✓ 8 Cara Buat kue kebangsaan(kue bugis) yang Mudah

Delicious, fresh and tasty.

Bagaimana sih cara bikin kue kebangsaan(kue bugis). Pada postingan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara buat kue kebangsaan(kue bugis) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue berbahan dasar ketan dengan isian unti kelapa manis ini adalah jajanan pasar yang mudah ditemukan. Meski mirip dengan kue mendut di Jawa, kue ini dipercaya berasal dari sulawesi selatan atau daerah di mana suku bugis berasal, sesuai dengan namanya. Kue Bugis adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang diadonin dengan santan.

kue kebangsaan(kue bugis) - cookandrecipe.com Kue bugis is Indonesian kue or traditional snack of soft glutinous rice flour cake, filled with sweet grated coconut. The name is suggested to be related to Bugis ethnic group of South Sulawesi as their traditional delicacy, and it is originated from Makassar. Kue pukis merupakan kue yang banyak disukai orang dan hampir semua daerah mengenak jenis kue basah satu ini. Tenang saja untuk tutorial cara bikin kue kebangsaan(kue bugis) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 13 bahan dan 8 langkah saja.

13 Bahan Bahan untuk Memasak kue kebangsaan(kue bugis)

Untuk bisa memasak kue kebangsaan(kue bugis) pada postingan ini kamu membutuhkan 13 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung ketan putih - 300 gram.
  2. Siapkan ketan hitam - 150 gram.
  3. Siapkan kentang dikukus lalu dihaluskan - 150 gram.
  4. Siapkan gula pasir - 45 gram.
  5. Siapkan garam - 3/4 sdt.
  6. Siapkan santan(santan instant diberi air panas hingga mnjadi 300ml santan,hangatkan) - 300 ml.
  7. Siapkan minyak goreng - 1 1/2 sdm.
  8. Siapkan bahan2 unti kelapa - .
  9. Siapkan kelapa muda parut dibersihkan kulit arinya - 300 gram.
  10. Siapkan gula pasir - 120 gram.
  11. Siapkan garam - secukupnya.
  12. Siapkan daun pandan - 4 lembar.
  13. Siapkan air - 150 ml.

Aduk lagi hingga semua bahan tersebut tercampur merata. Kue bugis merupakan salah satu kue tradisional yang memiliki cita rasa sedap, lembut dan mudah dibuat. Sebenarnya kue yang satu ini hampir sama dengan kue klepon, hanya saja yang membedakannya yaitu ukuran serta bentuknya. Jika anda bisa membuat kue bugis yang dibungkus.

8 Langkah Memasak kue kebangsaan(kue bugis)

Apabila kita sudah menyiapkan 13 bahan diatas. Sekarang kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat kue kebangsaan(kue bugis) dibawah ini.

  1. campur gula pasir ke tepung ketan putih.
  2. masukan tepung ketan hitamnya,lalu beri garam aduk rata semua bahan keringnya.
  3. masukan kentang yg sudah dihaluskan,uleni perlahan dengan sendok dilanjut dengan tangan uleni hingga kentang dan tepung menyatu.
  4. tambahkan minyak goreng lalu uleni kembali hingga rata dan kalis.guna minyak goreng agar membuat adonan tidak lengket.setelah kalis dan tidak menempel adonan siap digunakan..
  5. untuk untinya:siapkan wadah bersih lalu campur kelapa parut dengan gula pasir tmbhkan daun pandan dan air lalu beri garam secukupnya supaya lebih gurih.
  6. masak dengan api sedang hingga unti agak kering..
  7. siapkan cetakan mawar yg sudah diolesi minyak goreng.masukan setengah adonan lalu masukan unti kelapa dan masukan adonan tepung kembali hingga padat. nb:beri sedikit minyak pada tangan agar ketika memasukkan adonan tidak lengket di tangan..
  8. panaskan kukusan,kukus selama 15 menit hingga matang..

Tentu teringat di masa kecil anak-anak bugis yang selalu disuguhi lagu pengantar tidur atau lagu-lagu jenaka khas kecapi yang dimainkan saat petani telah pulang dari sawah sambil bersantai dan makan kue bersama. Makanan yang disajikan sebelum proses pindahan adalah kue-kue tradisional khas Suku Bugis seperti bandang, baronggo, suwella bersama dengan teh atau kopi. Dan makanan kedua disajikan setelah proses pemindahan rumah selesai berupa masakan sup 'saudara' yang merupakan salah satu. Resep Kue Basah - Memiliki rasa yang lezat dan kaya akan ragamnya membuat kue basah cukup diminati. Kue basah sendiri biasanya memiliki Beberapa contohnya adalah kue talam, carabikang, apem, bolu kukus, kroket, lumpia, lemper, dan pastel.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat kue kebangsaan(kue bugis) ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep