✓ 6 Cara Memasak Kue Bugis Betawi yang Lezat

Delicious, fresh and tasty.

Buat kalian yang sedang mencari resep Kue Bugis Betawi. Pada tulisan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara bikin Kue Bugis Betawi dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Cita rasa kue bugis yang satu ini begitu enak, dimana kue bugis ini sangat cocok dijadikan sebagai Kue bugis ketan hitam ini bisa dibuat dengan mudah di rumah. Beberapa kudapan yang terkenal dari Betawi adalah kue pepe, kue bugis, geplak, dan kue Kue-kue tersebut biasanya disajikan saat acara-acara besar adat Betawi seperti penikahan atau. Jenis kue basah tradisional yang mempunyai cita rasa manis dan gurih dan tekstur kenyal pada saat digigit ini berasal dari betawi tetapi mempunyai kesamaan.

Kue Bugis Betawi - cookandrecipe.com Makanan khas betawi asli ini punya dua sebutan, yaitu kue ape dan kue tete karena bentuknya. Apabila masih ada makanan khas betawi alias makanan khas Daerah Khusus Ibukota Jakarta lain yang belum tercantum dalam daftar. Resep Kue Lupis Ketan Betawi Sederhana Spesial Asli Enak. Tenang saja untuk tutorial cara buat Kue Bugis Betawi yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 15 bahan dan 6 langkah saja.

15 Bahan Bahan untuk Memasak Kue Bugis Betawi

Untuk bisa bikin Kue Bugis Betawi pada postingan ini kamu memerlukan 15 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Tepung ketan item - 250 gram.
  2. Siapkan Tepung ketan putih - 250 gram.
  3. Siapkan Santan kental hangat (didihkan beri daun pandan) - 200 ml.
  4. Siapkan Kentang ukuran sedang kukus dan haluskan - 1 buah.
  5. Siapkan Minyak goreng - 3 sdm.
  6. Siapkan Garam - 1 sdt.
  7. Siapkan Vanila bubuk - 1/2 sdt.
  8. Siapkan Daun Pisang - secukupnya.
  9. Siapkan Bahan unti: - .
  10. Siapkan Kelapa parut (setengah tua, kupas) - 1 butir.
  11. Siapkan Gula pasir - 200 gram.
  12. Siapkan Air - 100 ml.
  13. Siapkan Daun pandan - 1 lbr.
  14. Siapkan Bubuk Vanila - 1 sdt.
  15. Siapkan Garam - 1 sdt.

Kue lupis legit tradisional atau sering disebut juga kue lopis kukus terbuat dari bahan dasar beras ketan Istimewa, rasanya manis dan lezat. Meskipun namanya Resep Kue Bugis namun ternyata kue ini bukan berasal dari Bugis, dan justru populer di daerah Jawa bahkan kita bisa menjumpai kue ini di pernikahan masyarakat Betawi. Kue cucur merupakan salah satu kue tradisional khas Betawi yang hingga saat ini masih digemari. Meski tampilannya sedikit berminyak, tapi tetap saja digemari dengan rasa manisnya yang sangat khas.

6 Langkah Membuat Kue Bugis Betawi

Jika Anda sudah menyiapkan 15 bahan diatas. Berikutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Kue Bugis Betawi dibawah ini.

  1. Langkah awal buat unti terlebih dahulu, campur semua bahan unti kedalam wajan masak sampai matang dan kalis jangan lupa diaduk-aduk..
  2. Untuk bahan kulit kue bugis, campur tepung ketan item, tepung ketan putih, garam, bubuk vanila, kentang dan garam aduk sampai tercampur merata..
  3. Tuang santan perlahan-lahan kedalam adonan kemudian beri minyak dan diuleni sampai kalis..
  4. Ambil sedikit adonan pipihkan, lalu beri unti didalamnya lalu bentuk bulat..
  5. Masukan adonan kedalam cetakan kue talam yang sudah diberi minyak, lalu kukue selama 20 menit..
  6. Tunggu kue agak dingin, kemudian bungkus dengan daun pisang. Untuk 35 buah kue..

Makin banyak ragam kue modern yang bisa kita temukan saat Lebaran. Bahan-bahannya pun beraneka macam, dengan cita rasa yang luar biasa enaknya. Tapi jangan salah, kue tradisional juga. Kue berbahan dasar ketan dengan isian unti kelapa manis ini adalah jajanan pasar yang mudah ditemukan. Meski mirip dengan kue mendut di Jawa, kue ini dipercaya berasal dari sulawesi selatan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Kue Bugis Betawi ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep