✓ 12 Bahan Buat Lapek bugih/ kue bugis yang Mudah

Delicious, fresh and tasty.

Resep Lapek bugih/ kue bugis. Pada tulisan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara memasak Lapek bugih/ kue bugis dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Lapek bugih adalah salah satu penganan tradisionat yang setahu saya harus selalu ada disetiap pesta adat, terlebih lagi pada pesta pernikahan dikampung saya. Di Video Kali ini kita mengunjungi seorang yang ahli dalam pembuatan lapek bugih, yaitu mak limah yang berada di nagari koto malintang, sariak laweh kab. Lapek Bugih (dari bahasa Minangkabau: Lepat Bugis) merupakan salah satu kue tradisional Minangkabau yang terbuat dari tepung ketan yang dikukus dan dibungkus daun pisang.

Lapek bugih/ kue bugis - cookandrecipe.com Resep membuat Lapek Bugis ini bisa menjadi salah satu santapan tradisional yang bisa bikin kita terpukau dengan kelezatannya. SajianSedap.id - Resep membuat Lapek Bugis ini bisa jadi contoh menu sarapan yang tampil beda. Kelembutannya semakin terasa dipadukan dengan saus dari santan. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Lapek bugih/ kue bugis yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 12 bahan dan 5 langkah saja.

12 Bahan Bahan untuk Membuat Lapek bugih/ kue bugis

Untuk bisa membuat Lapek bugih/ kue bugis pada tutorial ini kamu perlu menyiapkan 12 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung ketan - 500 gram.
  2. Siapkan santan kental hangat - 300 ml.
  3. Siapkan gula pasir - 2 sdm.
  4. Siapkan garam - 1 sdt.
  5. Siapkan Minyak goreng - secukupnya.
  6. Siapkan Daun pisang - .
  7. Siapkan 🌻bahan isian : - .
  8. Siapkan kelapa setengah tua - 1/2 butir.
  9. Siapkan gula merah sisir - 2 sdm.
  10. Siapkan vanili bubuk - Seujung kuku.
  11. Siapkan garam - Sejumput.
  12. Siapkan daun pandan - 1 lembar.

Cara membuat Kue Bugis (lapek bugih) "Isi Kelapa Kacang". Kue berbahan dasar ketan dengan isian unti kelapa manis ini adalah jajanan pasar yang mudah ditemukan. Meski mirip dengan kue mendut di Jawa, kue ini dipercaya berasal dari sulawesi selatan atau daerah di mana suku bugis berasal, sesuai dengan namanya. Adı Lapek Bugih Olan Diğer Kişiler.

5 Panduan Membuat Lapek bugih/ kue bugis

Setelah kita sudah menyiapkan 12 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Lapek bugih/ kue bugis dibawah ini.

  1. Bahan isian : campurkan semua bahan. Masak dgn api kecil hingga tercampur rata.
  2. Siapkan daun pisang. Lap menggunakan kain. Kemudian panaskan diatas api agar tidak gampang patah.
  3. Campurkan tepung + garam dan gula. Kemudian campurkan dgn santan hangat sedikit demi sedikit sehingga adonan bisa dibentuk.
  4. Beri sedikit minyak diatas daun, kemudian ambil adonan pipihkan lalu beri isian. Lipat dan boleh ditambahkan sisa santan tadi diatas adonan lapek/ kue bugisnya. Ini optional jika suka lebih berasa santannya.
  5. Lipat hingga semua adonan habis. Kukus selama 30 menit..

Resep kue lapek bugis ini sebenarnya hampir sama dengan resep kue bugis ketan hitam, hanya saja dalam resep lapek bugis ini selain tepung ketan hitam, juga digunakan tepung ketan putih. Perbedaan lainnya adalah sebelum ditutup dalam bungkusan kerucut daun pisang, adonan bulatan kuenya akan. Pada dasarnya kue bugis yang termasuk dalam resep kue kukus ini bukan berasal dari daerah BUGIS sulawesi selatan. Lapek Bugih, Hidangan Nikmat Saat Berbuka Puasa. Cara pembuatannya cukup mudah cocok untuk cemilan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Lapek bugih/ kue bugis ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep