✓ 7 Cara Masak Sate Ayam Ponorogo yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Sate Ayam Ponorogo. Pada postingan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara buat Sate Ayam Ponorogo dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Sate Ayam Ponorogo adalah produk kuliner terbaik dari Kota Ponorogo yang kami tawarkan untuk Anda, yang bisa menjadi bagian dari Kenangan Rasa di hati Anda. Kami hanya melayani Take Away atau Pesan & Antar (Pesan di hari Senin s/d Kamis, dan Antar di hari Sabtu & Minggu). Cara Membuat Sate Ayam Ponorogo: Susunlah potongan kecil daging ayam ke tusuk sate & celupkan ke dalam bumbu celupan yang telah dicampur rata.

Sate Ayam Ponorogo - cookandrecipe.com Restaurant Sate Kambing adalah jenis sate yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur. Daging ayamnya sangat empuk dan bumbunya meresap, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. Sate Ayam ponorogo berbeda dengan sate ayam pada umumnya. daging sate tidak di potong dadu melainkan di sayat tipis panjang menyerupai filet sehingga daging ayamnya empuk. perbedaan selanjutnya proses perendaman daging menggunakan bumbu rempah spesial dan meresap sempurna ke dalam daging. Tenang saja untuk tutorial resep Sate Ayam Ponorogo yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 21 bahan dan 7 langkah saja.

21 Bahan Bahan untuk Memasak Sate Ayam Ponorogo

Untuk dapat bikin Sate Ayam Ponorogo pada tutorial ini kalian memerlukan 21 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan dada ayam fillet - 500 gram.
  2. Siapkan air jeruk nipis - 1 sdm.
  3. Siapkan Bumbu marinasi - .
  4. Siapkan bawang putih - 5 siung.
  5. Siapkan ketumbar bubuk - 1 sdt.
  6. Siapkan jintan - 1/2 sdt.
  7. Siapkan gula merah sisir - 2 sdm.
  8. Siapkan asam jawa - 1 ruas.
  9. Siapkan kecap manis - 3 sdm.
  10. Siapkan garam - Secukupnya.
  11. Siapkan Bumbu oles - .
  12. Siapkan Minyak bawang (lihat resep) - .
  13. Siapkan Kecap manis - Secukupnya.
  14. Siapkan Bumbu kacang - .
  15. Siapkan kacang tanah, sangrai - 100 gram.
  16. Siapkan bawang putih, sangrai - 2 siung.
  17. Siapkan cabe rawit, sangrai - 5.
  18. Siapkan daun jeruk - 1 lbr.
  19. Siapkan gula jawa - 2 sdm.
  20. Siapkan kecap manis - Secukupnya.
  21. Siapkan air panas - Secukupnya.

Proses masak daging matang sempurna dan sangat empuk. Lihat juga resep Sate Ayam Ponorogo enak lainnya. Setelah sate ayam Ponorogo sekarang terkenal. Kini di gang tempatnya berjualan sudah banyak bermunculan sate ayam serupa sehingga dikenal sebagai kampung sate.

7 Panduan Memasak Sate Ayam Ponorogo

Setelah kalian sudah menyiapkan 21 bahan diatas. Berikutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Sate Ayam Ponorogo dibawah ini.

  1. Cuci bersih ayam, potong memanjang. Lumuri dg air jeruk nipis. Diamkan min. 30menit. Setelah itu Bilas hingga bersih.
  2. Haluskan bumbu marinasi (kecuali kecap).tumis hingga matang agar sate tidak langu.
  3. Masukkan bumbu yg telah ditumis kedalam ayam, beri kecap. Aduk rata. Marinasi min. 3 jam (me: semalaman).
  4. Tusuk sate, lalu bakar hingga setengah matang..
  5. Campur bumbu oles. Aduk rata. Setelah daging setengah beri bumbu oles. Bakar kembali. Menjelang diangkat beri bumbu oles lagi.
  6. Bumbu kacang : haluskan semua bahan kecuali kecap. Seduh dg air panas, aduk rata. Ber kecap.
  7. Sajikan.

Namun Amini tidak pernah merasa tersaingi dengan hadirnya usaha-usaha itu. Bahkan, ketika permintaan sedang banyak, ia mengarahkan pembeli ke warung-warung di sekitarnya agar juga laku. Ia juga mengaku tidak pelit untuk berbagi ilmu. Bila berkunjung ke Ponorogo, jangan lupa menyantap sate blendet. Rasanya beda dengan sate ayam biasa.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Sate Ayam Ponorogo ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep