✓ 4 Cara Membuat Sate Ayam Madura yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Sate Ayam Madura. Pada resep kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara bikin Sate Ayam Madura dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

OurSecretChat Is the Dating Site That Takes Our Country by Storm - Register Now For Free Sate ayam Madura is probably what comes to most people's mind when sate/satay is mentioned. Indonesia has a lot of sate/satay varieties, but this is the default when no other additional information is supplied. Most people enjoyed sate ayam Madura with a side of lontong as a complete meal.

Sate Ayam Madura - cookandrecipe.com Often readers asked me why some Indonesian sates/satays don't use peanut sauce. Actually not all sates use peanut base sauce. Sate Madura menggunakan bumbu kacang yang dihaluskan dengan bahan-bahan lain, lalu dimasak hingga matang. Tenang saja untuk tutorial membikin Sate Ayam Madura yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 18 bahan dan 4 langkah saja.

18 Bahan Bahan untuk Resep Sate Ayam Madura

Untuk dapat membuat Sate Ayam Madura pada tutorial ini kamu membutuhkan 18 bahan saja. Jadi silahkan kalian siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan dada ayam potong dadu - 250 gram.
  2. Siapkan Marinasi - .
  3. Siapkan bawang putih cincang halus - 1 siung.
  4. Siapkan lada dan garam - secukupnya.
  5. Siapkan Saus kacang - .
  6. Siapkan Kacang tanah goreng, haluskan - 100 gr.
  7. Siapkan kemiri - 2 buah.
  8. Siapkan cabai merah - 3 buah.
  9. Siapkan bawang merah - 2 siung.
  10. Siapkan bawang putih - 2 siung.
  11. Siapkan kecap manis - secukupnya.
  12. Siapkan gula pasir/ gula jawa - secukupnya.
  13. Siapkan air dan minyak goreng - secukupnya.
  14. Siapkan garam, lada - .
  15. Siapkan Bumbu oles - .
  16. Siapkan margarin - 2 sdm.
  17. Siapkan saus kacang - 2 sdm.
  18. Siapkan kecap manis - 1 sdm.

Pada kesempatan ini resepkuerenyah akan mengulas tentang resep Sate Ayam Madura yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Proses pembuatan hidangan ini tidak terlalu sulit. Haluskan kacang tanah, cabai merah keriting, kemiri, cabai merah besar, gula merah, dan garam. Sate ayam madura asli dan sate ayam madura sambal bawang sudah selesai dibuat.

4 Panduan Membuat Sate Ayam Madura

Apabila kalian sudah menyiapkan 18 bahan diatas. Berikutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Sate Ayam Madura dibawah ini.

  1. Marinasi dada ayam, diamkan selama 30 menit di kulkas. Lalu tusukkan ke tusuk sate.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabai merah. Lalu tumis hingga harum, masukkan kacang yang telah dihaluskan tambahkan air, garam, lada, kecap dan gula secukupnya masak hingga mendidih dan air sedikit menyusut.
  3. Campur bahan olesan, aduk. Olesi ke daging sate. Lalu bakar sate sambil dibolak balik dan diolesi bumbu hingg matang..
  4. Angkat sate yang sudah matang, sajikan dengan bumbu kacang, kecap dan pelengkap (acar, bawang goreng, lontong).

Nah, untuk anda yang ingin mencoba sajian nikmat dan lezat ini namun tidak sempat membelinya, kini anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkannya pun sederhana. Banyak variasi bumbu sate tradisional diantaranya adalah Sate Ayam ala Madura. Meski beberapa jenis sate sama-sama memakai bumbu kacang, tapi mereka ini berbeda. Ciri khas dari bumbu sate Madura adalah dengan adanya kemiri yang membuat rasanya gurih dan nikmat!.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Sate Ayam Madura ini. Silahkan kamu coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep