5 Cara Buat Opor Ayam & Tahu (Opor putih) yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Opor Ayam & Tahu (Opor putih). Pada postingan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara membuat Opor Ayam & Tahu (Opor putih) dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Resep Opor Ayam - Opor ayam adalah salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi hidangan khas lebaran.

Opor Ayam & Tahu (Opor putih) - cookandrecipe.com The spice mixture (bumbu) includes galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar. Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Tenang saja untuk tutorial resep Opor Ayam & Tahu (Opor putih) yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 16 bahan dan 5 langkah saja.

16 Bahan Bahan untuk Memasak Opor Ayam & Tahu (Opor putih)

Untuk dapat membuat Opor Ayam & Tahu (Opor putih) pada postingan ini Anda memerlukan 16 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam, potong 12 - 1 ekor.
  2. Siapkan tahu goreng - 10.
  3. Siapkan daun jeruk - 4 lembar.
  4. Siapkan daun salam - 3 lembar.
  5. Siapkan lengkuas, geprek - 1 ruas.
  6. Siapkan serai, geprek - 2 batang.
  7. Siapkan air - 1500 ml.
  8. Siapkan santan kental - 260 ml.
  9. Siapkan Garam - secukupnya.
  10. Siapkan Kaldu bubuk - secukupnya.
  11. Siapkan Bumbu Halus : - .
  12. Siapkan bawang merah - 12 siung.
  13. Siapkan bawang putih - 5 siung.
  14. Siapkan kemiri - 4 butir.
  15. Siapkan ketumbar bubuk - 1 sdm.
  16. Siapkan Lada halus - secukupnya.

Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih. Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai. Resep ayam opor enak dengan bumbu sederhana. Lihat juga resep Opor ayam praktis dan cepat enak lainnya.

5 Panduan Membuat Opor Ayam & Tahu (Opor putih)

Jika Anda sudah menyiapkan 16 bahan diatas. Sekarang kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Opor Ayam & Tahu (Opor putih) dibawah ini.

  1. Goreng ayam sampai 1/2 matang, (agak berkulit) angkat, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk hingga harum.
  3. Masukan ayam yang sudah di goreng 1/2 matang aduk-aduk lalu tambahkan air. Tutup panci, biarkan hingga mendidih..
  4. Setelah air mendidih masukan tahu, garam, kaldu bubuk dan santan kental, masak hingga matang..
  5. Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.

Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Opor Ayam & Tahu (Opor putih) ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep