✓ 15 Bahan Membuat Kue Bugis (Mendut) yang Enak

Delicious, fresh and tasty.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Kue Bugis (Mendut). Pada resep kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara buat Kue Bugis (Mendut) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue Bugis (Mendut) - cookandrecipe.com Tenang saja untuk tutorial membikin Kue Bugis (Mendut) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 15 bahan dan 9 langkah saja.

15 Bahan Bahan untuk Membuat Kue Bugis (Mendut)

Untuk dapat membuat Kue Bugis (Mendut) pada postingan ini kamu perlu menyiapkan 15 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan 1: - .
  2. Siapkan kelapa (parut) - 1 butir.
  3. Siapkan gula merah (bentuk tabung) - 2 blok.
  4. Siapkan gula pasir (sesuai selera) - 50 g.
  5. Siapkan air - 120 ml.
  6. Siapkan vanili - 1/2 sdt.
  7. Siapkan Garam (secukupnya) - .
  8. Siapkan Bahan 2: - .
  9. Siapkan tepung tapioka - 50 g.
  10. Siapkan tepung ketan putih (sesuaikan adonan) - 250 g.
  11. Siapkan santan kara (dicampur air jadi total 125 ml) - 1 pcs.
  12. Siapkan Pasta pandan (secukupnya) - .
  13. Siapkan Garam (secukupnya) - .
  14. Siapkan air +100 ml air (untuk adonan biang) - 200-250 ml.
  15. Siapkan Daun pisang (secukupnya) - .

9 Panduan Membuat Kue Bugis (Mendut)

Apabila kamu sudah menyiapkan 15 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Kue Bugis (Mendut) dibawah ini.

  1. Parut kelapa dan sisir gula merah. Sisihkan..
  2. Kemudian masak gula merah di dalam panci sampai larut. Saring agar sisa ampasnya bersih. Masak kembali. Untuk rasa manisnya sesuai selera ya. Kalo kurang bisa ditambah. Jangan lupa masukkan sedikit garam untuk mengikat rasa..
  3. Masukkan parutan kelapa. Aduk perlahan sampai air menyusut dan kelapa berubah menjadi kecoklatan. Pada tahap ini lebih sedap menggunakan pandan. Berhubung lagi abis. Jadi diganti dengan vanili. Angkat sisihkan..
  4. Untuk membuat kulitnya. Masak tepung tapioka dan tuang air sekitar 100-150 ml dan pasta pandan. Jangan lupa garamnya. Air pada campuran ini akan menentukan banyak atau sedikitnya adonan yang kalian kalian buat. Saya pakai 100 ml aja karena mau buat sedikit. Seperti bikin biang cireng. Dimasak sampai lengket..
  5. Tuang tepung ketan ke dalam wadah. Masukkan biang lalu uleni sampai tekstur adonan mudah dibentuk. Masukkan tepung ketan sedikit demi sedikit. Dibarengi dengan air sedikit demi sedikit. Di sini saya hanya menggunakan air sekitar 200 ml. Karena emang mau buat sedikit aja. Jadi sekitar 12 bungkus saja..
  6. Adonan yang terlihat keras atau tidak kalis tidak jadi masalah. Karena ini tepung ketan saat dikukus nanti akan lengket. Jangan panik..
  7. Buat adonan yang sudah jadi. Pipihkan dan masukkan kelapa. Bentuk dan ukuran sesuai selera. Pipihkan. Lakukan sampai adonan habis..
  8. Siapkan daun pisang. Yang sudah dilap bersih. Olesi dengan sedikit minyak agar tidak lengket. Lalu bungkus satu persatu. Cara membungkusnya juga bebas. Mau disemat dengan lidi, dibentuk kerucut. Saya hanya dilipat kebelakang lalu dikunci ujungnya. Seperti nagasari..
  9. Kukus adonan selama 30-40 menit. Angkat dan sajikan. Selamat mencoba buibu ?.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Kue Bugis (Mendut) ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep