29 Bahan Memasak Soto Lamongan (Bubuk Koya) yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara buat Soto Lamongan (Bubuk Koya). Pada resep kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara buat Soto Lamongan (Bubuk Koya) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Soto Lamongan cocok buat sarapan, makan siang atau bahkan makan malam. Ternyata bisa bikin sendiri di rumah 😃😃 Resepnya mudah dan enak. #sotolamongan. Welcome back to my channel Yang sudah nonton jangan lupa di LIKE ya dan yg belum nonton ayoo dong nonton terus di SUBSCRIBE Selamat mencoba.

Soto Lamongan (Bubuk Koya) - cookandrecipe.com Misalnya Soto Lamongan, Soto Kediri, Soto Madura, Soto Jepara, Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Padang, Soto Bandung, Soto Banjar, Soto Medan, Coto Makasar, Sroto Kuahnya yang kuning, serta bubuk koya yang membuat Soto Lamongan lezat dan spesial. Soto Lamongan can be served as a standard soup, but sometimes the main ingredients and the broth may be served in two separate bowls. The dish is typically accompanied by spicy sambal sauce and rice. Tenang saja untuk tutorial cara buat Soto Lamongan (Bubuk Koya) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 29 bahan dan 7 langkah saja.

29 Bahan Bahan untuk Memasak Soto Lamongan (Bubuk Koya)

Untuk bisa membuat Soto Lamongan (Bubuk Koya) pada tutorial ini kamu membutuhkan 29 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam, potong-potong sesuai selera - 1/2 ekor.
  2. Siapkan air - 2 liter.
  3. Siapkan jahe, memarkan - 2 cm.
  4. Siapkan daun jeruk - 5 lembar.
  5. Siapkan daun salam - 2 lembar.
  6. Siapkan lengkuas, memarkan - 4 cm.
  7. Siapkan sereh, memarkan - 2 batang.
  8. Siapkan garam, kaldu bubuk dan gula pasir - 1 sdm.
  9. Siapkan Minyak goreng - .
  10. Siapkan Bumbu yang dihaluskan : - .
  11. Siapkan bawang pentol (10 siung bawang merah) - 1 bonggol.
  12. Siapkan bawang putih - 5 siung.
  13. Siapkan kunyit - 5 cm.
  14. Siapkan kemiri - 2 butir.
  15. Siapkan merica butir - 1 sdt.
  16. Siapkan Bahan bubuk koya : - .
  17. Siapkan kerupuk udang - 100 gram.
  18. Siapkan bawang putih goreng - 50 gram.
  19. Siapkan Bahan pelengkap : - .
  20. Siapkan Daun bawang, iris halus - .
  21. Siapkan Daun seledri, iris halus - .
  22. Siapkan Perkedel - .
  23. Siapkan Telur rebus - .
  24. Siapkan Soun, rendam dengan air panas - .
  25. Siapkan Tauge, siram air panas - .
  26. Siapkan Sambal rawit - .
  27. Siapkan Jeruk limo - .
  28. Siapkan Bubuk koya - .
  29. Siapkan Bawang goreng - .

Resep soto ayam lamongan dengan taburan bubuk kerupuk udang koya lebih gurih. Catat resep kaki lima cara membuat bumbu soto kuah kaldu. Ada rahasia cara bikin bumbu halus soto daging ayam khas kota lamongan jawa timur. Lihat juga resep Soto Lamongan Daging Sapi enak lainnya.

7 Langkah Membuat Soto Lamongan (Bubuk Koya)

Setelah Anda sudah menyiapkan 29 bahan diatas. Selanjutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Soto Lamongan (Bubuk Koya) dibawah ini.

  1. Rebus ayam dan jahe sampai mendidih, lalu buang busanya..
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, laos dan serai, garam, kaldu bubuk dan gula pasir kemudian tumis hingga daun layu dan bumbu matang. Lalu tuang ke rebusan ayam..
  3. Masak hingga ayam matang, jangan lupa koreksi rasanya sebelum mematikan kompor. Angkat ayam dan tiriskan. Goreng jangan terlalu kering..
  4. Angkat lagi ayam kemudian tiriskan. Suwir-suwir dagingnya..
  5. Koya : haluskan kerupuk udang + bawang putih goreng..
  6. Penyajian : tata soun dan tauge di mangkuk, siram kuah soto dan sajikan dengan bahan pelengkap lainnya..
  7. Mantaaaaap 🤩.

Kalau kamu pernah makan soto Lamongan, pasti nggak asing dengan yang namanya bubuk koya. Bubuk atau serbuk yang biasa dipakai sebagai taburan ini jadi ciri khas tersendiri karena menambah cita rasa gurih pada soto. Bahkan sedap juga dipakai untuk taburan makanan lain. Resep Soto Ayam Lamongan - Soto ayam Lamongan merupakan resep soto ayam khas daerah Lamongan, Jawa Timur yang memiliki cita rasa khas. Yang membuat soto ayam Lamongan begitu khas adalah bumbu koya.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Soto Lamongan (Bubuk Koya) ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep