✓ 3 Cara Masak Cimpa karo atau kue bugis dalam bentuk lain yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara membuat Cimpa karo atau kue bugis dalam bentuk lain. Pada resep kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara buat Cimpa karo atau kue bugis dalam bentuk lain dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Cimpa is one of the typical cake type of karo ( a native tribe in north sumatera province, Indonesia). Keunggulan cimpa dengan kue yang lain yakni tahan lamanya. Pada proses pembuatan cimpa, dimasak sampai benar-benar kering dan kenyal.

Cimpa karo atau kue bugis dalam bentuk lain - cookandrecipe.com Cimpa adalah makanan ringan khas suku Karo, salah satu suku Rasa gula merah dan isi parutan kelapa itu membuat cimpa adalah kue yang sangat manis dan menggoda. Merdang Merdem atau pesta panen khas suku Karo adalah suatu perayaan besar para penduduk kampung yang bersyukur. Cimpa adalah makanan khas suku Karo. Tenang saja untuk tutorial membikin Cimpa karo atau kue bugis dalam bentuk lain yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 13 bahan dan 3 langkah saja.

13 Bahan Bahan untuk Membuat Cimpa karo atau kue bugis dalam bentuk lain

Untuk dapat memasak Cimpa karo atau kue bugis dalam bentuk lain pada postingan ini kita perlu menyiapkan 13 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan inti - .
  2. Siapkan Kelapa setengah tua - 1 butir.
  3. Siapkan gula merah - 200 gr.
  4. Siapkan Gula putih - sesuai selera.
  5. Siapkan Daun pandan - .
  6. Siapkan Garam - 1/2 sendok makan.
  7. Siapkan Adonan tepung - .
  8. Siapkan tepung ketan - 300 gr.
  9. Siapkan tepung terigu - 100 gr.
  10. Siapkan garam - 1/2 sendok teh.
  11. Siapkan Pembungkus - .
  12. Siapkan Daun pisang - .
  13. Siapkan Minyak makan - .

Cimpa menjadi makanan penting dalam acara-acara adat Karo. Cimpa adalah makanan yang dibuat dari beras ketan merah atau putih. Di dalam beras ketan merah dimasukkan gula merah atau gula aren yang telah dicampur dengan kelapa parut. Kenyal dalam cimpa merupakan ciri khas tersendiri dalam menikmati kue ini.

3 Langkah Membuat Cimpa karo atau kue bugis dalam bentuk lain

Jika Anda sudah menyiapkan 13 bahan diatas. Selanjutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Cimpa karo atau kue bugis dalam bentuk lain dibawah ini.

  1. Parut kelapa, kemudian leleh kan gula merah, gula dan garam di atas kompor, setelah gula meleleh, masukkan kelapa dan daun pandan. Tambah kan air. Aduk hingga merata. Setalah rata angkat..
  2. Adon tepung ketan, tepung terigu dan garam dengan menambahkan air sedikit demi sedikit. Adonan jgn terlalu keras dan terlalu lembek..
  3. Ambil daun pisang, olesi dengan minyak, ambil adonan tepung lalu pipihkan, letakkan inti kelapa di dalam tepung. Balut memanjang. Kemudian kukus 20 menit. Lalu angkat..

Semakin kenyal cimpa semakin baik pula kualitasnya karena makanan ini bisa lebih tahan lama hingga satu minggu. Cimpa biasa dibuat dalam pesta adat seperti Kerja Tahun atau upacara pernikahan dan kematian. Kue bugis merupakan salah satu kue tradisional yang memiliki cita rasa sedap, lembut dan mudah dibuat. Jika anda bisa membuat kue bugis yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang, maka untuk saat ini anda bisa membuat kue bugis jenis lainnya. Kue bugis ketan hitam ini termasuk dalam kategori resep kue basah yang cukup banyak peminatnya sehingga hingga hari ini masih cukup banyak yang Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan kue bugis ketan di pasar tradisional atau pasar jajanan tradisional, soal harganya cukup murah.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Cimpa karo atau kue bugis dalam bentuk lain ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep