16 Bahan Bikin Opor Ayam dan Tahu Putih yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Opor Ayam dan Tahu Putih. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara bikin Opor Ayam dan Tahu Putih dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Opor ayam tahu kuah putih. foto: Instagram/@susan_gracia. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama Kuah opor yang terbuat dari campuran santan membuatnya terasa gurih dan lezat.

Opor Ayam dan Tahu Putih - cookandrecipe.com Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan Kelezatan opor ayam, terletak pada perpaduan bumbu, kuah kental dan kelembutan daging ayam. Selain itu, taburan bawang merah di atasnya. cara membuat opor ayam dan resep opor ayam lebaran lengkap cara memasak opor ayam kuning lengkap bahan bumbu opor ayam tahu special Masakan opor ayam ini terbuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, merica. Masak opor ayam dengan resep opor ayam yang sederhana, yuk! Tenang saja untuk tutorial cara buat Opor Ayam dan Tahu Putih yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 16 bahan dan 6 langkah saja.

16 Bahan Bahan untuk Resep Opor Ayam dan Tahu Putih

Untuk bisa membuat Opor Ayam dan Tahu Putih pada postingan ini kalian memerlukan 16 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam (potong selera) - 1/2.
  2. Siapkan tahu kotak (potong segitiga) - 4 buah.
  3. Siapkan daun jeruk - 1 lembar.
  4. Siapkan daun salam - 2 lembar.
  5. Siapkan sere (geprek) - 1 batang.
  6. Siapkan lengkuas (geprek) - 2 cm.
  7. Siapkan air bersih - 1 liter.
  8. Siapkan santan kara (sesuai selera) - 2.
  9. Siapkan Bumbu halus : - .
  10. Siapkan bawang merah - 6 siung.
  11. Siapkan bawang putih - 3 siung.
  12. Siapkan ketumbar - 1/2 sdt.
  13. Siapkan merica - 1/2 sdt.
  14. Siapkan garam - 1 sdt.
  15. Siapkan masako saset - 1 bungkus.
  16. Siapkan kunyit - 4 cm.

Kurang lengkap rasanya kalau Hari Raya tanpa menyantap masakan khas Opor ayam ini menjadi menu Lebaran favorit bagi kamu khususnya yang tinggal di Pulau Jawa. Setiap daerah, tuh, punya resep opor ayam berbeda-beda. Opor ayam adalah salah satu makanan favorit saya selain enak, cara memasaknya pun mudah. - Masukan santan kental, masak hingga ayam matang & santan agak berminyak. - Tambahkan telur rebus dan tahu putih yang sudah digoreng sebagai pelengkap - Opor ayam siap disajikan. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih.

6 Tahapan Membuat Opor Ayam dan Tahu Putih

Apabila kamu sudah menyiapkan 16 bahan diatas. Sekarang Anda simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Opor Ayam dan Tahu Putih dibawah ini.

  1. Rebus ayam yang sudah di potong selama kurang lebih 15 menit, tiriskan.
  2. Uleg bumbu halus (bawang, kemiri, merica, garam, masako, dan kunyit.
  3. Tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, daun salam, sere geprek dan lengkuas geprek, sampai wangi tambah air.
  4. Masukkan ayam dan tahu aduk perlahan.
  5. Masukkan kara, aduk perlahan hingga didih.
  6. Cek rasa, hidangkan.

Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai karena rasanya yang bisa memadu dengan opor ayam dan bisa membuatnya semakin nikmat. Masukkan ayam serta tahu dan aduk hingga menyatu dengan bumbu. Lalu tuang air secukupnya dan tunggu hingga mendidih. Dari resep tersebut, bumbu opor ayam putih maupun kuning sangat mudah untuk dipraktekkan. Dapat pula membuat kreasi opor ayam lain.

Bagaimana sangat mudah bukan resep Opor Ayam dan Tahu Putih ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep