✓ 9 Cara Bikin Barongko kue khas makassar yang Mudah

Delicious, fresh and tasty.

Bagaimana sih cara memasak Barongko kue khas makassar. Pada postingan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara buat Barongko kue khas makassar dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Sekilas kue khas Makassar ini terlihat seperti carang gesing dari Jawa Tengah. Namun pada barongko, buah pisang ikut dilumatkan bersama bahan lainnya sebelum dibungkus daun & dikukus. Barongko merupakan salah satu kuliner khas Bugis-Makassar yang umum kita jumpai saat digelarnya sebuah pesta entah itu pernikahan atau acara adat lainya.

Barongko kue khas makassar - cookandrecipe.com Kue ini merupakan perpaduan antara kue pukis khas Banyumas dan kue pancong dari Betawi. Ya, barongko adalah kue yang sangat akrab dengan suku Bugis. Selain menjadi hidangan para raja, barongko juga kerap kali dihadirkan dalam. Tenang saja untuk tutorial membikin Barongko kue khas makassar yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 6 bahan dan 9 langkah saja.

6 Bahan Bahan untuk Memasak Barongko kue khas makassar

Untuk bisa membuat Barongko kue khas makassar pada postingan ini kita membutuhkan 6 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan pisang - 1 sisir.
  2. Siapkan santan - 500 ml.
  3. Siapkan gula pasir sesuai selera - 125 gr.
  4. Siapkan telur - 5 butir.
  5. Siapkan Daun pisang - .
  6. Siapkan Garam - 1/2 sdt.

Kue barongko merupakan salah satu kue tradisional khas Indonesia, tepatnya dari daerah Bugis Makasar. Kue yang satu ini diyakini memiliki rasa yang begitu manis, enak dan teksturnya begitu lembut. Hinet Lovers wajib banget coba rasa manisnya yang bikin kangen di lidah. Yuk kenalan lebih lanjut dengan kue yang satu ini Kue Barongko adalah jajanan manis khas Makassar yang terkenal enak dan memiliki sejarah yang unik.

9 Panduan Resep Barongko kue khas makassar

Jika kamu sudah menyiapkan 6 bahan diatas. Berikutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Barongko kue khas makassar dibawah ini.

  1. Kupas pisang pisahkan dari jantung nya Ambil isi nya saja ya.
  2. Masukan pisang pada blender.
  3. Tambahkan santan, gula pasir, garam dan telur mixer hingga lembut lanjut.
  4. Ambil daun oisang yang sudah di jemur atau di asar di atas api sebentar tujuan nya agar daun oisang tidak mudah sobek saat menuanglan adonan.
  5. Bentuk daun pisang menyerupai bungkus nasi kuning pada umum nya.
  6. Isi adonan 1 centong sendok kuah sayur kemudian lipat sematkan lidi agar adonan tidak mudah terlepas saat proses pengukusan.
  7. Lanjut dudihkan kukusan beri serbet penutup panci kukus adinan 15 menit.
  8. Keluarkan adonan dari kukusan dinginkan.
  9. Nikmat jika di masukan dalam kulkas.

Barongko adalah kue khas Bugis di Makassar yang terbuat dari bahan dasar pisang yang dihaluskan, gula, pasir, garam, telur, dan santan. Kue-kue khas Makassar memang dikenal dengan cita rasanya yang manis. Kue barongko, makanan khas masyarakat bugis Makassar yang memiliki rtesktur lembut dan rasa yang manis. COM - Berbicara mengenai bulan Ramadan, tentu tak luput dari beragam takjil lezat yang dijajakan. Barongko yaitu makanan penutup khas daerah Bugis-Makassar berbentuk kue pisang yang sangat lembut.

Bagaimana sangat mudah bukan resep Barongko kue khas makassar ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep