✓ 7 Bahan Membuat Doko’-doko’ (Kue khas Bugis) yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara masak Doko’-doko’ (Kue khas Bugis). Pada tulisan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara bikin Doko’-doko’ (Kue khas Bugis) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Lagu : Doko' Doko' (Audio HD Stereo). Barangko adalah makanan penutup yang juga berasal dari daerah bugis Makassar, yang mempunyai bentuk kue pisang yang sangat lembut dan halus, serta pisang yang sudah digabungkan. Kue Dange sekilas terlihat seperti kue pukis, ya?

Doko’-doko’ (Kue khas Bugis) - cookandrecipe.com Kue doko merupakan kuliner khas Cina Benteng yang terbuat dari tepung ketan, tepung kanji dan potongan kelapa muda. Kue doko ini berwarna putih dan dibalut dengan daun kelapa segar. Rasanya hampir mirip seperti naga sari tapi tidak menggunakan isian pisang. Tenang saja untuk tutorial cara bikin Doko’-doko’ (Kue khas Bugis) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 7 bahan dan 10 langkah saja.

7 Bahan Bahan untuk Resep Doko’-doko’ (Kue khas Bugis)

Untuk dapat memasak Doko’-doko’ (Kue khas Bugis) pada tutorial ini kamu perlu menyiapkan 7 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan tepung beras - 250 gr.
  2. Siapkan santan kental - 350 ml.
  3. Siapkan pisang kepok, potong 2 lalu belah 2 menjadi 4 bagian per 1 buah pisang - 5 buah.
  4. Siapkan gula pasir atau sesuai selera - 150 gr.
  5. Siapkan daun pisang tua dipotong ukuran 20 cm x 25 cm - 20 lembar.
  6. Siapkan daun pisang muda ukuran 15 cm x 10 cm sebagai alas daun tua - 15 lembar.
  7. Siapkan Garam - 1/2 sdt.

Kue barongko merupakan salah satu kue tradisional khas Indonesia, tepatnya dari daerah Bugis Makasar. Kue yang satu ini diyakini memiliki rasa Nah, anda bisa membuat kue barongko sendiri di rumah untuk disajikan di tengah keluarga tercinta. Kua tradisional khas Bugis ini merupakan salah satu jajanan favorit untuk berbuka puasa. Masyarakat Bugis biasa menyebutnya dengan doko-doko cangkuning, sementara masyarakat Makassar sering menyebutnya sebagai roko-roko cagkuning.

10 Tahapan Resep Doko’-doko’ (Kue khas Bugis)

Apabila kamu sudah menyiapkan 7 bahan diatas. Sekarang kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Doko’-doko’ (Kue khas Bugis) dibawah ini.

  1. Siapkan santan dalam panci dan tepung beras sesuai takaran masing-masing. Saya pakai takaran Pakai cup aja..
  2. Tuang tepung beras ke dalam panci berisi santan dan siapkan gula pasir. Tuang ke dalam panci tsb lalu aduk sampai adonan larut semua..
  3. Tambahkan garam lalu aduk kembali adonan hingga semua menyatu dan tidak ada tepung yang menggerindil..
  4. Siapkan 20 buah pisang kepok. Kupas, lalu potong dan belah menjadi masing-masing 4 bagian dari 1 buah pisang..
  5. Masak adonan tadi dengan api sedang saja sampai adonan mengental dan padat..
  6. Siapkan daun pisang dan alasnya untuk membungkus..
  7. Ambil adonan tepung sekitar 2-3 sendok makan lalu tata dan ratakan pada alas daun pisang muda. Ambil pisang dan letakkan di tengah-tengah adonan tepung tsb, balut pisang sampai tertutup rapi. Bentuk balutan menggunakan spatula anti lengket atau pakai alas daun pisang tsb agar bungkusan lebih rapi..
  8. Jika tepung dan pisang sudah tertutup dan padat, balut dengan alas tadi diikuti lapisan daun pisang berikutnya. Pijat bungkusan dengan lembut agar lebih rapat..
  9. Ulangi sampai adonan habis. Siapkan dandang/kukusan atau langseng. Masukkan dan tata semua bungkusan tadi dengan rapi dalam dandang untuk dikukus hingga matang kira-kira 25-30 menit atau kukusbhingga daun sudah tampak berubah warna secara merata seperti pada gambar di bawah..
  10. Jika sudah matang. Angkat dan tata dalam piring saji. Selamat menikmati..

Tak hanya rasanya saja yang khas, kue basah terkadang memberikan kenangan manis bagi penikmatnya. Kue basah tradisional biasanya mengandung bahan-bahan yang bergizi dan tidak mengandung pengawet, sehingga sangat cocok untuk anak-anak pula. Doko promotes and enables smart sustainability by providing clients with waste management options ranging from doorstep recycling pick-up to repurposing discarded items with environmental awareness along the way. Doko has been one of KISC's successful partnerships. Nanase Sakura is a yearold rookie nurse.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Doko’-doko’ (Kue khas Bugis) ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep