13 Bahan Buat Ayam Ampal Putih / Opor Ayam yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Ayam Ampal Putih / Opor Ayam. Pada tulisan kali ini kami akan berbagi tutorial lengkap cara buat Ayam Ampal Putih / Opor Ayam dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Kuah opor yang terbuat dari campuran santan membuatnya terasa gurih dan.

Ayam Ampal Putih / Opor Ayam - cookandrecipe.com Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka. Sekarang, kamu bisa membuat dan mengetahui apa saja bumbu opor ayam putih ini. Bicara soal opor ayam, ada banyak varian opor ayam. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Ayam Ampal Putih / Opor Ayam yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 13 bahan dan 6 langkah saja.

13 Bahan Bahan untuk Resep Ayam Ampal Putih / Opor Ayam

Untuk bisa membuat Ayam Ampal Putih / Opor Ayam pada postingan ini kita membutuhkan 13 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam (paha dan sayap) - 5 potong.
  2. Siapkan bawang merah - 3 bh.
  3. Siapkan bawang putih - 2 siung.
  4. Siapkan kemiri - 1,5 bh.
  5. Siapkan marica - 1 sdt.
  6. Siapkan ketumbar - 1/2 sdt.
  7. Siapkan jahe, geprek - 2 cm.
  8. Siapkan lengkuas, geprek - 2 cm.
  9. Siapkan sereh, iris halus - 1 bh.
  10. Siapkan santan kental - 100 ml.
  11. Siapkan daun jeruk - 1 lembar.
  12. Siapkan daun salam - 1 lembar.
  13. Siapkan Garam - secukupnya.

Varian tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera.

6 Langkah Memasak Ayam Ampal Putih / Opor Ayam

Apabila Anda sudah menyiapkan 13 bahan diatas. Berikutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Ayam Ampal Putih / Opor Ayam dibawah ini.

  1. Rebus ayam dan jahe sampai empuk..
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, marica, ketumbar..
  3. Tumis bumbu halus sanpai harum, tambahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan sereh. Masukkan ayam, aduk hingga bumbu tercampur..
  4. Tambahkan santan kental. Aduk rata. Tambahkan kaldu dari rebusan ayam, masukkan garam..
  5. Masak sampai bumbu meresap. Taburkan bawang goreng..
  6. Sajikan ?.

Resep Opor Ayam - Opor ayam adalah salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi hidangan khas lebaran. Penyajiannya pun biasanya lengkap dengan lontong, ketupat dan kerupuk udang yang disajikan di atas meja makan keluarga. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih. Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai karena rasanya yang bisa memadu dengan opor ayam dan bisa. Opor ayam merupakan masakan berkuah santan kental berwarna kekuningan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Ayam Ampal Putih / Opor Ayam ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep