4 Cara Buat Siomay Ikan Tongkol/Cakalang yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara masak Siomay Ikan Tongkol/Cakalang. Pada resep kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara memasak Siomay Ikan Tongkol/Cakalang dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Sedangkan ikan cakalang berwarna lebih terang dibandingkan dengan ikan tongkol. Ikan ini sering juga disebut sebagai ikan tongkol putih. Punggung ikan cakalang berwarna biru keungu-unguan dan gelap.

Siomay Ikan Tongkol/Cakalang - cookandrecipe.com Pada bagian punggung, terdapat warna biru gelap metalik dengan garis-garis. Surimi merupakan Intermediate produk atau produk setengah jadi dibuat dari daging ikan yang dilumatkan, bebas lemak, disimpan ditempat beku agar tahan lama. Baik ikan tuna, cakalang, dan tongkol adalah sama-sama jenis ikan dari familia scombridae. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Siomay Ikan Tongkol/Cakalang yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 10 bahan dan 4 langkah saja.

10 Bahan Bahan untuk Resep Siomay Ikan Tongkol/Cakalang

Untuk dapat bikin Siomay Ikan Tongkol/Cakalang pada tutorial ini Anda perlu menyiapkan 10 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ikan tongkol ukuran 1kg - 1 ekor.
  2. Siapkan tepung tapioka/sagu - 200 gr.
  3. Siapkan telur - 1 butir.
  4. Siapkan labu siam kukus - 1/2 buah.
  5. Siapkan bawang putih - 3 siung.
  6. Siapkan merica bubuk - 1 bungkus.
  7. Siapkan air garam gula dan penyedap - Secukupnya.
  8. Siapkan wortel serut halus - 1 buah.
  9. Siapkan Berapa lembar kulit lumpia potong 4 - .
  10. Siapkan Cetakan kue talam - .

Ketiganya termasuk jenis ikan tanpa sisik dengan warna yang mengilat. Namun, perbedaan juga terdapat pada segi ukuran, di mana tuna lah yang memiliki ukuran terbesar di antara ketiganya. Apa bedanya ikan tongkol, tuna dan cakalang ? Yap, banyak orang yang menggap jika ketiga ikan tersebut sama, hanya saja dengan sebutan berbeda.

4 Langkah Memasak Siomay Ikan Tongkol/Cakalang

Setelah Anda sudah menyiapkan 10 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Siomay Ikan Tongkol/Cakalang dibawah ini.

  1. Siangi ikan pisahkan tulang dan dagingnya. Blender ikan dengan telur labu siam bawang putih merica dan sedikit air sampai halus jika dirasa sulit lakukan sedikit demi sedikit..
  2. Lalu setelah halus semua tambahkan tepung garam gula dan penyedap..
  3. Ambil 1 lembar kulit lumpia letakkan pada cetakan kue talam ratakan lalu tuang adonan tambahkan wortel serut diatasnya. Kukus kurleb 15 menit/sampai matang angkat. Biarkan dingin siomay ikan siap digoreng/dikukus sajikan bersama sambal kacang..
  4. Selamat mencoba.😊.

Hanya saja ikan cakalang memiliki postur badan yang lebih besar dan. Ikan Tongkol - Banyak yang beranggapan bahwa ikan tongkol dengan ikan tuna adalah sama. Memang kedua jenis ikan ini sering dikonsumsi oleh banyak orang. Namun keduanya merupakan jenis ikan yang berbeda. Mungkin ketika diolah orang bingung untuk membedakan karena bentuk.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Siomay Ikan Tongkol/Cakalang ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep