13 Bahan Memasak Gurame Asam Manis yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara masak Gurame Asam Manis. Pada postingan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara bikin Gurame Asam Manis dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Resep Gurame Asam Manis - Ikan gurame yaitu salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini juga cukup popular di kalangan masyarakat Indonesia dengan pengolahan yang cukup beragam. Menyiapkan Gurame Asam Manis Siapkan gurame di atas piring saji.

Gurame Asam Manis - cookandrecipe.com Resep ikan gurame di atas bisa kamu coba di rumah untuk dijadikan lauk. Resep membuat masakan Ikan GURAMI Asam Manis ENAK berikut, Sederhana Praktis dan mudah kok. Ikan gurame segar dengan rasanya yang gurih memang sangat cocok untuk diolah asam manis. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Gurame Asam Manis yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 13 bahan dan 7 langkah saja.

13 Bahan Bahan untuk Resep Gurame Asam Manis

Untuk bisa membikin Gurame Asam Manis pada postingan ini kalian perlu menyiapkan 13 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ikan gurame (500 gr) - 2 ekor.
  2. Siapkan tepung beras - 5 sdm.
  3. Siapkan tepung maizena - 5 sdm.
  4. Siapkan Garam - secukupnya.
  5. Siapkan Gula - secukupnya.
  6. Siapkan Minyak wijen - secukupnya.
  7. Siapkan cabai merah - 5 buah.
  8. Siapkan Saus tomat - 3 sdm.
  9. Siapkan bawang putih - 3 siung.
  10. Siapkan bawang bombay - 1 siung.
  11. Siapkan jahe - 1/2 siung.
  12. Siapkan jeruk nipis - 1 buah.
  13. Siapkan Minyak goreng - secukupnya.

Gurame filet goreng tepung siram saus asam manis pedas yang terbuat dari bawang bombai, bawang putih, cabai, tomat, gula, garam, cuka, dan nanas. Gurame saus asam manis pedas siap disajikan. Langkah yang kedua, membuat saus asam manis. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay Aduk-aduk sebentar lalu angkat dan tuangkan pada piring saji.

7 Langkah Membuat Gurame Asam Manis

Setelah kamu sudah menyiapkan 13 bahan diatas. Berikutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Gurame Asam Manis dibawah ini.

  1. Bersihkan ikan dan fillet ikan. Sisakan utuh bagian kepala hingga ekor. Potong hasil fillet ikan menjadi kotak2.
  2. Peras jeruk nipis dan campurkan ke ikan yang sudah di potong. Diamkan selama 10 menit.
  3. Sambil menunggu ikan,potong cincang bawang putih,bawang bombay,dan potong miring cabe merah. Lalu geprek jahe..
  4. Siapkan tepung terigu,beras,dan maizena. Campurkan semua tepung-tepung dengan garam secukupnya. Balurkan ke ikan yang sudah didiamkan dengan jeruk nipis dan balurkan juga ke kepala ikan..
  5. Panaskan minyak goreng. Goreng ikan hingga kecoklatan. Lalu angkat..
  6. Selanjutnya,siapkan sedikit minyak untuk menumis bumbu. Panaskan minyak, masukkan bumbu bawang putih,bombay,cabe merah,dan jahe. Tumis hingga harum. Masukkan 3 sdm saos tomat,minyak wijen secukupnya,garam dan gula secukupnya,beserta air matang secukupnya. Koreksi rasa..
  7. Siapkan piring,tata rapi ikan yang sudah digoreng dan siram dengan bumbu saos asam manis di atasnya..

Gurame fillet saus asam manis. foto: Instagram/@serba_olahan_ikan. Resep gurame asam manis pedas yang lezat Ikan gurame selain bisa digoreng atau dijadikan ikan bakar, gurame juga bisa di masak dan dijadikan gurame asam manis fillet,gurame saus tiram. Ikan Krispi Asam Manis sekarang dapat Bunda nikmati dirumah tanpa perlu beli ke restoran lagi! Olahan ikan gurame yang satu ini memang sudah menjadi favorit banyak keluarga. (Membuat saus asam manisnya). Panaskan api, masukkan bawang putih yg diiris tipis ke wajan penggorengan dengan api sedang sampai bau harum.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Gurame Asam Manis ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep