Cara Bikin Batagor Bandung 5 Langkah yang Sederhana

Easy Recipes, delicious, fresh and tasty.

Halo Gaes di kesempatan kali ini Saya akan berbagi resep cara membuat Batagor Bandung mudah yang bisa Bunda parektekan

Bagi kalian yang sedang mencari resep cara bikin Batagor Bandung yang Sederhana. Maka di artikel kali ini kami akan membagikannya untuk kamu untuk dipraktikan dirumah. Siapa yang tidak kenal dengan jajanan yang berasal dari Bandung ini. Mulai dari kaki lima di pinggir jalan, abang abang yang muter di komplek perumahan. Makanan khas asli bandung ini disajikan bersama saus kacang dan kecap manis.

Cara Membuat Batagor Bandung Sederhana

resep cara buat Batagor Bandung Batagor merupakan salah satu jenis makanan khas dari kota Bandung yang sekarang ini sudah Peluang bisnis makanan khas Bandung ini tentu saja banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar. Batagor sendiri sama seperti siomay merupakan makanan yang diadaptasi dan dipengaruhi oleh masakan Simak saja cara membuat batagor bandung yang murah dan sederhana di bawah ini. Batagor (abbreviated from Bakso Tahu Goreng, Sundanese and Indonesian: "fried bakso [and] tofu") is a Sundanese dish from Indonesia, and popular in Southeast Asia, consisting of fried fish dumplings, usually served with peanut sauce. Cara bikin Batagor Bandung yang sederhana ini hanya menggunakan 31 bahan saja dan cukup memerlukan 5 langkah. Dibawah ini resep mengenai cara mengolah Batagor Bandung selengkapnya yang dapat kalian parektekan.

Bahan-Bahan Resep Batagor Bandung yang Enak

Berikut 31 Bahan yang harus disiapkan :

  1. Silahkan siapkan of Bahan 1 :.
  2. Silahkan siapkan 250 gr of daging ikan tenggiri /ayam/udang (cincang halus).
  3. Silahkan siapkan 1 btr of telur.
  4. Silahkan siapkan 3 siung of bawang putih (haluskan).
  5. Silahkan siapkan 1 sdt of merica bubuk.
  6. Silahkan siapkan 1/2 sdt of ketumbar bubuk.
  7. Silahkan siapkan 1 sdm of ebi (haluskan) /ebi bubuk.
  8. Silahkan siapkan 1 sdm of kecap manis.
  9. Silahkan siapkan 1/2 sdm of gula pasir.
  10. Silahkan siapkan 2 sdm of minyak.
  11. Silahkan siapkan of Bahan 2:.
  12. Silahkan siapkan 1 1/2 sdt of garam.
  13. Silahkan siapkan 100 gr of tepung sagu/kanji.
  14. Silahkan siapkan of Bahan 3:.
  15. Silahkan siapkan 15 buah of tahu coklat / tahu putih.
  16. Silahkan siapkan secukupnya of Kulit pangsit.
  17. Silahkan siapkan 250 ml of minyak (untuk menggoreng).
  18. Silahkan siapkan of Bahan 4 (saus kacang) :.
  19. Silahkan siapkan 150 gr of kacang tanah (goreng).
  20. Silahkan siapkan 4 buah of cabai merah (rebus).
  21. Silahkan siapkan of Cabai rawit sesuai selera (rebus).
  22. Silahkan siapkan 2 sdm of bawang goreng.
  23. Silahkan siapkan 1 1/2 sdt of garam.
  24. Silahkan siapkan 50 gr of gula merah (sisir).
  25. Silahkan siapkan 1 sdm of gula pasir.
  26. Silahkan siapkan 700 ml of air.
  27. Silahkan siapkan of Bahan 5 (topping) :.
  28. Silahkan siapkan secukupnya of Kecap manis.
  29. Silahkan siapkan secukupnya of Saus cabai.
  30. Silahkan siapkan of Jeruk limau (sesuai selera).
  31. Silahkan siapkan of Bawang goreng (sesuai selera).

Batagor bandung is a very popular street food found around the Sunda region of Western Java. Tofu triangles are stuffed with a savory ground meat mixture, steamed, and fried. Batagor legendaris Kota Bandung lainnya adalah di Warung H. Lokasinya sangat strategis, yaitu di Jalan Kopo, pusat kuliner Bandung.

Step by Step Resep Batagor Bandung yang Sederhana

Silahkan Bunda simak 5 langkah-langkah cara membuat Batagor Bandung berikut ini :

  1. Membuat saus kacang : masukan kacang tanah, cabai merah, cabai rawit, gula merah, bawang goreng, garam, gula pasir, dan air. Haluskan dengan blender hingga saus kacang lembut. Masak dengan api kecil menggunakan panci. Tunggu hingga saus kacang mengental dan berminyak. Angkat dan sisihkan.
  2. Adonan batagor : masukan seluruh bahan 1. Chopper dengan blender atau dengan foodprocessor. Setelah semua bahan halus, masukan bahan 2 yaitu garam, haluskan kembali. Tuang adonan ke dalam wadah, lalu campur dengan bahan 2 yaitu tepung sagu/kanji. Aduk hingga seluruh tepung tercampur rata..
  3. Siapkan tahu, lalu potong di bagian tengahnya. Masukan adonan batagor sedikit demi sedikit ke dalam tahu. Untuk pangsit, taruh adonan batagor sebanyak ½-1 sdm lalu lipat sesuai selera..
  4. Panaskan kukusan. Lalu kukus dengan api sedang selama 15 menit. Setelah matang dinginkan terlebih dahulu batagornya. Setelah batagor dingin panaskan minyak dan goreng hingga berwarna coklat keemasan..
  5. Potong sesuai selera batagor. Siram batagor dengan saus kacang. Beri kecap manis, saus cabai, jeruk limau dan bawang goreng sesuai selera. Hidangkan selagi hangat..

COM - Batagor alias bakso digoreng ini merupakan kuliner khas Bandung. Batagor itu sendiri terbuat dari adonan tepung dan ikan tenggiri lalu digoreng. Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) (Aksara Sunda Baku: ᮘᮒ?ᮧ?) merupakan jajanan khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Kalau kamu penggemar batagor, pastikan kalau kamu juga pernah mencoba batagor khas dari kota asalnya. Berikut ini IDN Times akan merekomendasikan batagor paling enak di Bandung.

Simpan Resep