✓ 3 Cara Masak Opor kari ayam yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Opor kari ayam. Pada tulisan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara membuat Opor kari ayam dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Opor ayam (chicken cooked in coconut milk) is one of many Indonesian dishes from Central Java. Most families serve opor ayam and ketupat (rice cake in woven palm leaf pouch) to celebrate Lebaran (Idul Fitri, or Eid). Opor ayam adalah masakan ayam berkuah santan yang sangat terkenal diseluruh Indonesia.

Opor kari ayam - cookandrecipe.com Opor is a type of dish cooked and braised in coconut milk from Indonesia, especially from Central Java. In Indonesia the term opor refer to the method of cooking in coconut milk. Opor is a popular dish for lebaran or Eid ul-Fitr, usually eaten with ketupat and sambal goreng ati (beef liver in sambal). Tenang saja untuk tutorial membikin Opor kari ayam yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 14 bahan dan 3 langkah saja.

14 Bahan Bahan untuk Membuat Opor kari ayam

Untuk bisa bikin Opor kari ayam pada postingan ini kita perlu menyiapkan 14 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Lada bubuk - .
  2. Siapkan Ketumbar bubuk - .
  3. Siapkan Kunyit bubuk - .
  4. Siapkan Garam - .
  5. Siapkan Gula - .
  6. Siapkan santan bubuk - 30 gr.
  7. Siapkan Air - .
  8. Siapkan Kari bubuk - .
  9. Siapkan Salam - .
  10. Siapkan Daun jeruk - .
  11. Siapkan ayam - 6 potong.
  12. Siapkan Bawang merah - 7.
  13. Siapkan Bawang putih - 2.
  14. Siapkan Minyak - .

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya.

3 Panduan Membuat Opor kari ayam

Setelah Anda sudah menyiapkan 14 bahan diatas. Sekarang Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Opor kari ayam dibawah ini.

  1. Ulek bawang. Tumis, masukkan salam, daun jeruk, ketumbar, kunyit, Lada bubuk, ayam, aduk2 hingga berubah warna.
  2. Tambahkan air secukupnya, gula, garam, masukkan bubuk santan, aduk2, kari bubuk, matangkan ayam. Cek rasa.
  3. Ambil ayamnya, panggang sebentar, masukkan ke kuahnya lagi.

Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat. Resep ini Resep andalan saya. setiap lebaran atau lagi pengen masak opor selalu pakai resep ini. dan sudah sy share di cookpad alhamdulillah yg recook juga. Penyuka hidangan bersantan seperti gulai, rendang, gule, atau kari pasti juga takkan bisa menahan godaan Opor Ayam Putih. Ada tiga jenis opor yang biasa dimasak di dapur rumahan Indonesia, yaitu opor kuning, opor merah, dan opor putih. Bedanya adalah pada tambahan bahan-bahannya, yaitu opor kuning dengan tambahan kunyit, opor merah dengan kunyit dan cabai merah, dan opor putih hanya menggunakan.

Bagaimana sangat mudah bukan resep Opor kari ayam ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep