemasan merupakan salah satu langkah penting dalam membuat kentang goreng ala McD yang renyah dan gurih. Warna keemasan pada kentang goreng menunjukkan bahwa kentang telah matang dengan sempurna dan memiliki tekstur yang renyah di bagian luar sekaligus lembut di bagian dalam. Selain itu, menggoreng hingga keemasan juga dapat membantu mengeluarkan kadar air pada kentang goreng, sehingga kentang goreng tidak menjadi lembek dan berminyak.

Untuk mendapatkan warna keemasan yang sempurna pada kentang goreng ala McD, terdapat beberapa tips yang dapat diikuti. Pertama, pastikan minyak goreng sudah panas sebelum memasukkan kentang goreng. Minyak goreng yang panas akan membuat kentang goreng cepat matang dan berwarna keemasan secara merata. Kedua, jangan memasukkan terlalu banyak kentang goreng ke dalam minyak goreng sekaligus. Hal ini dapat membuat suhu minyak goreng turun dan kentang goreng tidak matang dengan baik. Ketiga, goreng kentang goreng hingga berwarna keemasan dan terlihat renyah. Hindari menggoreng kentang goreng terlalu lama, karena dapat membuat kentang goreng menjadi gosong dan pahit.

Menggoreng kentang hingga keemasan merupakan langkah yang sangat penting dalam membuat kentang goreng ala McD yang renyah dan gurih. Dengan memahami pentingnya menggoreng hingga keemasan dan mengikuti tips yang telah disebutkan, dapat dihasilkan kentang goreng ala McD yang sempurna.

Penirisan yang baik


Penirisan Yang Baik, Resep6-10k

Penirisan yang baik merupakan salah satu langkah penting dalam membuat kentang goreng ala McD yang renyah dan gurih. Penirisan yang baik berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih pada kentang goreng, sehingga kentang goreng tidak menjadi lembek dan berminyak.

  • Menggunakan kertas penyerap minyak

    Salah satu cara untuk meniriskan kentang goreng dengan baik adalah dengan menggunakan kertas penyerap minyak. Kertas penyerap minyak dapat menyerap minyak berlebih pada kentang goreng, sehingga kentang goreng menjadi lebih renyah dan tidak berminyak.

  • Menggunakan saringan kawat

    Cara lain untuk meniriskan kentang goreng dengan baik adalah dengan menggunakan saringan kawat. Saringan kawat dapat digunakan untuk mengangkat kentang goreng dari minyak goreng dan membiarkan minyak berlebih menetes ke bawah. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada kentang goreng.

  • Mengangin-anginkan kentang goreng

    Selain menggunakan kertas penyerap minyak atau saringan kawat, kentang goreng juga dapat ditiriskan dengan cara diangin-anginkan. Cara ini dilakukan dengan meletakkan kentang goreng di atas rak kawat dan membiarkannya selama beberapa menit hingga minyak berlebih menetes ke bawah. Cara ini kurang efektif dibandingkan dengan dua cara sebelumnya, namun tetap dapat dilakukan jika tidak tersedia kertas penyerap minyak atau saringan kawat.

  • Menghindari menggoreng kentang goreng terlalu lama

    Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat membuat kentang goreng ala McD adalah menggoreng kentang goreng terlalu lama. Menggoreng kentang goreng terlalu lama dapat membuat kentang goreng menjadi kering dan keras. Untuk menghindari hal ini, goreng kentang goreng hingga berwarna keemasan dan terlihat renyah. Setelah itu, segera angkat kentang goreng dari minyak goreng dan tiriskan dengan baik.

Dengan melakukan penirisan yang baik, kentang goreng ala McD yang dihasilkan akan memiliki tekstur yang renyah dan gurih, serta tidak lembek dan berminyak. Penirisan yang baik juga dapat membantu kentang goreng bertahan lebih lama dan tetap renyah.

Pemberian garam dan merica


Pemberian Garam Dan Merica, Resep6-10k

Pemberian garam dan merica merupakan salah satu langkah penting dalam membuat kentang goreng ala McD yang renyah dan gurih. Garam berfungsi untuk memberikan rasa asin pada kentang goreng, sedangkan merica berfungsi untuk memberikan rasa pedas dan hangat. Kombinasi garam dan merica yang tepat akan menghasilkan kentang goreng yang memiliki cita rasa yang seimbang dan nikmat.

Selain memberikan rasa, garam dan merica juga berfungsi untuk meningkatkan kerenyahan kentang goreng. Garam dapat membantu mengeluarkan kadar air pada kentang goreng, sehingga kentang goreng menjadi lebih renyah. Merica juga dapat membantu mengurangi kadar minyak pada kentang goreng, sehingga kentang goreng tidak menjadi lembek dan berminyak.

Dalam membuat kentang goreng ala McD, pemberian garam dan merica dilakukan setelah kentang goreng selesai digoreng dan ditiriskan. Garam dan merica ditaburkan secukupnya pada kentang goreng dan diaduk hingga merata. Jumlah garam dan merica yang digunakan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Kentang goreng ala McD yang diberi garam dan merica secukupnya akan menghasilkan cita rasa yang gurih, renyah, dan nikmat. Cita rasa ini menjadi ciri khas kentang goreng ala McD yang digemari oleh banyak orang.

Penyajian segera


Penyajian Segera, Resep6-10k

Penyajian kentang goreng ala McD segera setelah selesai dimasak merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan tekstur dan cita rasa yang optimal. Kentang goreng yang disajikan segera akan memiliki tekstur yang lebih renyah dan gurih dibandingkan dengan kentang goreng yang didiamkan terlebih dahulu.

  • Kehilangan kerenyahan

    Kentang goreng yang didiamkan terlalu lama akan kehilangan kerenyahannya karena kadar air pada kentang goreng akan menguap. Hal ini menyebabkan kentang goreng menjadi lembek dan tidak renyah lagi.

  • Penyerapan minyak

    Kentang goreng yang didiamkan terlalu lama juga akan menyerap lebih banyak minyak. Hal ini menyebabkan kentang goreng menjadi berminyak dan tidak gurih lagi.

  • Penurunan suhu

    Kentang goreng yang didiamkan terlalu lama akan mengalami penurunan suhu. Hal ini menyebabkan kentang goreng menjadi dingin dan tidak nikmat lagi.

  • Perubahan cita rasa

    Kentang goreng yang didiamkan terlalu lama akan mengalami perubahan cita rasa. Hal ini karena garam dan merica yang ditaburkan pada kentang goreng akan larut dan meresap ke dalam kentang goreng, sehingga cita rasa kentang goreng menjadi hambar.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan kentang goreng ala McD yang renyah, gurih, dan nikmat, sangat penting untuk menyajikan kentang goreng segera setelah selesai dimasak.

Saus pelengkap


Saus Pelengkap, Resep6-10k

Saus pelengkap merupakan salah satu elemen penting dalam penyajian kentang goreng ala McD. Saus pelengkap berfungsi untuk memberikan variasi rasa dan menambah kenikmatan saat menyantap kentang goreng.

  • Jenis saus pelengkap

    Terdapat berbagai jenis saus pelengkap yang dapat disajikan bersama kentang goreng ala McD, antara lain saus tomat, saus sambal, saus keju, dan saus barbekyu. Setiap jenis saus memiliki cita rasa yang khas dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

  • Fungsi saus pelengkap

    Selain memberikan variasi rasa, saus pelengkap juga berfungsi untuk menambah kelembapan dan kesegaran pada kentang goreng. Saus pelengkap dapat membantu mengurangi rasa kering dan hambar pada kentang goreng, sehingga membuatnya lebih nikmat untuk disantap.

  • Cara penyajian

    Saus pelengkap biasanya disajikan dalam wadah terpisah dan dapat dicocol atau dituangkan sesuai selera. Cara penyajian ini memungkinkan setiap orang untuk mengatur jumlah saus yang mereka inginkan dan menyesuaikan cita rasa sesuai preferensi masing-masing.

  • Pengaruh saus pelengkap

    Penggunaan saus pelengkap dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap cita rasa dan kenikmatan kentang goreng ala McD. Saus pelengkap yang tepat dapat menyempurnakan rasa kentang goreng dan membuatnya semakin menggugah selera.

Dengan demikian, saus pelengkap merupakan salah satu aspek penting dalam penyajian kentang goreng ala McD. Berbagai jenis saus pelengkap yang tersedia memungkinkan setiap orang untuk menyesuaikan cita rasa sesuai selera masing-masing dan menambah kenikmatan saat menyantap kentang goreng.

Tanya Jawab Umum tentang Bikin Kentang Goreng ala McD

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait cara membuat kentang goreng ala McD:

Pertanyaan 1: Apa jenis kentang terbaik yang digunakan untuk membuat kentang goreng ala McD?

Jawaban: Kentang terbaik untuk membuat kentang goreng ala McD adalah kentang yang memiliki kandungan pati tinggi, seperti kentang jenis Russet atau Idaho.

Pertanyaan 2: Berapa ukuran dan ketebalan yang ideal untuk memotong kentang goreng ala McD?

Jawaban: Kentang goreng ala McD biasanya dipotong dengan ukuran panjang sekitar 7-9 cm dan ketebalan sekitar 1 cm.

Pertanyaan 3: Mengapa kentang goreng perlu direndam dalam air sebelum digoreng?

Jawaban: Perendaman dalam air membantu menghilangkan kelebihan pati pada kentang, sehingga kentang goreng tidak lengket saat digoreng dan menghasilkan tekstur yang lebih renyah.

Pertanyaan 4: Berapa suhu minyak goreng yang ideal untuk menggoreng kentang goreng ala McD?

Jawaban: Suhu minyak goreng yang ideal untuk menggoreng kentang goreng ala McD adalah sekitar 175-190 derajat Celcius.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mendapatkan warna keemasan yang sempurna pada kentang goreng ala McD?

Jawaban: Untuk mendapatkan warna keemasan yang sempurna, goreng kentang hingga permukaannya terlihat renyah dan berwarna kuning keemasan.

Pertanyaan 6: Apa saja saus pelengkap yang cocok disajikan dengan kentang goreng ala McD?

Jawaban: Saus pelengkap yang cocok disajikan dengan kentang goreng ala McD antara lain saus tomat, saus sambal, saus keju, dan saus barbekyu.

Demikian beberapa tanya jawab umum tentang cara membuat kentang goreng ala McD. Dengan mengikuti tips dan panduan yang diberikan, Anda dapat membuat kentang goreng ala McD yang renyah, gurih, dan nikmat seperti buatan restoran cepat saji.

Baca Juga: Cara Membuat Burger ala McD

Tips Membuat Kentang Goreng ala McD

Untuk mendapatkan kentang goreng ala McD yang renyah, gurih, dan nikmat, terdapat beberapa tips penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah lima tips yang dapat membantu Anda membuat kentang goreng ala McD yang sempurna:

Tip 1: Gunakan Kentang Berkualitas

Pemilihan kentang yang tepat sangat penting untuk menghasilkan kentang goreng yang renyah dan gurih. Pilihlah kentang jenis kentang goreng, seperti kentang Russet atau Idaho, yang memiliki kandungan pati tinggi. Kentang jenis ini akan menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Tip 2: Potong Kentang dengan Tepat

Ukuran dan ketebalan kentang goreng juga mempengaruhi kerenyahan dan kematangannya. Potong kentang dengan ukuran panjang sekitar 7-9 cm dan ketebalan sekitar 1 cm. Pemotongan yang seragam akan memastikan kentang goreng matang merata.

Tip 3: Rendam Kentang dalam Air

Perendaman kentang dalam air dingin selama minimal 30 menit membantu menghilangkan kelebihan pati. Hal ini akan mencegah kentang goreng lengket saat digoreng dan menghasilkan tekstur yang lebih renyah.

Tip 4: Gunakan Minyak Goreng yang Panas

Suhu minyak goreng yang ideal untuk menggoreng kentang goreng ala McD adalah sekitar 175-190 derajat Celcius. Minyak goreng yang panas akan membuat kentang goreng cepat matang dan renyah di bagian luar, sekaligus lembut di bagian dalam.

Tip 5: Sajikan Segera

Kentang goreng ala McD paling nikmat disajikan segera setelah selesai digoreng. Hal ini karena kentang goreng yang didiamkan terlalu lama akan kehilangan kerenyahan dan menjadi lembek.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat kentang goreng ala McD yang renyah, gurih, dan nikmat seperti buatan restoran cepat saji. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Membuat Burger ala McD

Kesimpulan

Membuat kentang goreng ala McD memerlukan teknik dan bahan-bahan yang tepat untuk menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta cita rasa yang gurih dan disukai banyak orang. Pemilihan jenis kentang, ukuran dan ketebalan pemotongan, perendaman dalam air, penggunaan minyak goreng yang panas, penirisan yang baik, pemberian garam dan merica, penyajian segera, dan saus pelengkap merupakan faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan.

Dengan menguasai teknik dan memperhatikan detail dalam setiap langkah pembuatan, Anda dapat membuat kentang goreng ala McD yang lezat di rumah. Nikmati kentang goreng buatan sendiri yang renyah, gurih, dan menggugah selera bersama keluarga dan teman-teman Anda.

Youtube Video:



About administrator