โœ“ 5 Cara Memasak Kue mendut / kue bugis yang Enak

Delicious, fresh and tasty.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Kue mendut / kue bugis. Pada resep kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara memasak Kue mendut / kue bugis dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue berbahan dasar ketan dengan isian unti kelapa manis ini adalah jajanan pasar yang mudah ditemukan. Meski mirip dengan kue mendut di Jawa, kue ini dipercaya berasal dari sulawesi selatan atau daerah di mana suku bugis berasal, sesuai dengan namanya. Kue bugis is Indonesian kue or traditional snack of soft glutinous rice flour cake, filled with sweet grated coconut.

Kue mendut / kue bugis - cookandrecipe.com Sebenarnya kue yang satu ini hampir sama dengan kue klepon, hanya saja yang membedakannya yaitu ukuran serta bentuknya. Jika anda bisa membuat kue bugis yang dibungkus. Pada dasarnya kue bugis yang termasuk dalam resep kue kukus ini bukan berasal dari daerah BUGIS sulawesi selatan. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Kue mendut / kue bugis yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 8 bahan dan 5 langkah saja.

8 Bahan Bahan untuk Membuat Kue mendut / kue bugis

Untuk bisa bikin Kue mendut / kue bugis pada postingan ini kalian memerlukan 8 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Tepung ketan - 250 gr.
  2. Siapkan Santan hangat - 150 ml.
  3. Siapkan Garam - 1/2 sdt.
  4. Siapkan Gula pasir - 1 sdm.
  5. Siapkan Pewarna makanan (me ungu) - Secukupnya.
  6. Siapkan Unti kelapa resepnya ada didadar gulung kemaren๐Ÿ˜‰ - .
  7. Siapkan Minyak goreng (untuk mengoles daun pisang) - Secukupnya.
  8. Siapkan Daun pisang - Secukupnya.

Kebetulan kue ketan yang cukup lengket ini dinamakan sebagai kue bugis. Kue mendut (bugis) is Indonesian kue or traditional snack of soft glutinous rice flour cake, filled with sweet grated coconut. Kue basah tradisional ini bahan adonan kulit terbuat dari tepung ketan serta adonan isi dari kelapa parut dan gula merah (unti). Kembarannya adalah kue bugis, umumnya berbentuk limas segitiga atau bulat.yang dibungkus dengan daun pisang.

5 Langkah Memasak Kue mendut / kue bugis

Setelah kamu sudah menyiapkan 8 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Kue mendut / kue bugis dibawah ini.

  1. Buat adonan kulit, masukan tepung ketan kebaskom beri garam,gula lalu beri santan sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis...
  2. Kemudian masukan pewarna makanan uleni lagi sampai warna tercampur rata....
  3. Jika sudah kalis ambil adonan bentuk bulat, pipihkan beri isian unti bulatkan lagi taruh kedaun pisang yang sudah diolesi minyak goreng,, bungkus sesuai selera.. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Kukus kue mendut +- 30 menit.. Jika sudah matang angkat.
  5. Taruh piring tunggu dingin, siap santap๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜.

Seperti namanya, kue bugis adalah kue yang berasal dari Bugis, Sulawesi Selatan. Di Jawa, kue ini mirip dengan kue mendut. Namun biasanya teksturnya lebih liat, dan tidak disiram dengan saus santan sebagaimana kue mendut. Resep Kue Bugis Ketan Isi Kelapa. Salah satu jajanan pasar yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah kue bugis.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Kue mendut / kue bugis ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep