7 Cara Memasak Siomay Ikan Tongkol yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Siomay Ikan Tongkol. Pada resep kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara membuat Siomay Ikan Tongkol dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Siomay tongkol atau lebih dikenal siomay karimunjawa adalah masakan khas Jepara yang berasal dari daerah kepulauan Karimunjawa. Dalam resep aslinya, siomay adalah daging babi cincang yang dibalut kulit tipis dari adonan tepung terigu dan dikukus. Oleh sebab itu, segera buat siomay ikan tongkol lezat sebagai sajian spesial dan menyehatkan untuk keluarga tercinta.

Siomay Ikan Tongkol - cookandrecipe.com Ikan tongkol punya nama latin Euthynnus affinis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Ikan Tongkol - Banyak yang beranggapan bahwa ikan tongkol dengan ikan tuna adalah sama. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Siomay Ikan Tongkol yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 19 bahan dan 7 langkah saja.

19 Bahan Bahan untuk Resep Siomay Ikan Tongkol

Untuk dapat membikin Siomay Ikan Tongkol pada tutorial ini kalian perlu menyiapkan 19 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Tepung Tapioka (Kanji) - 1 kg.
  2. Siapkan Ikan Tongkol Buang durinya - 1/2 Kg.
  3. Siapkan Kulit Lumpia - 1 Bungkus.
  4. Siapkan Garam - Secukupnya.
  5. Siapkan Penyedap Rasa (Optional) - 1 Bungkus.
  6. Siapkan Gula - Secukupnya.
  7. Siapkan Merica Bubuk - 1 Bungkus.
  8. Siapkan Air Hangat (Untuk Menguleni) - secukupnya.
  9. Siapkan Bawang Putih - 5 Siung.
  10. Siapkan Daun Bawang - Secukupnya.
  11. Siapkan Bahan Untuk Bumbu : - .
  12. Siapkan Bawang Putih - 3 Siung.
  13. Siapkan Santan - Secukupnya.
  14. Siapkan Gula Merah - Secukupnya.
  15. Siapkan Kacang Tanah (disangrai) - 1/2 kg.
  16. Siapkan Garam - Secukupnya.
  17. Siapkan Cabe Merah - 3 Biji.
  18. Siapkan Cabe Rawit (sesuai Selera) - 10 biji.
  19. Siapkan Daun Jeruk - 2 lembar.

Resep Ikan Tongkol - Sebagai salah satu ikan laut, tongkol memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik bagi kesehatan. Tongkol juga bermanfaat sebagai sumber protein yang murah meriah, dimana. Ikan tongkol memiliki kandungan zat yang sangat bagus bagi tubuh. Khasiat dari ikan tongkol memang sangat banyak diantaranya adalah menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit anemia.

7 Panduan Membuat Siomay Ikan Tongkol

Apabila kalian sudah menyiapkan 19 bahan diatas. Berikutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Siomay Ikan Tongkol dibawah ini.

  1. Blender ikan tongkol yang sudah di pisahkan dari durinya bersamaan dengan bawang putih.
  2. Uleni tepung tapioka bersamaan dengan bahan yg sudah d blender tadi dengan air hangat (uleni sampai kalis).
  3. Didihkan air kurang lebih 2 gayung dalam dandang.
  4. Bentuk adonan dengan kulit lumpia (sesuai selera) disini saya potong kulit lumpia menjadi empat bagian biar jadinya mungil. ?.
  5. Kukus sampai matang kurang lebih 15 menit.. Angkat.
  6. Campurkan semua bahan untuk bumbu... Haluskan dan rebus sampai mendidih.
  7. Siomay siap d hidangkan (karena kebetulan bumbunya masih belum matang jd tidak ikut k foto ya sista 😊😊).

Ikan tongkol segar, biasa ditemui di pasar ikan, ataupun supermarket-supermarket besar. Biasanya tongkol segar ini digunakan untuk keperluan restoran, atau pembuatan makanan kalengan. Harga Ikan Tongkol - Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Harga ikan tongkol yang terbilang murah menjadi alasan utamanya. Jenis tongkol yang umum dikonsumsi adalah jenis tongkol como, atau tongkol kurik.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Siomay Ikan Tongkol ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep