✓ 9 Bahan Masak Kue barongko asli khas bugies yang Mudah

Delicious, fresh and tasty.

Buat kalian yang sedang mencari resep Kue barongko asli khas bugies. Pada resep kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara membuat Kue barongko asli khas bugies dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue barongko merupakan salah satu kue tradisional khas Indonesia, tepatnya dari daerah Bugis Makasar. Kue yang satu ini diyakini memiliki rasa yang begitu manis, enak dan teksturnya begitu lembut. Kue barongko terbuat dari bahan dasar pisang yang dihaluskan dan kemudian dicampurkan.

Kue barongko asli khas bugies - cookandrecipe.com Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis Makassar berupa kue pisang yang sangat lembut. Pisang yang menjadi bahan baku utamanya di olah sedemikian Bagi Anda yang penasaran dengan resep kue barongko enak khas bugis ini, di bawah ini kami bagikan resepnya untuk Anda. COM - Berbicara mengenai bulan Ramadan, tentu tak luput dari beragam takjil lezat Ada banyak takjil khas Bugis Makassar yang sangat enak untuk disantap saat buka puasa. Tenang saja untuk tutorial resep Kue barongko asli khas bugies yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 9 bahan dan 7 langkah saja.

9 Bahan Bahan untuk Resep Kue barongko asli khas bugies

Untuk dapat bikin Kue barongko asli khas bugies pada postingan ini kamu perlu menyiapkan 9 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan pisang kepok matang(diambil yg putih dan tengahnya yang hitam di buang) - 1 sisir.
  2. Siapkan telur yg besar - 5-6 butir.
  3. Siapkan santan(dari 2 butir kelapa tua dikikis kulit hitam kelapa) - 4 gelas belimbing.
  4. Siapkan gula pasir - 2 1/2 gelas belimbing.
  5. Siapkan susu putih(merek frisian flag) - 1/2 kaleng.
  6. Siapkan Pewarna kuning - secukupnya.
  7. Siapkan garam - Sejumput.
  8. Siapkan Daun pisang yg muda sebagai pelapis pertama - secukupnya.
  9. Siapkan Daun pisang yang hijau tua sebagai pelapis kedua dari daun yg muda,dijemur terlebih dahulu - .

Satu diantaranya adalah kue barongko yang terbuat. Sekilas kue khas Makassar ini terlihat seperti carang gesing dari Jawa Tengah. Namun pada barongko, buah pisang ikut dilumatkan bersama bahan lainnya sebelum dibungkus daun & dikukus. Cara Membuat Barongko Kue Khas Makassar.

7 Tahapan Memasak Kue barongko asli khas bugies

Apabila Anda sudah menyiapkan 9 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Kue barongko asli khas bugies dibawah ini.

  1. Telur dan gula dikocok sampai larut/res.
  2. Siapkan blender lalu masukkan pisang dan campurkan terlebih dahulu susu dan santan,haluskan..
  3. Pindahkan ditempat wadah yang lain.lalu campurkan telur yg dikocok td bersama gula kedalam pisang yg diblender tadi.aduk rata.
  4. Jangan lupa masukkan pewarna kuning telur dgn garam sejumput.aduk kembali sampai rata.(cat:boleh ditambah gula jika masih ingin lebih manis).
  5. Ambil daun pisang dgn ukuran 30×15 berbentuk perahu,lalu masukkan adonan satu cangkir dan tutup.ratakan ujung daun dgn pakai gunting baru diikat menggunakan tali rafia atau ditusuk pakai tusukan gigi atau hekter agar kue tdk meleleh atau terbongkar..
  6. Kukus selama 20 menit atau sampai berubah warna daunnya menjadi gelap..
  7. Jika kue sdh tdk panas simpan dalam kulkas baru disajikan.terasa nikmat jika kue barongko disantap saat dingin dr kulkas.(catatan: kulit luarnya dibuka agar kue barongkonya tdk terasa tebal n jd bersih deh.).

Kue Barongko Kue Barongko ialah kuliner epilog khas kawasan Bugis-Makassar berupa camilan anggun pisang yang sangat lembut. Pisang yang menjadi materi baku utamanya di olah sedemikian rupa, daging pisang dihaluskan bersama materi yang lain menyerupai telur, gula. Untuk mengetahui kue-kue khas Makassar yang legit dan gurih, Keluyuran sudah merangkum daftarnya khusus untukmu, nih. Ya, barongko adalah kue yang sangat akrab dengan suku Bugis. Barongko pisang khas Bugis. foto: instagram/@hanhanny.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Kue barongko asli khas bugies ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep