✓ 5 Bahan Buat Sate Ayam Madura yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Sate Ayam Madura. Pada tulisan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara bikin Sate Ayam Madura dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Sate ayam Madura is probably what comes to most people's mind when sate/satay is mentioned. Indonesia has a lot of sate/satay varieties, but this is the default when no other additional information is supplied. Most people enjoyed sate ayam Madura with a side of lontong as a complete meal.

Sate Ayam Madura - cookandrecipe.com Often readers asked me why some Indonesian sates/satays don't use peanut sauce. Actually not all sates use peanut base sauce. Sate Madura menggunakan bumbu kacang yang dihaluskan dengan bahan-bahan lain, lalu dimasak hingga matang. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Sate Ayam Madura yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 5 bahan dan 7 langkah saja.

5 Bahan Bahan untuk Membuat Sate Ayam Madura

Untuk dapat membuat Sate Ayam Madura pada tutorial ini Anda memerlukan 5 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan dada ayam fillet - 500 gr.
  2. Siapkan kecap manis - 2 sachet.
  3. Siapkan margarine - 1 sdm.
  4. Siapkan bumbu kacang (lihat resep) - 6 sdm.
  5. Siapkan air panas - 50-80 ml.

Pada kesempatan ini resepkuerenyah akan mengulas tentang resep Sate Ayam Madura yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Proses pembuatan hidangan ini tidak terlalu sulit. Haluskan kacang tanah, cabai merah keriting, kemiri, cabai merah besar, gula merah, dan garam. Banyak variasi bumbu sate tradisional diantaranya adalah Sate Ayam ala Madura.

7 Langkah Resep Sate Ayam Madura

Apabila Anda sudah menyiapkan 5 bahan diatas. Selanjutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Sate Ayam Madura dibawah ini.

  1. Potong dadu dada ayam filletnya, kemudian setiap 1 batang tusuk sate diisi dengan 5 potong dada ayam fillet, sisihkan.
  2. Buat bumbu bakar pertama, dengan mencampur margarine dan 1 sachet kecap manis, ratakan.
  3. Bumbui dada ayam yang sudah ditusuk tadi satu demi satu sampai merata, diamkan ±15 menit (sambil menyiapkan arang untuk membakar sate).
  4. Setelah api siap, bakar sate sampai setengah matang, sisihkan.
  5. Siapkan bumbu bakar kedua, dengan mencampur sisa bumbu bakar pertama dengan 3 sdm bumbu kacang, kemudian bumbui lagi sate yang sudah setengah matang sampai merata.
  6. Bakar lagi sampai sate matang, sisihkan.
  7. Penyajian, buat sambal sate : ambil 3 sdm bumbu kacang tambahkan 50-80 ml air panas, aduk merata, kemudian beri 1-2 sdm kecap manis, ratakan dan sajikan sate dengan sambal kacangnya.

Meski beberapa jenis sate sama-sama memakai bumbu kacang, tapi mereka ini berbeda. Ciri khas dari bumbu sate Madura adalah dengan adanya kemiri yang membuat rasanya gurih dan nikmat!. Membuat sate tidak berarti harus repot bakar-bakar dan berkeringat kepanasan. Anda bisa juga membakarnya di atas kompor dengan wajan. Cara Membuat Sate Ayam Madura Langkah pertama adalah memotong daging ayam menjadi bentuk dadu sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu tusuk dan susun pada tusukan sate.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Sate Ayam Madura ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep