✓ 5 Cara Masak Barongko kue khas bugis (dengan dan tanpa daun pisang) yang Cepat

Delicious, fresh and tasty.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Barongko kue khas bugis (dengan dan tanpa daun pisang). Pada tulisan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara buat Barongko kue khas bugis (dengan dan tanpa daun pisang) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Kue barongko merupakan salah satu kue tradisional khas Indonesia, tepatnya dari daerah Bugis Makasar. Kue barongko terbuat dari bahan dasar pisang yang dihaluskan dan kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan yang lainnya, baru setelah itu dibungkus dengan menggunakan. Lagi banyak stok pisang kepok di rumah akhirnya langsung nyobain resep kue barongko dan ternyata rasanya enak bun.

Barongko kue khas bugis (dengan dan tanpa daun pisang) - cookandrecipe.com Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus. Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis Makassar berupa kue pisang yang sangat lembut. Selanjutnya lumatkan pisang atau bisa langsung diblender lalu dicampur dengan santan, gula dan garam. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Barongko kue khas bugis (dengan dan tanpa daun pisang) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 7 bahan dan 5 langkah saja.

7 Bahan Bahan untuk Memasak Barongko kue khas bugis (dengan dan tanpa daun pisang)

Untuk bisa membuat Barongko kue khas bugis (dengan dan tanpa daun pisang) pada postingan ini kamu membutuhkan 7 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan pisang kepok yg lumayan masak sekali (sekitar 12 biji) - 1 sisir.
  2. Siapkan santan (dari sebutir kelapa tua parut) - 4 gelas.
  3. Siapkan telur ayam ukuran sedang - 4 butir.
  4. Siapkan muncung gula pasir (sy kurang suka manis) - 8 sdm.
  5. Siapkan vanili - Secukupnya.
  6. Siapkan pewarna makanan warna kuning telur (boleh skip) - 1 tetes.
  7. Siapkan Daun pisang - .

Nah, mudah sekali kan untuk membuat resep kue barongko enak khas bugis ini. Resep Barongko Pisang - Kue barongko pisang ini merupakan kue dengan bahan utama dari pisang dan bahan bahan lainya yang cukup sederhana. Membuat kue barongkopisang ini tidak Kue barongo pisang ini merupakan kue khas dari bugis. Kue Barongko yang dulu terkenal sebagai kue penutup bagi para bangsawan-bangsawan Bugis saja kinipun Jika anda ke Makassar ada baiknya mencoba langsung Kue Barongko yang manis dan enak ini karena kue ini dapat dengan mudah ditemui di sudut-sudut.

5 Tahapan Resep Barongko kue khas bugis (dengan dan tanpa daun pisang)

Jika kalian sudah menyiapkan 7 bahan diatas. Selanjutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Barongko kue khas bugis (dengan dan tanpa daun pisang) dibawah ini.

  1. Kupas pisang, buang bagian tengah nya (bijinya).
  2. Campurkan semua bahan (remas2 pakai tangan terlebih dahulu supaya gampang hancurnya) kemudian blender..
  3. Tips: untuk tau campuran adonannya sudah pas yaitu dengan menaruh cangkir diatas adonan, jika telinga/pegangan cangkir tenggelam sedangkan bagian atas cangkir tetap tegak berarti sudah bisa diolah.
  4. Bikin cetakan dari daun pisang dgn memakai kardus bekas dibentuk segitiga seperti contoh dibawah untuk memudahkan. Masukkan adonan ke dalam cetakan dengan cara buka satu bagian nya, isi setengah saja dan ikat.
  5. Kukus selama kurang lebih 30 menit atau sampai warna daun berubah dan jika memakai cetakan loyang bisa dgn menusuk pakai lidi tengah nya, jika tidak ada lengket berarti sudah matang. Selamat mencoba.

Kue tradisional khas Bugis-Makassar ini juga berbahan dasar pisang. Termasuk dalam kue basah yang juga disebut dengan nagasari ini. Kuliner ini terbuat dari tepung beras, santan, dan gula pasir. Semuanya diaduk hingga mengental, lalu ditaruh di sebuah daun pisang sebagai pembungkus. COM - Berbicara mengenai bulan Ramadan, tentu tak luput dari beragam takjil lezat yang dijajakan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Barongko kue khas bugis (dengan dan tanpa daun pisang) ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep