6 Cara Buat Oseng mercon kikil sapi yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Oseng mercon kikil sapi. Pada resep kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara buat Oseng mercon kikil sapi dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Lihat juga resep Oseng Mercon Paru Sapi (versi kering) enak lainnya. Oseng Mercon, rumah makan serba pedas makanan khas dari Yogyakarta www.osengmercon.com. Oseng-Oseng Mercon adalah kuliner khas dari Yogyakarta. masakan yang bahan utamanya daging sapi, gajih dan kikil ini.

Oseng mercon kikil sapi - cookandrecipe.com Bagi kamu pecinta pedas, wajib banget coba. Resep cara membuat oseng mercon, salah satu olahan makan pedas sederhana. Meski simpel, tapi rasanya bumbunya begitu istimewa. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Oseng mercon kikil sapi yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 14 bahan dan 6 langkah saja.

14 Bahan Bahan untuk Memasak Oseng mercon kikil sapi

Untuk bisa memasak Oseng mercon kikil sapi pada tutorial ini kalian memerlukan 14 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan kikil sapi - 300 gr.
  2. Siapkan bawang merah - 5 siung.
  3. Siapkan bawang putih - 4 siung.
  4. Siapkan serai geprek - 1 bh.
  5. Siapkan jahe geprek (1 jahe untuk merebus kikil) - 2 ruas.
  6. Siapkan lengkuas geprek - 2 ruas.
  7. Siapkan daun salam - 2 lembar.
  8. Siapkan daun jeruk - 2 lembar.
  9. Siapkan cabai keriting merah - 5 bh.
  10. Siapkan cabai hijau - 3 bh.
  11. Siapkan cabai merah setan (optional/ sesuai tingkat pedesnya) - 8 bh.
  12. Siapkan garam, gula, royco dan lada bubuk - Secukupnya.
  13. Siapkan saos tiram - 1 sdm.
  14. Siapkan kecap manis - 2 sdm.

Cara praktis untuk membuat Oseng Kikil Rasa Mercon: Bersihkan terlebih dahulu kikil sapi dengan mencuci nya hingga bersih. Kemudian potong dengan bentuk kotak - kotak kecil. Kikil, bagian dari tulang rawan yang membungkus tulang dan jari-jari sapi ini memiliki banyak kandungan protein. Ketika diolah, teksturnya yang kenyal begitu membuat kita ketagihan.

6 Panduan Resep Oseng mercon kikil sapi

Setelah kalian sudah menyiapkan 14 bahan diatas. Selanjutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Oseng mercon kikil sapi dibawah ini.

  1. Cuci kikil, rebus kikil+daun salam+jahe sampai air mendidih. Kemudian potong dadu kikil, sisihkan.
  2. Potong2 bawang merah,putih, cabai merah keriting dan cabai hijau, sisihkan..
  3. Panaskan minyak, Tumis bawang merah, putih, cabai merah keriting, cabai hijau sampai layu dan harum. Kemudian masukan lengkuas, jahe, dan serai..
  4. Setelah harum, masukan kikil, daun jeruk, kecap manis dan saos tiram. Aduk2 kemudian beri air secukupnya..
  5. Masukan garam, gula, royco dan lada bubuk, tes rasa..
  6. Masukan cabai setan yg sudah di potong2, aduk2. Masak sebentar sampai air agak menyusut. Angkat dan sajikan dengan nasi panas 😆.

Oseng mercon sendiri merupakan pangan yang dibuat dari bahan utama berupa tetelan daging sapi (koyor). Tetelan tersebut kemudian dimasak dengan cara dioseng alias ditumis. Yang membedakannya dengan oseng daging sapi yang lainnya, oseng mercon menggunakan bumbu cabe rawit yang. Beberapa warung oseng mercon di Jogja juga menyediakan oseng mercon kikil, lho. Kikil merupakan bagian daging sapi yang Bukan langsung berupa daging sapi, oseng mercon ini melibatkan bola-bola daging sapi atau bakso.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Oseng mercon kikil sapi ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep