✓ 15 Bahan Masak Kue Bugis/Mendut Tepung Ketan Isi Unti/Enten Kelapa yang Enak

Delicious, fresh and tasty.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Kue Bugis/Mendut Tepung Ketan Isi Unti/Enten Kelapa. Pada resep kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara masak Kue Bugis/Mendut Tepung Ketan Isi Unti/Enten Kelapa dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue Bugis/Mendut Tepung Ketan Isi Unti/Enten Kelapa - cookandrecipe.com Tenang saja untuk tutorial resep Kue Bugis/Mendut Tepung Ketan Isi Unti/Enten Kelapa yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 15 bahan dan 4 langkah saja.

15 Bahan Bahan untuk Membuat Kue Bugis/Mendut Tepung Ketan Isi Unti/Enten Kelapa

Untuk dapat membikin Kue Bugis/Mendut Tepung Ketan Isi Unti/Enten Kelapa pada postingan ini kamu memerlukan 15 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Adonan Tepung Ketan - .
  2. Siapkan tepung ketan kemasan - 500 gram.
  3. Siapkan gula pasir (jika suka manis gunakan 100 gram) - 50 gram.
  4. Siapkan garam - 1/4 sdt.
  5. Siapkan santan dari 1/2 butir kelapa - 400 ml.
  6. Siapkan pewarna hijau - 3 tetes.
  7. Siapkan Enten/Unti Kelapa - .
  8. Siapkan (sekitar 1/2 butir) kelapa muda parut - 150 gram.
  9. Siapkan gula aren (jika suka manis tambahkan 1 sdm gula pasir) - 75 gram.
  10. Siapkan garam - Seujung sdt.
  11. Siapkan daun pandan robek robek ikat - 1 lembar.
  12. Siapkan air - 150 ml.
  13. Siapkan Pembungkus - .
  14. Siapkan Daun pisang sedang potong sekitar 15 cm - .
  15. Siapkan Minyak sayur untuk mengoles daun agar ketan tidak lengket - .

4 Langkah Resep Kue Bugis/Mendut Tepung Ketan Isi Unti/Enten Kelapa

Jika Anda sudah menyiapkan 15 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Kue Bugis/Mendut Tepung Ketan Isi Unti/Enten Kelapa dibawah ini.

  1. Buat Enten/unti terlebih dahulu, campur semua bahan unti, masak sambil diaduk terus hingga airnya habis dan semi kering.
  2. Buat adonan ketan, letakkan semua bahan kering dalam waskom. Panaskan santan hingga mulai mendidih, tuang dalam waskom berisi bahan lain. Aduk terlebih dulu dengan centong kayu hingga agak dingin, lalu uleni hingga ketan tak lagi lengket di tangan.
  3. Siapkan pembungkus, ujung daun dipotong bentuk V untuk memudahkan pelipatan, bentuk bulatan dari kurang lebih 1 sdm adonan ketan yang diisi kurang lebih 1 sdt enten kelapa, lalu bungkus dengan daun yang telah diolesi minyak sayur agar bugis tidak lengket di daun.
  4. Susun di dandang, kukus selama 1 jam sejak air mendidih hingga matang.

Bagaimana sangat mudah bukan resep Kue Bugis/Mendut Tepung Ketan Isi Unti/Enten Kelapa ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep