✓ 5 Cara Bikin Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura) yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura). Pada postingan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara membuat Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Lihat juga resep Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura) enak lainnya. Resep Sate Ayam Madura Bumbu Kacang - Sate berasal dari daerah Jawa Indonesia. Tetapi sate juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura) - cookandrecipe.com Sate Ayam Bumbu kacang Aka Sate ayam madura enakkkkkkks???😋😋😋 ois Medan. Sate madura sudah terkenal di seluruh Nusantara, Sate Madura dapat ditemukan hampir di semua daerah khususnya di kota besar seperti Medan, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Konon di Madura sendiri sate susah dicari. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 12 bahan dan 5 langkah saja.

12 Bahan Bahan untuk Resep Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura)

Untuk dapat membuat Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura) pada postingan ini kamu memerlukan 12 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam - 1 kg.
  2. Siapkan kacang tanah goreng - 150 gr.
  3. Siapkan kemiri sangrai - 4 buah.
  4. Siapkan bawang merah - 5 siung.
  5. Siapkan bawang putih - 3 siung.
  6. Siapkan daun jeruk (pas ga punya) - 3 lembar.
  7. Siapkan gula merah - 2 sdm.
  8. Siapkan garam - 2 sdt.
  9. Siapkan kaldu bubuk - 2 sdt.
  10. Siapkan gula pasir - 2 sdt.
  11. Siapkan kecap manis - Secukupnya.
  12. Siapkan air mata - Secukupnya.

Tetapi selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing yang ditandai dengan digantungnya bagian kaki belakang si kambing di rombong sang penjual sate. Resep masakan sate ayam bumbu kacang ini saya dapat dari pedagang sate ayam Madura, Resep yang turun temurun ini memang sangat mantap rasanya. Cara mudah dan simpel masakan rumahan membuat sate. Resep Sate Ayam Madura Bumbu Kacang - Sate ayam Madura memang sangat terkenal sebagai salah satu kuliner khas nusantara.

5 Tahapan Membuat Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura)

Jika kamu sudah menyiapkan 12 bahan diatas. Selanjutnya Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura) dibawah ini.

  1. Potong-potong ayam menjadi bentuk dadu lalu beri perasan jeruk nipis tunggu 10 menit dikulkas cuci kembali lalu tusuk-tusuk. Saya jadi 31 tusuk karena pertusuknya 4 potong..
  2. Goreng kacang dan kemiri. Lalu blender dengan bawang merah dan putih. Untuk memblender tambahkan air secukupnya..
  3. Setelah diblender tumis bumbu dengan sedikit minyak, bumbui garam gula merica dan gula merah. Masukkan juga daun jeruk terus aduk hingga matang..
  4. Ambil sedikit bumbu dipiring tambahkan kecap lalu aduk rata lalu gulingkan sate dibumbu hingga rata. Lalu tata di loyang oven..
  5. Tunggu hingga matang. Saya oven di suhu 170 C selama 30 menit. Sajikan dengan pelengkap..

Sate ini cukup populer dengan bumbu kacangnya yang menggugah selera. Resep bumbu sate ayam Madura yang terbuat dari kacang begitu khas, sehingga membuat banyak orang merasa ketagihan untuk melahapnya kembali ataupun mencoba resep membuat sate ayam yang satu ini. Cara Membuat Sate Ayam Madura Asli Enak dan Mantap: Untuk Bumbu kacang : campurkan bawang merah, bawang putih, kacang tanah, kemiri dan garam, kemudian haluskan. Panaskan minyak goreng, tumislah dengan api kecil hingga aroma terasa harum, Lalu masukkan air kaldu (sisa atau tulang ayam yang sudah di rebus), masak sampai bumbu rata dan mengental. Banyak variasi bumbu sate tradisional diantaranya adalah Sate Ayam ala Madura.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Sate Ayam Bumbu Kacang (aka penjual sate Madura) ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep