Resep Rahasia Onde Onde Enak, Dijamin Nagih!


Resep Rahasia Onde Onde Enak, Dijamin Nagih!

Alat dan bahan membuat onde onde merupakan hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum membuat onde onde. Alat-alat yang dibutuhkan antara lain baskom, sendok, saringan, dan wajan. Sedangkan bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung terigu, gula pasir, ragi instan, air, dan minyak goreng. Cara membuat onde onde cukup mudah. Pertama, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan dalam baskom. Aduk hingga rata.

Selanjutnya, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. Diamkan adonan selama 30 menit hingga mengembang. Setelah mengembang, bagi adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Isi bulatan adonan dengan gula merah atau kacang hijau yang sudah dihaluskan. Bulatkan kembali adonan hingga isian tertutup rapat.

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan onde onde ke dalam minyak panas dan goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat onde onde dan tiriskan. Onde onde siap disajikan dengan taburan gula halus atau wijen sangrai.

Alat dan Bahan Membuat Onde Onde

Dalam membuat onde onde, terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, yaitu alat dan bahan yang digunakan. Alat dan bahan tersebut memegang peranan penting dalam menentukan kualitas onde onde yang dihasilkan.

  • Tepung terigu
  • Gula pasir
  • Ragi instan
  • Air
  • Minyak goreng
  • Baskom
  • Sendok
  • Saringan
  • Wajan
  • Gula merah/kacang hijau

Kesepuluh aspek tersebut saling berkaitan dan berpengaruh terhadap hasil akhir onde onde. Tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan merupakan bahan utama dalam pembuatan adonan onde onde. Air digunakan untuk menguleni adonan hingga kalis. Minyak goreng digunakan untuk menggoreng onde onde hingga berwarna kuning kecoklatan. Baskom, sendok, dan saringan digunakan untuk mempermudah proses pembuatan adonan. Wajan digunakan untuk menggoreng onde onde. Gula merah atau kacang hijau digunakan sebagai isian onde onde.

Tepung terigu


Tepung Terigu, Resep8-10k

Tepung terigu merupakan bahan utama dalam pembuatan onde onde. Tepung terigu berfungsi sebagai pengikat adonan, sehingga onde onde menjadi kenyal dan tidak mudah hancur. Tanpa tepung terigu, onde onde tidak akan dapat terbentuk dengan baik dan akan mudah hancur saat digoreng.

Kualitas tepung terigu juga mempengaruhi kualitas onde onde. Tepung terigu dengan kualitas baik akan menghasilkan onde onde yang lebih kenyal dan tidak mudah hancur. Sebaliknya, tepung terigu dengan kualitas rendah akan menghasilkan onde onde yang keras dan mudah hancur.

Oleh karena itu, penting untuk memilih tepung terigu dengan kualitas baik saat membuat onde onde. Tepung terigu dengan kualitas baik dapat ditemukan di supermarket atau toko bahan makanan terdekat.

Gula pasir


Gula Pasir, Resep8-10k

Gula pasir merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan onde onde. Gula pasir berfungsi sebagai pemanis adonan onde onde, sehingga onde onde menjadi manis dan legit. Tanpa gula pasir, onde onde akan terasa hambar dan kurang menarik.

  • Sebagai pemanis alami

    Gula pasir merupakan sumber pemanis alami yang dapat memberikan rasa manis pada onde onde. Gula pasir dapat ditambahkan ke dalam adonan onde onde sebelum digoreng atau setelah onde onde digoreng.

  • Menambah kerenyahan

    Gula pasir dapat menambah kerenyahan pada onde onde. Gula pasir yang ditaburkan pada onde onde saat masih panas akan mengkristal dan menjadi renyah.

  • Menambah warna

    Gula pasir dapat menambah warna pada onde onde. Gula pasir yang dikaramelisasi akan menghasilkan warna cokelat keemasan pada onde onde.

  • Menambah aroma

    Gula pasir dapat menambah aroma pada onde onde. Gula pasir yang dibakar akan menghasilkan aroma harum yang khas pada onde onde.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa gula pasir memiliki peran penting dalam pembuatan onde onde. Gula pasir dapat memberikan rasa manis, kerenyahan, warna, dan aroma yang khas pada onde onde.

Ragi instan


Ragi Instan, Resep8-10k

Ragi instan merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan onde onde. Ragi instan berfungsi sebagai pengembang adonan, sehingga onde onde menjadi mengembang dan bertekstur empuk. Tanpa ragi instan, onde onde akan menjadi keras dan tidak mengembang.

Cara kerja ragi instan adalah dengan memakan gula yang terdapat dalam adonan dan menghasilkan gas karbondioksida. Gas karbondioksida inilah yang membuat adonan mengembang. Semakin banyak ragi instan yang digunakan, maka semakin banyak gas karbondioksida yang dihasilkan dan semakin mengembang adonan.

Selain membuat adonan mengembang, ragi instan juga dapat menambah cita rasa pada onde onde. Ragi instan dapat menghasilkan aroma dan rasa yang khas pada onde onde.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ragi instan memiliki peran penting dalam pembuatan onde onde. Ragi instan dapat membuat adonan mengembang, bertekstur empuk, dan menambah cita rasa pada onde onde.

Air


Air, Resep8-10k

Air merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan onde onde. Air berfungsi untuk mengikat bahan-bahan lain dan membentuk adonan. Tanpa air, adonan onde onde akan menjadi kering dan tidak dapat dibentuk.

  • Sebagai pelarut

    Air berfungsi sebagai pelarut untuk melarutkan gula dan ragi instan. Gula dan ragi instan merupakan bahan penting dalam pembuatan onde onde yang berfungsi untuk memberikan rasa manis dan mengembangkan adonan.

  • Sebagai pengikat

    Air berfungsi sebagai pengikat untuk menyatukan bahan-bahan lain dalam adonan. Tanpa air, bahan-bahan tersebut tidak akan dapat menyatu dan membentuk adonan yang kalis.

  • Sebagai pengontrol kekentalan

    Jumlah air yang digunakan dalam adonan onde onde akan mempengaruhi kekentalan adonan. Adonan yang terlalu kental akan sulit dibentuk, sedangkan adonan yang terlalu encer akan mudah hancur saat digoreng.

  • Sebagai pengatur suhu

    Air berfungsi sebagai pengatur suhu adonan. Saat adonan diuleni, air akan menyerap panas dari tangan dan membuat adonan menjadi lebih dingin. Hal ini penting untuk mencegah adonan menjadi terlalu panas dan rusak.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa air memiliki peran penting dalam pembuatan onde onde. Air berfungsi sebagai pelarut, pengikat, pengontrol kekentalan, dan pengatur suhu adonan.

Minyak goreng


Minyak Goreng, Resep8-10k

Minyak goreng merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan onde onde. Minyak goreng berfungsi sebagai medium penggorengan onde onde, sehingga onde onde menjadi matang, berwarna kuning kecoklatan, dan renyah. Tanpa minyak goreng, onde onde tidak dapat digoreng dan akan tetap dalam keadaan mentah.

Jenis minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng onde onde dapat mempengaruhi rasa dan tekstur onde onde. Minyak goreng yang baik untuk menggoreng onde onde adalah minyak goreng yang memiliki titik asap tinggi, seperti minyak goreng kelapa atau minyak goreng sawit. Minyak goreng dengan titik asap tinggi tidak mudah gosong dan menghasilkan onde onde yang renyah dan tidak berbau tengik.

Selain sebagai medium penggorengan, minyak goreng juga berfungsi sebagai penambah kalori dan lemak pada onde onde. Onde onde yang digoreng dalam minyak goreng akan memiliki kandungan kalori dan lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan onde onde yang dikukus atau direbus.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa minyak goreng memiliki peran penting dalam pembuatan onde onde. Minyak goreng berfungsi sebagai medium penggorengan, penambah rasa dan tekstur, serta penambah kalori dan lemak pada onde onde.

Baskom


Baskom, Resep8-10k

Dalam pembuatan onde onde, baskom memegang peranan penting sebagai salah satu alat yang digunakan. Baskom berfungsi sebagai wadah untuk menampung dan mencampur bahan-bahan onde onde, seperti tepung terigu, gula pasir, ragi instan, air, dan minyak goreng. Tanpa baskom, proses pencampuran bahan-bahan tersebut akan sulit dilakukan dan dapat mengotori tempat pembuatan onde onde.

  • Sebagai wadah pencampuran bahan

    Baskom berfungsi sebagai wadah untuk mencampur semua bahan onde onde menjadi adonan yang kalis. Baskom yang digunakan harus cukup besar untuk menampung semua bahan dan mudah dibersihkan.

  • Sebagai wadah perendaman

    Baskom juga dapat digunakan sebagai wadah untuk merendam onde onde sebelum digoreng. Onde onde yang direndam dalam baskom berisi air akan menjadi lebih mengembang dan empuk saat digoreng.

  • Sebagai wadah penyimpanan

    Baskom dapat digunakan untuk menyimpan onde onde yang sudah digoreng. Onde onde yang disimpan dalam baskom akan tetap renyah dan tidak mudah alot.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa baskom memiliki peran penting dalam pembuatan onde onde. Baskom berfungsi sebagai wadah pencampuran bahan, wadah perendaman, dan wadah penyimpanan onde onde.

Sendok


Sendok, Resep8-10k

Sendok merupakan salah satu alat penting dalam pembuatan onde onde. Sendok berfungsi untuk mengaduk dan mencampur bahan-bahan onde onde, seperti tepung terigu, gula pasir, ragi instan, air, dan minyak goreng. Sendok juga digunakan untuk mengambil dan membentuk adonan onde onde.

  • Sebagai pengaduk

    Sendok berfungsi untuk mengaduk bahan-bahan onde onde menjadi adonan yang kalis. Sendok yang digunakan harus berukuran sedang dan terbuat dari bahan yang kuat, seperti stainless steel atau kayu.

  • Sebagai pengambil adonan

    Sendok berfungsi untuk mengambil adonan onde onde dari baskom. Sendok yang digunakan harus berukuran kecil dan bentuknya seperti sendok makan.

  • Sebagai pembentuk adonan

    Sendok berfungsi untuk membentuk adonan onde onde menjadi bulatan-bulatan kecil. Sendok yang digunakan harus berukuran sedang dan bentuknya seperti sendok makan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sendok memiliki peran penting dalam pembuatan onde onde. Sendok berfungsi sebagai pengaduk, pengambil adonan, dan pembentuk adonan.

Saringan


Saringan, Resep8-10k

Dalam pembuatan onde onde, saringan merupakan salah satu alat penting yang digunakan. Saringan berfungsi untuk menyaring adonan onde onde agar tidak terdapat gumpalan-gumpalan kecil yang dapat membuat onde onde menjadi tidak mulus dan kurang menarik.

  • Menghilangkan gumpalan

    Saringan dapat digunakan untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan kecil yang terdapat pada adonan onde onde. Gumpalan-gumpalan ini biasanya terbentuk karena tepung terigu yang tidak tercampur rata dengan bahan-bahan lainnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa saringan memiliki peran penting dalam pembuatan onde onde. Saringan berfungsi untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan kecil pada adonan onde onde sehingga menghasilkan onde onde yang mulus dan menarik.

Wajan


Wajan, Resep8-10k

Wajan merupakan alat masak yang sangat penting digunakan dalam proses pembuatan onde onde. Wajan berfungsi sebagai wadah untuk menggoreng onde onde hingga berwarna kuning keemasan dan matang sempurna. Tanpa wajan, onde onde tidak dapat digoreng dan akan tetap dalam keadaan mentah.

Wajan yang digunakan untuk menggoreng onde onde sebaiknya berukuran besar dan anti lengket. Wajan berukuran besar akan memudahkan proses penggorengan dan mencegah onde onde menempel satu sama lain. Sedangkan wajan anti lengket akan mencegah onde onde gosong dan lengket di dasar wajan.

Dalam proses pembuatan onde onde, wajan memegang peranan yang sangat penting. Wajan yang tepat akan menghasilkan onde onde yang matang sempurna, berwarna kuning keemasan, dan renyah. Sebaliknya, wajan yang tidak tepat dapat membuat onde onde gosong, mentah, atau lengket.

Gula merah/kacang hijau


Gula Merah/kacang Hijau, Resep8-10k

Dalam pembuatan onde onde, gula merah dan kacang hijau merupakan isian yang umum digunakan. Kedua bahan ini memberikan cita rasa yang khas dan menambah tekstur pada onde onde.

  • Sebagai isian

    Gula merah dan kacang hijau berfungsi sebagai isian onde onde. Gula merah memberikan rasa manis, sedangkan kacang hijau memberikan tekstur yang renyah. Kedua bahan ini dapat digunakan bersama-sama atau secara terpisah.

  • Sebagai penambah cita rasa

    Gula merah dan kacang hijau dapat menambah cita rasa pada onde onde. Gula merah memberikan rasa manis yang legit, sedangkan kacang hijau memberikan rasa gurih dan sedikit manis.

  • Sebagai penambah tekstur

    Kacang hijau dapat menambah tekstur pada onde onde. Tekstur renyah dari kacang hijau memberikan kontras dengan tekstur lembut dari onde onde.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa gula merah dan kacang hijau memiliki peran penting dalam pembuatan onde onde. Kedua bahan ini berfungsi sebagai isian, penambah cita rasa, dan penambah tekstur pada onde onde.

Pertanyaan Umum tentang Alat dan Bahan Membuat Onde Onde

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang alat dan bahan membuat onde onde:

Pertanyaan 1: Alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat onde onde?

Jawaban: Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat onde onde antara lain baskom, sendok, saringan, dan wajan.

Pertanyaan 2: Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat onde onde?

Jawaban: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat onde onde antara lain tepung terigu, gula pasir, ragi instan, air, dan minyak goreng.

Pertanyaan 3: Apa fungsi tepung terigu dalam pembuatan onde onde?

Jawaban: Tepung terigu berfungsi sebagai pengikat adonan onde onde, sehingga onde onde menjadi kenyal dan tidak mudah hancur.

Pertanyaan 4: Apa fungsi gula pasir dalam pembuatan onde onde?

Jawaban: Gula pasir berfungsi sebagai pemanis adonan onde onde, sehingga onde onde menjadi manis dan legit.

Pertanyaan 5: Apa fungsi ragi instan dalam pembuatan onde onde?

Jawaban: Ragi instan berfungsi sebagai pengembang adonan onde onde, sehingga onde onde menjadi mengembang dan bertekstur empuk.

Pertanyaan 6: Apa fungsi minyak goreng dalam pembuatan onde onde?

Jawaban: Minyak goreng berfungsi sebagai medium penggorengan onde onde, sehingga onde onde menjadi matang, berwarna kuning kecoklatan, dan renyah.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang alat dan bahan membuat onde onde. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Membuat Onde Onde yang Enak dan Renyah

Tips Membuat Onde Onde yang Enak dan Renyah

Onde onde merupakan jajanan tradisional Indonesia yang sangat populer. Onde onde memiliki cita rasa yang manis dan gurih, dengan tekstur yang renyah dan empuk. Untuk membuat onde onde yang enak dan renyah, diperlukan beberapa tips khusus dalam memilih bahan dan cara pembuatannya.

Tip 1: Gunakan tepung terigu protein tinggi

Tepung terigu protein tinggi akan menghasilkan onde onde yang lebih kenyal dan tidak mudah hancur. Pilih tepung terigu dengan kadar protein minimal 11%.

Tip 2: Gunakan gula pasir halus

Gula pasir halus akan lebih mudah larut dalam adonan dan menghasilkan onde onde yang manis merata. Hindari menggunakan gula pasir kasar karena dapat membuat onde onde menjadi berpasir.

Tip 3: Gunakan ragi instan yang masih aktif

Ragi instan yang masih aktif akan menghasilkan onde onde yang lebih mengembang dan empuk. Pastikan ragi instan yang digunakan masih dalam keadaan baik dan tidak kedaluwarsa.

Tip 4: Uleni adonan hingga kalis

Menguleni adonan hingga kalis akan membuat onde onde menjadi lebih kenyal dan tidak mudah pecah saat digoreng. Uleni adonan selama kurang lebih 10 menit hingga adonan menjadi elastis dan tidak lengket di tangan.

Tip 5: Istirahatkan adonan sebelum digoreng

Mengistirahatkan adonan sebelum digoreng akan membuat onde onde menjadi lebih mengembang dan empuk. Istirahatkan adonan selama kurang lebih 30 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Tip 6: Goreng onde onde dengan minyak panas

Menggoreng onde onde dengan minyak panas akan membuat onde onde menjadi lebih renyah dan tidak menyerap banyak minyak. Panaskan minyak hingga mencapai suhu 170-180 derajat Celcius sebelum menggoreng onde onde.

Tip 7: Goreng onde onde hingga berwarna kuning keemasan

Goreng onde onde hingga berwarna kuning keemasan agar matang sempurna. Hindari menggoreng onde onde terlalu lama karena dapat membuat onde onde menjadi gosong dan keras.

Tip 8: Tiriskan onde onde di atas kertas penyerap minyak

Setelah digoreng, tiriskan onde onde di atas kertas penyerap minyak untuk menghilangkan minyak berlebih. Hal ini akan membuat onde onde menjadi lebih renyah dan tidak berminyak.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat onde onde yang enak dan renyah di rumah. Selamat mencoba!

Baca juga: Resep Onde Onde Kacang Hijau yang Mudah dan Praktis

Kesimpulan

Pemilihan alat dan bahan yang tepat merupakan aspek krusial dalam membuat onde onde yang lezat dan berkualitas. Dengan menggunakan tepung terigu protein tinggi, gula pasir halus, ragi instan aktif, serta minyak goreng yang cukup, onde onde akan memiliki tekstur yang kenyal, garing, dan mengembang sempurna.

Selain pemilihan bahan, teknik pembuatan yang cermat juga memengaruhi keberhasilan membuat onde onde. Menguleni adonan hingga kalis, mengistirahatkan adonan sebelum digoreng, dan menggoreng onde onde dalam minyak panas dengan suhu yang tepat adalah kunci untuk menghasilkan onde onde yang renyah dan tidak berminyak. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang alat dan bahan pembuatan onde onde menjadi sangat penting bagi siapa saja yang ingin membuat jajanan tradisional ini dengan hasil yang memuaskan.

Youtube Video:



About admin