26 Bahan Memasak Siomay Bandung Ikan Tuna + Udang yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara masak Siomay Bandung Ikan Tuna + Udang. Pada postingan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara bikin Siomay Bandung Ikan Tuna + Udang dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Siomay ikan khas Bandung memang sudah lama jadi kesukaan semua orang. Butuh cara membuat dan bahan yang tepat untuk membuat siomay yang senikmat siomay Bandung. Catat bahannya dan ikuti cara membuatnya.

Siomay Bandung Ikan Tuna + Udang - cookandrecipe.com Resep diadaptasikan dari: Cook Eat Share, by Linda Tay Esposito, Dumpling Dough Use Real Butter, Chinese Dumplings and Potsticker Blog Agnes Tri Harjaningrum, Siomay Bandung. Siomay ikan tuna pasti tak kalah enak dari siomay ayam, siomay udang atau aneka siomay lainnya. Tak jauh berbeda dengan aneka siomay lainnya siomay ikan tuna ini sangat mudah dan praktis cara pembuatannya. Tenang saja untuk tutorial cara bikin Siomay Bandung Ikan Tuna + Udang yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 26 bahan dan 5 langkah saja.

26 Bahan Bahan untuk Membuat Siomay Bandung Ikan Tuna + Udang

Untuk bisa membuat Siomay Bandung Ikan Tuna + Udang pada tutorial ini kamu perlu menyiapkan 26 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ikan tuna fillet tanpa kulit (bisa pakai tengiri dll) - 500 gr.
  2. Siapkan udang kupas cincang - 100 gr.
  3. Siapkan telur ayam - 1 butir.
  4. Siapkan bawang putih - 5 siung.
  5. Siapkan bawang merah - 3 siung.
  6. Siapkan merica - 1 sdt.
  7. Siapkan kaldu penyedap (saya pakai totole) - .
  8. Siapkan Garam - .
  9. Siapkan labu siam (kukus/rebus) - 1/2 bh.
  10. Siapkan tepung sagu tani (Tepung kanji/ tapioka) - 200 gr.
  11. Siapkan tepung terigu - 2 sdm.
  12. Siapkan saus tiram - 1 sdm.
  13. Siapkan kecap asin - 2 sdm.
  14. Siapkan kecap ikan - 1 sdt.
  15. Siapkan daun bawang cincang - .
  16. Siapkan kulit lumpia/pangsit - .
  17. Siapkan Bahan saus kacang : - .
  18. Siapkan kacang tanah goreng - 200 gr.
  19. Siapkan cabe keriting merah (selera) - 2.
  20. Siapkan bawang putih - 4 siung.
  21. Siapkan gula jawa - 1 keping.
  22. Siapkan kecap manis (selera) - .
  23. Siapkan Garam dan kaldu penyedap (totole/maggie) - .
  24. Siapkan saus tiram - 1 sdm.
  25. Siapkan daun jeruk - 2 lembar.
  26. Siapkan jeruk limau - .

Jika kemarin kita sudah membuat siomay jakarta dengan ikan tuna yang dikukus. Jakarta - Siomay khas Bandung enak jadi camilan di rumah. Tak harus membeli, kamu juga bisa meraciknya sendiri di rumah. Adonan ikan dan ayam yang dipadu dengan tepung tapioka menghasilkan rasa yang nikmat.

5 Langkah Memasak Siomay Bandung Ikan Tuna + Udang

Apabila kamu sudah menyiapkan 26 bahan diatas. Sekarang Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Siomay Bandung Ikan Tuna + Udang dibawah ini.

  1. Siomay : cincang tuna dan udang, haluskan bawang putih dan merica. Lalu blender semua bahan tsb bersama labu siam kukusnya dan 1 butir telur beri sedikit air supaya mudah blendernya jgn terlalu banyak.
  2. Tuang ke tempat adonan campurkan dengan tepung tapioka dan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai adonan pas untuk dibentuk.
  3. Lalu bentuk bulat bulat dan sebagian bisa untuk isian pare/tahu, kalau saya sebagian untuk isi kulit lumpia lalu kukus kurang lebih 20 menit.
  4. Bumbu saus kacang : goreng sebentar bawang putih dan cabai, lalu blender dengan kacang tanah goreng + sedikit minyak & air, panaskan sedikit minyak dan tumis bumbu yg sudah diblender kasar/ halus. Masukan 1 keping gula jawa, daun jeruk, garam, kaldu penyedap, kecap tes rasa. Masak hingga sedikit mengental.
  5. Sajikan siomay bersama Kol rebus, telor rebus, dan kentang, beri saus pedas, kecap jeruk limau.

Ditambah lagi dengan beberapa pelengkap seperti kentang, pare. Nah, di Indonesia siomay Bandung mah udah terkenal banget endeusnya. Campur daging ikan tenggiri, udang, tepung sagu, daun bawang, dan bumbu halus. Cukup mudah untuk dicoba sendiri di rumah kan? Selamat mencoba ya dan semoga bermanfaat.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Siomay Bandung Ikan Tuna + Udang ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep