✓ 6 Cara Masak Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan. Pada tulisan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara masak Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Soto banjar adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang paling terkenal, terutama di daerah Banjarmasin. Soto ini selain isiannya yang lengkap (ayam kampung, bihun, telur rebus, potongan wortel), dimakannya tidak dengan nasi, melainkan bersama lontong atau ketupat. Jangan katakan sahabat inindonesiaku.com telah menapakkan kaki ke Kalimantan Selatan, sebelum menikmati kuliner khas yang satu ini.

Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan - cookandrecipe.com Keunikan soto ayam banjar terletak pada penggunaan bahan bahan bumbu, seperti kapulaga Cara membuat soto banjar hampir sama dengan resep soto ayam lainnya seperti soto ayam lamongan. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala. Hal ini juga menjaga sate khas daerah Surantih, karena hanya ada di Sutera saja. Tenang saja untuk tutorial resep Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 16 bahan dan 6 langkah saja.

16 Bahan Bahan untuk Memasak Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan

Untuk dapat membikin Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan pada tutorial ini kalian membutuhkan 16 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan: - .
  2. Siapkan fillet dada ayam, potong dadu - 300 gram.
  3. Siapkan air jeruk nipis - 1 sdm.
  4. Siapkan lidi - Tusuk.
  5. Siapkan Bumbu sambal kacang: - .
  6. Siapkan bawang merah goreng - 2 sdm.
  7. Siapkan bawang putih goreng - 2 sdm.
  8. Siapkan cabe merah kering, rendam air panas - 4 buah.
  9. Siapkan jahe - 2 cm.
  10. Siapkan kacang tanah goreng - 200 gram.
  11. Siapkan gula merah, sisir halus - 2-3 sdm.
  12. Siapkan kecap manis - 50-100 ml.
  13. Siapkan Garam dan gula pasir, - secukupnya.
  14. Siapkan Air, - secukupnya.
  15. Siapkan Pelengkap: - .
  16. Siapkan Lontong - .

Inal pedagang sate ayam di Sutera yang sehari-harinya membuat lapak untuk menjual sate ayam di Pasar Surantih/Foto: M. Noli Hendra "Sate yang kita jual ini kaya akan rasa kacang, bawang goreng, dan mengutamakan rasa pedas. Banyak wisatawan yang datang tak lupa untuk merasakan kelezatan kuliner lontong orari khas kalimantan selatan. Makanan khas dari banjarmasin ini biasa dijadikan menu makan malam, siang, dan sarapan.

6 Panduan Resep Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan

Setelah kita sudah menyiapkan 16 bahan diatas. Berikutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan dibawah ini.

  1. Baluri potongan ayam dengan air jeruk Nipis, aduk rata. Tusuk potongan daging ayam dengan tusuk lidi. Lakukan hingga potongan daging ayam habis..
  2. Haluskan bawang goreng, cabe merah kering dan jahe hingga halus, tambahkan kacang tanah goreng dan air secukupnya. Haluskan hingga agak kasar..
  3. Masak bumbu kacang bersama gula merah, kecap manis, garam, gula pasir dan air hingga bumbu matang dan berminyak..
  4. Ambil sebagian bumbu sate, tambahkan secukupnya kecap manis, aduk rata..
  5. Baluri ayam dengan bumbu sate, lalu bakar di atas bara api hingga matang..
  6. Angkat dan sajikan sate dengan bumbu sate serta juga lontong..

Makanan khas Kalimantan Selatan berikutnya adalah Manday. Kuliner yang satu ini terbuat dari kulit cempedak, atau masyarakat setempat menyebutnya dengan Tiwadak. Cara membuat penganan ini adalah kulit cempedak akan diawetkan dengan jangka waktu tertentu. Seperti di Kalimantan Selatan, kita bisa mendapati kuliner sate yang menjadi primadona di kota Banjar, sate tulang namanya. Jika kamu sedang menapakkan kaki di Banjarmasin, jangan sampai melewatkan makanan khas Kalimantan Selatan ini.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep