✓ 6 Cara Membuat Kue Barongko Khas Bugis yang Cepat

Delicious, fresh and tasty.

Bagaimana sih cara buat Kue Barongko Khas Bugis. Pada postingan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara memasak Kue Barongko Khas Bugis dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue barongko merupakan salah satu kue tradisional khas Indonesia, tepatnya dari daerah Bugis Makasar. Kue yang satu ini diyakini memiliki rasa yang begitu manis, enak dan teksturnya begitu lembut. Kue barongko terbuat dari bahan dasar pisang yang dihaluskan dan kemudian dicampurkan.

Kue Barongko Khas Bugis - cookandrecipe.com Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis Makassar berupa kue pisang yang sangat lembut. Pisang yang menjadi bahan baku utamanya di Nah, mudah sekali kan untuk membuat resep kue barongko enak khas bugis ini. Sekarang Anda bisa membuat resep ini dirumah dan sajikan. Tenang saja untuk tutorial cara buat Kue Barongko Khas Bugis yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 5 bahan dan 6 langkah saja.

5 Bahan Bahan untuk Membuat Kue Barongko Khas Bugis

Untuk bisa memasak Kue Barongko Khas Bugis pada postingan ini kalian membutuhkan 5 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan pisang kepok (12 buah) - 1 sisir.
  2. Siapkan telur kocok lepas - 1 btr.
  3. Siapkan gula pasir - 50 gr.
  4. Siapkan santan - 100 ml.
  5. Siapkan garam - 1/4 sdt.

Kue barongko merupakan salah satu kue tradisional khas Indonesia, tepatnya dari daerah Bugis Makasar. Kue yang satu ini diyakini memiliki rasa yang begitu manis, enak dan teksturnya begitu lembut. Kue barongko terbuat dari bahan dasar pisang yang dihaluskan dan kemudian dicampurkan. Sekilas kue khas Makassar ini terlihat seperti carang gesing dari Jawa Tengah.

6 Tahapan Memasak Kue Barongko Khas Bugis

Apabila kalian sudah menyiapkan 5 bahan diatas. Berikutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Kue Barongko Khas Bugis dibawah ini.

  1. Kupas kulit dan potong-potong buah pisang. Buang bagian tengah yang berwarna hitam.
  2. Lumatkan pisang atau bisa langsung diblender dengan santan, gula dan garam.
  3. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk rata.
  4. Tuang adonan kedalam cetakan kue secukupnya. Lakukan berulang hingga adonan habis.
  5. Kukus kurang lebih selama 25 menit hingga matang. Sajikan dalam keadaan dingin.
  6. Selamat mencoba.

Namun pada barongko, buah pisang ikut dilumatkan bersama bahan lainnya sebelum dibungkus daun & dikukus. Bugis Makassar, walaupun pembuatannya rumit dan harus telaten dalam mengolah penampilan kue tradisional agar jauh lebih menarik. Barongko merupakan salah satu kuliner khas Bugis-Makassar yang umum kita jumpai saat digelarnya sebuah pesta entah itu pernikahan atau acara adat lainya. Nah buat kamu yang penasaran ingin mencoba kue Barongko ini, silahkan datang dan beli di Toko oleh-oleh yang ada di kota Makassar. COM - Berbicara mengenai bulan Ramadan, tentu tak luput dari beragam takjil lezat Ada banyak takjil khas Bugis Makassar yang sangat enak untuk disantap saat buka puasa.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Kue Barongko Khas Bugis ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep