7 Cara Buat Opor ayam santan putih yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara memasak Opor ayam santan putih. Pada postingan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara membuat Opor ayam santan putih dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama Kuah opor yang terbuat dari campuran santan membuatnya terasa gurih dan lezat. Selain itu, opor ayam juga memiliki aroma khas yang berasal.

Opor ayam santan putih - cookandrecipe.com Opor ayam putih bumbu instan siap disantap. Demikian cara memasak opor ayam tanpa menggunakan santan. Untuk penggunaan kaldu, rasanya akan lebih gurih jika menggunakan ayam kampung. Tenang saja untuk tutorial cara bikin Opor ayam santan putih yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 17 bahan dan 7 langkah saja.

17 Bahan Bahan untuk Membuat Opor ayam santan putih

Untuk bisa membikin Opor ayam santan putih pada postingan ini kita membutuhkan 17 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam potong jd 15 bagian - 1 kg.
  2. Siapkan kentang potong jd 4 bagian - 4 buah.
  3. Siapkan air - 200 ml.
  4. Siapkan b.merah - 4 siung.
  5. Siapkan b.putih - 6 siung.
  6. Siapkan kemiri sangrai - 4 butir.
  7. Siapkan ketumbar sangrai - 1 sdt.
  8. Siapkan jahe - 3 cm.
  9. Siapkan lengkuas - 2 cm.
  10. Siapkan sereh - 1 btg.
  11. Siapkan daun jeruk - 2 lbr.
  12. Siapkan daun salam - 2 lbr.
  13. Siapkan merica bubuk - 1/2 sdt.
  14. Siapkan garam dan gula - secukupnya.
  15. Siapkan bubuk kaldu ayam - secukupnya.
  16. Siapkan santan putih kental - 200 ml.
  17. Siapkan minyak goreng - 2 sdk.

Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit. Sajikan opor bersama irisan lontong atau ketupat dan taburan. Resep Opor Ayam Putih Sederhana Spesial Lebaran Asli Enak. Kalau kreasi olahan ayam berikut ini, dibuat dengan kuah spesial ayam masak putih.

7 Langkah Resep Opor ayam santan putih

Jika Anda sudah menyiapkan 17 bahan diatas. Berikutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Opor ayam santan putih dibawah ini.

  1. Cuci potongan ayam sampai bersih, lalu panaskan air hingga mendidih, masukan ayam kedalam wadah yg berisi air biarkn hingga 15 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  2. Kupas kentang potong jd 4 bagian lalu cuci bersih, panaskan minyak goreng lalu goreng kentang hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  3. Haluskan semua bumbu dan geprek sereh beserta lengkuasnya.
  4. Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu yg sdh di haluskan masukan sereh lengkuas beserta daun jeruk dan daun salam jg merica secukupnya, beri garam gula bubuk kaldu ayam secukupnya, tumis hingga aromanya berubah wangi.
  5. Masukan potongan ayam kedalam bumbu tumisan beri sedikit air santan putih, tutup hingga beberpa menit, lalu buka jika daging ayamnya sudah matang beri air santan lagi secukupnya tunggu sampai mendidih, masukan kentang goreng tsb.
  6. Siapkn mangkok lalu tuang opor ayam ke dalam mangkok, beri sedikit hiasan.
  7. Opor ayam santan putih siap di santap setelah berbuka puasa.

Rasanya yang lezat dan gurih dengan perpaduan santan yang pas kentalnya, menu hidangan ini wajib Anda coba sebagai sajian lebaran Idul Fitri nanti. Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di Opor ayam merupakan masakan berkuah santan kental berwarna kekuningan. Siapkn mangkok lalu tuang opor ayam ke dalam. Sajian opor ayam santan putih sudah siap dan akan dapat anda nikmati.

Bagaimana sangat mudah bukan membikin Opor ayam santan putih ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep